Simak Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Fazzio Sebelum Memutuskan Membelinya

Simak Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Fazzio Sebelum Memutuskan Membelinya

Awal tahun, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperkenalkan skutik baru bernama Fazzio untuk masyarakat Indonesia. Nama baru ini langsung menarik perhatian konsumen. Maklum, skutik dengan pendekatan desain baru dan teknologi hibrida ini ditawarkan dengan harga mulai Rp 21,7 juta on the road Jakarta.

Tak hanya harga, tapi juga teknologi yang diusung. Lantas apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli Yamaha Fazzio Blue Core Hybrid Connected terbaru ini? Simak daftar pilihan Oto.com sebagai bahan pertimbangan membeli Fazzio.

5 Keunggulan:

1. Desain Skutik Stylish

Yamaha Fazzio hadir dengan ide desain yang segar untuk kelas skutik perkotaan. Aura klasik coba dibenamkan pada skutik Fazzio, sekilas membuatnya mirip produk keluaran Vespa. Di bagian bawah headlamp ada pernak pernik front tie dengan aksen tiga dimensi, sepasang lampu sein yang posisinya di tempatkan pada bagian bodi depan membuat tampilan Fazzio modern klasik.

Sisi samping bodinya mengingatkan pada Yamaha QBIX yang sempat heboh di Indonesia tahun lalu, yakni berbentuk kotak di sisi kiri dan kanannya. Area footrestnya punya layout yang rata untuk akomodasi penyimpanan. Oh ya, kesan modernnya juga hadir dari penggunaan teknologi LED pada headlamp dan stoplamp meski lampu sein masih menggunakan bohlam konvensional.

2. Penuh Teknologi

Sebagai produk skutik modern, Fazzio memiliki fitur-fitur yang terbilang canggih. Sebut saja full digital speedometer, Y Connect, Smart Key System, electric power socket, dan one push start. Masih ada fitur Stop & Start Sytstem dan Smart Motor Generatrion (SMG). Fitur ini dibuat untuk menghemat bahan bakar.

Sistem kerjanya, mesin mati secara otomatis ketika posisi berhenti lebih dari tiga detik. Mesin kembali menyala apabila handle gas diputar. Barkaitan dengan efisiensi bahan bakar, teknologi SSS bersinergi dengan Smart Motor Generation (SMG), suara mesin jadi lebih halus saat pertama kali dinyalakan. Setelah mesin menyala, generator berfungsi untuk melakukan pengisian baterai atau aki.

Yamaha Fazzio

3. Mesin Hybrid

Di atas kerta Fazzio menggendong mesin bensin 125 cc, 1-silinder, SOHC, pendingin udara, dan berpengabut injeksi. Tenaga maksimalnya 8,3 daya kuda pada 6.500 rpm dan torsi puncak 10,6 Nm di 4.500 rpm. Mesin itu dipadukan dengan sistem hybrid yang menawarkan efisiensi bahan bakar dan akselerasi yang lebih cepat.

Sistem kerjanya dalam kondisi normal komponen baterai berfungsi untuk menghidupkan sepeda motor dan setelah motor menyala daya baterai akan dicharge kembali oleh komponen Smart Motor Generator (SMG) pada Electric Power Assist Start (EPAS) dari daya baterai.

Fungsi yang bisa dirasakan secara langsung adalah tarikan awal mesin selama 3 detik pertama dengan mengkombinasikan 2 sumber tenaga dari mesin konvensional dan EPAS-nya yang manfaat nya semakin terasa saat akselerasi awal.

4. Kapasitas Penyimpanan Besar

Sebagai skutik untuk harian, kemampuan membawa barang menjadi salah satu perhatian penting. Fazzio sendiri memiliki kemampuan angkut bagasi sebesar 17,8 liter. Bagasi ini termasuk besar untuk skutik di kelasnya. Kehadiran bagasi besar ini untuk menyimpan beragam peralatan selama berkendara atau barang lain berukuran kecil seperti sepatu, jaket, jas hujan atau kacamata. Selain itu bisa juga untuk menyimpan helm half face untuk keamanan selama ditinggal di parkiran.

Selain bagasi terdapat beberapa bagian Fazzio yang dapat menjadi tempat menyimpan atau menaruh barang. Sebut saja kompartemen depan sisi kanan yang bisa ditempatkan botol minum ukuran sedang. Ada juga fitur double hook yang berupa gantungan barang ganda untuk membawa banyak barang. Sistem ini menggunakan pengunci karabiner yang praktis dan aman dengan beban maksimal untuk digantung adalah 1 kilogram. Yamaha juga menyediakan aksesori tambahan untuk Fazzio agar memiliki tempat untuk membawa barang seperti leg softbag serta outer luggage berupa jaring-jaring yang memadukan kesan klasik dan sporty skutik ini.

5. Harga Kompetitif

Yamaha Fazzio 125 Hybrid ditawarkan dalam 2 varian berbeda pertama adalah Connected Neo yang sporty dengan opsi Neo Cyan, Neo Red, Neo Black, dan Neo Beige. Banderolnya dijual Rp21,7 juta OTR. Varian kedua tampil dengan kelir lebih premium atau yang dinamakan sebagai Fazio Hybrid Lux. Pilihannya hanya ada 2 warna yakni Prestige Silver dan Matte Black dijual seharga Rp22 juta OTR. Harga ini termasuk kompetitif untuk konsumen yang ingin mencari skutik 125 cc dengan beragam fitur teknologi Yamaha terkini.

 

Baca juga: Ini Deretan Fitur Keren Yamaha Fazzio Hybrid – Connected

Yamaha Fazzio

 

Hal-Hal yang Jadi Pertimbangan

Dari keunggulan-keunggulan di atas, ada beberapa sektor yang perlu dipertimbangkan calon konsumen sebelum memutuskan membeli Fazzio. Berikut beberapa alasannya

1. Desain Klasik Tidak Untuk Semua Orang

Ya, meski hadir dengan desain yang segar, memadukan sisi modern dan klasik, namun tidak semua orang cepat menyukai desain ini. Misalnya saja bentuk fasia depan motor ini yang cenderung membulat dan cembung dengan kehadiran headlamp serta bodi depan. Terlebih kata klasik tidak identik dengan Yamaha yang selama ini memiliki DNA sporty. Selain itu, jika ingin skutik bergaya klasik, Yamaha sudah menawarkan Fino dengan banderol harga lebih murah dibanding Fazzio, meski sekali lagi, fitur produk baru cukup dominan untuk kelas 125 cc.

2. Dimensi Ramping

Alasan kali ini boleh jadi setuju boleh juga tidak. Dari segi dimensi, Fazzio memiliki panjang total 1.820 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.125 mm. Jarak sumbu rodanya 1.280 mm, ground clearance 135 mm, tinggi jok 750 mm, berat isi di 95 kg, dan kapasitas BBM sebesar 5,1 liter. Soal dimensi ini di satu sisi membuat kemampuan manuver lebih unggul namun di sisi lain ada juga hal yang harus dipangkas untuk kenyamanan.

Misal ambil contoh dibandingkan dengan produk Yamaha Freego yang memiliki dimensi panjang 1.905 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.100 mm, dengan jarak sumbu roda mencapai 1.275 mm, tinggi tempat duduk 778 mmm, berat isi 100 kilogram, kapasitas tangki bensin 4,2 liter. Dari data di atas, Fazzio menawarkan bagasi hanya 17,8 liter berbanding dengan Freego dengan kemampuan bagasi 25 liter.

3. Belum USB Charger

Soal akomodasi gadget selama perjalanan, Yamah Fazzio memang menyediakan power socket. Sayangnya ini belum berbentuk USB yang membuat kenyamanan sedikit berkurang. Power socket ini terdapat di kompartemen kiri depan dan hadir dengan penutup untuk keamanan. Konsumen harus membeli lighter yang dijual terpisah.

Baca juga: Mengenal Mesin Blue Core Hybrid Pada Yamaha Fazzio di Pasar Indonesia, Apa Keunggulannya?

Yamaha Fazzio

4. ABS dan Kontrol Traksi Absen

Sebagai skutik modern, Fazzio belum menyematkan fitur pengereman ABS serta kontrol traksi untuk pengendalian yang lebih mumpuni. Fazzio saat ini hadir dengan fitur smart lock untuk berhenti di turunan atau tanjakan. Selain itu berdasarkan lembar spesifikasi, pengereman Fazzio untuk bagian depan adalah cakramn dan belakang menggunakan drum atau tromol. Untungnya, Fazzio sudah menggunakan ban tubeless ukuran 110/70-12 47L untuk depan dan belakang alias ukuran kembar.

5. Varian hanya Berbeda Warna

Meski bisa dilihat sebagai keuntungan dimana konsumen tidak pusing dalam memilih varian Fazzio, namun ketiadaan perbedaan secara fitur atau fisik pada skutik baru ini cukup disayangkan. Seperti sudah disebutkan di atas, varian Lux hanya menawarkan pilihan warna berbeda yakni Prestige Silver dan Matte Black dijual seharga Rp 22 juta OTR alias berbeda Rp 300 ribu saja. Yamaha sebenarnya menawarkan tambahan aksesori seperti Outer Luggage, leg soft bag, dan cover panel untuk sentuhan personal pada motor ini. Namun semuanya dijual terpisah dan tidak menjadi satu paket tertentu dalam penawaran.

Itu tadi beberapa hal sebagai pertimbangan sebelum Anda membawa pulang Yamaha Fazzio. Meski ada plus minus, namun dari segi performa penjualan cukup berhasil. Ini terbukti dari keberhasilan terjualnnya Fazzio sebanyak 1.000 unit lewat indent online lewat salah satu marketplace kurang dari 5 jam. (Sta/Raju)

Baca juga: Mau Beli Yamaha Fazzio Hybrid-Connected? Cicilan Mulai dari Rp 800 Ribuan Saja

Jelajahi Yamaha Fazzio

Model Motor Yamaha

  • Yamaha Nmax
    Yamaha Nmax
  • Yamaha MX King
    Yamaha MX King
  • Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155
  • Yamaha YZF R15
    Yamaha YZF R15
  • Yamaha WR155 R
    Yamaha WR155 R
  • Yamaha YZF R25
    Yamaha YZF R25
  • Yamaha Lexi
    Yamaha Lexi
  • Yamaha TMAX DX
    Yamaha TMAX DX
  • Yamaha XMax
    Yamaha XMax
  • Yamaha E01
    Yamaha E01
  • Yamaha Aerox Connected ABS
    Yamaha Aerox Connected ABS
  • Yamaha Vixion
    Yamaha Vixion
  • Yamaha Mio M3 125
    Yamaha Mio M3 125
  • Yamaha Gear 125
    Yamaha Gear 125
  • Yamaha Aerox 155VVA
    Yamaha Aerox 155VVA
  • Yamaha Fazzio
    Yamaha Fazzio
  • Yamaha FreeGo
    Yamaha FreeGo
  • Yamaha Jupiter Z1
    Yamaha Jupiter Z1
  • Yamaha Fino 125
    Yamaha Fino 125
  • Yamaha Nmax Connected
    Yamaha Nmax Connected
  • Yamaha Soul GT AKS
    Yamaha Soul GT AKS
  • Yamaha Xabre
    Yamaha Xabre
  • Yamaha MIO Z
    Yamaha MIO Z
  • Yamaha XRide 125
    Yamaha XRide 125
  • Yamaha Aerox Connected
    Yamaha Aerox Connected
  • Yamaha Vixion R
    Yamaha Vixion R
  • Yamaha R15 Connected
    Yamaha R15 Connected
  • Yamaha Vega Force
    Yamaha Vega Force
  • Yamaha Byson FI
    Yamaha Byson FI
  • Yamaha MT-25
    Yamaha MT-25
  • Yamaha WR250 R
    Yamaha WR250 R
  • Yamaha Mio S
    Yamaha Mio S
  • Yamaha MT07
    Yamaha MT07
  • Yamaha MT-09
    Yamaha MT-09
  • Yamaha MT-15
    Yamaha MT-15
Motor Yamaha

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Yamaha Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Yamaha

Bandingkan & Rekomendasi