Diklaim Lebih Irit, Berapa Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid MT Termurah?

Diklaim Lebih Irit, Berapa Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid MT Termurah?

Suzuki Ertiga terbaru dibekali sistem mild hybrid. Dengan tujuan untuk menjadikannya lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Sistem hybrid itu tak cuma tersedia di model dengan transmisi otomatik saja. Versi transmisi manual 5-speed juga mendapat benefit sama dari sistem hybrid andalan Suzuki. Lantas, berapa konsumsi bahan bakarnya?

KEY TAKEAWAYS

  • Suzuki Ertiga Hybrid

    Hadir dalam opsi manual untuk varian GX dan SS
  • Saat ditanya seberapa irit Ertiga Hybrid dibanding model sebelum, pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) tak mau membeberkan hasil pengujian internal mereka. Malah, mereka memberikan kesempatan pada rekan media untuk bisa menjajalnya langsung. Rasa dari Ertiga Hybrid maupun kemampuannya meminum bahan bakar minyak.

    ertiga hybrid

    Untuk menguji konsumsi bahan bakar Ertiga Hybrid, SIS menggelar sesi test drive bagi media. Dengan rute dari kota Batu, Malang menuju Surabaya. Total jarak lebih dari 130 km dengan kondisi jalan beragam atau kombinasi. Melintas perkotaan, jalan tol, turunan dan tanjakan. Tersedia mobil dengan transmisi otomatis maupun manual.

    Metode pengujian menggunakan full to full. Bahan bakar diisi penuh di awal dan di akhir, kemudian dari jarak tempuh dibagi jumlah konsumsi bensin yang digunakan. Setelah 134,4 km, mobil Ertiga Hybrid GX bertransmisi manual yang kami gunakan menghabiskan 6,89 liter. Sehingga saat dibagi, menghasilkan 19,51 km/liter. Menariknya, hasil itu tak jauh berbeda dengan angka yang tampil pada MID (multi information display). Sistem di mobil mencatatkan konsumsi 19,8 km/liter.

    ertiga hybrid

     

    Baca juga: Punya Harga Menarik, Suzuki Ertiga Hybrid Ramai Dipesan

    Selama pengendaraan di jalan bebas hambatan, pengemudi sesekali memanfaatkan fitur Cruise Control. Bisa diaktifkan selepas 43 km/jam dan menjaga putaran mesin tetap rendah. Jelas memberi kontribusi pada efisiensi.

    Selain itu, berkat sistem smart hybrid, tersaji fitur Engine Auto Start-Stop. Bakal mematikan mesin secara otomatis kalau mobil berhenti sesaat. Dengan itu juga, efisiensi bisa lebih dijaga. Ditambah sokongan torsi instan hasil dari sistem smart hybrid juga punya peran dalam mereduksi penggunaan bahan bakar.

    ertiga hybrid

    Biar lebih menggambarkan simulasi penggunaan sehari-hari, selama pengujian, AC tetap menyala dan kecepatan di jalan tol mengikuti anjuran batas minimum dan maksimum. Sedang pengemudian di perkotaan juga menyesuaikan seperti gaya berkendara sehari-hari.

    Hasil konsumsi 19,8 km/liter untuk Ertiga Hybrid bertransmisi manual tentu bukan yang paling baik. Bisa lebih irit atau bahkan boros. Tergantung dari banyak faktornya. Namun yang pasti, sejumlah fitur baru pada Ertiga Hybrid memang bisa dimanfaatkan untuk berkendara lebih efisien.

    ertiga hybrid

    Sebagai informasi, Ertiga Hybrid dengan transmisi manual juga ditawarkan dalam dua varian. Untuk tipe GX Hybrid MT dibanderol Rp270,3 juta dan Rp281,3 juta varian SS Hybrid MT. (Tom)

    Baca juga: Karena Alasan Ini Suzuki Ertiga Hybrid Masih Pakai Mesin dan Transmisi Lama

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Jelajahi Suzuki Ertiga Smart Hybrid

    Model Mobil Suzuki

    • Suzuki Ertiga
      Suzuki Ertiga
    • Suzuki Baleno
      Suzuki Baleno
    • Suzuki Jimny
      Suzuki Jimny
    • Suzuki S-Presso
      Suzuki S-Presso
    • Suzuki XL7
      Suzuki XL7
    • Suzuki Carry
      Suzuki Carry
    • Suzuki Karimun Wagon R
      Suzuki Karimun Wagon R
    • Suzuki APV Luxury
      Suzuki APV Luxury
    • Suzuki APV Arena
      Suzuki APV Arena
    • Suzuki Karimun Wagon R GS
      Suzuki Karimun Wagon R GS
    • Suzuki Ignis
      Suzuki Ignis
    • Suzuki Ertiga Smart Hybrid
      Suzuki Ertiga Smart Hybrid
    • Suzuki SX4 S Cross
      Suzuki SX4 S Cross
    Mobil Suzuki

    Jangan lewatkan

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Suzuki Ertiga Smart Hybrid Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil Suzuki Ertiga Smart Hybrid

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren MPV

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Suzuki Ertiga Smart Hybrid dari Carvaganza