Arti Nama Binatang pada Mobil, dari Buaya Sampai Kebo

Arti Nama Binatang pada Mobil, dari Buaya Sampai Kebo
Gambar
Review Pengguna

Di masa lalu seringkali mobil-mobil punya nama panggilan spesial yang merujuk pada binatang. Tidak diketahui siapa yang memulai dan terkadang arti di balik itu  tidak berkorelasi sama sekali.

Entah nahas atau beruntung, penamaan itu berhasil melekat di kepala masyarakat, setidaknya para penggemar tahu. Tentunya ada pula binatang yang jadi nama model bagi pabrikan seperti Kijang, Panther atau Macan. Namun kali ini, kami fokus mengulik arti dari penjulukkan nama binatang pada beberapa mobil yang dulu populer.

Kebo

Diksi ‘kebo’ merupakan bentuk tidak baku dari kerbau. Mamalia kuat yang dahulu lazim digunakan untuk membajak sawah. Daihatsu Taft mendapat julukan ini lantaran ikon kepala kerbau mejeng di pintu belakang seri F50. Tak mengherankan mengapa orang sekitar menyebutnya demikian, dari segi karakteristik rancangan mendukung. Dibekali mesin 2,5-liter diesel serta kabin utilitarian sederhana tanpa basi basi, ia menjadi tunggangan tangguh di berbagai kontur jalan.

Yang mengherankan justru nama ini melekat di Sonderklasse alias Mercedes Benz S-Class. Generasi W108 atau W109 seringkali dipanggil demikian. Tangguh, ia terlahir di zaman pabrikan mendefinisikan kemewahan lewat material kokoh, berkualitas, dan berkelas. Lantas, apakah itu jadi alasan mendasar mengapa ‘Mercy Kebo’ melekat di S-Class? Bisa jadi.

Lele

Istilah lele melekat dengan pikap Chevrolet Advance Design keluaran 1947-1955. Kemungkinan besar karena bentuk wajah mirip ikan lele pada model setengah ton 3100 keluaran 1954. Saat grille lima tumpuk digantikan oleh desain crossbar offside ke sisi samping bak kumis lele.

Selain pikap Chevrolet, Toyota Crown S60 lansiran awal 70an mendapat panggilan serupa. Sudah bagus diberi nama Crown sebagai lambang kelas atas, malah disebut ikan pemakan kotoran. Tapi julukan ini tampaknya sangat pas bila melihat paras pipih Crown. Area lampu dan grille celong ke dalam seakan memberi gambaran mulut lebar ikan berkumis ini.

Jangkrik

jimny jangkrik

Jangkrik merupakan panggilan leluhur nameplate legendaris dari Suzuki. Siapa lagi kalau bukan Jimny LJ80, lahir sebagai penggagas jip kompak nan lincah di Tanah Air. Tidak jelas siapa inisiator sebutan Jimny jangkrik. Juga kurang diketahui apa korelasi fisik Jimny dengan jangkrik. Mungkin karena bertubuh mungil dan kurus. Atau bisa jadi nama Jimny mirip dengan karakter Disney Jimny Cricket, si jangkrik di kartun Pinokio.

Hiu

Ada satu spesies Mitsubishi dipanggil dengan nama predator laut. Itulah Galant Hiu, salah satu sedan kencang di masanya. Terlahir di pengujung 90an, ia dibekali jantung mekanis V6 berkubikasi 2,5-liter dengan output 163 PS. Potensi tinggi ini dibalut dalam rancangan sedan ukuran medium berwajah lebar dengan mata pipih dan miring ke dalam. Proporsinya mirip paras hiu. Masuk akal bila disebut hiu, siap jadi predator di jalanan.

Buaya

Kijang Buaya

Mendengar kata buaya pasti terbayang reptilia buas bukan? Tapi keadaan berbalik 180 derajat bagi buaya di dunia otomotif Indonesia.

Kijang Buaya sama sekali tidak buas. Ia cukup disayang oleh masyarakat Indonesia, karena ini merupakan panggilan sayang Kijang generasi pertama. Ia terlahir pada 1977 sebagai kendaraan hasil kerjasama Indonesia dan Jepang. Sisi utilitarian membuatnya dijuluki demikian lantaran kap mesin serbakotak membuka sangat lebar. Bagai mulut buaya kelaparan menganga menunggu mangsa.

Tiger

Siapa tak kenal Mercy Tiger? Nama ini cukup terkenal sebagai lambang kemewahan, melekat di Mercedes Benz W123 era 70-80an. Masih satu keluarga dengan E-Class, persis sebelum pembagian kelas dilakukan oleh Mercedes. Konon Tiger berasal dari penyingkatan kata “Manis dan Cantik” alias Macan dan diterjemahkan ke bahasa Inggris.

Orang Indonesia masa lalu cukup unik, menciptakan nama-nama khas sehingga mudah diingat. Banyak sebutan lain selain nama binatang seperti Batman, Ponton, Tuyul, Curut, dan lain-lain. Disayangkan makin kesini, penamaan nyeleneh semakin jarang terdengar. Entah alasannya apa. (Krm/Van)

Baca Juga: Empat Generasi Perjalanan Mercedes-Benz C180 'Cibo'

Jelajahi Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova Rp 337,6 - Rp 440,9 Juta Cicilan : Rp 7,7 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store