Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya

Pilihan dan harga skutik 125 cc

Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya

Sepeda motor jenis skuter matik (skutik) masih menjadi favorit bagi sebagian masyarakat. Terlebih untuk unit 125 cc yang punya harga terjangkau. Berdasarkan pantauan kami di website resmi masing-masing pabrikan, ada beberapa model yang terbilang stabil dari sisi harga pasca lebaran 2024. Apa saja pilihannya, simak daftar berikut.

KEY TAKEAWAYS

  • Berapa harga skutik bermesin 125 cc?

    Rata-rata dibanderol Rp20 jutaan
  • X-Ride

    Pertama ada skutik bertampang tualang dari Yamaha yakni X-Ride. Pasca lebaran ini dirinya tidak mengalami kenaikan harga. Banderolnya masih Rp20,2 juta on the road (OTR) Jakarta. Pilihan warnanya ada Cyan Yellow, Black Red dan Sand.

    Yamaha X-Ride

    Skutik urban ini juga didukung pula fitur yang dapat mengakomodasi saat dipakai harian. Ada Answer back system, lampu hazard, stand side switch, serta Forged & Diasil.

    Mesinnya menggunakan teknologi Bluecore bervolume 125 cc. Daya maksimalnya 9,3 hp di 8.000 rpm dan torsinya 9,6 Nm di putaran 5.500 rpm. Selain itu, skutik ala adventure ini juga dibekali sub tank suspension, ban tubeless dan setang lebar. Lampu depan sudah LED dengan daytime running light (DRL).

    Fino 125 series

    Selanjutnya ada Fino Series. Ketiga tipenya yakni Sporty, Premium dan Grande punya harga stabil. Buat Sporty dan Premium masih di angka Rp20,4 juta, sedang varian tertinggi Rp21,61 juta OTR Jakarta.

    Fino

    Ketiga model dibekali mesin 125 cc SOHC satu silinder yang dilengkapi teknologi Blue Core. Mampu menghembuskan daya 9,5 hp di putaran 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm di 5.500 rpm. Untuk menghidupkan mesin tersedia dua pilihan starter, ada electric & kick starter.

    Untuk fiturnya terdapat Smart Stand Side Switch, Smart Lock System, dan Advance Key System (AKS). Di bawah joknya ada penampung bahan bakar 4,2 liter dan bagasi 8,7 liter. Sementara tipe Grande diberikan LED Headlight dan Stop & Start System (SSS). Menggunakan roda 14 inci dengan dibalut ban tubeless tapak lebar. Ukurannya 80/80 depan, 100/70 belakang.

    FreeGo

    Skutik selanjutnya yang punya harga stabil pasca lebaran 2024 ada Yamaha FreeGo. Dirinya ditawarkan dalam dua versi, standard yang dijual Rp21,7 juta dan Connected Rp23,5 juta OTR DKI Jakarta. Untuk versi Connected hadir dengan tampilan warna elegan dan premium. Ada Matte Green dan Prestige Silver. Sedang varian standar ada kelir Matte Blue, Metallic Red, Metallic Yellow, dan Matte Black.

    Yamaha FreeGo

    Ditanamkan mesin Blue Core 125 cc SOHC 4-tak, 2 katup, pendingin udara, dengan injeksi bahan bakar. Mampu menghasilkan tenaga 9,5 hp di 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm di putaran 5.500 rpm. Sudah pakai sistem SMG (Smart Motor Generator), yang sunyi saat dihidupkan.

    Fiturnya ada "Blue Inner Lens" pada LED Position Light, ban lebar tipe tubeless, lampu hazard, bagasi sebesar 25 liter, Spacious Front Pocket, hook, Smart Front Fuel, Stop & Start System dan Electric Power Socket. Khusus tipe tertinggi diberikan Smart Key System (keyless), Answer Back System serta

    Fazzio Hybrid Connected

    Selain model tualang dan sporty, Yamaha juga punya skutik bergaya retro, yakni Fazzio. Pasca lebaran ini, dua tipe yang ditawarkan tidak mengalami kenaikan harga. Buat tipe Neo masih dijual Rp22,7 juta. Warnanya ada Orange, Red, Yellow, Mint dan Dull Blue. Dan versi Lux Connected dibanderol Rp23,35 juta OTR DKI Jakarta. Tersedia kelir Black, Prestige Silver dan White Pearl.

    Fazzio

    Ia menggendong mesin berkapasitas 125 cc, 1-silinder, SOHC, pendingin udara, dan berpengabut injeksi. Tenaga maksimalnya 8,3 Hp di 6.500 rpm dan torsi puncak 10,6 Nm di 4.500 rpm. Mereka memakai sistem starter elektrik berikut pelumasan mesin 0,80 liter.

    Fiturnya headlamp sudah LED, Answer Back System dan smart key (keyless), Electric Power Socket, Double Hook model karabiner, One Push Start, Smart Lock, dan Hazard Lamp. Didukung kapasitas tangki bahan bakar 5,1 liter serta bagasi sebesar 17,8 liter.

    Panel meter sudah sepenuhnya digital. Di dalamnya sudah dibenamkan Y-Connect. Gawai pengendara bisa tersambung ke sepeda motor. Namun hanya tersedia di varian Lux Connected.

    Lebih lanjut dirinya sudah dibekali Stop & Start System yang berfungsi mematikan mesin secara otomatis saat motor dalam keadaan idle lebih dari 3 detik. Lalu dirinya membawa label hybrid. Teknologi ini lebih fokus pada peningkatan akselerasi awal dan efisiensi bahan bakar saja. Fitur ini bekerja bila indikator Electric Power Assist Start pada panel instrumen menyala.

    Grand Filano Hybrid Connected

    Tak hanya Fazzio, Yamaha juga punya skutik bergaya retro lain yaitu Grand Filano. Ia hadir dalam dua tipe, yakni Neo dan Lux. Harga setelah lebaran masih stabil alias tidak mengalami kenaikan. Masih di angka Rp27,05 juta (Neo) dan Rp27,8 juta (Lux Connected) OTR DKI Jakarta. Versi terendah tersedia warna Pink Mauve, Tuscany Yellow, Dull Blue, Red dan Black. Tipe tertingginya ada White Pearl dan Elixir Dark Silver.

    Grand Filano Hybrid Connected

    Ia dibekali enjin dengan kubikasi 125 cc, 4-tak, SOHC, 2-katup, 1-silinder, pendingin udara, dan berpengabut injeksi Blue Core. Rancang mesin ini mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 8,2 Hp di 6.500 rpm dan torsi puncak 10,4 Nm di 5.000 rpm. Kemudian mesin bakar dikawinkan dengan teknologi hybrid ringan.

    Buat fiturnya, seluruh pencahayaan sudah mengadopsi teknologi LED, TFT Sub Display, teknologi Y-connect khusus varian tertinggi, Electric Power Socket, Hazard lamp, dan Smart Key System (keyless) yang dilengkapi dengan fitur Answer Back System.

    Buat kepraktisan ada bagasi sebesar 27 liter dan sudah diberikan lampu LED di dalamnya. Spacious Front Pocket, Convenience Hook Carabiner, dan Smart Front Refuel. Mengadopsi floor dek rata dan luas. Footpeg buat pembonceng bisa dilipat, pakai jok model menyatu dengan desain premium bertekstur bordir yang unik (khusus Lux).

    Teknologi mesinnya dilengkapi sistem One Push Start, serta Stop & Start System yang berfungsi mematikan mesin secara otomatis saat motor dalam keadaan idle lebih dari 3 detik. Pengendara juga mendapat kenyamanan dari ban berprofil lebar. Pakai ukuran 110/70 ring 12 inci di kedua roda.

    Burgman Street 125EX

    Skutik 125 cc dengan harga stabil pasca lebaran 2024 selanjutnya ada Suzuki Burgman Street 125 EX. Saat ini masih dijual Rp24,7 juta OTR Jakarta. Hadir dalam tiga pilihan warna, Metallic Mate Platinum Silver, Metallic Royal Bronze, dan Metallic Matte Black.

    Suzuki burgman street 125ex

    Burgman Street 125 EX dibekali dengan mesin berkubikasi 125 cc, 1-silinder, 4-tak, SOHC, pendingin udara, dan berpengabut Injection Suzuki Eco Performance Alpha. Ia mampu menghasilkan tenaga maksimal 8,4 Hp pada 6.500 rpm dan torsi puncak 10 Nm pada puntiran 5.000 rpm.

    Fitur Engine Auto Start Stop yang secara otomatis mematikan mesin ketika kendaraan berhenti atau idle dan peranti Silent Starter System bikin skutik ini lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar.

    Ia dibekali beragam fitur fungsional yang memudahkan pengendara dalam beraktivitas. Terdapat ruang penyimpanan di bawah jok berkapasitas 21,5 liter, di deck depan ada storage yang cukup dalam di sebelah kanan, di sisi kiri ada laci dan disediakan socket USB 2A, dan double hook.

    Lampu utama yang besar sudah berteknologi LED serta DRL, dibekali panel meter digital yang memiliki ragam informasi penting di dalamnya, pakai model floor dek rata, punya tambahan posisi kaki, footpeg pembonceng bisa dilipat, peleknya dicat dengan warna elegan serta masih menyediakan kick starter.

    Vario 125

    Dari pabrikan Honda ada Vario 125. Harga ketiga variannya yaitu CBS, CBS-ISS dan CBS-ISS SP tidak naik pasca lebaran 2024. Untuk versi CBS masih di angka Rp22,55 juta. Lalu tipe CBS-ISS dengan pilihan warna Advance Matte Black dan punya 3D emblem bertuliskan Vario di bodi belakang tetap dipasarkan seharga Rp24,2 juta. Banderol tipe CBS-ISS SP juga tidak berubah, tetap Rp24,450 juta OTR DKI Jakarta.

    Vario 125

    Buat urusan jantung mekanis mengandalkan mesin 124,8 cc eSP 4-langkah, SOHC dengan pendingin cairan dan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Dengan racikan 52,4 x 57,9 mm (bore x stroke) ia bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,1 hp di 8.500 rpm dan memuntahkan torsi sebesar 10,8 Nm di kitiran 5.000 rpm.

    Fitur canggihnya ada Smart Key System yang terintegrasi dengan Alarm Anti-theft dan Answer Back System. Teknologi ini hanya terdapat di tipe CBS-ISS. Lalu dilengkapi dengan pencahayaan full LED dan Daytime Running Light (DRL) di atas lampu utama. Kemudian USB Charger dengan daya maksimal 5V 2.1A di kompartemen kiri, full digital panel meter dengan informasi lengkap, kapasitas bagasi 18 liter, Functional Hook serta berteknologi Combi Brake System (CBS).

    Callisto 125

    Selain pabrikan Jepang, ada pula brand asal India yakni TVS Callisto 125. Pasca lebaran ini Callisto 125 tidak mengalami kenaikan harga, masih dijual Rp21 jutaan.

    TVS Callisto 125

    Ia ditawarkan dalam 2 tipe berbeda. Pertama ada Basic dengan dua pilihan warna yaitu Solid White dan Titanium Grey. Harganya Rp21 jutaan. Lalu Premium tersedia Mustard Yellow dan Khaki Brown yang dijual mulai dari Rp22 jutaan (sesuai dengan wilayah masing-masing). Keduanya dibedakan dari kelengkapan dan fiturnya.

    Mengandalkan mesin Single cylinder, 4-Stroke, Air Cooled, Spark-ignition engine. Mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 8,1 Hp pada 6.500 rpm dan torsi 10,5 Nm di putaran 4.500 rpm. Dikawinkan dengan CVT dan pasokan bahan bakar menggunakan teknologi injeksi Ecothrust Fuel (ETFi).

    Ia dilengkapi speedometer semi-digital dengan 'smart alerts', indikator jarak tempuh rata-rata dan real-time. Dilengkapi dengan penyimpanan bagasi terbesar dengan kapasitas 33 liter. Diklaim skuter kecil pertama yang dapat memuat dua helm full-face. Punya ruang kaki depan yang luas.

    Kemudian memiliki Intelli-Go yang membantu meningkatkan penghematan bahan bakar. Fitur dengan sistem otomatis mematikan mesin saat berhenti sementara. Cukup dengan menekan tuas rem dan memutar tuas gas, perjalanan bisa dilanjutkan.

    Fitur praktisnya ada pengisian bahan bakar eksternal di bagian depan, kick starter, kunci all-in-one, double hook atau cantolan di ujung jok depan, kompartemen di bawah rumah kunci, dan pengisi daya ponsel dengan penutup di bagian depan.

    Untuk memberikan kenyamanan dan pengendalian yang lebih dinamis, ia dibekali suspensi teleskopik depan dan shock belakang Monotube Canister Gas dengan 3 sistem penyetelan. (BGX/TOM)

    Baca juga: Punya Bagasi Luas, Deretan Skutik Ini Bisa Jadi Pilihan Buat Mudik

    Zenuar Yoga

    Zenuar Yoga

    Zenuar 'Bgenk' Yoga adalah salah satu jurnalis otomotif berpengalaman di Indonesia. Spontanitas dan suaranya yang lantang memberi warna kemanapun dia pergi. Keseharian, Yamaha Nmax jadi andalan mobilitas ke kantor atau untuk peliputan. Pengalaman berkendara dan pengetahuan di bidang otomotif roda dua membuatnya kerap ditunjuk sebagai road captain saat Forum Wartawan Otomotif melakukan kegiatan touring. 

    Baca Bio Penuh

    IIMS 2024

    Anda mungkin juga tertarik

    • Berita
    • Artikel feature
    • Yang Akan Datang
    • Kawasaki Ninja H2SX
      Kawasaki Ninja H2SX
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Yamaha Niken
      Yamaha Niken
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Kawasaki Ninja H2R
      Kawasaki Ninja H2R
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • BMW R 1200 GS 2024
      BMW R 1200 GS 2024
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • BMW F 800 R
      BMW F 800 R
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    • New Yamaha NMax Turbo 2024, Ini Ubahan dan Cara Kerja “Turbo”nya
      New Yamaha NMax Turbo 2024, Ini Ubahan dan Cara Kerja “Turbo”nya
      13 Jun, 2024 .
    • Jajal All New Honda BeAT & BeAT Street 2024, Cuma Naik Rp100 Ribuan
      Jajal All New Honda BeAT & BeAT Street 2024, Cuma Naik Rp100 Ribuan
      13 Jun, 2024 .
    • New Vespa Sprint 2024, Sekarang Nyaris Rp60 Juta!
      New Vespa Sprint 2024, Sekarang Nyaris Rp60 Juta!
      04 Jun, 2024 .
    • Ini 11 Hal Baru dari New Vespa Primavera 2024
      Ini 11 Hal Baru dari New Vespa Primavera 2024
      24 May, 2024 .
    • Jajal Kawasaki Listrik Ninja e-1 dan Z e-1, Seberapa Pantas Dibeli?
      Jajal Kawasaki Listrik Ninja e-1 dan Z e-1, Seberapa Pantas Dibeli?
      21 May, 2024 .
    • PEVS 2024 Hadir dengan kendaraan Listrik Terkini, Bisa Test Drive lagi!
      PEVS 2024 Hadir dengan kendaraan Listrik Terkini, Bisa Test Drive lagi!
      06 May, 2024 .
    • Keeway KL5000 ST, Motor Listrik Bergaya Trial 120 Km!
      Keeway KL5000 ST, Motor Listrik Bergaya Trial 120 Km!
      06 May, 2024 .
    • Honda CRF250L, Seenak Apa Buat Offroad dan Harian? | Test Ride
      Honda CRF250L, Seenak Apa Buat Offroad dan Harian? | Test Ride
      26 Mar, 2024 .
    • Test Ride Honda EM1 e:, Seberapa Layak untuk Dibeli?
      Test Ride Honda EM1 e:, Seberapa Layak untuk Dibeli?
      01 Mar, 2024 .
    • New Royal Enfield Bullet 350, Revisi Penting sang Cruiser
      New Royal Enfield Bullet 350, Revisi Penting sang Cruiser
      27 Feb, 2024 .
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature
    • Varian Tertinggi Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate, Apa Istimewanya?
      Varian Tertinggi Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate, Apa Istimewanya?
      Setyo Adi, Hari ini
    • Skuter Listrik TVS iQube S Mulai Dijual, Fiturnya Mutakhir
      Skuter Listrik TVS iQube S Mulai Dijual, Fiturnya Mutakhir
      Zenuar Istanto, 14 Jun, 2024
    • Keeway Rilis Moge Gaya Bobber Napoleonbob 500
      Keeway Rilis Moge Gaya Bobber Napoleonbob 500
      Zenuar Istanto, 14 Jun, 2024
    • Kawasaki W175 Sekarang Punya Versi Mesin Injeksi
      Kawasaki W175 Sekarang Punya Versi Mesin Injeksi
      Zenuar Istanto, 14 Jun, 2024
    • Harga Sama, Mending All New Honda Beat Deluxe atau Beat Street?
      Harga Sama, Mending All New Honda Beat Deluxe atau Beat Street?
      Anjar Leksana, 13 Jun, 2024
    • Mau Beli Motor Seken, Begini Cara Mengecek Kondisinya
      Mau Beli Motor Seken, Begini Cara Mengecek Kondisinya
      Anjar Leksana, 06 Jun, 2023
    • 8 Komponen Motor yang Wajib Diperiksa setelah Dipakai Mudik
      8 Komponen Motor yang Wajib Diperiksa setelah Dipakai Mudik
      Bangkit Jaya Putra, 03 Mei, 2023
    • Penting Diketahui saat Pilih Jas Hujan, Jangan Sampai Membahayakan!
      Penting Diketahui saat Pilih Jas Hujan, Jangan Sampai Membahayakan!
      Zenuar Istanto, 26 Okt, 2022
    • Cara Merawat Bagian Motor Berwarna Doff Supaya Selalu Terlihat Resik
      Cara Merawat Bagian Motor Berwarna Doff Supaya Selalu Terlihat Resik
      Zenuar Istanto, 03 Okt, 2022
    • Jangan Lupakan Beberapa Hal Ini saat Touring Motor Berkelompok
      Jangan Lupakan Beberapa Hal Ini saat Touring Motor Berkelompok
      Zenuar Istanto, 16 Sep, 2022
    • First Ride All New Honda Beat Series: Khusus Beat Street, Makin Asyik
      First Ride All New Honda Beat Series: Khusus Beat Street, Makin Asyik
      Zenuar Istanto, 11 Jun, 2024
    • Aprilia SR-GT 200 Replica: Tetap Mengambil Pendekatan Tualang, Tapi Ada yang Beda
      Aprilia SR-GT 200 Replica: Tetap Mengambil Pendekatan Tualang, Tapi Ada yang Beda
      Bangkit Jaya Putra, 25 Apr, 2024
    • First Ride Honda Stylo 160: Sekadar Vario 160 Berganti Kulit?
      First Ride Honda Stylo 160: Sekadar Vario 160 Berganti Kulit?
      Setyo Adi, 07 Mar, 2024
    • First Ride Yamaha LEXi LX 155: Pantas Naik Kelas?
      First Ride Yamaha LEXi LX 155: Pantas Naik Kelas?
      Bangkit Jaya Putra, 27 Feb, 2024
    • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Tawarkan Keseimbangan Berkendara
      First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Tawarkan Keseimbangan Berkendara
      Anjar Leksana, 30 Jan, 2024
    • Keunggulan All New Honda Beat yang Tidak Dimiliki Kompetitornya
      Keunggulan All New Honda Beat yang Tidak Dimiliki Kompetitornya
      Zenuar Istanto, 12 Jun, 2024
    • Opsi Skuter Matik Murah Selain All New Honda Beat 2024
      Opsi Skuter Matik Murah Selain All New Honda Beat 2024
      Anjar Leksana, 04 Jun, 2024
    • Pilihan Sepeda Motor Yamaha yang Pakai Fitur Y-Connect
      Pilihan Sepeda Motor Yamaha yang Pakai Fitur Y-Connect
      Zenuar Istanto, 22 Mei, 2024
    • 11 Istilah yang Akrab di Kalangan Bikers Sejati
      11 Istilah yang Akrab di Kalangan Bikers Sejati
      Bangkit Jaya Putra, 28 Jun, 2022
    • Perjalanan Yamaha R15, Transformasi Revolusioner hingga Menjadi Motor Sport Mutakhir
      Perjalanan Yamaha R15, Transformasi Revolusioner hingga Menjadi Motor Sport Mutakhir
      Zenuar Istanto, 22 Mar, 2022

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*