jakarta-selatan
Bahasa en | id

Kawasaki KLX 150

Ubah Motor
Rp29,1 - Rp34,9 Juta
Harga OTR di Jakarta Selatan
Spesifikasi KLX 150
Kapasitas 144 cc
Opsi start Kick & Electric Start
Kategori Off Road
Sistem pembakaran CDI
Panel Instrumen Digital
Indikator Bbm Digital
Jenis Transmisi Manual

Harga dan Promo Varian KLX 150

  • Standard | Rp28,8 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp12,5 Juta
    Angsuran Rp839.000
    Tenor 35 Bulan
  • BF SE Extreme | Rp34,5 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp14 Juta
    Angsuran Rp1,05 Juta
    Tenor 35 Bulan
  • BF | Rp32,4 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp14,5 Juta
    Angsuran Rp929.000
    Tenor 35 Bulan
  • BF SE | Rp34,1 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp14,5 Juta
    Angsuran Rp1,01 Juta
    Tenor 35 Bulan

Dari Para Ahli

Kelebihan KLX 150
  • Desain dan fiturnya menarik, layaknya motor off road
  • Ground clearance tinggi
  • Suspensi sudah up side down
  • Mesinnya lumayan tangguh
Kekurangan KLX 150
  • Variannya bikin bingung
  • Performa bisa ditingkatkan
  • Lampunya belum LED

Informasi Terkini Kawasaki KLX 150

UPDATE 22 DESEMBER 2017 - Penjualan KLX 150 ternyata masih perkasa di pasar motor tanah air. Motor andalan Presiden Joko Widodo ini terus menguasai pasar dengan angka lebih dari 5.000 unit sepanjang 2017 ini. Sementara pesaingnya yang baru, Honda CRF150L, terus membuntuti dengan raihan penjualan lebih dari 3.000 motor. Hal ini bisa dimengerti karena CRF150L baru meluncur. Mungkin peta persaingannya akan berubah tahun depan. Kita lihat saja. 

Presiden Indonesia, Joko Widodo nampak menikmati tungganganya Kawasaki KLX 150. Setelah membuat motor ini viral saat dilenggangkan di Papua, kini motor trail hijau itu dikendarai di Muara Gembong, Bekasi. Kawasaki KLX adalah deretan motor trail yang lumayan sukses. Terutama untuk yang bermesin 150. Motor ini melenggang hampir sendirian tanpa ada saingan di kelasnya. Kami katakan hampir karena produk lokal seperti Viar juga ada produk motor off road berkapasitas ini, tapi terlalu sulit untuk mengejar KLX 150. Kawasaki KLX 150 hadir dalam empat varian dengan rentang harga mulai dari Rp 28 juta hingga 34,5 jutaan. Keunggulan lain adalah motor ini juga legal digunakan di jalan raya karena punya lampu depan dan belakang, lampu sein, dan kaca spion. KLX 150 mengusung mesin berkapasitas 144 cc, dengan tenaga maksimum 12 PS.

Daftar Harga KLX 150

Varian Harga Spesifikasi  
Standard Rp28,8 Juta*
Harga OTR
144 cc, Kick & Electric Start , Off Road, Bensin
BF Rp32,8 Juta*
Harga OTR
144 cc, Electric Start , Off Road, Bensin
BF SE Rp34,4 Juta*
Harga OTR
144 cc, Electric Start , Off Road, Bensin
BF SE Extreme Rp34,9 Juta*
Harga OTR
144 cc, Electric Start , Off Road, Bensin

Warna KLX 150

KLX 150 tersedia dalam 2 warna yang berbeda - Black and Green

  • Black

  • Green

Gambar KLX 150

Video KLX 150

Lihat video terbaru Kawasaki KLX 150 untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Review KLX 150

  • Overview
  • Fitur
  • Desain
  • Pengendalian & Pengendaraan
  • Mesin & Konsumsi BBM

Overview

Kawasaki KLX 150 merupakan tulang punggung penjualan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Motor trail ini mencatatkan angka penjualan terbanyak sepanjang 2016. Menurut data Asosisasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), jumlahnya mencapai 56.104 unit. Sebenarnya angka tersebut wajar, mengingat di kelas ini masih sedikit kompetitor. Honda, Yamaha, dan Suzuki belum memasarkan produknya secara retail. Otomatis saingannya hanya brand lokal yaitu, Viar Cross X 150.

Dari sisi desain, motor trail produksi KMI tersebut memang cukup menggiurkan. Bodinya ramping, dengan ketinggian jok yang rendah, membuat kuda besi ini mudah untuk ditunggangi. Selain itu terdapat pula penggunaan ban off-road pada kedua rodanya. Ditambah lagi kehadiran mesin berkapasitas 144 cc SOHC, yang mampu menghasilkan torsi puncak 11,3 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 11,83 hp pada 8.000 rpm. Alhasil lengkap sudah predikatnya sebagai 'penggaruk tanah' sejati. Maka wajar, apabila aparat kepolisian ikut menggunakan motor ini sebagai salah satu kendaraan operasionalnya.

KMI juga varian tertinggi untuk motor ini, yaitu Kawasaki KLX 150 BF. Kelebihannya adalah pada penggunaan ban off-road yang lebih besar. Ban depan menggunakan ukuran 21 inci dan ban belakang 18 inci. Suspensinya pun telah dibekali dengan upside-down. Sehingga lebih menyenangkan untuk digunakan berkendara di jalan tanah. Hanya saja memang, harganya berbeda. Kawasaki KLX 150 dibandrol Rp 28,2 juta (on the road Jadetabekser), dengan dua pilihan warna yaitu hijau dan hitam. Sementara KLX 150 BF dibandrol Rp 31,8 juta (on the road Jadetabekser), dengan pilihan warnah hijau dan oranye.

Khusus untuk KLX 150 BF terdapat pula edisi spesial. Dengan harga menjadi Rp 33,4 juta (on the road Jadetabekser), konsumen akan mendapat tambahan berupa beberapa komponen off-road seperti hand guard, engine guard, serta warna hitam lebih banyak pada bagian body dan velg. Tentuya selain tampilannya semakin sangar, juga kemampuan off-roadnya semakin mumpuni.

Sayangnya fitur-fitur modern belum tersemat di motor ini. Sebut saja instrument cluster masih analog, begitu juga pada sistem pencahayaan yang tidak menggunakan LED. Jika KMI melengkapinya, tentunya motor ini akan jauh lebih baik.

Fitur

Sayangnya fitur yang meningkatkan penampilannya jadi lebih modern belum diperhatikan. Salah satunya adalah penggunaan instrument cluster analog, bukan digital. Padahal pada sepeda motor modern, harusnya fitur itu sudah ditanamkan.

Fitur lain yang belum ada adalah sistem pencahayaan LED. Baik itu pada lampu depan, lampu sein, maupun lampu rem belakangnya. Padahal LED sangatlah penting untuk membuat sistem kelistrikan lebih stabil pada motor. LED juga berfungsi meningkatkan visibilitas pengendara saat gelap, serta lebih tahan lama.

Pros:
Fitur off-road lengkap
Cons:
Sistem pencahayaan belum LED, dan instrument cluster belum digital

Desain

Desain
Secara tampilan tentu Kawasaki KLX 150 tidak terbantahkan. Motor ini sangat 'laki-laki'. Penggunaan ban off-road, rangka yang kokoh, sampai dengan suspensi up side down (untuk varian tertinggi), benar-benar menjadi daya tariknya. Pilihan warnanya juga cukup menarik. Dari hitam, hijau, oranye, sampai dengan kuning (warna edisi spesial).

Khusus warna kuning, memang sangat memikat. Apalagi dengan kehadiran striping istimewa. Hanya saja memang harganya dipatok lebih mahal menjadi Rp 33,9 juta. Dengan kata lain KLX 150 BF Special Edition Kuning merupakan varian KLX 150 termahal yang dipasarkan oleh KMI di Tanah Air.

Kelebihan lain dari motor trail ini adalah desainnya ramping. Sehinga sangat mudah untuk dikendalikan, dan digunakan berkendara ke berbagai lokasi. Bahkan banyak pula yang menggunakannya di jalanan aspal, tentunya setelah menyesuaikan dengan penggunaan ban berbeda.

Panjang: 2.070 mm
Lebar: 830 mm (varian KLX 150), 825 mm (varian KLX 150 BF dan Special Edition)
Tinggi: 1.155 mm
Jarak sumbu roda: 1.355 mm (varian KLX 150), 1.340 mm (varian KLX 150 BF dan Special Edition)
Berat: 116 kg (varian KLX 150), 116 kg (varian KLX 150 BF), 118 kg (varian KLX 150 BF Special Edition)

Pengendalian & Pengendaraan

Salah satu fitur unggulan dari motor trail ini adalah penggunaan suspensi up side down (USD), pada varian Kawasaki KLX 150 BF dan Special Edition. Selain membuat tampilannya lebih gagah, kemampuan off-roadnya juga meningkat. Hal ini dikarenakan suspensi USD mampu memberikan kestabilan dan kenyamanan berkendara. Fitur lain adalah ukuran ban off-road besar. Ban depan berukuran 2.75-21 inci, sementara ban belakangnya 4.10-18 inci. Penggunaannya mampu meningkatkan ground clearance, sehingga nyaman saat digunakan di jalan berbatu serta bergelombang.

Mesin & Konsumsi BBM

Kawasaki KLX 150 dibekali dengan mesin berkapasitas 144 cc. Mesin berkonfigurasi satu silinder itu menggunakan teknologi SOHC 2-valves, dengan berpendingin udara. Mampu menghasilkan torsi puncak 11,3 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 11,83 hp pada 8.000 rpm. Tenaga besar itu disalurkan ke penggerak roda belakang, melalui sistem transmisi 5-percepatan.

Performa motor trail tersebut bisa dikatakan cukup baik, terutama jika dibandingkan dengan kompetitornya Viar Cross X 150. Hanya saja bukan berarti KMI bisa bersantai-santai. Pengembangan harus terus dilakukan. Apalagi Kawasaki KLX 150 sudah cukup lama tidak mendapatkan depot daya baru. Di sisi lain, tentunya Honda, Yamaha, dan Suzuki bisa jadi suatu saat ikut bermain di kelas ini. Sehingga menciptakan kompetisi sengit untuk motor trail andalan KMI.

Review Pengguna Kawasaki KLX 150

5
Berdasarkan 2 Review
  • 5 2
  • 4 0
  • 3 0
  • 2 0
  • 1 0
Ceritakan kisah motor Anda

Review Anda akan membantu orang lain memilih

Review populer
  • d
    Dr Dedi Kurniawan Feb 04, 2018
    motorku cerminan jati diriku

    awalnya hati bimbang dan ragu dgn kebiasaan keseharian yg berkutat dgn pasien dan obat dunia medis begitu melekat mencoba hal yg baru dunia advanture offroder menetapkan hati dgn meminang klx 150 memngingat postur tubuh dan awam dibidang trail trabas kekuatan jiwa dan pikiran dipadukan dgn kemampuan fisik melatih skill dan kepercayaan diri dalam mengarungi segala medan dan hambatan diatas motor Baca Selengkapnya

  • A
    Arofiqul A'la Feb 01, 2018
    Best motor

    Motor yang pas untuk saya buat jalan santai dan buat jalan off road Buat boncengan juga enak Pas jalan sama doi lebih mesra hehe Dan keren dengan tampilanya yanh simpel dan performa yang gahar pas buat nostalgia sama si doi naik ke gunung yang jalan nya ekstrim berbelok belok tetap nyaman walaupun berboncengan top lah Dan kayaknya mau ganti ya Baca Selengkapnya

Motor Kawasaki KLX lainnya

Bandingkan Kawasaki KLX 150 Dengan Motor Sejenis

Dealer Kawasaki Terdekat

  • PT. Berkah Asia Pacific

    Jl. Mampang Prapatan Raya No.32, Jakarta Selatan

    Kontak Dealer
  • PT. Karya Semesta Investama

    Jl. Sultan Iskandar Muda No. 17 D, Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan

    Kontak Dealer
  • PT. Super Sukses Motor (Super Kawasaki)

    Jl. Raya Fatmawati No. 108 Ab, Jakarta Selatan

    Kontak Dealer
  • PT. Tetap Jaya Motorindo

    Jl. Ciledug Raya No. 18, Jakarta Selatan

    Kontak Dealer

Motor Kawasaki Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang