KTM RC 200 Versi 2021 Tertangkap Uji Jalan, Senada KTM RC 390

KTM RC 200 Versi 2021 Tertangkap Uji Jalan, Senada KTM RC 390
Gambar
Review Pengguna

Selain KTM RC 390, pabrikan Austria juga tengah bersiap memunculkan KTM RC 200 versi 2021. Hal ini diperkuat setelah sosoknya kedapatan tengah lakoni uji jalan. Sama seperti sang kakak, konan dirinya pun bakal dirilis jua tahun depan.

Melihat tampilannya sekarang, tentu berbeda dengan versi yang saat ini beredar. Paras lancip - berkesan agresif, sepasang lampu projector hingga windshield landai sebagai identitasnya menghilang. Motor yang diyakini RC 200 2021 kini menggunakan penerangan terintegrasi - lampu utama dan lampu jauh berada di dalam satu rumah lampu. Dari pendaran tersebut, jelas lampu utama belum memakai jenis LED.

Paling memikat tentu mengenai lampu sein. Sinyal belok di depan itu bersarang di bagian muka. Beda dengan penerangan utama (bohlam), khusus lampu seinnya diduga sudah menggunakan penerangan hemat daya. Kemudian, bentuk windshield lebih melengkung ketimbang RC 200 lama. Penyajian demikian tentu senada dengan RC 390 terbaru yang juga sempat beredar beberapa waktu lalu.

KTM RC 200

Ubahan tersebut lantas menjalar ke fairing samping. Lewat foto berikut tergambar, ubahan tak sebatas pada tarikan desain, melainkan juga untuk mengoptimalkan pendinginan di sektor mesin. Sementara di buritan, tampak jok penumpang KTM RC 200 anyar dibuat lebih tipis. Sedangkan swingarm justru lebar ketimbang sebelumnya. Ciri khas lain tetap dipertahankan. Mulai dari penggunaan knalpot model under belly, peredam kejut up-side down (USD) dan monoshock. Jika merujuk kepada model eksis, suspensi depan adalah WP APEX (WP Suspension) berdiameter 43 mm. Jenis suspensi serupa juga dipasangkan pada kaki-kaki belakang.

Baca Juga: Wujud KTM RC 390 2021 Bocor Tanpa Kamuflase

Diferensiasi justru nampak pada pengaplikasian cakram depan. Piringan pada RC 200 baru kelihatan lebih besar, walau sepertinya tak ada perbedaan soal spesifikasi penghenti laju. Tetap memakai sistem pengereman kaliper radial empat piston dan floating caliper piston tunggal (depan-belakang). Menurut Shifting Gears, kebaruan jua menyasar kepada tampilan panel meter. Disebutkan bahwa indikator dasar RC 200 kini tersaji via layar digital TFT. Meski tak ada penampakannya, diyakini bentuknya serupa dengan kepunyaan KTM 390 Duke.

KTM pun kabarnya melakukan perubahan pada area kemudi. Ada indikasi segitiga penyangga setang menjadi lebih tinggi. Dengan begitu, pengendara dapat rileks kala menungganginya. Meski begitu, foot step-nya masih berkarakter sport - terletak di belakang mesin, seperti generasi RC 200 sekarang. Sedangkan ketinggian jok diperkirakan sama-sama 820 mm dan jarak terendah ke aspal - ground clearance adalah 178,5 mm.

KTM RC 200 spy shot

Pun penyajian pada sektor jantung mekanik. RC 200 model 2021 kemungkinan tetap memercayakan mesin satu silinder berkapasitas 200 cc, warisan sang pendahulu. Lewat perbekalan serta racikan bore x stroke: 49 x 72 mm (overbore), ia sanggup melecutkan daya sebesar 25,4 Hp dan torsi 19,5 Nm. Output tadi tersalur ke roda belakang melalui transmisi enam percepatan. Isunya, KTM RC 200 ini rilis tahun depan, mendampingi pelepasan generasi RC 390 baru.

Seperti kita ketahui, bocoran tentang motor itu pun sempat beredar bulan lalu. Senada dengan RC 200, ubahan wajah RC 390 juga menyasar kepada penyajian dari KTM Duke. Namun, tak sekadar kosmetik belaka. Impresi berkendara pesaing Kawasaki Ninja 400 dipercaya makin bersahabat lantaran ada sentuhan di area subframe. Meski begitu, penunggangnya tetap dapat mengekploitasi penuh mesin satu silinder 373,2 cc yang dipercaya sudah memenuhi standar emisi gas buang Euro 5. Lewat padu padan diameter dan langkah piston 89 x 60 mm, RC 390 dapat mangail tenaga 43 Hp di 9.000 rpm dan momen puntir (torsi) sebesar 35 Nm sejak 7.000 rpm. (Ano/Odi)

Sumber: Shifting Gears

Baca Juga: Nilai Jual Sepantar, Sejauh Mana Signifikansi Amunisi KTM 390 Adventure Dibanding Royal Enfield Himalayan?

Jelajahi KTM RC 200

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store