Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024

Model-model terlaris dan paling disukai

Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024

Meski momentum lebaran 2024 telah usai, banyak masyarakat yang mengganti kendaraan lamanya dengan yang baru. Sepeda motor di segmen skuter matik (skutik) merupakan kendaraan yang banyak dipilih. Salah satu pabrikan yang memiliki beragam produk skutik yakni Yamaha Indonesia. Model yang saat ini banyak dicari yakni dari keluarga Maxi dan Classy. Apa saja pilihannya dan berapa harga setelah pasca lebaran 2024.

Lexi LX 155

Yamaha Lexi LX 155

Lexi LX 155 saat ini punya kapasitas mesin yang serupa dengan All New Nmax dan Aerox 155. Namun pabrikan mengklaim kalau enjin pada skutik anyar lebih baik dari saudaranya di kelas Maxi. Ia mengusung mesin Blue Core 155 cc generasi terbaru.

Strukturnya satu silinder SOHC, 4-tak, 4-katup, pendingin cairan dan tetap dilengkapi Variable Valve Actuation (VVA). Ukuran bore x stroke 58 x 58,7 mm sehingga kapasitasnya jadi 155,09 cc. Dirinya mampu mengeluarkan tenaga maksimal 15,1 Hp pada 8.000 rpm dan torsi puncak 14,2 Nm di 6.500 rpm. Output power segitu sudah sangat cukup buat dipakai berkegiatan sehari-hari.

Bila dilihat dari besaran angka akselerasi, Lexi LX lebih besar ketimbang Nmax maupun Aerox 155. Hal itu didapatkan karena ada perubahan di desain camshaft, piston sampai head cylinder dan jalur oli. Alhasil performanya lebih baik karena minim gesekan serta vibrasi. Tak lupa pula sematan Smart Motor Generator (SMG) agar suara mesin saat distarter lebih halus.

Berbeda dengan keluarga Maxi lain, sektor kenyamanan Lexi LX bisa dirasakan dari ruang pijakan kaki luas dan rata. Bisa dimaksimalkan dengan membawa barang lain yang diletakkan di situ. Lalu subtank rear suspension untuk tipe tertinggi. Ditambah ukuran jok panjang dan lebar. Volumenya bagasinya tidak terlalu besar tapi cukup untuk menaruh barang-barang keperluan riding, plus laci-laci kecil di depan.

Khusus varian termahal fiturnya ada stop & start system (SSS), keyless (smart key) yang di dalamnya disematkan Answer Back System, Anti-lock Braking System (ABS) satu channel. Terbaru kini sudah dibenamkan fitur konektivitas melalui aplikasi Y-connect dan Handlebar Switch Control.

Sisanya ada speedometer full digital dengan tampilan negatif (negative display), lampu depan dan stoplamp sudah mengadopsi teknologi LED, Electric Power Socket untuk pengisian baterai smartphone, serta lampu hazard sebagai tanda darurat ketika berhenti di pinggir jalan.

Family Lexi LX 155 punya tiga varian, ada tipe standar, S version dan Connected/ABS. Masing-masing dibedakan dengan perbekalan fitur. Pasca lebaran 2024, mereka dilego Rp25,650 juta, Rp27,150 juta dan Rp30,2 juta OTR DKI Jakarta.

All New Aerox 155

Yamaha Aerox

Meski secara konstruksi tidak sama dengan Lexi LX, All New Aerox 155 dipercaya oleh sebagian masyarakat sebagai tunggangan sehari-hari yang bisa diandalkan. Pijakan kakinya terkesan sporty. Berikut posisi stang yang cenderung rendah dan tidak lebar.

Dari segi teknis mesin dan kemampuannya bisa dibilang cukup memadai. Menggendong enjin 155 cc, SOHC, berpendingin cairan, dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Membuat torsi merata di setiap putaran mesin. Tenaga maksimum yang dihasilkan sebesar 15,1 Hp di 8.000 rpm serta torsi 13,9 Nm di putaran 6.500 rpm.

Buat menunjang kenyamanan sehari-hari, fitur yang ada padanya cukup fungsional. Khusus tipe tertinggi sudah terpasang suspensi ganda (tabung) di belakang, keyless (smart key) dengan Answer Back System, Anti-lock Braking System (ABS) satu channel dan Y-connect.

Lainnya ada bagasi besar, tangki bensin 5,5 liter, electric power socket, LED headlamp & stoplamp, Hazard Lamp, Speedometer full digital dengan Multi Information Display (MID), Stop & Start System (SSS) dan Smart Motor Generation (SMG), Handelbar Switch Control, ban tubeless lebar, hingga Stand side switch.

All New Aerox 155 saat ini punya tiga varian. Ada Connected/ABS yang dijual Rp31,560 juta, CyberCity Rp27,975 juta dan Standard Rp27,775 juta. Semua dibedakan dengan kelengkapan fitur dan motif desain pada panel bodi. Harganya berstatus OTR DKI Jakarta.

All New NMax 155

Yamaha Nmax Standard

Wujudnya proporsional, begitu pula konstruksinya. Nyaman digunakan di segala situasi. Ruang kaki dan posisi duduk sangat santai. Kaki bisa rebah memanjang ke depan, ditambah jok empuk dengan besar pas. Stang juga lebar dan berposisi cukup tinggi. Alhasil, berkendara dekat maupun jauh tidak cepat pegal.

Paket mesin yang ditawarkan juga tak kalah penting. Menggendong enjin 155 cc SOHC, Liquid Cooled 4-stroke. Teknologi andalannya tetap Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). Selain lebih bertenaga serta irit bahan bakar, teknologi itu juga menyajikan torsi yang merata di setiap putaran mesin. Dirinya punya tenaga maksimal mencapai 15,1 hp di 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm di putaran 6.500 rpm.

Soal kapasitas bagasi juga cukup besar. Bisa buat menaruh satu helm ditambah beberapa barang kecil. Saku di balik tameng ada dua, sisi kiri ada electric power socket dan kanan bisa buat menyimpan barang kecil yang disertakan dengan penutup.

Berbeda dengan keluarga Maxi di kelas 155, All New Nmax punya fitur lebih komplet. Khusus varian tertinggi punya Traction Control System. Berfungsi agar ban belakang tidak selip ketika gas dipuntir secara spontan. Ditambah ABS dua channel, bikin roda tidak terkunci saat melakukan pengereman mendadak. Serta kunci kontak model keyless.

Fitur lainnya ada sistem konektivitas Y-connect headlight dan taillight full LED, hazard lamp, side stand switch, hingga suspensi belakang dengan tabung. Lalu ada Stop & Start System (SSS) agar konsumsi bahan bakar lebih efisien. Dikombinasikan dengan Smart Motor Generator (SMG), teknologi suara motor menjadi sunyi ketika dinyalakan.

Skutik premium dari Yamaha ini punya tiga varian, Connected/ABS, S Version dan Standard. Masing-masing dibanderol Rp36,3 juta, Rp33,175 juta dan Rp32,175 juta OTR DKI Jakarta. Semuanya dibedakan dengan fitur yang dibawanya.

Baca Juga: Punya Bagasi Luas, Deretan Skutik Ini Bisa Jadi Pilihan Buat Mudik

XMax 250 Connected

Yamaha Xmax Tech Max

Skutik premium kelas menengah ini sekarang dijual Rp66,450 juta. Dan sekarang punya varian baru yakni XMax 250 Tech Max yang dibanderol Rp71,750 juta OTR DKI Jakarta. Tipe baru punya kelengkapan aksesori tambahan yang bikin tampilannya jadi kian menarik. Lainnya serupa dengan versi regular, ada panel instrumen yang berada di kokpit. Terdapat fitur navigasi, Y-connect dan ada pula hiburan yang muncul di layar TFT infotainment.

XMax 250 Connected cocok buat pengendara yang ingin naik kelas. Sebab ia punya modal mesin berkubikasi 249,8 cc, 4-tak, SOHC, 4-katup, pendingin cairan, dan pengabut injeksi Blue Core. Output yang dihasilkan bertahan 22,5 Hp di putaran 7.000 rpm dan torsi puncak 24,3 Nm di 6.500 rpm.

Fitur canggihnya ada sistem pencahayaan berteknologi LED, Smart Key System yang dilengkapi Answer Back System, pengaturan windshield secara manual, posisi berkendara rileks dengan pijakan kaki luas, bagasi dengan daya tampung 44,9 liter yang dilengkapi lampu penerangan LED. Serta dua buah konsol di bawah setang dan yang kiri ada power outlet jenis lighter.

Sama seperti produk Maxi Yamaha lain, teknologi unggulan yaitu Y-Connect. Kecanggihan lainnya gunakan sistem TFT Infotainment Display 2 tingkat. Mampu berikan beragam informasi dan hiburan seperti perkiraan cuaca, kondisi sepeda motor, notifikasi telepon dan pesan dengan tampilan lengkap serta kontrol untuk memainkan musik. Utamanya dilengkapi Navigation System. Lainnya ada Traction Control System (TCS), ABS dua channel, lampu hazard, dan Side Stand Switch

Fazzio

Yamaha Fazzio

Hadir dalam dua varian, Neo dengan tampilan warna glossy dan Lux Connected yang dibalut cat matte. Masing-masing dijual Rp22,7 juta dan Rp23,350 juta OTR Jakarta. Tak hanya jual tampang, fitur-fiturnya yang dibenamkan juga termasuk baru di kelas motor matic Yamaha 125 cc.

Headlight sudah menggunakan LED. Panel meter sudah sepenuhnya digital. Di dalamnya sudah dibenamkan Y-Connect. Fitur keamanan ada Answer Back System dan smart key (keyless). Tersedia pula Electric Power Socket, Double Hook model karabiner, One Push Start, Smart Lock, dan Hazard Lamp. Didukung kapasitas tangki bahan bakar 5,1 liter serta bagasi sebesar 17,8 liter.

Ia membawa label hybrid. Teknologi yang fokus pada peningkatan akselerasi awal dan efisiensi bahan bakar. Selain itu, untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan sistem hybrid-nya, Fazzio juga dibekali dengan Stop Start System (SSS).

Menyoal jantung mekanisnya, menggendong mesin berkapasitas 125cc, 1-silinder, SOHC, pendingin udara, dan berpengabut injeksi. Tenaga maksimalnya 8,3 Hp di 6.500 rpm dan torsi puncak 10,6 Nm di 4.500 rpm. Mereka memakai sistem starter elektrik berikut pelumasan mesin 0,80 liter.

Grand Filano

Grand Filano Hybrid Connected

Ia merupakan produk kedua di kelas Classy Yamaha. Menemani Fazzio yang hadir lebih dulu. Dilihat dari tampilan, harga serta fitur yang diusung, posisinya berada di atas Fazzio. Memiliki dua varian, Neo punya tampilan warna glossy dan Lux Connected dengan warna matte. Harganya masing-masing Rp27,050 juta dan Rp27,8 juta OTR DKI Jakarta.

Grand Filano punya fitur-fitur modern. Seluruh pencahayaan sudah mengadopsi teknologi LED. Lalu dirinya memiliki TFT Sub Display. Selain terdapat digital speedometer berwarna, ada pula animasi seperti Welcome dan Goodbye Message, Odometer, Fuel Consumption, serta Power Assist Indicator. Tak lupa pula teknologi Y-connect. Kemudian ada Electric Power Socket, dan Smart Key System (keyless) yang dilengkapi dengan fitur Answer Back System serta lampu Hazard.

Buat kepraktisan ada bagasi sebesar 27 liter dan sudah diberikan lampu LED di dalamnya. Spacious Front Pocket, Convenience Hook Carabiner, dan Smart Front Refuel. Mengadopsi floor dek rata dan luas. Footpeg buat pembonceng bisa dilipat, jadi secara estetika lebih baik dan rapi. Pakai jok model menyatu dengan desain premium bertekstur bordir yang unik (khusus Lux).

Ia dibekali enjin dengan kubikasi 125 cc, 4-tak, SOHC, 2-katup, 1-silinder, pendingin udara, dan berpengabut injeksi Blue Core. Rancang mesin ini mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 8,2 Hp di 6.500 rpm dan torsi puncak 10,4 Nm di 5.000 rpm. Kemudian mesin bakar dikawinkan dengan teknologi hybrid ringan. Semakin berkelas karena teknologi mesinnya dilengkapi sistem One Push Start serta Stop & Start System. (BGX/ODI)

Baca Juga: Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih

Zenuar Yoga

Zenuar Yoga

Zenuar 'Bgenk' Yoga adalah salah satu jurnalis otomotif berpengalaman di Indonesia. Spontanitas dan suaranya yang lantang memberi warna kemanapun dia pergi. Keseharian, Yamaha Nmax jadi andalan mobilitas ke kantor atau untuk peliputan. Pengalaman berkendara dan pengetahuan di bidang otomotif roda dua membuatnya kerap ditunjuk sebagai road captain saat Forum Wartawan Otomotif melakukan kegiatan touring. 

Baca Bio Penuh

Model Motor Yamaha

  • Yamaha Nmax
    Yamaha Nmax
  • Yamaha Fazzio
    Yamaha Fazzio
  • Yamaha Aerox Connected
    Yamaha Aerox Connected
  • Yamaha MX King
    Yamaha MX King
  • Yamaha Nmax Connected
    Yamaha Nmax Connected
  • Yamaha Grand Filano Hybrid Connected
    Yamaha Grand Filano Hybrid Connected
  • Yamaha WR155 R
    Yamaha WR155 R
  • Yamaha Mio M3 125
    Yamaha Mio M3 125
  • Yamaha Fino 125
    Yamaha Fino 125
  • Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155
Harga Motor Yamaha

IIMS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Berita
  • Artikel feature
  • Yang Akan Datang
  • Yamaha Niken
    Yamaha Niken
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Yamaha Cygnus X
    Yamaha Cygnus X
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

Video Motor Yamaha Terbaru di Oto

Oto
  • New Yamaha NMax Turbo 2024, Ini Ubahan dan Cara Kerja “Turbo”nya
    New Yamaha NMax Turbo 2024, Ini Ubahan dan Cara Kerja “Turbo”nya
    13 Jun, 2024 .
  • 133 Kilometer Pertama Jajal Yamaha LEXi LX 155, Menarik Sih Tapi….. | First Ride
    133 Kilometer Pertama Jajal Yamaha LEXi LX 155, Menarik Sih Tapi….. | First Ride
    12 Feb, 2024 .
  • Yamaha Lexi Lx 155, Performa Lebih Gahar dari Aerox dan Nmax!
    Yamaha Lexi Lx 155, Performa Lebih Gahar dari Aerox dan Nmax!
    30 Jan, 2024 .
  • Awas Oli Palsu Bikin Jebol Mesin dan Kantong, Ini Tips Jitu Bedakannya
    Awas Oli Palsu Bikin Jebol Mesin dan Kantong, Ini Tips Jitu Bedakannya
    08 Jan, 2024 .
  • Yamaha XMAX Tech Max, 5 Detail Pembeda Bikin Jadi Lebih Mewah
    Yamaha XMAX Tech Max, 5 Detail Pembeda Bikin Jadi Lebih Mewah
    19 Dec, 2023 .
  • Yamaha XMAX Tech Max, 5 Detail Pembeda Bikin Jadi Lebih Mewah
    Yamaha XMAX Tech Max, 5 Detail Pembeda Bikin Jadi Lebih Mewah
    13 Dec, 2023 .
  • Suzuki Burgman Street 125 EX vs Yamaha Lexi 125, Mana Paling Layak Dibeli?
    Suzuki Burgman Street 125 EX vs Yamaha Lexi 125, Mana Paling Layak Dibeli?
    20 Nov, 2023 .
  • Geber 2 Jam Penuh R15 Baru di Yamaha Endurance Festival 2023
    Geber 2 Jam Penuh R15 Baru di Yamaha Endurance Festival 2023
    20 Nov, 2023 .
  • Yamaha E01 Mirip NMax Tapi Lebih Canggih | Test Ride
    Yamaha E01 Mirip NMax Tapi Lebih Canggih | Test Ride
    17 Apr, 2023 .
  • Suka Duka Pemakaian 2 Tahun All New Yamaha Aerox 155 Connected | Road Test
    Suka Duka Pemakaian 2 Tahun All New Yamaha Aerox 155 Connected | Road Test
    21 Mar, 2023 .
Tonton Video Motor Yamaha

Artikel Motor Yamaha dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature
  • Varian Tertinggi Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate, Apa Istimewanya?
    Varian Tertinggi Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate, Apa Istimewanya?
    Setyo Adi, Hari ini
  • Yamaha Nmax Terbaru Dijual dalam 5 Varian, Ini Perbedaannya
    Yamaha Nmax Terbaru Dijual dalam 5 Varian, Ini Perbedaannya
    Zenuar Istanto, 13 Jun, 2024
  • Yamaha Nmax "Turbo" Meluncur, Tawarkan Peningkatan Performa
    Yamaha Nmax "Turbo" Meluncur, Tawarkan Peningkatan Performa
    Anjar Leksana, 12 Jun, 2024
  • Deret Ubahan All New Yamaha Nmax 2024 dari Gambar Bocoran
    Deret Ubahan All New Yamaha Nmax 2024 dari Gambar Bocoran
    Anjar Leksana, 11 Jun, 2024
  • Yamaha Siapkan Motor Baru, Apakah Nmax Facelift?
    Yamaha Siapkan Motor Baru, Apakah Nmax Facelift?
    Anjar Leksana, 05 Jun, 2024
  • First Ride Yamaha LEXi LX 155: Pantas Naik Kelas?
    First Ride Yamaha LEXi LX 155: Pantas Naik Kelas?
    Bangkit Jaya Putra, 27 Feb, 2024
  • First Ride Yamaha Grand Filano: Desain Classy Bikin Jatuh Hati
    First Ride Yamaha Grand Filano: Desain Classy Bikin Jatuh Hati
    Setyo Adi, 02 Mar, 2023
  • First Ride Yamaha Xmax Connected: Makin Enak Buat Touring!
    First Ride Yamaha Xmax Connected: Makin Enak Buat Touring!
    Zenuar Istanto, 29 Des, 2022
  • First Ride Yamaha E01: Ini Baru Motor Listrik yang Proper!
    First Ride Yamaha E01: Ini Baru Motor Listrik yang Proper!
    Bangkit Jaya Putra, 27 Okt, 2022
  • First Ride Yamaha Fazzio Hybrid: Tunggangan Kaum Muda yang Punya Banyak Kesan
    First Ride Yamaha Fazzio Hybrid: Tunggangan Kaum Muda yang Punya Banyak Kesan
    Anjar Leksana, 04 Feb, 2022
  • Pilihan Sepeda Motor Yamaha yang Pakai Fitur Y-Connect
    Pilihan Sepeda Motor Yamaha yang Pakai Fitur Y-Connect
    Zenuar Istanto, 22 Mei, 2024
  • Perjalanan Yamaha R15, Transformasi Revolusioner hingga Menjadi Motor Sport Mutakhir
    Perjalanan Yamaha R15, Transformasi Revolusioner hingga Menjadi Motor Sport Mutakhir
    Zenuar Istanto, 22 Mar, 2022
  • Yamaha WR 155R vs Honda CRF150L, Mencari yang Cocok untuk Gaya Bertualang Anda
    Yamaha WR 155R vs Honda CRF150L, Mencari yang Cocok untuk Gaya Bertualang Anda
    Zenuar Istanto, 24 Agu, 2021
  • Sajian Motor Bebek Ekonomis dari Yamaha
    Sajian Motor Bebek Ekonomis dari Yamaha
    Zenuar Istanto, 13 Jul, 2021
  • Supaya Tak Bosan Yamaha NMax Melulu, Coba Lirik Tiga Pilihan Motor Kopling Sepabrik Berikut Ini
    Supaya Tak Bosan Yamaha NMax Melulu, Coba Lirik Tiga Pilihan Motor Kopling Sepabrik Berikut Ini
    Helmi Alfriandi, 08 Jun, 2021

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*