Honda CBR250RR vs Kawasaki Ninja 250, Beli Yang Mana?

Honda CBR250RR vs Kawasaki Ninja 250, Beli Yang Mana?
Gambar
Review Pengguna

Anda berencana beli motor 250 cc? Ada dua pilihan motor sport full fairing yang paling populer, Honda CBR250RR dan Kawasaki Ninja 250. Keduanya terus bertarung untuk menjadi raja dalam penjualan setiap bulannya.

Agar Anda tidak salah pilih, kami paparkan kelebihan dan kekurangan masing-masing:

DIMENSION NINJA

 

1. Desain

Bila menyukai motor yang lebih ramping dengan lekuk-lekuk tubuh tajam, maka CBR250RR pilihannya. Kuda besi dengan suspensi depan upside down ini, memiliki bahasa desain yang menggabungkan unsur sporty dan modern. Selain itu, bobotnya pun lebih ringan dari Ninja 250 FI, dengan 165 Kg saja.

Kawasaki memiliki badan lebih besar. Tubuhnya memiliki desain yang lebih mengalir dan tidak terlalu tajam, sehingga kesan gagah serta elegan hadir padanya. Tersedia varian special edition, yang dilengkapi dengan grafis Superbike Kawasaki Racing Team (KRT). Ditambah juga paket aksesori seperti smoked windshield tinggi, frame slider, velg depan lebih lebar, ban radial lebih besar dan single seat. Sehingga tampilan sportynya lebih terlihat. Hanya saja ada harga lebih tinggi yang harus ditebus konsumen.

Engine NINJA

 

2. Mesin

Secara spesifikasi, mesin CBR250RR jauh lebih hebat dari milik Ninja 250 FI. Jantung mekanisnya sanggup memuntahkan torsi puncak 23,3 Nm pada 11.000 rpm dan tenaga maksimal 38,7 PS pada 12.500 rpm. Sementara Kawasaki hanya bisa menghasilkan torsi 21 Nm pada 10.000 rpm dan tenaganya 32 PS pada 11.000 rpm.

Engine CBR250RR_2

 

Kabarnya kekalahan mesin geng hijau ini tidak akan berlangsung terlalu lama, lantaran generasi terbaru Ninja 250 FI sedang dipersiapkan untuk meluncur. Meski tidak pada tahun ini, namun spesifikasi depot dayanya sanggup melebihi kemampuan mesin dua silinder milik Honda.

3. Fitur

Motor milik pabrikan berlambang sayap, memiliki fitur melimpah. Mulai dari sistem pencahayaan LED hemat daya dan panel instrumen full LCD. Khusus untuk meningkatkan kesenangan menungganginya, disematkan throttle by wire dengan three step riding mode. Sehingga pengendara bisa memilih ingin berkendara secara santai (mode comfort), agresif (sport), bahkan bisa juga memaksimalkan kemampuan motor dengan mode sport+. Sistem keselamatan anti-lock braking system (ABS) juga ada, tapi jika menginginkannya harganya lebih mahal karena berbeda varian dengan yang standar (tanpa ABS).

Kelebihan Ninja 250 FI yang tidak dimiliki CBR250RR adalah slipper clutch. Fitur ini berguna mengurangi efek engine brake saat menurunkan gigi secara mendadak. Serta sanggup membantu mencegah ban belakang selip. Fitur lainnya seperti sistem LED disematkan pada lampu belakang saja, dan panel instrumennya masih kombinasi antara analog dan digital. ABS pun tersemat di motor ini, tapi khusus varian special edition dengan harga yang berbeda jauh.

HARGA

 

4. Harga

Faktor harga beli, juga menjadi salah satu alasan Kawasaki diminati konsumen. Harga Ninja 250 FI mulai dari Rp 59,8 juta (on the road Jakarta) sampai dengan special edition KRT ABS dibanderol Rp 70,6 juta (on the road Jakarta).

Menariknya lagi, geng hijau juga punya pilihan motor sport 250 cc lain namun dengan mesin satu silinder. Harganya pun jauh lebih murah dari kakaknya yang dua silinder. Harga CBR250RR mulai dari Rp 63,525 juta (on the road Jakarta) untuk varian tanpa ABS, sampai dengan Rp 72 juta (on the road Jakarta) untuk varian repsol edition ABS. Varian tertingginya memiliki kelebihan berbalut warna layaknya motor MotoGP, serta dibekali ABS. (Lodra/VAN)

Grafis : Taufik Hasrullah

Baca Juga : GSX-R150, Panglima Perang Suzuki Indonesia

Komparasi Kawasaki Ninja 250 vs Honda CBR250RR

Kawasaki Ninja 250
  • Rp 69,2 - Rp 77,1 Juta
Honda CBR250RR
  • Rp 61,6 - Rp 76,7 Juta
Ninja 250 vs CBR250RR

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store