Mau Lebaran Pakai Motor Baru? Ini Pilihannya dengan Banderol Murah

Bujet terbatas Rp20 juta dan unit tidak harus inden

Mau Lebaran Pakai Motor Baru? Ini Pilihannya dengan Banderol Murah

Momen menyambut Hari Raya Idul Fitri biasanya menarik minat masyarakat buat membeli sepeda motor baru. Kami menyarankan untuk membelinya saat ini, sebab banyak diler menawarkan program menarik. Selain itu, agar STNK yang biasanya membutuhkan waktu hingga 14 hari kerja, sudah ada saat lebaran. Kami rekomendasikan mengambil unit yang tidak inden dan punya banderol di bawah Rp20 juta, berikut pilihannya.

KEY TAKEAWAYS

  • Motor apa saja yang harganya tak sampai Rp20 juta?

    Beragam model jenis skutik dan bebek masih bisa ditemui dengan bujet tak sampai Rp20 juta
  • Honda Beat Series

    Honda beat

    All New Honda Beat Series sangat cocok jadi motor baru saat Lebaran nanti. Saat ini dipasarkan dengan harga Rp18,050 juta (tipe CBS), Rp18,9 juta (Deluxe) dan Rp18,7 juta (Street) OTR DKI Jakarta. Khusus pembelian Maret 2024, ada promo special gift berupa jaket. Program ini berlaku di diler Wahana Motor.

    Varian warna Deluxe ada Black, Blue, Green dan Dark Silver. Lalu varian CBS ada Funk Red Black, Jazz Silver Black, Techno Blue Black dan Hard Rock Black. Sementara Beat Street tersedia Street Silver dan Street Black.

    Fitur yang ditawarkan cukup fungsional. Area dek pijakan kaki lega, bagasi sebesar 12 liter, dan ada dua rak kecil lagi di bawah stang. Kompartemen sisi kanannya ada power charger 12 W (12V 1A). Tapi hanya tersedia di tipe Deluxe. Lampu utamanya sudah LED, panel meter digital-analog, dan di dalamnya diberikan fitur indikator ECO. Kunci kontak disematkan fitur secure key shutter dan ada tombol pembuka jok di sampingnya. Combi Brake System (CBS). Side Stand Switch serta Parking Brake Lock. Untuk Beat Street ditawarkan dengan penggunaan naked Handle Bar, panel meter full digital.

    Dibekali mesin 110 cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power). Ia dipercaya mampu menghasilkan tenaga 8,89 hp pada 7.500 rpm dan torsi sebesar 9,3 Nm di putaran 5.500 rpm. Mesinnya sudah berteknologi alternating current generator (ACG) starter. Dikombinasikan dengan idling stop system (ISS).

    Honda New Genio

    New Honda Genio

    Pilihan selanjutnya ada Honda New Genio. Skutik fashionable ini dijual Rp19,110 juta (CBS) dan Rp19,730 juta (CBS-ISS) OTR DKI Jakarta. Khusus pembelian periode Maret 2024, ada promo spesial berupa potongan harga hingga Rp440 ribu. Berlaku di diler Wahana Honda.

    Opsi warna CBS-ISS tersedia Fabulous Matte Green, Fabulous Matte Black, Fabulous Matte Red, dan Fabulous Matte Blue. Sedang tipe CBS ada Radiant Red Black, Radiant Silver Black dan Radiant Black.

    Fiturnya ada headlamp LED, panel meter digital dengan indicator ECO, hook atau cantolan kantong belanja di dasbor depan, power outlet di dek sebelah kanan, area pijakan kaki rata, volume bensin berkapasitas 4,2 liter dan bagasi 14 liter. Lalu secure key shutter, brake lock atau rem parkir, combi brake, dan side stand switch.

    Untuk mesinnya, ia mengandalkan 110 cc, satu silinder, 4-langkah SOHC eSP, pendingin udara dan PGM-FI. Dibenamkan pula teknologi ACG starter yang membuat starter mesin lebih halus. Dan bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda. Output tenaga Genio sendiri ada diangka 6,6 kW (9,0 PS) pada 7.500 rpm dengan torsi mencapai 9,3 Nm di putaran 5.500 rpm.

    Suzuki Nex II

    Nex II

    Skutik selanjutnya di bawah Rp20 juta ada Suzuki Nex II. Banderolnya kini ada diangka Rp19,355 juta buat varian standar dan Rp19,411 juta OTR DKI Jakarta untuk versi Elegant. Ada pula Elegant Premium dan Fancy Dynamic namun harganya di atas Rp20 juta.

    Nex II menggendong mesin kecil, cuma 113 cc SOHC dan berteknologi Fuel Injection. Jantung mekanisnya dapat menyemburkan daya sebesar 9,3 hp di 8.000 rpm dan momen puntir 8,5 Nm di 6.000 rpm. Teknologi pengabutan injeksinya di kombinasikan dengan SEP (Suzuki Eco Performance), mampu membuatnya lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Dari berbagai sumber, motor ini memiliki konsumsi BBM menyentuh 49 km per liter dengan volume tangki di 3,6 liter.

    Fiturnya ada Suzuki Easy Start System, ruang penyimpanan dual inner pocket besar di bagian kompartemen depan, dibekali LED headlight, lalu disediakan port USB untuk mengisi daya smartphone di kompartemen kiri serta ban jenis tubeless.

    Yamaha Mio M3 125

    Yamaha Mio M3 Metallic Blue

    Dari Yamaha ada Mio M3 125 yang dijual cuma Rp17,650 juta OTR DKI Jakarta. PIlihan warnanya ada Metallic Cyan, Metallic Yellow, Metallic Red dan Metallic Black.

    Fiturnya ada rumah kunci multifungsi, satu akses untuk tiga fungsi: kunci kontak untuk menyalakan motor, mengunci motor dan membuka bagasi. Tentu dengan penutup lubang magnet agar lebih aman dari tindak kejahatan pencurian. Lali Eco Indikator, smart stand side switch, pengunci tuas rem belakang (Smart Lock) yang dapat menahan motor saat berhenti di tanjakan atau turunan. Kapasitas tangki bahan bakar 4,2 liter dan bagasinya cukup luas.

    Ia menggendong mesin berkapasitas 125 cc berteknologi Blue Core. Jantung pacunya mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 9 hp di 8.000 rpm dan torsi sebesar 9,6 Nm di 5.500 rpm.

    Yamaha Gear 125

    Yamaha Gear 125

    Opsi lainnya ada Yamaha Gear 125. Ia hadir dalam dua tipe, yakni S Version dan Standard Version. Masing-masing dijual Rp19,220 juta buat S Version dan Rp18,505 juta untuk versi Standard. Harganya berstatus OTR DKI Jakarta.

    Gear 125 punya beragam fitur yang sangat berguna ketika dipakai buat harian. Utamanya dek rata yang luas dan ruang penyimpanan di bawah kursi, double hook, rak di sisi kiri yang kapasitasnya cukup besar dan dalam, bahkan bisa menyimpan satu botol air ukuran sedang. Di situ tersedia socket pengisian baterai gawai, tapi konsumen harus membeli konektor.

    Khusus untuk versi termahal disematkan fitur Stop & Start System (SSS). Jika kondisi aktif (posisi On), maka mesin bakal mati otomatis ketika motor idle 3-5 detik. Perangkat nyala mati ini terletak di setang sebelah kanan. Kemudian diberikan remote Answer Back System, membantu mencari motor saat di parkiran.

    Jantung mekanik Gear 125 bermuatan 124,96 cc, SOHC, satu silinder, 4 langkah dengan berpendingin udara serta berteknologi Fuel Injection Blue Core. Tenaga dan torsi yang dihasilkan masing-masing 9,38 Hp pada 8.000 rpm dan 9,5 Nm di 5.500 rpm.

    Demi keamanan penggunanya yang terkadang lupa menaikan standar samping, diberikan stand side switch. Jadi, mesin tidak menyala ketika masih posisi turun. Kemudian ada Smart lock yang dapat menjaga posisi motor saat berada di tanjakan.

    Honda Revo Series

    Honda Revo

    Tak hanya skutik, motor bebek juga masih jadi pilihan pas buat lebaran. Ia dikenal sebagai kuda besi tangguh dan tahan banting. Salah satunya New Honda Revo Fit dan New Honda Revo X. Perbedaan keduanya terdapat di sistem auto lock, striping dan model pelek, sisanya semua sama.

    Untuk varian terendah dipasarkan Rp16,020 juta dengan dua pilihan warna yakni Raving Red dan Galaxy Blue. Sementara tipe termahal yang dijual Rp17,731 juta juga punya dua opsi kelir, yakni Attractive Red dan Quantum Black. Masing-masing banderol berstatus OTR DKI Jakarta.

    Walau tampilannya jauh dari kesan sporty dibanding skutik, dirinya punya modal enjin tangkas. Menggendong mesin SOHC, 4 langkah, silinder tunggal berkapasitas 109,17 cc dan berpendingin udara. Sistem suplai bahan bakar sudah injeksi berteknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Diameter x Langkahnya 50 x 55,6 mm dan punya rasio kompresi 9,3:1.

    Daya maksimum yang dihasilkan sebesar 8,9 Hp di 7.500 rpm dan torsi 8,76 Nm di kitiran 6.000 rpm. Tenaganya disalurkan ke roda belakang melalui rantai dengan 4 percepatan. Dalam hal efisiensi, dia tercatat dapat menjangkau 59,8 km dengan 1 liter (metode ECE R40) menggunakan metode pengukuran EURO 3 (EURO 2 = 62,2 km/liter).

    Boleh dibilang fiturnya minim. Cuma memiliki bagasi serbaguna sebesar 7 liter. Dapat menyimpan ‎berbagai kelengkapan pengendara berdimensi kecil. Pijakan pembonceng terbuat dari bahan aluminum sehingga kuat. Terdapat pula sistem kunci kontak berpengaman dengan auto lock (Auto Secure Key Shutter). Namun hanya khusus di New Honda Revo X.

    Honda Supra X 125 FI

    Supra X 125 FI

    Selain New Honda Revo series, ada pula Supra X 125 Fi. Dirinya ditawarkan dengan dua varian. Untuk tipe CW (pelek racing) dipasarkan dengan harga Rp20,215 juta dengan pilihan warna Golden Matte Black dan Energetic Red. Sementara model SW (pelek jari-jari) dengan kelir Quantum Black dijual Rp19,1 juta OTR Jakarta.

    Dibekali mesin 125 cc 4 tak SOHC yang disertai dengan teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI). Mampu menghasilkan tenaga sebesar 10 Hp pada 8.000 rpm dan torsi 9,30 Nm di 4.000 rpm. Berdasarkan pengetesan internal perusahaan, satu liter bensin bisa menempuh jarak 57,2 km (EURO 3). Angka yang dihasilkan tersebut masih bisa mengimbangi keiritan motor bertransmisi otomatis.

    Seiring perkembangan zaman, desainnya tak lagi dinamis melainkan semakin runcing. Berbekal dual keen winker dan position light yang dilengkapi dengan garis reflektor membuatnya tak kalah menarik dengan skutik saat ini.

    Fiturnya ada stoplamp berteknologi LED, soket charger di bawah jok, bagasi sebesar 7 liter, gantungan barang di dek tengah serta Auto Secure Key Shutter with Seat Opener. Sistem penguncian bermagnet dengan penutup otomatis yang dilengkapi dengan pembuka tempat duduk sehingga makin praktis. Ada pula Panel meter modern yang mudah dibaca. Pengereman juga sudah cakram depan dan belakang.

    Yamaha Vega Force

    Yamaha Vega Force Metallic Red

    Tak hanya Honda, Yamaha juga punya model bebek yaitu Vega Force. Dirinya masih punya banyak penggemar karena punya tagline bandel dan irit. Saat ini ia dipasarkan dengan harga Rp18,175 juta on the road DKI Jakarta. Pilihan warnanya ada Black Yellow dan Black Red.

    Spesifikasi jantung mekanis Vega Force memakai teknologi SOHC, 4 langkah yang didukung pendingin udara. Kapasitas mesinnya 115 cc silinder tunggal. Sesuai spesifikasi pabrik, mesinnya mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 8,7 hp di 7.000 rpm dengan torsi 9,53 Nm di putaran 5.500 rpm. Digerakkan oleh sistem transmisi manual 4 percepatan dengan kopling basah otomatis multiplat.

    Fiturnya ada kunci starter yang sudah dilengkapi dengan tombol penutup praktis. Bisa meningkatkan dari segi keamanan. Speedometer berdesain modern, menggunakan konsep analog dipadukan dengan fungsi-fungsi yang mudah dipahami.

    Dibangun menggunakan rangka tipe pipa baja dengan sistem tulang bawah atau under bone. Bobotnya cuma 96 kg. Tangkinya dapat menampung sebanyak 4 liter BBM. Bagasinya berkapasitas 9,2 liter terbesar di kelasnya, mampu memuat barang bawaan lebih banyak.

    Soal redaman menggunakan sistem teleskopik di bagian depan. Belakangnya pakai lengan ayun dengan dukungan dual shock. Kehadirannya mampu menahan beban pembonceng secara sempurna, sehingga tetap terasa nyaman.

    Ditunjang juga dengan ban depan berukuran 70/90 serta belakang 80/90. Sama seperti varian bebek lainnya, menggunakan pelek berukuran 17 inci. Sedangkan untuk keamanan, dilengkapi dengan sistem pengereman tromol pada belakang, serta rem cakram di depan.

    Yamaha Jupiter Z1

    Yamaha Jupiter Z1

    Pabrikan Yamaha juga memiliki bebek lain yakni Jupiter Z1. Kuda besi ini punya julukan sebagai ‘Rajanya Motor Bebek 4-tak’, dan slogan “Yamaha Jupiter, Yang Lain Semakin Ketinggalan Lagi” begitu melekat di hati masyarakat. Ia sekarang dijual Rp19,990 juta OTR DKI Jakarta.

    Ia masih mempertahankan konsep sport bebek modern dengan penggunaan frame tipe Steel Tube Underbone. Tangki bahan bakarnya 4,1 liter. Sementara penggunaan suspensi teleskopik serta lengan ayun suspensi ganda, menjadikan motor ini nyaman untuk dikendarai.

    Jantung mekanisnya 115 cc berteknologi SOHC, 2 valve, berpendingin udara. Mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 10 hp di 7.750 rpm dengan torsi maksimal mencapai 9,8 Nm di putaran 6.750 rpm. Memanfaatkan teknologi penyuplai bahan bakar Fuel Injection System serta didukung dengan Forged Piston yang membuat kinerja mesin kuat, awet dan irit. Apalagi dengan ditanamkan standar emisi gas buang EURO 3, jadi lebih ramah lingkungan.

    Urusan si karet bundar, Jupiter Z1 mengandalkan ukuran 70/90 depan dan 80/90 belakang. Peleknya masih sama seperti bebek lain dengan diameter 17 inci. Pengereman pakai piringan cakram dengan 1 kaliper piston tunggal di depan, dan sistem tromol di bagian belakang.

    Fiturnya terbilang rasional, menggunakan spidometer dengan konsep bentuk Diamond (Berlian). Di dalamnya punya beberapa indikator penunjuk yang lengkap, semacam; penunjuk kecepatan, trip meter, penunjuk posisi gigi, dan indikator bahan bakar yang tersedia. Tak lupa juga ada indikator lampu, sein dan mesin injeksi. Informasi itu dipercaya mudah dibaca oleh pengendara. Buat keamanan, dipasangkan guard key pada kunci starternya. (BGX/TOM)

    Baca juga: Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?

    IIMS 2024

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang
    • Kawasaki Ninja H2SX
      Kawasaki Ninja H2SX
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Jun, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Yamaha Niken
      Yamaha Niken
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Jun, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Kawasaki Ninja H2R
      Kawasaki Ninja H2R
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Jun, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • BMW R 1200 GS 2024
      BMW R 1200 GS 2024
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Jun, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Viar E Cross
      Viar E Cross
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Jun, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    • Ini 11 Hal Baru dari New Vespa Primavera 2024
      Ini 11 Hal Baru dari New Vespa Primavera 2024
      24 May, 2024 .
    • Jajal Kawasaki Listrik Ninja e-1 dan Z e-1, Seberapa Pantas Dibeli?
      Jajal Kawasaki Listrik Ninja e-1 dan Z e-1, Seberapa Pantas Dibeli?
      21 May, 2024 .
    • PEVS 2024 Hadir dengan kendaraan Listrik Terkini, Bisa Test Drive lagi!
      PEVS 2024 Hadir dengan kendaraan Listrik Terkini, Bisa Test Drive lagi!
      06 May, 2024 .
    • Keeway KL5000 ST, Motor Listrik Bergaya Trial 120 Km!
      Keeway KL5000 ST, Motor Listrik Bergaya Trial 120 Km!
      06 May, 2024 .
    • Honda CRF250L, Seenak Apa Buat Offroad dan Harian? | Test Ride
      Honda CRF250L, Seenak Apa Buat Offroad dan Harian? | Test Ride
      26 Mar, 2024 .
    • Test Ride Honda EM1 e:, Seberapa Layak untuk Dibeli?
      Test Ride Honda EM1 e:, Seberapa Layak untuk Dibeli?
      01 Mar, 2024 .
    • New Royal Enfield Bullet 350, Revisi Penting sang Cruiser
      New Royal Enfield Bullet 350, Revisi Penting sang Cruiser
      27 Feb, 2024 .
    • Honda SC e: Concept, Cikal Bakal Vario Listrik Nih?!
      Honda SC e: Concept, Cikal Bakal Vario Listrik Nih?!
      27 Feb, 2024 .
    • Fun Ride Goes To IIMS 2024 Bareng Komunitas Motor Gede!
      Fun Ride Goes To IIMS 2024 Bareng Komunitas Motor Gede!
      21 Feb, 2024 .
    • Impresi Perdana dan Jajal Honda Stylo 160, Incar Penggemar Desain Retro Modern | First Ride
      Impresi Perdana dan Jajal Honda Stylo 160, Incar Penggemar Desain Retro Modern | First Ride
      16 Feb, 2024 .
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature
    • Biker Indonesia Solo Riding dari Borobudur ke Berlin Pakai Yamaha MT-09
      Biker Indonesia Solo Riding dari Borobudur ke Berlin Pakai Yamaha MT-09
      Zenuar Istanto, 22 Mei, 2024
    • Di Indonesia Mahal, Honda Super Cub Thailand Cuma Rp21 Juta
      Di Indonesia Mahal, Honda Super Cub Thailand Cuma Rp21 Juta
      Anjar Leksana, 20 Mei, 2024
    • Unitrack Oruga, Monotrack Pertama Bertenaga Listrik
      Unitrack Oruga, Monotrack Pertama Bertenaga Listrik
      Zenuar Istanto, 13 Mei, 2024
    • Uji Pasar Sudah Berjalan Setahun, Kapan Yamaha E01 Dijual?
      Uji Pasar Sudah Berjalan Setahun, Kapan Yamaha E01 Dijual?
      Bangkit Jaya Putra, 13 Mei, 2024
    • Warna Baru Honda Super Cub C125 dan Simulasi Cicilannya
      Warna Baru Honda Super Cub C125 dan Simulasi Cicilannya
      Anjar Leksana, 12 Mei, 2024
    • Mau Beli Motor Seken, Begini Cara Mengecek Kondisinya
      Mau Beli Motor Seken, Begini Cara Mengecek Kondisinya
      Anjar Leksana, 06 Jun, 2023
    • 8 Komponen Motor yang Wajib Diperiksa setelah Dipakai Mudik
      8 Komponen Motor yang Wajib Diperiksa setelah Dipakai Mudik
      Bangkit Jaya Putra, 03 Mei, 2023
    • Penting Diketahui saat Pilih Jas Hujan, Jangan Sampai Membahayakan!
      Penting Diketahui saat Pilih Jas Hujan, Jangan Sampai Membahayakan!
      Zenuar Istanto, 26 Okt, 2022
    • Cara Merawat Bagian Motor Berwarna Doff Supaya Selalu Terlihat Resik
      Cara Merawat Bagian Motor Berwarna Doff Supaya Selalu Terlihat Resik
      Zenuar Istanto, 03 Okt, 2022
    • Jangan Lupakan Beberapa Hal Ini saat Touring Motor Berkelompok
      Jangan Lupakan Beberapa Hal Ini saat Touring Motor Berkelompok
      Zenuar Istanto, 16 Sep, 2022
    • Aprilia SR-GT 200 Replica: Tetap Mengambil Pendekatan Tualang, Tapi Ada yang Beda
      Aprilia SR-GT 200 Replica: Tetap Mengambil Pendekatan Tualang, Tapi Ada yang Beda
      Bangkit Jaya Putra, 25 Apr, 2024
    • First Ride Honda Stylo 160: Sekadar Vario 160 Berganti Kulit?
      First Ride Honda Stylo 160: Sekadar Vario 160 Berganti Kulit?
      Setyo Adi, 07 Mar, 2024
    • First Ride Yamaha LEXi LX 155: Pantas Naik Kelas?
      First Ride Yamaha LEXi LX 155: Pantas Naik Kelas?
      Bangkit Jaya Putra, 27 Feb, 2024
    • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Tawarkan Keseimbangan Berkendara
      First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Tawarkan Keseimbangan Berkendara
      Anjar Leksana, 30 Jan, 2024
    • Vespa LX125 i-get Batik: Layak Dikoleksi
      Vespa LX125 i-get Batik: Layak Dikoleksi
      Bangkit Jaya Putra, 27 Mar, 2023
    • Pilihan Sepeda Motor Yamaha yang Pakai Fitur Y-Connect
      Pilihan Sepeda Motor Yamaha yang Pakai Fitur Y-Connect
      Zenuar Istanto, 22 Mei, 2024
    • 11 Istilah yang Akrab di Kalangan Bikers Sejati
      11 Istilah yang Akrab di Kalangan Bikers Sejati
      Bangkit Jaya Putra, 28 Jun, 2022
    • Perjalanan Yamaha R15, Transformasi Revolusioner hingga Menjadi Motor Sport Mutakhir
      Perjalanan Yamaha R15, Transformasi Revolusioner hingga Menjadi Motor Sport Mutakhir
      Zenuar Istanto, 22 Mar, 2022
    • Sejarah Perkembangan Honda Vario, dari 110 cc hingga 160 cc
      Sejarah Perkembangan Honda Vario, dari 110 cc hingga 160 cc
      Zenuar Istanto, 08 Mar, 2022
    • Kawasaki Ninja 250SL vs Suzuki Gixxer SF 250, Adu Sporty Fairing Silinder Tunggal
      Kawasaki Ninja 250SL vs Suzuki Gixxer SF 250, Adu Sporty Fairing Silinder Tunggal
      Bangkit Jaya Putra, 15 Nov, 2021

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*