• Wishlist

Toyota Resmi Operasikan Pabrik Mesin Terbaru Di Karawang

Toyota Resmi Operasikan Pabrik Mesin Terbaru Di Karawang

Karawang: Toyota kembali menanamkan investasinya di Indonesia melalui pabrik baru, yang dikhususkan untuk merakit mesin. Pabrik yang berada dibawah manajemen Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ini resmi beroperasi hari ini (7/3/2016) dengan menempati area seluas 23 hektar dengan nilai investasi Rp 2,3 Trilyun, dan terletak di kawasan industri Karawang Barat, Jawa Barat.

peresmian pabrik mesin Toyota

Pabrik ini akan merakit salah satu mesin canggih yaitu keluarga mesin Toyota R-NR yang selain akan digunakan untuk memenuhi pasar domestik, juga diekspor ke pasar Toyota di kawasan Asia. Jantung mekanis ini adalah yang menggerakkan Toyota Avanza terbaru dan juga Yaris yang dipasarkan di Eropa.

Pabrik ini diklaim sebagai pabrik mesin Toyota paling canggih di luar Jepang. Teknologi terbaru digunakan agar efisiensi produksi bisa tercapai dan menjaga tingkat kompetitifnya. Selain itu, pabrik tersebut adalah yang pertama di dunia yang mengaplikasikan sistem Through Line, dimana semua proses mulai dari casting hingga assembling berada di bawah satu atap. Inilah kenapa TMMIN berani mengklaim keunggulan yang dimilikinya tersebut.

pabrik mesin Toyota

Khusus untuk mesin R-NR sendiri, kini memiliki kandungan lokal yang mencapai 80 persen yang disediakan oleh 135 perusahaan komponen lokal. “Kami bekerjasama erat dengan para pemasok lokal, termasuk para pemasok yang baru,” ujar Warih Andjang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN.

Mesin R-NR yang keluar dari Toyota Karawang Plant 3 ini diekspor ke lima negara di Asia. Hingga akhir 2016 diharapkan 79.000 unit mesin akan diekspor. “Toyota memposisikan Indonesia sebagai basis produksi dan pemasok utama tidak hanya untuk kendaraan, tapi juga untuk mesin,” kata K. Saga, Managing Officer Toyota Motor Corporation. “Kami telah melakukan bisnis di Indonesia selama 45 tahun, dan kami yakin akan kemampuan Toyota Indonesia.”

Pabrik Toyota di Karawang juga memproduksi mobil-mobil yang dipasarkan di pasar domestik Indonesia seperti All-new Toyota Fortuner, All-new Kijang Innova,  serta Vios dan Yaris. Bahkan untuk All-new Fortuner dan All-new Kijang Innova, kandungan lokalnya sudah mencapai kisaran 75 hingga 85 persen. TMMIN juga melakukan ekspor produk-produk Toyota yang diproduksinya ke 51 negara di berbagai belahan dunia.

Baca Juga: Inilah yang menjadikan harga All-new Fortuner lebih kompetitif

Jelajahi Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova Rp 326,05 - Rp 428,75 Juta Cicilan : Rp 7,44 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store