Harga Suzuki GSX-S150 Promo Hingga Maret 2017

Harga Suzuki GSX-S150 Promo Hingga Maret 2017

Dua motor sport andalan Suzuki, GSX-R150 dan GSX-S150, sebenarnya sudah diperkenalkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tahun lalu. Tepatnya, di pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS), Nopember 2016. Bahkan secara resmi, Suzuki meluncurkan GSX-R150 di Sirkuit Internasional Sentul, Kamis (26/1/2017). Sekaligus memberi peluang awak media menjajalnya.

Kami pun sebelumnya sudah mengulas cukup banyak, kedua motor yang digadang-gadang menjadi ‘fightback’ Suzuki di pasar roda dua tanah air itu. Namun tak ada salahnya sedikit diulas kembali, untuk sekadar mengingatkan pembaca. Pertama bicara GSX-R150, memang beragam fitur telah disematkan di pacuan seharga Rp27.900.000 on the road ini.

Seperti mesin berkonfigurasi 1-silinder, DOHC, berpendingin cairan. Sanggup menggelontorkan daya sebesar 19,17ps pada putaran 10.500rpm. Lebih unggul 1,9ps dibanding pesaing senegaranya. Secara bobot, GSX-R150 kami katakan paling ringan di kelasnya. Hanya 131 Kg dan diperkuat konstruksi rangka diamond nan kokoh.

Suzuki melengkapi GSX-R150 ini dengan fitur modern yang belum pernah ada di kelas motor full fairing bermesin kecil. Sebut saja LED Headlight, LCD Speedometer dan Easy Start System. Belum lagi diperkuat salah satu fitur andalan, Key-less Ignition, sebuah fitur yang sebelumnya hanya ditemukan di roda empat.

foto04

Fitur Key-less Ignition adalah fitur yang memungkinkan sang pengendara GSX-R150 tak perlu lagi mengeluarkan anak kunci, demi menyalakan tunggangannya. Suzuki Motor mengklaim teknologi Key-less Ignition mereka merupakan pertama dalam sejarah, yang digunakan pada motor yang diproduksi di Indonesia.

Fitur Key-less ini dapat berpengaruh besar pada sektor keamanan, pasalnya risiko pencurian dapat diminimalisir. Karena ketiadaan lubang kunci, yang kerap jadi sasaran tangan-tangan jahil. Fitur lainnya ialah speedometer full LCD plus indikator rpm. Memberikan informasi yang lengkap bagi pengendara, seperti penunjuk waktu/jam, indikator interval oli, indikator posisi gear dan twin trip.

Si Telanjang GSX-S150

Bagaimana dengan Suzuki GSX-S150? Motor ini diklaim menyasar segmen pengguna pekerja pemula atau tingkat ekonomi menengah ke atas. Segmentasi usia masuk kategori remaja dan dewasa, berusia 21 - 25 tahun. Dari sisi mesin, dibanding kompetitor, GSX-S150 lebih unggul. Power maksimum 14.1 kw/10,500rpm dan torsi maksimum 14,0 N-m/9,000rpm. Rasio kompresi GSX-S150 di angka 11.5 : 1.

Memiliki katup throttle berdiameter 32mm, terbesar di kelasnya, menjadikan bahan bakar lebih efisien saat rpm tinggi dan power yang maksimal. Lini fuel injector, GSX-S150 menggunakan model Spray Injector terbaru. Mengacu pada teknologi GSX-R1000, Spray Injectornya mempunyai 10 lubang yang menyemprotkan bahan bakar langsung pada 2 katup intake. Ujung-ujungnya, efisiensi bahan bakar.

GSX-S150 kaya akan sensor. Karena dilengkapi 6 sensor, yang kabarnya menghasilkan penggunaan bahan bakar yang irit. Apa saja sensornya? Ada intake air pressure sensor, intake air temperature sensor, throttle position sensor, water temperature sensor, crankshaft position sensor dan O2 sensor. Sebuah catalytic converter yang terpasang, membuat GSX-S150 memenuhi standar emisi Euro3.

foto01

Lubang silinder GSX-S150 dilapisi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material). Keuntungannya, silinder berbobot lebih ringan namun tetap kuat. Gesekan lebih kecil, menambah daya tahan ring piston dan menyalurkan panas dengan baik. Ring piston dibuat lebih tipis, tingkatkan kinerja saat putaran tinggi. Piston pin berdiameter O.D. 15mm, desain piston sama dengan desain piston racing, ringan, kokoh dan membuat tenaga lebih besar.

Rangka / frame kompak yang diturunkan dari GSX - series menghasilkan wheelbase yang pendek dan body yang ramping. Artinya, memungkinkan kelincahan dan kemudahan bermanuver saat berada di kemacetan. Suzuki juga mengklaim posisi jok GSX-S150 terendah di kelasnya, yaitu 785mm. Kondisi ini membuat kaki penggunanya mudah menapak di jalanan.

Roda-roda GSX-S150 diperkuat Petal disc brake berdiamater lebih lebar. Lebih futuristik dan membuat pengereman lebih pakem. Roda depan disc brake berdiameter 290mm dan roda belakang 187mm. Ban depannya tubeless 90/80-17M/C dan ban belakang tubeless 130/70-17M/C, membalut velg ringan palang 10. Memperkuat tampilan sporty, ringan namun kokoh.

Suzuki GSX-S150 punya rear fender extension yang bisa dilepas, disesuaikan keinginan rider. Komponen hugger fender roda belakang, mendongkrak kesan sporty, juga meminimalisir kotoran atau air yang ikut putaran roda. Apalagi di musim hujan saat ini, membuat aman pengendara di belakangnya. Keunggulan lain ‘Si Telanjang’ ini, footstep boncenger dapat dilepas tanpa mengganti rangka motor.

foto02

Sama seperti GSX-R150, GSX-S dilengkapi Multi-function dan full LCD instrument speedometer. Starter electricnya cukup sekali tekan, mesin langsung menyala. Fitur ini diadopsi dari GSX-R1000, dapat dioperasikan tanpa tarik tuas kopling. OBD (On Board Diagnosis) Sistem akan mendeteksi, bila ada kerusakan mesin. Panel instrumen mesin akan menyala, ditandai lampu sein menyala 3x dalam 5 detik.

Perbedaan GSX-S150 dan GSX-R150

Sudut kemudi bisa diputar 40 derajat, memudahkan handling di kala macet. Untuk bagian kunci, beda GSX-S dengan GSX-R, bila tipe R shutter key diimbuhi Key-less Ignition, tipe S cukup kunci kontak bermagnet otomatis. Hanya menekan tanpa memutar, tutup kunci otomatis terbuka. Satu action untuk membuka dan satu action untuk menutup. Lebih praktis dalam pengoperasian dan lebih aman.

Perbedaan lain antara GSX-S dan GSX-R, pada tipe S posisi handle lebih tinggi. Dengan posisi seperti itu, GSX-S sangat cocok dikendarai menjelajahi kota - kota di Indonesia. Sementara tipe R posisi handle lebih rendah, sangat menunjang penampilan sporty, agresif dan lincah untuk cornering tajam. Beda posisi handle antara tipe S dan R dari posisi duduknya mencapai 100mm.

Motor dengan pilihan warna metallic ice silver, matt black, metallic triton blue, stronger red/titan black ini dibanderol Rp25.400.000 on the road. Namun hingga bulan Maret 2017 berlaku harga promo, yaitu sebesar Rp23.900.000 on the road. Hmm, lumayan juga promonya ya?

Baca juga : Suzuki Buka 'Gerbang' Inden GSX-R 150 dan GSX-S 150

Model Motor Suzuki

  • Suzuki GSX R150
    Suzuki GSX R150
  • Suzuki Satria F150
    Suzuki Satria F150
  • Suzuki GSX S150
    Suzuki GSX S150
  • Suzuki NEX II
    Suzuki NEX II
  • Suzuki GSX 150 Bandit
    Suzuki GSX 150 Bandit
  • Suzuki Smash FI
    Suzuki Smash FI
  • Suzuki Address
    Suzuki Address
  • Suzuki Gixxer SF 250
    Suzuki Gixxer SF 250
  • Suzuki NEX Crossover
    Suzuki NEX Crossover
Motor Suzuki

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Suzuki GSX S150 Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Suzuki GSX S150

Tren Sport

  • Yang Akan Datang