jakarta-selatan
Bahasa en | id

Daihatsu Sigra

Rp108,9 - Rp145,85 Juta
Harga OTR
Dapatkan Harga OTR
Dapatkan promo eksklusif, diskon & kredit bunga rendah dari dealer resmi Lihat promo MARET
Performa
Tenaga 87 hp
Mesin 1197 cc
 
Kenyamanan
AC Ya
Power steering Ya
 
Keselamatan
Kantong Udara Pengemudi Ya
 
Kapasitas
Tempat Duduk 7 Kursi
Ground Clearance 180 mm
 
ANGSURAN BULANAN
Durasi 36 Bulan
Angsuran Bulanan Rp2,48 Juta
Dapatkan Harga
Menampilkan informasi mengenai Daihatsu Sigra 1.2 R AT - Petrol

Harga Daihatsu Sigra

Varian (Harga OTR)  
Varian Bensin
1.0 D MT
7 Kursi, 66 hp, 998 cc Petrol
Rp108,9 Juta*
1.0 M MT
7 Kursi, 66 hp, 998 cc Petrol
Rp117,8 Juta*
1.2 X MT
7 Kursi, 87 hp, 1197 cc Petrol
Rp127,15 Juta*
1.2 R MT
7 Kursi, 87 hp, 1197 cc Petrol
Rp133,05 Juta*
1.2 X AT
7 Kursi, 87 hp, 1197 cc Petrol
Rp139,95 Juta*
1.2 R AT
7 Kursi, 87 hp, 1197 cc Petrol
Rp145,85 Juta*

Bandingkan Daihatsu Sigra dengan Mobil Sejenis

VS

Video Daihatsu Sigra

Lihat video terbaru Daihatsu Sigra untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Gambar Daihatsu Sigra

Warna Daihatsu Sigra

  • Blue

  • Classic Silver Metallic

  • Dark Grey Metallic

  • Icy White

  • Nebula Blue Metallic

  • Red Solid

  • Ultra Black Solid

Review Daihatsu Sigra

Tinjauan

Pendahuluan

Setelah diramaikan dengan bocornya sosok spesies baru LCGC hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu beberapa bulan lalu yang diduga adalah Astra Toyota Calya, di akhir bulan Juni 2016 ini menyusul beredar sosok yang diduga adalah saudara kembarnya yang akan mengusung merek Astra Daihatsu. Bahkan, beberapa bocoran gambar yang beredar kali ini sekaligus mengkonfirmasi nama yang akan digunakan oleh mobil ini yaitu Astra Daihatsu Sigra.

Semua kehebohan model terbaru dari PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor ini dimulai dari berita terbaru muncul di akhir kuartal pertama 2016, yang mengabarkan kelahiran spesies baru LCGC kolaborasi Daihatsu dan Toyota. Dalam situs Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor Kementrian Perindustrian (TPT Online), PT Astra Daihatsu Motor mendaftarkan satu nama Toyota B410RA-GMQFJ pada tanggal 11 April 2016.

Setelah itu, berbagai berita dan informasi berhembus kuat yang semakin meyakinkan kehadiran mobil ini. Dan khusus untuk Daihatsu Sigra, dikabarkan mobil ini akan menggantikan posisi Daihatsu Xenia 1.0 yang akan distop penjualannya oleh pihak ADM. Tak heran mengingat mobil ini dikabarkan akan menggunakan pilihan mesin 1,0 liter dan 1,2 liter terbaru untuk mengisi segmen di antara Daihatsu Ayla dan Daihatsu Xenia. Dengan mesin 1,2 liter yang tersedia untuk Sigra, artinya Xenia 1.0 akan menjadi sebuah pilihan yang mungkin saja menjadi tak populer bagi konsumen.

Informasi lain yang sempat beredar dari website resmi Aplikasi Online Pelayanan Samsat Polda Metro Jaya juga menyebutkan jika banderol harga dasarnya akan dimulai sejak Rp 79 juta hingga Rp 106 juta. Harga ini tentu belum termasuk bea balik nama, pajak kendaraan bermotor, dan pengurusan STNK serta TNKB seperti yang dikenakan pada harga On The Road.

Eksterior

Pada akhir bulan Juni lalu, di beberapa media online, bocoran wajah Daihatsu Sigra beredar luas. Dengan tampilan yang modern, tampak jelas jika mobil ini memang berbagi desain dengan saudara satu kampungnya, Toyota Calya. Perbedaan mendasar tampak pada bumper depan dan desain grille yang digunakan. Jika pada Calya tampilannya jelas menunjukkan bahasa desain 'Keen Look” tampilan bagian depan Sigra menunjukkan nilai yang lebih elegan.

Bentuk grille trapezoidal mengingatkan pada sebuah SUV lansiran Korea Selatan. Lampu serupa dengan milik Calya, namun pada bagian lampu kabut keduanya menyuguhkan desain berbeda. Jika calya memiliki aksen garnish vertikal, pada Sigra, aksen garnish chrome di bagian lampu kabut horisontal. Secara umum, keduanya menawarkan desain tampilan wajah yang sporty.

Seperti sempat disebutkan sebelumnya, dari dimensi, Sigra memiliki panjang yang mencapai empat meter. Tepatnya, adik kandung Xenia ini memiliki ukuran panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm. Artinya, mobil ini hanya sedikit lebih pendek 70 mm, lebih ramping 5 mm dan lebih rendah 95 mm bila dibandingkan dengan Xenia. Sedangkan jarak terendah ke tanah (ground clearence) mencapai 180 mm atau lebih pendek 20 mm dibanding Xenia generasi terbaru.

Di bagian buritan, Sigra mendapatkan sosok serupa dengan Calya. Lampu belakang model huruf “L” terbalik, dengan reflektor horizontal yang terletak di pintu bagasi. Logo Astra Daihatsu Motor di sudut kiri bawah pintu bagasi, sedangkan pada sudut kiri atas tampak logo Dual-VVT-i sebagai pentunjuk teknologi yang digunakan di bawah kap mesinnya. Nah, logo nama Sigra sendiri, terpampang di sudut kanan bawah pintu bagasi.

Interior

Berbekal dimensi eksterior yang mumpuni, bagian kabin Sigra juga menampilkan ruang yang menjanjikan. Panjang kabin tampak sangat memadai bila ingin digunakan sampai dengan baris ketiga yang tampak leluasa untuk menampung hingga 7 orang penumpang. Lalu, jarak headroom (ruang kepala dengan langit-langit) yang lapang, volume tampung bagasi diklaim mampu mencapai 263 liter atau sebanding untuk menampung hingga botol air galon berukuran 19 liter.

Pada bagian dashboard, desainnya benar-benar baru, jelas bukan milik Ayla yang disempurnakan. Meski begitu, tampak lingkar kemudi yang serupa dengan milik Great New Xenia, semetara posisi tuas transmisi kini dirancang menempel dengan dashboard serupa dengan Daihatsu Luxio. Di bagian tengah dashboard juga tampak tombol-tombol pengatur penyejuk kabin, dan layar Multi Information Display berada di panel instrumen. Pada Sigra varian tertinggi tampak jika dashboard mendapatkan aksen two-tone, serta peranti hiburan 2DIN yang diapit oleh kisi-kisi AC.

Sementara untuk tenpat duduknya, di baris pertama jok pengemudi dan penumpang depan mengusung model bangku yang menyatu dengan headrest, khas mobil Low Cost Green Car (LCGC). Yang menarik, layaknya sang rival Datsun Go Series, tak ada konsol yang mengganggu di antara kedua bangku depannya sehingga penumpang depan memungkinkan untuk bergeser dengan mudah. Di baris kedua, telah dilengkapi headrest yang bisa diatur ketinggiannya, namun hanya tersedia dua buah saja. Di bangku ini juga tampak tuas one touch tumble seperti milik Xenia, yang bisa melipat kursi dengan satu gerakan saja untuk memberi akses mudah memasuki ruang baris ketiga. Yang menarik, di baris ketiga tampak jika ruang kaki (legroom) cukup luas, sementara bangkunya tampak menyatu dan dapat dilipat untuk memperluas ruang bagasi.

Mesin & Chassis

Ada dua mesin yang digunakan, yaitu mesin 3-silinder 1.0 liter dan 4-silinder 1.2 liter. Mesin 3-silindernya 1.0 liter Sigra, tenaganya hanya sedikit lebih kecil dari Datsun GO+ Panca, namun hal ini dicapai dengan kapasitasnya yang lebih rendah, hanya 1.0 liter, dibanding GO+ Panca yang 1.2 liter, efisiensinya lebih terjamin. Apalagi disebut mesin Sigra sudah mengadopsi sistem katup variabel VVTi. Sedangakn GO+ Panca masih belum mengadopsi sistem katup variabel sama sekali.

Yang unik adalah mesin 1.2 liter dengan konfigurasi 4-silindernya. Kami pun tak tega membandingkannya dengan Datsun GO-family. Pasalnya output tenaga Datsun GO, jauh di bawahnya meski kapasitasnya sama. Apalagi jumlah silindernya tidak ganjil, yakni 4-silinder. Sehingga berpotensi lebih minim vibrasinya dibanding GO+ Panca yang 3-silinder. Sebelum Calya-Sigra, mesin 1.2 liter di LCGC, digunakan oleh 2 merek, yakni Datsun GO-GO+ Panca dan Honda Brio Satya. Honda Brio satya mengadopsi mesin dengan i-VTEC bertenaga 88 PS. Meski tenaganya sama, namun torsinya lebih besar dibanding Calya-Sigra, mencapai 110 Nm.

Sementara untuk mengantarkan daya yang dihasilkan mesin tersebut ke roda penggerak depan, Daihatsu diperkirakan akan memberi pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed. Kedua transmisi ini adalah unit yang sama dengan yang dimiliki oleh hatchback LCGC milik mereka, Ayla.

Untuk mendukung kenyamanan dan pengendalian, struktur suspensi yang digunakan Sigra, sebagaimana juga Calya, diperkirakan akan serupa milik saudara hatchback LCGC mereka. Artinya di bagian depan akan menggunakan MacPherson Strut sementara di belakang Torsion Beam, keduanya akan dipasangkan dengan per ulir untuk peredaman yang lebih lembut. Meski begitu, bukan tak mungkin akan terdapat penguatan suspensi mengingat mobil ini dirancang untuk mengangkut 7 penumpang. Untuk perangkat penghenti laju, di bagian depan akan menggunakan rem cakram dan di belakang diperkirakan masih menggunakan rem tromol. Di bagian roda, ada kemungkinan varian terendah akan masih mendapat velg 13 inci dengan penutup plastik, sementara untuk varian tertinggi ditawarkan dengan velg alloy 14 inci.

Varian & Harga

Sebagaimana bocoran yang didapatkan dari website Samsat Online Polda Metro Jaya, produk Daihatsu dengan kode B40xRS ini memiliki variasi tipe yang nyaris serupa dengan milik Xenia. Produk terendahnya adalah 1.0 M MT dan 1.0 D MT yang mengusung mesin 1,0 liter. Seperti yang tercantum di situs tersebut, banderol harga Sigra varian 1.0 M MT adalah Rp 86 juta, sementara 1.0 D MT berbanderol Rp 79 juta. Perlu diingat, harga tersebut diperkirakan adalah harga off the road dimana berarti belum termasuk Bea Balik Nama (BBN) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Sedangkan untuk varian lainnya adalah 1.2 X MT yang berbanderol Rp 92 juta, kemudian 1.2 R MT berbanderol Rp 96 juta), 1.2 X AT Rp 101 juta, dan yang termahal 1.2 R AT dengan banderol Rp 106 juta. Jika memperhitungkan faktor BBN dan PKB artinya,varian terendah Sigra bisa saja menyentuh angka Rp 100 jutaan, sementara varian tertingginya akan mendekati angka Rp 150 juta. Diperkirakan PT Astra Daihatsu Motor akan memperkenalkan Sigra sebelum ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 berlangsung bulan Agustus mendatang.

Berita Daihatsu Sigra

Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer