jakarta-selatan
Bahasa en | id
Ubah Mobil
103 Rating | 96 Review
Model Mobil ini sudah tidak ada

Pilihan Mobil Bekas

Jazz : Dari Para Ahli

Oleh Indra Alfarisy pada 26 Mar, 2020
Kelebihan Jazz
  • Honda Jazz tetap mempertahankan krakternya sebagai mobil yang lincah, praktis, dan disukai banyak orang.
  • Performa mesin yang diperbaharui tenaganya tetap terbesar di kelasnya.
  • Fleksibilitas kabin yang tetap tidak ada yang bisa menandingi.
Kekurangan Jazz
  • Mesin L15 sudah mulai menua, meski setiap digunakan di model mobil baru, ada saja yang diperbaharui.
  • Ground clearance rendah.
  • Kapan ganti model?

Informasi Terkini Jazz

Honda Jazz selalu memiliki desain atraktif yang mudah diterima berbagai kalangan dan genre. Selalu terlihat menarik dengan postur serba proporsional. Tak ayal disukai para kaum muda, baik pria maupun wanita dan acap menjadi bahan modifikasi.

Meski demikian, generasi terbarunya sedang disiapkan oleh Honda. Dan sepertinya, bukan Honda Fit yang meluncur di Tokyo Motor Show 2019 lalu. Kami mendapatkan bocoran kalau Jazz baru untuk pasar Indonesia (dan beberapa negara lain) akan berbeda, dan banyak dipengaruhi oleh bentuk Honda City generasi terbaru.  

Kelebihan lain Jazz jika dibandingkan dengan kompetitornya, berasal dari dalam kabin. Dari generasi ke generasi, mobil ini mampu menyuguhkan kabin yang lega untuk ukuran compact hatchback karena pendekatan MPV. Ruang kepala, kaki hingga bagasi berlimpah ruah. Makanya Jazz juga cocok menjadi mobil keluarga kecil karena keunggulan akomodasinya. Terlebih lagi, fleksibilitas jok yang disebut Ultra Seat masih ada sampai Jazz sekarang. Seluruh kursi mudah diatur dalam beberapa posisi untuk disesuaikan kebutuhan. Paling menarik, dudukan jok belakang yang dapat dilipat ke atas. Bagasinya pun mudah menampung empat koper berukuran besar. 

Kondisi standar mesin Honda Jazz selalu paling menonjol di segmennya. Masih pakai mesin lama L15 yang terkenal kencang, tenaganya sebesar 120 PS dan torsi 145 Nm. Bandingkan dengan mesin 2NR-FE Yaris yang tenaganya cuma 107 PS dengan torsi 140 Nm. Mesin Jazz juga sering menjadi sasaran modifikasi untuk ditingkatkan kemampuannya. Selain itu, efisiensi bahan bakarnya juga sudah diakui sejak dulu.

 

Harga Honda Jazz

Harga Jazz adalah antara Rp 256,5 Million hingga Rp 300 Million.

Varian Honda Jazz

Ada 4 varian yang tersedia dari Jazz: MT, CVT, RS MT and RS CVT.

Mesin Honda Jazz

Jazz ditenagai oleh 1497cc 4-silinder Bensin Mesin menghasilkan tenaga 118 hp dengan torsi 145 Nm.

Dilengkapi dengan pilihan transmisi 5-Speed Manual and Variable Speed CVT.

Fitur Honda Jazz

Daftar fitur Jazz mencakup Central Locking, Power Door Locks, Anti Theft Device, Anti-Theft Alarm and Engine Immobilizer dalam hal keamanan.

Fitur pendukung Kenyamanan & Kemudahan termasuk Air Conditioner, Power Windows Front, Automatic Climate Control, Power Steering, Heater, Engine Start/Stop Button, Adjustable Seats, Height Adjustable Driver Seat, Electric Folding Rear View Mirror, On Board Computer, Steering Wheel Gearshift Paddle, Accessory Power Outlet, Multi-function Steering Wheel, Cruise Control, Foldable Rear Seat, Low Fuel Warning Light, Rear Seat Headrest, Cup Holders-Front, Bottle Holder and Keyless Entry.

Fitur Hiburan & komunikasi termasuk Touch Screen, FM/AM/Radio, Bluetooth Connectivity, USB & Auxiliary Input, Speakers Front, Speakers Rear and Integrated 2DIN Audio.

Interior Honda Jazz

Fitur interior termasuk Tacho Meter, Electronic Multi Tripmeter, Fabric Upholstery, Leather Steering Wheel, Digital Clock, Digital Odometer and Driving Experience Control Eco.

Eksterior Honda Jazz

Fitur eksterior termasuk Adjustable Headlights, Fog Lights Front, Power Adjustable Exterior Rear View Mirror, Rear Window Wiper, Alloy Wheels, Centrally Mounted Fuel Tank, Tinted Glass, Rear Spoiler, Outside Rear View Mirror Turn Indicator and Integrated Antenna.

Fitur Keselamatan Honda Jazz

Fitur keamanan Model mencakup Passenger Airbag, Child Safety Locks, Driver Airbag, Anti-Lock Braking System, Ebd, Rear Seat Belts, Seat Belt Warning, Height Adjustable Front Seat Belts, Crash Sensor, Engine Check Warning, Front Impact Beams, Side Impact Beams and Door Ajar Warning.

Pesaing Honda Jazz

Pesaing Jazz adalah: Toyota Yaris, Honda Brio, Honda HRV, Mazda 2 and Honda City.

Tetap berhubungan

Langganan dan aktifkan notifikasi untuk menerima penawaran terbaik dan berita terbaru.

Berlangganan

Aktifkan notifikasi di browser Anda untuk menerima penawaran dan berita terbaru.

OK

Gambar Honda Jazz

Warna Honda Jazz

Jazz tersedia dalam 7 warna yang berbeda - Crystal Black Pearl, White Orchid Pearl, Modern Steel Matallic, Rallye Red, Lunar Silver Metallic, Attract Yellow Pearl and Phoenix Orange Pearl

Video Honda Jazz

Lihat video terbaru Honda Jazz untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Review Honda Jazz

Oleh Indra Alfarisy pada 26 Mar, 2020
  • Overview Jazz
  • Interior & Fitur Honda Jazz
  • Eksterior Jazz
  • Pengendalian & Pengendaraan Honda Jazz
  • Mesin & Konsumsi BBM Jazz

Overview Jazz

Honda merupakan salah satu merek mobil dengan jaringan terluas di Indonesia. Hingga saat ini secara total Honda telah memiliki 164 dealer dan sub dealer 3S di seluruh Indonesia. Jumlah ini tentu bukanlah muncul secara mendadak. Ekspansi yang dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor selaku produsen dan distributor sekaligus Agen Pemegang Merek (APM) Honda di Indonesia membuatnya menjadi salah satu merek terkuat dan selalu berada di peringkat 3 besar penjualan mobil nasional.

Strategi yang diterapkan Honda di Indonesia pun cukup unik. Sebagai saingan terbesar dari grup Astra yang dimotori Toyota dan Daihatsu, Honda memilih untuk bermain aman di kelas-kelas yang signifikan mendongkrak penjualan. Salah satunya adalah hatchback, yakni Honda All New Jazz.

Hatchback memang tak pernah dipandang sebelah mata oleh Honda Indonesia. Sejak era 70an Honda sudah bermain di kelas ini. Honda Life, Honda Civic, sang legenda Honda Estillo adalah model-model kendaraan kompak pemikat mata dengan keatraktifannya. Di generasi modern ini, ketika Civic sudah menjadi barang premium, mereka mengisi ceruk pasar yang ditinggalkan dengan Jazz dan Brio.

Jika Brio saja sudah mencukupi kebutuhan masyarakat akan sebuah city car hatchback yang reliabel, dan harga terjangkau maka Jazz pun ditempatkan bukan sebagai pemenuh portfolio saja. Ia hadir sebagai sebuah opsi hatchback yang memiliki keunggulan bak sebuah MPV. Bahkan kami sepakat menyebutnya sebagai Mini MPV.
Dari portofolio Honda, Jazz memang ditahbiskan sebagai sebuah Hatchback. DNA hatchback yang memiliki komposisi sedan dengan buritan yang terpangkas adalah sebuah identitas yang tak dapat dipungkiri.

Akomodasi dan kepraktisan tingkat tinggi adalah poin penting yang perlu digaris bawahi jika Anda melirik model ini. Salah satu fitur unggulan Jazz yang tak dimiliki kompetitornya juga adalah headunit super besar dengan ukuran 8 inci. ya 8 inci, artinya lebih besar 2-3 inci dari rata-rata ukuran headunit mobil-mobil di Indonesia. Fitur yang diusungnya terbilang baik. Koneksi bluetooth, touch screen, phone mirroring via HDMI dan bluetooth, dan pemutar berbagai peranti. Sayangnya, meski konektivitasnya lumayan, belum ada GPS terintegrasi di headunit ini.

Fitur lain yang juga hanya bisa Anda nikmati di Jazz adalah Cruise Control. Dengan harga mobil yang hanya RP 272,5 Juta (OTR Jakarta) tak sering bisa Anda dapatkan fitur pengatur kecepatan konstan ini di kendaraan.

Karena bisa dikendarai dengan konstan, artinya tak sulit menjaga efisiensinya. Menciptakan figur konsumsi bahan bakar di level 12 km/liter saat berada di tengah kota bukan hal yang sulit untuk siapapun. Tapi ini dengan bobot yang diangkut hanya sekitar 150 kg. jika Anda menambah penumpang lebih banyak tentu hasilnya akan berbeda. Di moda luar kota, melengganglah dengan kecepatan konstan dan aplikasikanlah Cruise control, maka efisiensi bisa dipandu dengan baik. Mencipta angka efisiensi di kisaran 17,5 km/liter juga mudah tercipta lantaran putaran mesinnya di level 100 km/jam hanya 1.900 RPM.

Adanya paddle shift di balik lingkar kemudi juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan efek perpindahan gigi. Sayangnya Jazz hanya memiliki manipulasi perpindahan gigi sebanyak 6 tingkat percepatan. Berbeda dengan HR-V yang mencapai 7-percepatan.

Interior & Fitur Honda Jazz

Menilik bagian interior, suasana kabin yang lagi-lagi modern dan futuristik dipajang. Layout dasbor yang bertumpuk dan mengunakan aksen berkombinasi dan padanan material softpad dengan plastik keras serta sentuhan piano black menjadikan siapapun tak mudah bosan berada di kabinnya.

Interior Jazz seperti sebelumnya mengedepankan fleksibilitas dan kelegaan kabin. Meski dimensinya compact. Lantai yang rata, kursi yang konfigurasinya membuat mobil ini serba guna membuat Jazz banyak disukai. Belum lagi kualitas material yang digunakan juga cukup bisa diapresiasi. 

Secara keseluruhan, Jazz lebih layak menyandang deskripsi sebuah MPV 7-seater yang kehilangan buntutnya.

Honda memilih menghadirkan kabin yang lapang bak MPV 5-seater. Dengan ruang yang lapang tersebut, Anda akan memiliki keleluasaan untuk mengatur konfigurasi tempat duduk. Kualitas ini membuatnya tak berlebihan disebut sebagai Mini MPV, dengan pemangkasan bangku baris ketiga.

Misalnya saja jika Anda ingin membawa barang yang tinggi, sebut saja dispenser air. Saking tingginya objek ini tak akan bisa diletakkan berdiri di bagasi, maka ada opsi untuk menaruhnya di bangku baris kedua. Dengan cara melipat bangku baris kedua yang disebut Ultra Seat, tercipta ruang dengan ketinggian optimal. Hal ini dimungkinkan karena Honda telah memindahkan posisi tangki bensin yang biasanya ada di bawah bangku penumpang belakang. Sehingga bisa diciptakan ruang lebih karenanya.

Keleluasaan untuk duduk, juga dapat terasa di bangku penumpang belakang. Revisi besar-besaran bisa disajikan. Hal ini lantaran dipanjangkannya rentang wheelbase dari semula 2.500 mm menjadi 2.530 mm. 30 mm pada wheelbase sangatlah berarti karena seluruh rancang bangun mobil bisa disesuaikan dengan leluasa. Dimensi pun membesar di berbagai sudut, bahkan tingginya pun bertambah. Jadi, ruang kepala pun terasa lapang di semua sisi.

Kenyamanan juga ditopang oleh bangku dengan ketebalan busa yang sangat baik. Tak hanya tebal, bagi penumpang dan pengemudi di depan, sandaran punggung dibuat sangat besar untuk menopang seluruh tubuh agar tak mudah lelah.

Kapabilitas MPV juga tercermin dari luasnya bagasi yang dimiliki Jazz. Dalam kondisi standar, ia memiliki daya angkut hingga 363 liter, masih kurang? Silahkan bermain dengan jok Jazz karena mudah disesuaikan agar mobil bisa mengangkut beragam barang. Ini adalah satu lagi alasan kami menyebutnya Mini MPV.

Sedikit catatan kami temukan dalam sektor kepraktisan. Ruang-ruang saku penyimpanannya tak ada yang cukup besar. Misalnya saja konsol tengah di antara penumpang depan, meski cukup dalam, namun lebarnya tak terlalu besar. Saku lainnya pun demikian, misalnya glove box di depan, ruangnya tak terlalu besar.

Eksterior Jazz

Salah satu variabel penting yang perlu disajikan dalam menarik perhatian masyarakat di segmen hatchback adalah desain atraktif, untuk membuat kendaraan sebagai bagian dari identitas kaum muda, yang menuntut bentuk yang enak dilihat, dinamis, modern.

Di bagian muka, Anda mendapatkan tampang yang segar dari Honda Jazz generasi terbaru. Versi faccelift yang baru meluncur bahkan terlihat lebih sportif di semua varian, terutama RS.

Dari sisi, guratan yang sangat berkarakter membentuk garis bahu yang membentang hingga buritan. Mungkin bagian buritannya terkesan konvensional dan tak sekeren kompetitornya, dengan papasan bokong yang sangat tegak, tapi ini demi keunggulannya di parameter lain. Kepraktisan. Toh dari belakang ia masih atraktif bekat aksen lampu yang futuristik.

Tipe RS memang memiliki tampilan paling atraktif di antara tipe lainnya. Bukan saja karena aksara RS namun juga desain bumper yang lebih sporti terdapat di varian ini. Tipe paling standar berada di varian S Manual yang hadir tanpa LED positioning yang menyandingi foglamp. Velg paling sporti pun ada di tipe RS dengan diameter lebih besar, pun dengan roof spoiler.

Di bagian luar, ada satu fitur penting yaitu lampu utama tipe di RS sudah berbasis LED (light emitting diode) yakni sistem lampu hemat energi yang berbasis dioda. Lampu inipun sudah dilengkapi dengan auto levelling yang bisa menyesuaikan ketinggian sorot lampu saat berada di medan yang variatif. Meski belum dilengkapi dengan pencahayaan otomatis, namun LED sudah terbilang canggih. Tipe lainnya memiliki lampu dengan sistem halogen tanpa pengaturan auto levelling.

Pengendalian & Pengendaraan Honda Jazz

Besarnya rancang bangun Jazz membuat Honda bisa menyajikan ruang pandang terbaik untuk semua penumpang utamanya pengemudi. Bahkan demi mempertahankan desain Jazz dengan pilar A yang tebal, mereka memilih menyajikan kaca tambahan di sisi depan mobil di bawah pilar A. Adanya kaca ini membuat visibilitas pengemudi meningkat tanpa harus mengurangi estetika desain Jazz.

Efek pembesaran bodinya akan sangat terasa oleh pengemudi. Saat membawanya, Anda tak akan merasakan membawa mobil kompak seperti Mazda2, namun seperti melenggangkan sebuah MPV minus buntut. Buat yang tak masalah dengan dimensi, hal ini bukanlah problema, namun sebuah keuntungan. Tapi jika Anda mengharapkan mobil yang teramat kompak, maka silahkanlah melirik ke arah lain. Sebab ketika dikendarai, sangat terasa Anda sedang membawa mobil berbodi bongsor. Meski demikian, semua itu tentu tak disertai dengan body roll. Anda bisa percaya diri membesutnya di tikungan tajam dengan kecepatan menengah. Namun begitu memasuki jalan sempit, silahkan rasakan betapa lebarnya Jazz dengan dimensi 1.694 mm.

Tapi kenyamanan berkendara Jazz memang ditingkatkan. Suspensinya begitu sigap meredam benturan dari jalan yang tak rata. Pun dengan putaran roda kemudi. Pada generasi ini Jazz sudah dilengkapi dengan Electric Power Steering (EPS) yang mengandalkan motor elektrik sebagai penyalur gerakan kemudi dari setir ke roda. Meski terasa tak komunikatif, namun bagi Anda yang membutuhkan kemudahan menggerakkan kemudi saat parkir, ini adalah nilai plus. Apalagi di kaki-kaki tersemat roda dengan velg alloy berdesain baru dengan lingkar 16 inci. Roda ini dibalut ban 185/55. Ban yang cukup lebar tersebut memberikan traksi yang baik bagi pengendaraan.

Mesin & Konsumsi BBM Jazz

Di balik kapnya, terdapat mesin L15A SOHC dengan kapasitas 1.5 liter bertenaga 120 PS alias terbesar di kelasnya. Dipadankan dengan sistem pengaturan klep variabel yang cerdas i-VTEC, maka menjaga efisiensi sekaligus mendapatkan performa bukanlah hal mustahil.

Parameter lain yang bisa diapresiasi adalah kembalinya transmisi CVT sebagai penyalur tenaga berskema otomatis. Keberanian Honda ini tentu bukan tanpa alasan, mereka berhasil meracik CVT dengan embel-embel Earth Dreams Technology yang menyajikan penyaluran tenaga penuh performa tanpa perlu mereduksi kenyamanan dengan adanya perpindahan gigi.

Alhasil, Anda bisa melenggangkan Jazz dengan putaran mesin yang relatif konstan, artinya? Efisiensi mudah dijaga.

Review Pengguna Honda Jazz

4.7
Berdasarkan 96 Review
  • 5 84
  • 4 13
  • 3 4
  • 2 2
  • 1 0
Ceritakan kisah mobil Anda

Review Anda akan membantu orang lain memilih

Tulis Review
Review populer
  • Semua(96)
  • Fitur(70)
  • Specs(43)
  • Performa(52)
  • Dimensi(23)
  • Lainnya...
    Pilih Kategori
    ×
  • M
    Merta 14 Feb, 2021 untuk Honda Jazz (2003-2008)

    Setelah 25 tahun bekerja, ayah akhirnya memutuskan untuk berhenti. Lalu beliau memberi kami kesempatan untuk mengenal lebih dekat apa itu mobil. Jazz (2004) warna metalik itupun hingga kini masih tetap terlihat elegan dan tidak termakan waktu. Dengan beberapa kali perawatan dan perbaikan, ia mampu menghadirkan kemudahan bagi keluarga kami untuk bertransportasi dan membuat kenangan bersama. Baca Selengkapnya

  • D
    Dwi Agustian 28 Jan, 2021 untuk Honda Jazz (2014-2018)

    Honda, klo kita bicara mengenai kendaraan roda 4 sudah sering kita pakai untuk sehari hari entah itu bekerja atau kegiatan lain nya. Selama saya pake dari awal saya punya kendaraan saya langsung terekspetasi sama honda. Byk yg bilang honda itu hemat bbm, mesin nya adem dan awet. Hmm setelah saya coba, memang si honda ini bener2 super awet, yaaaa walau Baca Selengkapnya

  • M
    M Yusuf 27 Jan, 2021 untuk Honda Jazz (2003-2008)

    Honda jazz rs warna merah ,, adalah impian saya saat di bangku SMA . Sekedar impian saja, berharap punya pun saya tak berani ,maklum lah saya dari kalangan menengah ke bawah sekali heheh... namun takdir berkata lain, rizqi Allah yang atur dan alhmdulillah saya bisa beli mobil idaman saya tersebut di tahun 2019 ... meskipun cuman bisa beli bekas namun Baca Selengkapnya

  • A
    Andika Pramana 20 Jan, 2021 untuk Honda Jazz (2009-2013)

    Sejak diperkenalkannya pertama kali di pasaran indonesia, mobil honda jazz ini menjadi pusat perhatian pencinta mobil di indonesia dan menjadi incaran masyarakat di indonesia, terutama generasi muda. Honda jazz berhasil menjadi salah satu primadona di kelasnya. Desain Honda jazz juga dari pertama kali diluncurkan yaitu tahun 2001 generasi pertamanya yang sering di sebut GD3, lalu generasi keduanya yaitu GE8, dan Baca Selengkapnya

  • D
    Dansu 06 Jan, 2021 untuk Honda Jazz

    BAKALAN NAIK NIH. DESAINNYA LEBIH BAGUS DARI HRV, CUMA KALAH DI GROUND CLEARENCE AJA. UTK FITUR, MESIN DAN INTERIOR JAZZ TETAP UNGGUL DARI HRV Baca Selengkapnya

  • A
    Arry Dwi Pramono 02 Jan, 2021 untuk Honda Jazz (2003-2008)

    Honda Jazz idsi tahun 2005 merupakan mobil yang cukup handal, dengan dimensi body yang kecil dan konsumsi bahan bakar yang terbilang irit, Honda Jazz adalah mobil yang cocok digunakan untuk anak muda dengan mobilitas tinggi hobi nongkrong sana sini tanpa khawatir bikin kantong bolong. Selain itu honda Jazz dengan bodi kecilnya membuat penggunanya merasa nyaman ketika memasuki jalanan yang sempit Baca Selengkapnya

  • Y
    Yulian DP 31 Des, 2020 untuk Honda Jazz (2014-2018)

    Jazz putih ku seri terakhir dari all New Jazz sebelum keluar bentuk baru yang seperti sekarang masih produksi, menurutku bentuk body seriku yang paling ok dari semua seri Jazz yg udah diproduksi. Nandainnya mudah kok, dari lampu rem belakang yg warna putih, dan dari bentuk grill depannya, itu pasti seri paling muda dr seri all New Jazz lama. Dari luar Baca Selengkapnya

  • H
    Husni 13 Okt, 2020 untuk Honda Jazz (2003-2008)

    Meskipun mobil tua jazz 2008 rs...tpi tidak mau di bilang tua...karna performanya yg mantap,sama tampilan nya gak malu2in...memang mantap jazz... Baca Selengkapnya

  • I
    Ikmal Ramadhan 09 Okt, 2020 untuk Honda Jazz (2014-2018)

    gak nyangka honda jazz 2015 enak di pake soal kenyamanan gak perlu di ragukan interior/eksterior nya elegan saya sangat suka warna merah kece banget di liat nya mewah bbm nya sangat irit suara mesin nya alus dan tenaga nya pol pokok nya soal disain nya gak di ragukan lagi wah banget Baca Selengkapnya

  • M
    Masrizal 09 Sep, 2020 untuk Honda Jazz (2009-2013)

    Bentuk yang aerodinamis, tak ketinggalan zaman walaupun tahunnya sudah lawas, mesin bandel tidak pernah rewel malah saya yang rewel selalu minta lebih dari dia tapi dia selalu memenuhinya : kecepatan, akselerasi. BBM, tidak rakus seperti tikus, spare part terjamin, mahal sedikit walau kesan orang katanya mahal tapi tahan lama. Selama pemakaian baru ganti batery dan ban. Hebat dia Baca Selengkapnya

Ada pertanyaan?

Tanyakan apa saja dan dapatkan jawabannya dalam 48 jam.
FAQ
Informasi Personal*
+62 -
Klik gambar untuk memuat ulang
Login/Daftar
Hanya nama Anda yang akan ditampilkan. Email dan nomor HP tidak akan ditampilkan
Terima kasih telah bertanya pertanyaan
Pertanyaan Anda menjadi masukan yang berguna bagi kami

Jutaan orang akan sangat terbantu memilih mobil berkat kontribusi Anda

Mobil Honda Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang

Dealer Honda Terdekat

Berita Honda Jazz

Dapatkan penawaran pertukaran terbaik di Mobil Anda
Tolong beri tahu kami tentang mobil Anda di bawah ini dan kami akan menghubungkan Anda dengan mitra dealer kami.
Hanya 1 langkah dari penawaran terbaik. Harap masukkan detail kontak Anda
+62 -
Hampir Selesai

Mohon masukkan kode OTP 4 digit yang dikirim ke nomor SMS Anda

Terima kasih

Jual mobil saya