50 Tahun Toyota, Sebuah Manifestasi Bagi Mobilitas Nusantara

50 Tahun Toyota, Sebuah Manifestasi Bagi Mobilitas Nusantara

Solusi mobilitas terus disuguhkan Toyota dari waktu ke waktu. Sekarang mereka genap menapaki usia 50 tahun berkiprah dan berkontribusi di Indonesia. Mengusung tema Mobility Happiness for All, Toyota terus memperkuat komitmen untuk bukan semata menyediakan alat transportasi, tetapi lebih dari itu, juga untuk dapat memenuhi semua kebutuhan mobilitas masyarakat yang beragam. Termasuk dalam meningkatkan kualitas hidup serta melestarikan lingkungan di sekitar mereka.

Toyota Indonesia bertekad untuk selalu memberikan kontribusi sosial–ekonomi pada bangsa Indonesia. Misalnya melalui pengembangan industri otomotif. Toyota memiliki sejarah panjang dalam mengelola bisnis di Tanah Air. Dimulai sebagai importir pada 1971, selama 50 tahun, Toyota bertumbuh bersama pemasok lokal untuk melakukan pendalaman industri dengan meningkatkan kandungan lokal.

Langkah itu dilakukan agar dapat membuka tambahan lapangan kerja untuk mendorong peningkatan ekonomi di Indonesia. Perlahan perputaran usaha kian tumbuh. Kemudian perakitan mobil utuh Toyota dimulai sejak 1976. Dilanjutkan dengan produksi mesin pada 1982 dan beberapa part ekspor maupun suku cadang. Kini Toyota Indonesia didukung oleh lima pabrik yang memproduksi enam model Toyota, dua jenis mesin bensin, komponen, spare parts dan alat bantu produksi. Itu ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia maupun global di 80 negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin dan Timur–Tengah.

“Kami ingin menyampaikan apresiasi atas dukungan berbagai pihak. Baik dari pelanggan setia Toyota, masyarakat, maupun pemerintah, yang memegang peran penting dalam perkembangan Toyota dalam 50 tahun di Indonesia. Kami bersyukur Toyota dapat berkontribusi dalam perkembangan industri otomotif nasional dan turut mendukung pertumbuhan social serta ekonomi di Indonesia. Ke depan, kami tidak hanya akan menghadirkan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, namun juga solusi mobilitas yang enjoyable dan personalized,” terang Susumu Matsuda, President Director PT Toyota Astra Motor.

Total Mobility Solution

50 Tahun Toyota

Mengikuti dinamika kebutuhan masyarakat yang terus berkembang, Toyota Indonesia tengah melakukan transformasi menjadi perusahaan mobilitas. Tidak hanya mengembangkan dan menawarkan kendaraan terbaik dengan teknologi terbaru, lebih dari itu, Toyota juga telah mengembangkan berbagai layanan. Sehingga memungkinkan pelanggan mendapatkan akses mobilitas terbaik.

Dalam melakukan transformasi, Toyota Indonesia tidak hanya memperbanyak ragam pilihan produk di setiap segmen pasar, tapi juga mengembangkan layanan penjualan plus purna jual yang memberikan kemudahan serta benefit yang lebih besar kepada pelanggan. Contohnya layanan berbasis usership yaitu KINTO One. Lalu tersuguh juga program kepemilikan mobil melalui program Deal Cermat dan Spektakuler dan program trade-in melalui Toyota Trust.

Untuk memudahkan akses pelanggan. Maka tersedia berbagai layanan melalui teknologi digital. Amsal website Toyota Astra Motor, chatbot Toyota, mobile app mTOYOTA & Halobeng.  Belum lagi berbagai pendekatan layanan di sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, juga Youtube Channel. Bahkan di bulan Januari 2021 Toyota Indonesia meluncurkan Toyota Live Showroom. Ini menjadi bagian upaya mengutilisasi platform digital guna memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat sekaligus memperkuat pelaksanaan protokol kesehatan dalam masa pandemi saat ini.

Toyota 50 Tahun

Walau pandemi, Toyota tetap mengikuti IIMS Hybrid 2021, namun dengan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah. Beberapa prokes yang diterapkan di booth Toyota antara lain touchless, social distancing, acrylic separator, dan juga lebih sedikit interactive zone. Selain itu, juga ada kombinasi antara channel offline (booth Toyota) serta channel online melalui Toyota Virtual Expo. Anda bisa mengaksesnya di situs Expo Toyota Astra Motor dan aplikasi mTOYOTA. Sehingga pelanggan dapat memilih channel sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Solusi Mobilitas Baru dengan Konsep Usership melalui KINTO One

Kinto One Program

Jika Anda lebih tertarik untuk berlangganan dalam menggunakan mobil, Toyota pun menyediakan fasilitas KINTO One. Ini merupakan layanan baru mobilitas yang bebas repot. Target utama layanan ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya yang hanya ingin menggunakan mobil tanpa memilikinya terhadap pilihan solusi mobilitas baru dengan konsep usership dari Toyota. Namun diluar dugaan, banyak masyarakat tertarik dengan KINTO One. Melihat hal ini, Toyota memperluas layanan KINTO One dengan menghadirkan KINTO One Ekonomis. Sehingga terus menawarkan nilai tambah berupa biaya berlangganan yang lebih terjangkau. Misal mulai dari Rp 2,5 juta dan durasi berlangganan kian fleksibel yaitu satu tahun.

Nah, tidak berhenti di situ. Masih dalam rangka ulang tahun ke-50 di Indonesia, Toyota kembali memberi pilihan yaitu KINTO One Syariah bagi pelanggan. KINTO One Syariah menawarkan konsep biaya berlangganan dengan prinsip syariah. Sehingga pelanggan mendapatkan pilihan lebih lengkap untuk dapat bermobilitas bebas repot dengan berlangganan menggunakan layanan KINTO One, KINTO One Ekonomis, maupun KINTO One Syariah sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Berbagai Sales Program Menarik

Hadir pula beragam sales program menarik. Yang pertama, di kuartal kedua tahun 2021 ini Toyota menyediakan Program Spektakuler bagi masyarakat yang akan membeli Agya, Calya, dan Corolla Cross gasoline. Untuk pembelian Agya dan Calya, diberikan special rate dengan cicilan Rp 2 jutaan per bulan. Dan khusus untuk pembelian Calya di bulan April sampai dengan Mei 2021, pelanggan juga akan mendapatkan gratis cicilan mulai dari Rp 2,8 jutaan. Sedangkan untuk Corolla Cross gasoline diberikan special rate 3,7%.

Lebih lanjut, Toyota juga menawarkan pilihan pembiayaan melalui Program Deal Cermat. Pelanggan dapat memiliki kendaraan Toyota dengan cicilan mulai dari 2 jutaan per bulan yang sudah termasuk paket service dan asuransi all-risk selama tenor pembiayaan. Tidak hanya itu, Deal Cermat memberikan jaminan harga jual kembali mobil pelanggan nantinya. Khusus di kuartal kedua 2021, program Deal Cermat juga memberikan special benefit. Yakni berupa gratis cicilan 1 bulan berlaku untuk pembelian Calya. Kedepannya, Toyota bakal kerja bareng seluruh dealer dan value chain agar terus memberikan solusi mobilitas secara menyeluruh yang mudah diakses oleh masyarakat.

Aftersales Program Sebagai Bagian dari Total Mobility Solution

Auto2000 Dealer

Kepuasan pelanggan selalu menjadi prioritas utama bagi Toyota. Untuk itu Toyota tidak hanya menyediakan program kepemilikan serta penggunaan kendaraan, namun juga berupaya memberikan kemudahan dan menghadirkan solusi terhadap kebutuhan mobilitas masyarakat secara menyeluruh. Dengan membeli kendaraan Toyota model tertentu dengan VIN/ nomor rangka tahun produksi 2020 dan seterusnya, kendaraan pelanggan otomatis mendapatkan Program “Gratis Biaya Servis Berkala" hingga servis berkala ke-6 (maksimal 4 tahun / 50.000 km mana yang tercapai lebih dahulu).

Yang tak kalah menarik, Toyota juga berikan Program Apresiasi 50 Tahun Toyota Indonesia berupa 1) Promo Gratis 1 Liter Oli Synthetic untuk pembelian paket bundling servis berkala selama bulan April 2021 dan undian berhadiah 50 batang emas; 2) Promo Diskon Ban hingga 30% khusus di bengkel resmi yang memiliki layanan Toyota Tire Solution sepanjang bulan April hingga Mei 2021; dan 3) Program Diskon hingga 10% untuk suku cadang tertentu terkait Safety & Health selama periode Mei dan Juni 2021. Itulah sederet benefit yang disuguhkan Toyota bagi masyarakat dalam memperingati kiprahnya setengah abad di Tanah Air. (ADV)

Baca Juga: Toyota Kijang Innova Edisi 50 Tahun Ludes Dibeli Konsumen

Jelajahi Toyota Kijang Innova

Model Mobil Toyota

  • Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
  • Toyota Raize
    Toyota Raize
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
  • Toyota Avanza
    Toyota Avanza
  • Toyota Yaris
    Toyota Yaris
  • Toyota Alphard
    Toyota Alphard
  • Toyota Avanza Veloz
    Toyota Avanza Veloz
  • Toyota Calya
    Toyota Calya
  • Toyota Hilux
    Toyota Hilux
  • Toyota Corolla Cross
    Toyota Corolla Cross
  • Toyota Hiace
    Toyota Hiace
  • Toyota Sienta
    Toyota Sienta
  • Toyota Camry
    Toyota Camry
  • Toyota 86
    Toyota 86
  • Toyota Land Cruiser
    Toyota Land Cruiser
  • Toyota CHR Hybrid
    Toyota CHR Hybrid
  • Toyota Vios
    Toyota Vios
  • Toyota Vellfire
    Toyota Vellfire
  • Toyota GR Supra
    Toyota GR Supra
  • Toyota Camry Hybrid
    Toyota Camry Hybrid
  • Toyota CHR
    Toyota CHR
  • Toyota Voxy
    Toyota Voxy
  • Toyota Corolla Altis
    Toyota Corolla Altis
Mobil Toyota

Jangan lewatkan

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Toyota Kijang Innova Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Toyota Kijang Innova

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang