Tangguhnya Toyota Land Cruiser Prado, Saksi Bisu Saat Wiranto Ditusuk

Menko Polhukam Wiranto ditusuk orang tak dikenal di Pandeglang, Banten (10/10). Pelaku diduga teroris yang terlibat jaringan ISIS. Terlepas dari itu, ada hal menarik yang sulit luput dari kacamata otomotif. Yakni sebuah Toyota Land Cruiser Prado nan tangguh yang menjadi saksi bisu kejadian tadi.

Land Cruiser Prado

Wiranto diangkut Land Cruiser Prado itu setelah tersungkur ke tanah. Prado yang digunakan merupakan generasi keempat alias teranyar. Kendaraan ini memang tangguh. Walau biasanya memakai spesifikasi armor khusus, tapi mobil berplat RI 16 ini tak nampak punya kaca anti-peluru.

Tapi dalam keadaan standar pun, maskulinitas mobil tak perlu diragukan. Dua pilihan mesin disajikan menyesuaikan kebutuhan konsumen. Pertama berkode 1GD-FTV diesel, berkubikasi 2.8 liter, sanggup melontarkan tenaga 174hp dan torsi 450Nm. Sementara yang bensin, berkonfigurasi V6 dengan volume silinder sebesar 4.0 liter. Jelas muntahan tenaganya lebih besar, di angka 275hp. Tapi torsinya lebih kecil sebesar 385Nm.

Pada versi diesel, ada pilihan transmisi manual dan otomatis enam percepatan. Sementara varian bensin eksklusif disajikan dengan gearbox otomatis enam percepatan saja. Apapun pilihannya, penggerak empat roda pastilah menjadi standar di Prado. Karena itulah inti mobil ini dibuat.

Tak cuma itu, perangkat canggih pendukung offroad juga dipasang. Mulai dari rear differential lock switch, Downhill Assist Control (DAC), Hill-start Assist Control (HAC), crawl control lima percepatan, serta Active Traction Control (A-TRC). Rangkaian kaki-kaki juga jauh dari kata sederhana. Elektronika rumit ditugaskan menyesuaikan suspensi bekerja optimal sesuai medan. Terlihat dari penggunaan Adaptive variable Suspension (AVS), Multi-Terrain Select (MTS), dan Kinetic Dynamic Suspension System (KDSS). Seluruh perangkat mengkomputasi cermat agar laju mobil tetap terjaga.

Land Cruiser Prado

Fasilitas keamanan, Prado sudah diberi fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC). Lane Departure Alert, Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, serta Pre-Collision Safety System pun meminimalisir risiko mobil bertabrakan. Tentunya rem ber-ABS, EBD, dan BA tak perlu ditanya lagi di kelas mobil semacam ini.

Toyota Astra Motor (TAM) sendiri tidak menjual Prado di Indonesia. Berbagai importir umum-lah yang menyediakan unit-unit SUV ini jika Anda ingin membelinya. Harganya beragam. Namun dari beberapa sumber, Prado dilego sekitar Rp 1,9 miliar. Hampir sama dengan nilai jual Land Cruiser 200 di Tanah Air. (Hlm/Van)

Baca Juga: Toyota E-Palette, Mobil Otonom Angkutan Olimpiade

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store