jakarta-selatan
Bahasa en | id

Yamaha Niken

Ubah Motor
Perkiraan Tanggal Peluncuran: Nov, 2019

Niken : Dari Para Ahli

Kelebihan Niken
  • Desain tidak mainstream
  • Kestabilan manuver
  • Kaya fitur
  • Tenaga dan torsi melimpah
Kekurangan Niken
  • Bobot berat
  • Dimensi menyulitkan saat parkir
  • Bukan selera semua orang

Informasi Terkini Yamaha Niken

Namanya mungkin Indonesia banget, tapi hingga kini Yamaha Indonesia belum meluncurkan Niken. Sebagai bayangan, di Inggris Harganya GBP 13.499 atau sekitar Rp 256 juta dengan nilai tukar rupiah terhadap mata uang Inggris, Rp 18.971. Tentu saat masuk kesini ada kebijakan pajak yang berbeda dan mendongkrak harga motor mencapai angka yang fantastis.

Meski konfigurasi roda tiganya mirip becak, tapi jangan main-main dengan motor ini. Di balik rangkanya ada mesin tiga silinder dengan tenaga 114 ps. Untuk menunjang pengendaraan dan pengendalian, ada suspensiyang digabungkan dengan sistem kemudi canggih, yang tidak akan membiarkan motor jatuh meski sedang rebah menikung.

Daftar Harga Niken

Varian   Spesifikasi  
Standard    847 cc, 115 hp, Electric, Yang Akan Datang
Tanggal Peluncuran: 25 Nov, 2019

Warna Yamaha Niken

Niken tersedia dalam 1 warna yang berbeda - Black

  • Black

Gambar Yamaha Niken

Video Yamaha Niken

Lihat video terbaru Yamaha Niken untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Review Niken

  • Overview
  • Fitur
  • Desain
  • Biaya BBM Selama Kepemilikan
  • Pengereman

Overview

Apa yang Anda bayangkan saat mendengar Niken? Seorang remaja wanita? Penamaannya memang kurang lazim di sebuah motor. Tidak hanya itu, ia memiliki sensasi mengendara yang tak kalah unik. Hal ini disebabkan oleh jumlah roda yang ganjil. Dua di depan dan satu di belakang. Mirip konfigurasi becak.

Desain bodi Niken diwariskan oleh Yamaha MT-09. Karenanya aura motor touring sangat terpancar. Begitupun basis mesin yang digunakan, 850 cc tiga silinder segaris. Tapi bagian paling menarik ada di depan. Terlihat dua pasang suspensi upside-down yang menopang dua rodanya. Juga dimensi yang sangat lebar. Praktis membuat mata menatap tajam. Apa saja fitur yang dapat diberikan oleh Niken?

Fitur

Keunggulan utama konfigurasi roda ini adalah kestabilan saat bermanuver. Ia mampu diajak menikung dengan ekstrem tanpa harus khawatir terjatuh. Semuanya berkat teknologi link steering parallelogram berjenis Ackerman. Sistem ini memberikan efek miring yang terkendali ketika menikung.

Total ada empat buah tabung suspensi di depan. Ternyata tidak semuanya bertugas sebagai peredam kejut. Bagian terdepan tidak memiliki per atau peranti lainnya. Hanya berfungsi memperluas bracket untuk as roda depan saja. Baru yang belakangnya berfungsi sebagaimana mestinya.

Urusan panel instrumen, semuanya terangkum di layar digital. Tentu di dalamnya terdapat speedometer, tachometer, odometer, tripmeter dan hal fundamental lain. Yang menarik bukan itu, ia memiliki fitur mengendara yang cukup lengkap. Pertama pilihan mode berkendara. Karakternya bisa diatur sesuai keinginan dan berpengaruh pada respons gas saat ditarik. Kedua quick shifter yang membuat motor dapat berpindah gigi dengan cepat tanpa harus menarik tuas kopling. Ketiga traction control dapat mengatur momentum torsi ke roda belakang agar tidak terjadi spinning. Terakhir, cruise control yang sangat berguna untuk menikmati touring di jalanan sepi.

Jok di bagian pengemudi sepertinya sangat nyaman. Karena ukurannya lebar dan tebal. Tapi tidak untuk di belakang. Terlihat kurang nyaman akibat posisi merunduk dan jok yang tipis. Fokus Niken ada pada pengendaranya.

Desain

Ia mewariskan desain MT-09. Terlihat dari bagian belakang hingga ke bagian tangki. Tapi tampang depan sangat berbeda. Model headlamp split dengan garis tegas ditambah dimensi yang lebar sangat intimidatif. Apalagi diameter suspensi depan yang digunakan sebesar 43mm. Pada bagian ini diberi kelir biru khas Yamaha.

Total dimensi (P x L x T) 2.148 x 883 x 1.249mm. Tingginya tergolong kurang wajar untuk motor kebanyakan, termasuk motor roda tiga sekalipun.  Sedangkan untuk jarak kursi ke tanah sejauh 820 mm. Masih tergolong wajar apalagi ditopang oleh tiga roda. Toh, untuk Anda yang berbadan kecil tak perlu khawatir mengendarai Niken.

Ukuran bannya sedikit aneh. Jika biasanya lingkar ban depan lebih besar ketimbang belakang, kali ini terbalik. Ia menggunakan ban berukuran 120/70R15 di depan dan 190/55R17 di belakang. Ketiga ban lebar itu dibalut ke pelek palang bermotif sporty.

Biaya BBM Selama Kepemilikan

Sumber tenaga dihasilkan dari mesin tiga silinder segaris berkapasitas 847cc 12 katup. Ia menyemburkan tenaga 114 PS pada 10.000 rpm dan torsi maksimum 87,5 Nm di 8.500 rpm. Semuanya di transfer ke roda belakang melalui gearbox 6-speed berteknologi slipper wet clutch. Tenaga sebesar itu rasanya sangat cukup untuk bersenang-senang menikmati perjalanan jauh. Kapasitas tangkinya sebesar 18 liter dengan konsumsi BBM 17,9 kpl (klaim). Artinya, Niken masih mampu menempuh jarak 322 km dalam kondisi tangki penuh.

Pengereman

Dua buah cakram hidrolik berukuran 298mm tertera di kedua sisi roda depan. Lalu cakram belakang berukuran lebih kecil, 282 mm. ABS triple line juga sudah menjadi standar. Tak perlu khawatir urusan ini. Sudah cukup untuk menahan laju motor.

Motor Yamaha Pilihan

Dealer Yamaha Terdekat

Dealer Yamaha di Kota Populer

Berita Yamaha Niken

Dapatkan penawaran pertukaran terbaik di Motor Anda
Tolong beri tahu kami tentang mobil Anda di bawah ini dan kami akan menghubungkan Anda dengan mitra dealer kami.
Hanya 1 langkah dari penawaran terbaik. Harap masukkan detail kontak Anda
+62 -
Hampir Selesai

Mohon masukkan kode OTP 4 digit yang dikirim ke nomor Whatsapp/SMS Anda

Terima kasih