Mesin 4-Silinder Kawasaki Ninja ZX-25R Tembus 20 Ribu RPM

Mesin 4-Silinder Kawasaki Ninja ZX-25R Tembus 20 Ribu RPM
Gambar
Review Pengguna

Video terbaru Kawasaki Ninja ZX-25R dirilis. Teaser bergambar takometer itu menyajikan performa yang selama ini masih menjadi teka-teki. Motor sport 250 cc berkonfigurasi 4 silinder itu, tampak bisa  berputar hingga 20 ribu RPM.

Kawasaki Ninja

Bentuk panel instrumennya bisa dikatakan tak beda dengan beberapa motor Kawasaki lain, seperti versys 250, Ninja 250 yang ada sekarang, ataupun ZX-6R. Dalam video terlihat, berbentuk analog yang dikombinasikan dengan digital MID. Namun, ada beberapa perbedaan yang nampak pada indikator KTRC di sebelah kiri. Merupakan singkatan dari Kawasaki Traction Control. Inilah yang membedakan Ninja ZX-25R dengan beberapa line up 250 cc Kawasaki yang lain.

Lalu bagaimana dengan tenaganya? Jika dibandingkan dengan Ninja yang 2 silinder, jelas meningkat signifikan. Karena redline-nya jauh lebih tinggi. Jika Ninja 250 2-silinder hanya di 13.500 RPM sampai dengan 16.000 RPM, versi 4-silinder redlinenya mulai level 17.000 RPM.

Menurut hasil penelusuran kami dari berbagai sumber, ZXR-250 punya tenaga hingga 45 hp, dan top speednya bisa mencapai 220 km/jam (gigi-6 di 17.000 rpm). Jika dikombinasikan dengan teknologi yang ada sekarang, bisa jadi ZX-25R punya tenaga yang lebih tinggi. Kabarnya, ia punya tenaga maksimal sampai 60 hp, atau naik 15 hp dari versi lama. Bisa diasumsikan, 4 silinder yang baru kecepatan tertingginya bisa mencapai 250 km/jam, bahkan bisa lebih sedikit.

Kawasaki Ninja

Walau angka-angka di atas masih belum resmi, namun yang menarik hadirnya sejumlah fitur yang biasanya dipakai mesin besar (moge). Dijejali fitur shock depan Showa SFF-BP, rem radial dan paket elektronik lengkap dengan kontrol traksi, mode power dan quickshifter. Kemungkinan juga dipasangkan pengereman bersensor alias ABS. Video yang diunggah ke laman youtube berjudul High-Revving Excitement juga menampilkan beberapa fitur unggulan.

Ninja ZX-25R tampaknya masih menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta roda dua. Banyak yang penasaran dengan raungan mesinnya. Rumornya, motor yang mejeng di ajang Tokyo Motor Show itu, dibanderol $9.500 atau kisaran Rp 133 juta. Berita gembiranya, Ninja 4 silinder ditakdirkan untuk pasar Indonesia. Ia juga didaulat sebagai motor sport global. Namun, hingga kini, Kawasaki Indonesia belum bisa memberikan keterangan lebih.

Untuk informasi, mesin Ninja ZX-25R terdiri 4-silinder dengan kapasitas 249 cc berpendingin cairan, DOHC, 16 katup. Ninja ini bakal dibekali dual-keen LED headlight, fairing sporty dan buntut yang meruncing. Rangkanya pakai teralis dengan high-tensile steel. Material frame model ini lebih kuat, karena biasa digunakan sebagai batang penghubung untuk pesawat terbang.

Sumber: visordown, rideapart

Baca Juga: Pembuktian Honda CBR1000RR-R Fireblade di Ajang Balap

 

Jelajahi Kawasaki Ninja 250

Kawasaki Ninja 250 Rp 76,6 - Rp 77,1 Juta Cicilan : Rp 1,75 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store