KTM Luncurkan All-New RC125 di India

KTM Luncurkan All-New RC125 di India

KTM resmi meluncurkan motor sport fairing baru berbasis mesin kecil di India. Inilah RC125, adik bungsu dari RC Series. Menurut mereka, inspirasinya muncul dari kuda besi yang ikut MotoGP, RC16. Bukan dilihat dari kapasitas mesinnya, melainkan kemampuan laju mumpuni dan bobot yang ringan.

Sumeet Narang, Vice President Bajaj Auto Ltd. mengatakan, “Motor KTM dibangun untuk performa dan handling yang unggul. Walaupun bermesin kecil, RC 125 tetap berpangku pada poin tadi. Motor ini bakal memberikan pengalaman mengendara ala KTM. Yang membawa DNA balap MotoGP dari RC16.”

Sebelum masuk ke sektor mesin, terdapat beberapa poin menarik. Motor hasil kerja sama pabrikan Austria dan Bajaj India ini, tetap mempertahankan desain hingga peranti premium yang menempel. Bisa dilihat dari bodinya, tak nampak perbedaan kentara dengan sang kakak. Tangki, fairing dan jok dipahat dengan garis-garis tajam. Lalu yang paling ikonik, dua headlight proyektor yang terbungkus cover bersatu dengan windshield. Sayang, pencahayaan di depan tak kunjung diganti LED. Namun kini tertera sedikit sentuhan DRL.

Rangkanya juga masih sama. Konstruksi teralis membungkus mesin dengan gebyuran hitam. Bukan orange seperti varian 390. Urusan suspensi, WP Performance kembali dipercaya sebagai vendor. Di depan, terdapat fork upside-down berdiameter 43 mm. Tak lupa, dengan triple klem yang mengurut dari atas hingga bawah. Sementara di belakang, suspensi tunggal menopang dengan ragam tingkat kekerasan. Pengaplikasian stang clip-on juga turut mempermudah pengendalian saat menikung.

Penghenti laju buatan ByBre, menempel di kedua roda. Ukurannya bahkan sama, 300 mm dengan kaliper empat piston di depan. Serta 230 mm diapit kaliper dua piston di belakang. Tak ketinggalan, tambahan sensor ABS buatan Bosch. Sebagai catatan, spesifikasi ini persis dengan RC series kasta tertinggi sekalipun.

Masuk ke sektor jantung mekanik, baru terlihat bedanya. RC 125 bertumpu pada mesin satu silinder DOHC berkubikasi 124,7 cc. Outputnya bisa dibilang biasa saja. Capaian tenaga maksimal hanya menyentuh angka 14,5 PS dan torsi 12 Nm. Lebih kecil dari calon rivalnya semacam Yamaha R15. Bobotnya memang lebih ringan, 135 kg. Tapi nampak tak signifikan, hanya selisih 2 kg dari motor sport 150 cc milik Yamaha. Mungkin hal ini disebabkan oleh perangkat suspensi, rangka dan bodi yang sama persis dengan varian mesin besar.

Bicara konsumsi bahan bakar, barulah impresif. Satu liter bensin diklaim sanggup menjalankan motor hingga 41 km. Ditambah catatan emisi yang cukup ramah sebesar 55,2 g/km. Artinya, ia sudah lulus uji Euro 4.

Belum ada informasi pasti terkait peluncuran di Indonesia. Namun di India, RC 125 dijual seharga Rs. 147.213 (Rp 23,5 juta). Kalau masuk Tanah Air, mungkin bisa melonjak ke angka Rp 30 juta. (Hel/Odi)

Sumber: Bikedekho

Baca Juga: Kenali Lebih Dalam KTM RC 390, Motor Full Fairing Alternatif

Jelajahi KTM RC 200

Model Motor KTM

  • KTM Duke 200
    KTM Duke 200
  • KTM RC 250
    KTM RC 250
  • KTM RC 390
    KTM RC 390
  • KTM  Duke 250
    KTM Duke 250
  • KTM Duke 390
    KTM Duke 390
  • KTM 390 Adventure
    KTM 390 Adventure
  • KTM RC 200
    KTM RC 200
Motor KTM

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Sport

  • Yang Akan Datang