Perbedaan dan Persamaan Kijang Innova 50th Toyota Anniversary dengan Model Reguler

Perbedaan dan Persamaan Kijang Innova 50th Toyota Anniversary dengan Model Reguler
Gambar
Review Pengguna

Sebagai kado ulang tahun ke-50 Toyota di Indonesia. Pabrikan menawarkan edisi terbatas bagi Kijang Innova 50th Toyota Anniversary. Mereka menyediakan dalam dua varian. Yang pertama V Luxury bensin dengan harga mirip dua unit Avanza E A/T, yakni Rp 404,5 juta. Kemudian Venturer turbo diesel Rp 482,7 juta. Semua berstatus on the road Jakarta. Secara fisik mirip dengan model lainnya, namun ada sejumlah perbedaan dan persamaan dari unit reguler.

"Pada ulang tahun emas ini, kami mempersembahkan Kijang Innova 50 tahun. Sejak awal Kijang dibangun untuk masyarakat, lalu berkembang dari kendaraan komersial menjadi mobil penumpang. Ia mampu merepresentasikan perjalanan Toyota di Indonesia. Edisi ini hanya dijual terbatas 50 unit saja. Kami juga hadirkan stiker berwarna emas yang menggambarkan perjalanan Toyota di Tanah Air,” ucap Henry Tanoto, Vice President Director Toyota Astra Motor, di kanal Youtube perusahaan (9/4).

Eksterior Kijang Innova 50th Toyota Anniversary mendapatkan sentuhan emas di garis pinggang bodi. Dalam stiker itu terdapat susunan kiprah Kijang di Indonesia. Secara umum terbaggi ke dalam enam perjalanan: era awal industri, mobilisasi pertama, tahapan ekspor, mobil keluarga Indonesia, masa Innovative International Multi-Purpose Vehicle (IMV) dan era reborn seperti model sekarang ini. Kemudian pembeda dari reguler berupa pelek alloy dark grey 16 inci sebagai pijakan tubuh.

Toyota Kijang Innova Limited Edition

Lalu perbedaan lainnya berupa rancangan kisi-kisi trapesium dengan kromium gelap. Sementara Front bumper berikut halogen fog lamp masih sama dari Kijang Innova biasa, seperti trim V. Lalu ada chrome list ornament, new side turn signal lamp design with black ornament. Tak lengkap rasanya bisa tidak dibubuhi emblem edisi terbatas 50 tahun di buritan.

Urusan kabin jelas lebih baik dari reguler. Edisi terbatas ini menggunakan head unit layar sentuh 9 inci. Sudah mengadopsi teknologi miracast dan smart phone connection. Bahkan dilengkapi fitur NFC untuk melihat salo e-money. Interior juga menggunakan new noble brown seat color agar menguatkan kesan premium. Pendingin kabin jua mengadopsi sistem digital plus panel bermotif kayu di atas lingkar kemudi, serta dasbor.

Bedanya lagi, untuk mendendangkan lagu, terpasang speaker lansiran JBL Audio System. Perangkat ini sudah kondang dalam urusan sebagai pemanja telinga. Sehingga menjadi wajar, tatkala terpasang di edisi ulang tahun. Lalu sistem penyaluran frekuensi mengadopsi sistem 2-way untuk penerimaan suara lebih baik.

Baca juga: Rayakan Usia 50 Tahun, Toyota Indonesia Luncurkan Kijang Innova Edisi Terbatas

Toyota Kijang Innova Limited Edition

Persamaan

Walau sebagai edisi spesial, mesinnya sama dari unit reguler. Di balik bonet V Luxury bersemayam mesin bensin berkode 1TR-FE 2,0 liter berteknologi Dual VVT-i. Tenaga dihasilkan 139 PS plus momen puntir maksimal tersuguh 183 Nm. Tenaga disalur ke girboks otomatis enam percepatan dengan mode shiftmatic dan mengadopsi konvensional torque converter. Toyota Astra Motor tak menyediakan transmisi manual.

Kemudian di varian Venturer diesel 2,4 liter. Tertancap jantung pacu berkode 2 GD FTV 4 silinder segaris, 16 valve DOHC with VNT Intercooler. Ia mampu menghasilkan tenaga 149 PS pada 3.400 rpm. Kemudian torsi maksimal 367 Nm sejak putaran 1.200 rpm - 2.600 rpm. Lalu distribusi energi kinetik sama, menggunakan transmisi otomatis 6-speed with sport sequential shiftmatic.

Fitur keamanan & keselamatan di kedua varian terbatas ini juga sama. Tertanam sistem pengereman ABS, EBD, ESP, serta sejumlah kantong udara di beberapa titik (Front D+P, D-Knee, Side, CSA). Lalu pengingat sabuk pengaman depan juga membantu MPV 7-seater mencapai peringkat keselamatan optimal. Mereka berdua senantiasa mendapatkan Vehicle Stability Control, Hill Start Assist Control plus Emergency Brake Signal sebagai kelengkapan standar. Jadi, lebih mantap lagi tatkala menapaki bermacam kondisi jalanan. (Alx/Raju)

Baca juga: Harga Terbaru Toyota Kijang Innova Usai Dapat Potongan PPnBM dan Rekomendasi Varian