• Wishlist

Kinto, Solusi Berlangganan Mobil ala Toyota

Kinto, Solusi Berlangganan Mobil ala Toyota

Di tengah kondisi sulit akibat wabah COVID-19, Toyota menghadirkan kemudahan bagi pelanggan. Upaya yang merupakan bagian dari semangat #ToyotaAdaUntukAda terdiri dari berbagai aktivitas. Salah satunya penawaran memiliki unit baru tanpa perlu membayar uang muka. Bertajuk Kinto, ini adalah layanan yang diinisiasi mulai 20 April mendatang.


Pada dasarnya Kinto merupakan jasa berlangganan mobil yang disajikan PT. Toyota Astra Motor (TAM) bersama PT Toyota Astra Financial Services (TAF). Konsumen dapat membawa pulang unit, dan dipakai sehari-hari. Ya, mereka tak perlu membayar down payment (DP), tapi hanya biaya langganan (subscription). Tenor yang disediakan berkisar 36 sampai 48 bulan, dengan harga tetap. Bisa dimanfaatkan untuk pribadi atau perusahaan, karena praktis.


“Kami coba memudahkan orang yang tidak ingin memiliki mobil, tapi mau menggunakan untuk memenuhi kebutuhan. Jadi kalau biasanya orang membeli mobil, kalau ini langganan,” jelas Dimas Aska, Interactive Communication Department Head PT Toyota Astra Motor saat diwawancara dalam Live Interview Oto, Kamis (09/04).


Saat ini fasilitas baru tersedia untuk area Jabodetabek. Untuk pengajuannya terbilang mudah. Pelanggan bisa mengunjungi situs resmi Kinto, kemudian mendaftarkan diri. Setelah itu buat pemesanan, sambil memasukkan kelengkapan dokumen. Untuk individu membutuhkan kartu identitas, NPWP, Kartu Keluarga dan pernyataan pendapatan 3 bulan terakhir. Sedangkan perusahaan: SIUP, NPWP PT/CV, TDP, SK Domisili, Akte Pendirian, KTP dan NPWP penanggung jawab, serta income statement 3 bulan terakhir. Setelah mendapat konfirmasi, pendaftar melakukan pembayaran deposit, dan menentukan tanggal pengiriman mobil.


Unit yang dipilih hanya yang terdapat pada laman resmi. Warnanya ada hitam, abu-abu, silver dan putih. Menariknya, konsumen dapat mengajukan permintaan plat ganjil atau genap. Berbagai keuntungan pun diraih. Pertama mobil bisa diganti yang baru bila masa berlangganan habis. Lalu memperoleh fasilitas penuh, meliputi servis berkala, perpanjangan STNK, asuransi, penggantian aki dan ban, yang semua diurus TAF. Adapun asuransi yang diterima mencakup Asuransi Third Party Liability (TPL), Personal Accident (PA) dan Riot, Flood, and Earthquake (RFE).


Konsumen pun cukup memikirkan pengisian bensin dan menjaganya, serta membuat pengajuan perpanjangan STNK dengan mengantarkan dokumennya ke cabang TAF terdekat. Urusan perawatan, TAF akan menghubungi pelanggan untuk memperbarui informasi kilometer teraktual setiap 1 bulan sekali. Makin menarik lagi, bila unit yang digunakan mengalami kerusakan berat hingga tak bisa dipakai, akan diberikan mobil pengganti. Namun, ini tergantung kesepakatan di awal pada saat mengisi Form Pengisian Penyewaan (FPP).Kuota yang diberikan sebanyak 5 hari dalam 1 tahun selama masa sewa.


Walau begitu, ada beberapa batasan yang perlu diperhatikan. Mobil ini bukan dimiliki penyewa, tapi TAF. Sehingga tidak bisa dimodifikasi sendiri. Kemudian, mobil bisa dibawa ke luar Jabodetabek dengan syarat ada persetujuan tertulis. Dan sudah pasti, unit tak dapat digunakan untuk kepentingan komersial, seperti taksi online. (Hfd/Odi)


Baca Juga: Beli Toyota Agya Pakai Deal Cermat, Apa Saja Keuntungannya?