Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Yamaha Fazzio Hybrid, Warna Baru XMax dan Isu Honda Vario 160cc

Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Yamaha Fazzio Hybrid, Warna Baru XMax dan Isu Honda Vario 160cc

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membuat kejutan dengan resmi menjual skutik bergaya retro canggih. Ya, dia adalah Yamaha Fazzio Blue Core Hybrid Connected yang ditawarkan dengan harga mulai Rp 21,7 juta OTR Jakarta. Di pasar domestik saat ini, genre motor matik klasik dengan teknologi Hybrid memang belum ada portofolionya. Artinya YIMM membuka segmen baru dan secara tak langsung menjadi pionir di kelasnya.

Tak hanya model baru, Yamaha pekan ini juga menghadirkan edisi facelift satu model lain. Yamaha memberikan penyegaran untuk produk matik premiumnya, Yamaha XMax 250. Ubahan yang dilakukan terbilang minor, yakni menawarkan 2 opsi warna baru Matte Green dan Metallic Red. Kehadiran warna anyar ini pun melengkapi kelir yang sudah ada Signature Black. Bagaimana dengan harga? Menariknya tak ada ubahan, alias tetap sama dengan akhir tahun lalu.

Nama lain yang juga jadi berita pekan ini adalah Honda, Pabrikan berlogo sayap itu disebutkan akan menghadirkan Vario terbaru. Bedanya, skutik ini menggunakan mesin anyar berkapasitas 160cc. Mesin berkonfigurasi 4 katup serupa dengan PCX terbaru itu diperkirakan memiliki output yang lebih gahar. Informasi yang didapatkan menyebutkan jika Vario terbaru sudah masuk jalur produksi massal meskipun kuantitasnya masih sedikit. Rencananya akan meluncur di awal tahun ini.

Fazzio

Yamaha Fazzio Bermesin Blue Core Hybrid

Kejutan datang dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), pada hari ini Senin (17/1/2022) mereka resmi menjual skutik bergaya retro canggih. Ya, dia adalah Yamaha Fazzio Blue Core Hybrid Connected yang ditawarkan dengan harga mulai Rp 21,7 juta OTR Jakarta.

Peluncuran Fazzio Hybrid diharapkan bisa semakin menggairahkan pasar sepeda motor Indonesia, terkhusus produk yang mengusung teknologi ramah lingkungan. Di pasar domestik saat ini, genre motor matik klasik dengan teknologi Hybrid memang belum ada portofolionya. Artinya YIMM membuka segmen baru dan secara tak langsung menjadi pionir di kelasnya.

Aura klasik berusaha ditonjolkan pada Fazzio. Coba lihat, penggunaan batok lampu depan LED melingkar dan elemen desain membulat pada bagian fascia sukses membuatnya mirip dengan motor besutan Italia, Vespa. Kendati demikian, DNA dari Yamaha tetap kental, desainnya sporty dan jauh dari kata kaku.

Motor ini memiliki sederetan fitur menarik. Yamaha Fazzio juga dibekali dengan teknologi paling canggih yakni Blue Core Hybrid. Yap, dia masih menggunakan mesin internal bahan bakar tapi dikombinasikan dengan teknologi hybrid yang membuatkan semakin efisien dan ramah lingkungan.

Muncul pertanyaan, apakah mesin Fazzio ini benar-benar hybrid? OTO.com mencoba membahasnya. Berbagai kelebihan dimiliki motor bergaya retro ini. Tapi juga ada beberapa pertimbangan yang kami berikan jika Anda ingin membelinya. Dari pantauan OTO.com, cicilan utnuk Yamaha Fazzio ini cukup murah yaitu Rp 800 ribuan. Simak ulasannya di sini.

Xmax

Yamaha XMax 2022

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali memberikan penyegaran untuk produk matik premiumnya, Yamaha XMAX 250. Ubahan yang dilakukan terbilang minor, yakni menawarkan 2 opsi warna baru Matte Green dan Metallic Red. Kehadiran warna anyar ini pun melengkapi kelir yang sudah ada Signature Black.

Pada pilihan Matte Green disebut sebagai inovasi warna spesial terbaru dari garpu tala. Unsur premium dan fashionable yang dimiliki XMAX semakin dipertegas lewat kombinasi warna hijau doff dan hitam yang hadir pada bodi motor. Sementara kedua roda dicat dengan warna gold (emas) cukup serasi dengan warna utama di bodi.

Dan untuk varian Metallic Red pada XMAX, penggunaan kelir merah yang sebelumnya berjenis doff kini diubah menjadi glossy dengan tambahan striping minimalis bertuliskan Xmax 250 berkelir hitam pada sisi kanan dan kiri cover body motor. Secara keseluruhan visualnya terlihat maskulin, simple, dan sedap untuk dipandang.

Tak ada ubahan pada sektor mesin dan fitur, XMAX masih mengemas enjin menggendong 250 cc berpendingin cairan SOHC 1-silinder yang memuntahkan tenaga 22,5 daya kuda pada 7.000 rpm dan torsi maksimum 24,3 Nm yang dicapai pada 5.500 rpm.

Sementara untuk fiturnya, lampu depan dan belakang sudah LED, hadir kunci keyless, panel meter kombinasi analog digital yang menampilkan informasi umum berupa sisa bensin, temperatur, jam, speedometer, tachometer, dan indikator lainnya.

Bila tertarik meminang matik gambot ini, harga dengan opsi warna baru tadi tidak ada kenaikan dibandingkan Desember 2021. Yamaha XMAX masih dijual dengan banderol Rp 62 juta OTR. Baca selengkapnya di sini.

Honda Vario 160

Honda Vario 160 Segera Meluncur?

Saat gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada November 2021 lalu nama Honda Vario 160 diduga kuat meluncur saat itu. Namun bukan Vario yang dirilis melainkan new CB150X. Kabar terbaru soal matik ini kembali terdengar, menurut informasi yang kami dapat estimasi all new Vario bakal diluncurkan pada akhir Januari atau di awal Februari 2022.

Informasinya datang dari salah pekerja perusahaan yang ditunjuk Astra Honda Motor (AHM) sebagai pemasok salah satu part dari Vario 160. Narasumber yang tidak ingin disebutkan identitasnya itu mengatakan, jika Vario terbaru sudah masuk jalur produksi massal meskipun kuantitasnya masih sedikit.

Kabar Vario akan menggendong mesin 160 cc mencuat tak lama dari peluncuran PCX 160 pada awal Februari tahun lalu. PCX kini dibekali dengan mesin berkonfigurasi 4 katup yang meningkatkan performanya. Seperti diketahui, kedua motor ini memang berbagi platform mesin yang membedakannya tentu di tampilan, sektor kaki-kaki, dan sasis.

AHM juga sempat memberikan kisi-kisi jika suatu saat peluang Vario memakai mesin baru 160 cc dengan teknologi yang identik dengan PCX bisa saja terjadi. Kemungkinan lain Honda Vario 160 nanti akan menggunakan konstruksi sasis baru yang lebih ringkas dan mengikis beratnya. Hal ini pun dilakukan PCX 160, menggunakan penopang mesin baru dan sukses memangkas bobotnya hingga 760 gram.

Jadi kita tunggu saja kejutan dari AHM soal Vario. Baca lengkapnya di sini. (Raju)

Jelajahi Yamaha Fazzio

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor

Bandingkan & Rekomendasi