Catatan Persaingan MPV di 2020, Tersisa Laga Jepang Vs Cina

Catatan Persaingan MPV di 2020, Tersisa Laga Jepang Vs Cina

Segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) tak terlalu ramai -- jika tak mau disebut sepi -- di tahun 2020 ini. Harus diakui, di luar Low MPV yang memang segmen paling gemuk, segmen Sport Utility Vehicle (SUV) dan Low Cost Green Car (LCGC) menjadi favorit pasar. Hal itu ditunjukkan dari banyaknya model yang diperkenalkan pabrikan di Tanah Air.

Belum lagi pengaruh masa pandemi Covid-19, banyak konsumen yang memilih mobil kecil sebagai pilihan transportasi. Kekhawatiran wabah corona membuat orang kemudian membeli mobil sebagai alat komuter. Bagaimana di segmen mobil keluarga? Jujur, MPV tak banyak lagi pemain. Bukannya tanpa peminat. Tapi segmen ini memang sudah terdongkrak posisi dan harganya lantaran kehadiran LMPV dan LCGC.

Alhsil, medium MPV dianggap sebagai mobil mewah. Kini, paling-paling tertinggal hanya pemain dari Jepang dan Cina. Mereka yang masih melansir model baru di tahun ini.

Wuling Cortez

Wuling Cortez

Yang paling serius menggarap segmen ini adalah Wuling Motors. Setelah memperkenalkan Cortez pada April 2109, tahun ini mereka memperluas sasaran dengan melansir varian baru Cortez CT Type S Turbo yang berbanderol lebih murah. Strategi penambahan varian ini tentunya untuk merasuki segmentasi pasar medium MPV lebih dalam. Perwakilan jenama Tiongkok, dibanderol jauh lebih terjangkau dengan kelengkapan mencengangkan. Unit gres menawarkan dua opsi girboks dan konfigurasi bangku. Tipe manual diniagakan mulai dari Rp 209 (OTR Jakarta). Ini bisa menjadi alternatif menarik selain pabrikan Jepang.

Secara tampilan, proporsi tubuhnya mirip Toyota Kijang Innova tanpa memakai pintu model geser. Cenderung bermain aman dengan garis dan lekukan tajam. Lekuk bumper belakang dibentuk melandai, namun tetap selaras dengan bentuk stoplamp. Meski begitu, ia tetap memperlihatkan sebagai mobil keluarga yang gagah namun stylish.

“Cortez CT Type S datang untuk memberikan pengalaman berkendara yang bertenaga dan nyaman. Namun dengan harga kompetitif. Mobil memiliki fitur cukup lengkap juga banderol terjangkau bagi pelanggan di segmen MPV. Produk ini sesuai sebagai kendaraan keluarga maupun penunjang operasional perusahaan,” ungkap Nathan Sun, Vice President Wuling Motors saat peluncurannya 15 Juli 2020.

Baca juga:  Bedah Wuling Cortez CT Type S, MPV Bermesin Turbo Termurah di Indonesia

Wuling Cortez interior

Jantung pacu plus induksi turbo tetap jadi andalan. Di balik bonet tertancap enjin bensin berkonfigurasi 4 silinder DOHC 1,5 liter. Unit pacu menghasilkan tenaga maksimal 140 HP sejak 5.200 rpm. Lalu dorongan momen puntir 250 Nm diraih rentang 1.600 rpm – 3.600 rpm. Anda dapat memilih, mau pakai transmisi manual 6 percepatan atau Continuously Variable Transmission (CVT) yang diklaim halus nan responsif. Versi otomatis dengan balutan jok kulit sintesis didagangkan Rp 233 juga. Beda hanya Rp 24 juta, namun konsumen bisa mendapat benefit lebih.

Kelengkapan fitur pun bisa diadu. Sang MPV menawarkan kepraktisan berkendara dengan one push start/stop button, keyless entry, remote open windows and trunk dan anti-theft system. Tidak hanya itu, varian Cortez CT type S juga bekali dengan beragam fasilitas lain. Meliputi head unit 8 inci sebagai penunjang hiburan, audio steering swict and call button. Rear parking camera, rear disk brake, USB charging, sistem deselerasi ABS dan EBD, ISOFIX, hingga dual SRS airbags.

Fitur standar di bagian eksterior Wuling Cortez tergolong lengkap. Mulai dari luar seperti lampu proyektor, DRL LED, turning signal plus lampu rear spoiler LED, spion lipat elektrik dan antena model shark fin. Informasi tambahan. Dalam rangka hari jadi Wuling ketiga di Indonesia. Dengan tambahan varian ini, total keluarga Cortez punya 5 tipe. Dimulai dari Cortez CT Type S MT (Rp 209 juta) sampai Cortez CT Type L T Lux+ CVT (Rp 290 juta).

Toyota Kijang Innova

Toyota New Kijang Innova

Toyota tak mau diganggu. Mereka memperkenalkan Kijang Innova baru pada Oktober lalu, bersamaan dengan kehadiran New Fortuner. Usai disegarkan, Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-seater legendaris Tanah Air itu memiliki rentang varian lebih banyak. Ini memberikan konsumen keleluasaan lebih untuk memilih. Ada trim G, grade luxury, V, TRD Sportivo. Di atasnya ada Venturer yang bahkan dibuat Toyota menjadi model tersendiri. Adapun banderolnya, termurah mulai Rp 337,6 juta sampai Rp 495,7 juta on the road Jakarta. Dari sekian banyak varian, ada pilihan pas bagi Anda yang menjadikannya perangkat mobilitas utama.

New Kijang Innova hadir dengan penambahan varian baru yaitu Luxury Grade (G Luxury Gasoline dan V Luxury Gasoline). Terlihat kian mewah karena dilengkapi dengan captain seat di kabin tengah. Keistimewaan yang dulu hanya bisa dinikmati pembeli tipe Q dan Venturer. Hadirnya varian baru ini tak hanya memberikan tambahan pilihan bagi pelanggan namun juga menawarkan kenyamanan kabin lebih baik bagi keluarga Indonesia.

Pada sisi eksterior, seluruh varian New Kijang Innova mendapatkan beberapa sentuhan mulai dari New Grille Design with Dark Gray Paint and Chrome List Ornament, New Side Turn Signal Lamp Design with Black Ornament, hingga New Two Toned 16 inch Alloy Wheel.

Baca juga: Kupas Tuntas Varian Toyota Kijang Innova Baru

Toyota Kijang Innova

Pada varian V, New Kijang Innova mendapatkan sentuhan tambahan berupa New Day-time Running Light, New Front Bumper with New Illuminating LED Fog Lamp, New Rear Combination Lamp with Black List, New Backdoor Black Paint Ornament, dan New Rear License Garnish. Sementara pada varian G, terdapat ubahan berupa New Front Bumper with Halogen Fog Lamp.

Nah, khusus untuk Luxury Grade, New Kijang Innova dibekali dengan ubahan yang ditujukan untuk memberikan kenyamanan lebih baik pada sisi interior. Ada penggunaan New Black Color Captain Seat, New Seat Table, New Instrument Panel with Wooden Ornament, dan New Luxury Emblem pada sisi belakang eksterior.

Di sisi lain, New Venturer menyajikan penampilan premium tough melalui ubahan eksterior berupa New Distinctive Front Grille with New Bumper Spoiler Package, New Illuminating LED Fog Lamp, New Sleek Rear Spoiler, New Rear License Garnish, New Backdoor Ornament Shape, dan New Day-time Running Light. Lebih lanjut, New Venturer mampu tampil begitu dominan di jalan berkat New Dynamic 17 inch Alloy Wheel yang menguatkan tampilan cool dan tough.

Toyota Kijang Innova

Pada sisi interior, New Kijang Innova varian G dan V kini hadir dengan New Noble Brown Seat Color yang menguatkan kesan premium. Sedangkan pada New Venturer, kini telah dibekali New Black Evaporated Leatherette Seat with a Red Stitch dan New Darker Color Wooden Panel yang membuatnya tampil elegan dan eksklusif.

Tidak berhenti di situ, New Kijang Innova dan New Venturer juga didukung dengan sistem hiburan yang advance serta fitur safety terbaik di kelasnya. Sistem hiburan varian G kini dibekali dengan New 8 inch Head Unit dengan Radio, USB, Bluetooth, dan Mirroring. Sementara pada varian V menggunakan New Versatile 9 inch Head Unit yang telah mengadopsi teknologi Miracast dan Smart Phone Connection. Khusus untuk varian New Venturer, sama dengan V, namun head unit telah dilengkapi dengan fitur NFC.

New Kijang Innova Luxury dan New Venturer juga dibekali dengan Integrated Air Purifier (Car Ionizer) yang dapat meningkatkan kualitas udara di dalam kabin mobil. Peranti ini dapat bekerja secara otomatis sehingga akan langsung bekerja ketika indikator menunjukkan terjadinya penurunan kualitas udara dalam kabin. Healthy feature ini sangat pas untuk menambah kenyamanan bagi anggota keluarga saat bermobilitas.

Sedangkan untuk safety fitur, seluruh varian New Kijang Innova dan New Venturer kini telah dilengkapi dengan fitur Convenient Rear Camera, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Khusus untuk New Venturer, terdapat tambahan fitur safety berupa Dual, Knee, Side, dan Curtain Shield Airbags.

Untuk harga Toyota Kijang Innova, versi bensin 2.0L dibuka Rp 337,6 juta sampai Rp 412 juta. Sedankan edisi diesel 2.4L dibanderol Rp 368,7 juta sampai 440,9 juta.

Baca juga: Alphard dan Vellfire 2020 Diimbuhi Fitur Baru Toyota Safety Sense, Harga Naik

Toyota Alphard

Toyota Alphard

Di luar keduanya, Toyota juga tak punya lawan di MPV mewah. Mereka memperkenalkan Alphard dan Vellfire kembali mendapat sentuhan baru di awal 2020. Toyota Astra Motor menyisipi sejumlah fitur keselamatan agar pelanggan makin aman dan nyaman. Duo gacoan itu dilengkapi peranti Toyota Safety Sense. Keselamatan berkendara dengan standar tertinggi pun kian komplet. Isinya Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) dan Automatic High Beam (AHB). Sementara untuk kenyamanan lebih, keduanya kini didukung roof monitor lebih lebar. Ekstra fitur, harga ikut bertambah.

Sebenarnya masih ada beberapa fitur lainnya. Sebut saja Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Ia langsung memberi peringatan bila tekanan ban rendah. Ada Intelligent Clareance Sonar (ICS). Berupa sensor, dua titik di depan dan empat di belaang. Kerjanya seperti sensor parkir yang mendeteksi objek di sekitar kendaraan dan memberikan alarm suara ketika terlalu dekat.

Untuk mendongkrak kenyamanan, Toyota melakukan ubahan pada fitur Audio Head Unit (HU) dan Rear Seat Entertainment (RSE). Sebelumnya dua MPV premium itu menggunakan layar monitor 8 inci, kini pakai 9 inci untuk varian 2.5 X, 2.5 G dan 2.5 HEV. Sedangkan model 3.5 Q menggunakan layar berukuran 10,5 inci. Kemudian layar RSE yang sebelumnya 10 inci menjadi 13 inci, bahkan varian 3.5 Q menggunakan layar 13,3 inci. Sehingga kesan premium makin mencuat.

Lexus LM 350

Lexus LM 350

Kembaran Alphard, Lexus LM 350, muncul pada Juni. Ia mengadopsi platform dari Toyota Alphard, namun didandani lebih flamboyan. Harga yang ditawarkan juga di atas dari saudara kembarnya itu. Meluncur di Indonesia, LM 350 hanya tersedia dalam dua pilihan varian. Lexus LM 350 dijual dengan harga resmi Rp 2,39 miliar untuk tipe tujuh penumpang. Lalu versi empat penumpang berbanderol Rp 3,035 miliar (OTR Jakarta).

Yang dijajakan di Indonesia adalah tipe mesin konvensional 3.5 liter. Belum membawa LM 300h (hybrid) bermesin 2.5 liter. Unit di sini berarti pakai mesin berkode 2GR-FKS V6, 24-Valve, DOHC, VVT-i naturally-aspirated (NA). Buncahan momen puntir maksimal 361 Nm. Kemudian tonjokkan tenaga optimal 296 hp. Ini disalurkan via transmisi direct shift 8-speed AT.

Roman LM 350 berbentuk spindle grille jadi ciri khas Lexus. Kisi-kisi membentang jembar, laburan chrome dengan pahatan menyilang. Seolah jadi aksentuasi dinamis dan strata ningrat tinggi. Begitu pula di buritan, mencuat kesan glamor dari Limitless Rear LED Lights. Sensasi ruang kabin lega langsung dirasakan begitu Anda masuk. Pada tipe empat penumpang, ruang kepala dan kaki dirancang layaknya kabin first class suites pesawat terbang. Anda bisa menikmati baris kedua berkonfigurasi captain seat eksekutif. Plus pendingin beserta pemanas kursi (heater). Kemudian disuguhi layar monitor 26 inci yang menjadi sekat pemisah privasi dengan ruang pengemudi. (Raju)

Baca juga: 7 Pilihan Low MPV Keluarga 2020 dengan Diskon Sampai Puluhan Juta

Komparasi Toyota Kijang Innova vs Wuling Cortez

Toyota Kijang Innova
  • Rp 321,1 - Rp 417,2 Juta
Wuling Cortez
  • Rp 219,8 - Rp 277 Juta
Kijang Innova vs Cortez

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil

Bandingkan & Rekomendasi