• Wishlist

Suzuki Katana 125 Mengaspal Tahun Depan?

Suzuki Katana 125 Mengaspal Tahun Depan?

Kehadiran Suzuki Katana 1000 memang fenomenal. Walau bahasa desainnya masih merujuk pada generasi lawas, namun tak dipungkiri sosoknya kini lebih sangar. Modal itulah yang coba ditularkan ke produk Suzuki lainnya.


Suzuki


Rumor soal Katana 150, menjadi sinyal reborn turunan dari sang pedang. Meskipun, belum ada kejelasan mengenai keberadaannya sampai saat ini. Padahal terapan itu rasanya mudah, mengingat Suzuki sudah punya modal, Suzuki GSX-S150 atau Gixxer. Belum tuntas isu itu berembus, Suzuki justru dikabarkan tengah menyiapkan Suzuki Katana 125.


Secara model tentu lebih luas. Kita tahu, motor mereka seperti Suzuki GSX-S125 atau GSX-R125 tersebar di berbagai negara. Bayangkan jika desainnya merujuk Katana teratas. Tentu cocok buat pengendara muda yang menyenangi tampilan agresif. Sebagai gambaran, Young Machine sempat membuatkan render Suzuki Katana 125 ini. Kentara sekali GSX-R125 lah yang dijadikan basis.


Terlebih melihat bentuk jok hingga buritan. Perbedaan terdapat pada bentuk tangki bensin dan pastinya sematan fairing ala Katana. Lantaran menggunakan model rupa tadi, wajar kalau posisi berkendaranya menunduk - sama dengan rancang bangun GSX-R125. Tak ubahnya sektor mesin. Katana 125 pun sepertinya mendapat perbekalan jantung mekanis serupa, 124,4 cc. Sudah Euro 4. Kemampuannya mengail tenaga sampai 15 Hp pada 8.500 RPM, dan torsinya 64 Nm pada 8.100 RPM.


Dari sisi handling, ia pun cukup bersahabat. Punya ketinggian jok 785 mm serta bobot hanya 134 kg. Mestinya mudah untuk pemula, apalagi dengan wheel base terbilang kompak. Pun begitu dengan perbekalan lainnya. Katana 125 dipastikan mengedepankan sasis model tubular berbahan baja. Terapan yang dipercaya memberikan kemudahan dalam hal pengendalian. Walaupun kemungkinan radius putar kemudinya tidak cukup lebar, sama seperti GSX-R125.


Belum ada penjelasan menyoal suguhan fitur. Kita tahu, seluruh keluarga GSX-R series sudah mengaplikasi panel meter digital. Namun ada indikasi, bakal ada kesamaan di sana. Termasuk pula soal pemasangan sistem pengereman ABS - aplikasi yang wajib diterapkan setiap produsen roda dua di luar Indonesia. Sistem penghenti laju pada GSX-R125 terdapat di dua roda (depan-belakang), menggunakan unit ABS Bosch 10.


Suzuki GSX


Young Machine berasumsi proyek ini tengah berjalan. Dan, kabarnya Suzuki juga tak bekerja sendirian. Ada rekanan mereka dari pihak aftermarket, Yoshimura dan A-Tech. Wajarlah kalau dalam gambar itu juga tersemat item produk dari si vendor, salah satunya knalpot. Dugaan mereka, Suzuki Katana 125 dirilis tahun depan (2020). Konon menjadi edisi khusus untuk pasar domestik Jepang saja. Berkaca dari penyebaran GSX-R125, tak menutup kemungkinan juga ia disebar ke negara lain. Kita tunggu saja realisasinya. (Ano/Van)


Sumber: Young Machine


Baca Juga: Mesin Kawasaki Ninja 250 cc 4-silinder, Tembus 20 Ribu RPM

Jelajahi Suzuki GSX R150

Suzuki GSX R150 Rp 30,18 - Rp 34,18 Juta Cicilan : Rp 688.484

Bandingkan & Rekomendasi