TMS 2019: Kawasaki Ninja ZX-25R Meluncur, Pakai Mesin 250 cc 4-Silinder

Gambar
Review Pengguna

Kawasaki resmi mengenalkan Ninja 250 cc 4 -silinder. Motor berstatus world premier itu, nongol di pembukaan Tokyo Motor Show 2019. Ia diberi nama Ninja ZX-25R. Tim OTO di Jepang berhasil mengabadikan sosoknya yang mencuri perhatian di pameran mobil itu.


Kawasaki Ninja ZX-25R


Motor yang berdiri tegak di atas panggung booth Kawasaki, menjadi pusat perhatian seluruh pengunjung. Terpajang dengan balutan livery tim Kawasaki Racing Team (KRT). Jika dilihat keseluruhan, garis desainnya mirip keluarga Ninja lain. Fascia-nya hampir tidak ada beda, sangat identik. Bodi lebih menggembung padat di bagian depan. Lampu utama pakai sistem LED ganda, bentuknya meruncing. Sisi bawah lampunya memiliki ornamen ala winglet, sepertinya terlihat lebih tebal dari Ninja 250 standar. Punya lubang udara di atas kedua lampu depannya, kayak versi ZX-6R. Bentuk windshield motor ini terlihat berbeda dari versi 2 silindernya. Ada beda sedikit di bagian sepatbor depan, lebih pipih dan racy. Fairing sporty-nya ramping, mirip dengan Ninja 250 yang beredar di Tanah Air.


Dibanding Ninja 250, tentu Kawasaki Ninja ZX-25R memiliki beberapa kelebihan. Jika dilihat lebih teliti, terdapat perbedaan yang cukup detail. Seperti sasis mengadopsi trellis high tensile steel. Suspensi depan upside down dengan Separate Function Fork-Big Piston. Untuk lengan ayunnya tidak lagi gunakan model kotak, melainkan menggunakan swing arm banana, tersambung pada horisontal back link monoshock. Untuk pelek masih sama dengan versi Ninja 250. Rem depan single disc with radial mount monoblock caliper.


Paling jelas terlihat beda ada di bagian belakang roda depan, menyembul 4 pipa exhaust yang berujung pada satu muffler yang berada di bawah bodi. Ya, ia memakai memakai knalpot model underbelly. Bagian buntut sedikit mirip dengan ZX-636R, sangat gagah. Joknya menganut model terpisah, ciri khas motor sport sejati.


Sayangnya belum informasi soal performa mesin dan dimensi secara gamblang. Hanya saja, papan yang berdiri di depan motor menjelaskan, Ninja ZX-25R ini mengusung mesin 249 cc berpendingin cairan, 4-stroke in-line four, DOHC, 16 valve. Tidak ada pemaparan mengenai besaran piston dan langkahnya, juga output yang dihasilkannya. Namun, jika dibanding dengan 2 silinder, model ini pastinya lebih kencang. Untuk fitur yang dimilikinya sudah cukup canggih. Semacam quick shifter, Kawasaki Traction Control dan juga power modes.


Walau sudah dikenalkan, Ninja 250 cc 4-silinderZX-25R belum resmi dijual ke para konsumen. Namun, menurut tim Oto.com yang meliput langsung, setelah Jepang, motor ini segera menyapa para penggemarnya di Thailand. Belum ada kejelasan kapan Ninja ZX-25R masuk ke Tanah Air. Kita tunggu saja.


Foto: Indra Alfarisy


 

Jelajahi Kawasaki Ninja 250

Kawasaki Ninja 250 Rp 69,2 - Rp 77,1 Juta Cicilan : Rp 1,58 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store