Membandingkan Fitur Honda PCX dan Yamaha NMax

Membandingkan Fitur Honda PCX dan Yamaha NMax
Gambar
Review Pengguna

Skuter premium ternyata tak perlu lagi lansiran merek Eropa, Amerika atau Italia. Merek Jepang seperti Yamaha dan Honda memiliki produk jenis ini di portfolionya. Honda PCX dan Yamaha NMax. Keduanya seolah menawarkan pembeda yang cukup signifikan.


NMAX Matte Red


Harga, menjadi diferensiasi yang tinggi antar keduanya. Kuda besi Honda ditawarkan dengan banderol Rp 40,5 juta, sementara Yamaha NMax ABS hanya Rp 29,6. Menarik kala akhirnya melihat penyebab keduanya memiliki harga terpaut jauh. Fitur!


Fitur Keamanan



[caption id="attachment_1476" align="alignnone" width="850"]Honda-PCX125-2015-grey Salah satu faktor yang membuat PCX mahal adalah fitur canggihnya[/caption]

Peranti keamanan Honda PCX jauh lebih lengkap. Imbas dari harganya yang lebih mahal ternyata terasa pada sektor ini. Skuter Honda dilengkapi kunci bersistem canggih. Bukan cuma rumah kuncinya yang canggih, di mana soket magnetik terpisah aksesnya dengan lubang kunci.


Pun dengan tombol pembuka bagasi, terpisah dari kunci utama. Terlihat keren dan modern, tapi di satu sisi, malah merepotkan. Untuk membuka bagasi atau daun penutup tangki bensin, misalnya. Pemilik harus memutar anak kunci, baru menekan tombol pembuka.


Berbeda dengan Yamaha NMax, semua akses baik itu tutup magnetik, lubang kunci, pembuka bagasi, semua dalam satu akses. Sayang, motor lansiran Yamaha ini tak dilengkapi alarm dan remote. Fitur terakhir hanya dimiliki oleh PCX.


Fitur Pengendaraan



[caption id="attachment_8217" align="alignnone" width="650"]PCX 003 Honda PCX punya banyak fitur pendukung berkendara[/caption]

Di sisi ini, skutik besar dari PT Astra Honda Motor (AHM) ternyata memiliki banyak potensi menarik. Fitur pendukung pengendaraan sangat banyak. Misalnya saja mesin dengan Alternating Current Generator (ACG). Sistem ini memungkinkan proses nyala-mati mesin lebih halus. Berikutnya Idling Stop System (ISS). Fitur ini meningkatkan efisiensi dengan otomatisasi pemadaman mesin saat motor berhenti.


Selain pada mesin, fitur penunjang pengendaraan pada PCX masih terdapat di sektor lampu. Ada fungsi nyala darurat yang bisa diaktifkan via tombol di dashboard. Lalu tutup tangki bensin juga dilapis lagi dengan sebuah panel. Lapisan ini bisa melindungi tangki bensin dari paparan hujan.



[caption id="attachment_4662" align="alignnone" width="850"]nmax3 NMax perlu ditambah fitur-fitur detail[/caption]

Yamaha NMax sedikit pelit memberi fitur, apalagi di sektor ini. Maklum, beberapa fitur Honda PCX terbilang mahal jika dinominalkan. Dengan harga jual NMax ABS yang hanya Rp 29,6 juta, ternyata Yamaha Indonesia tak mampu memberi banyak. Jikapun ada beberapa keunggulan yaitu rem cakram di kedua roda NMax. Selanjutnya Anti-lock Braking System (ABS), tak ada di PCX.


Masalah akomodasi, tentu bukan daya angkut yang kami bicarakan, melainkan fitur pendukungnya. Luas bagasi, misalnya, keduanya memang memiliki bagasi yang lapang. Namun skuter Honda mampu mengangkut hingga 25 liter. Bukan cuma itu, posisi helm jika disimpan lebih rapi ketimbang NMax.


Honda juga masih memberikan laci bertutup di bagian depan. Tidak saja lebih aman untuk meletakkan gadget, namun peranti elektronik bisa dicharge via soket di dalam laci. Hal ini tak dimiliki NMax. Jangankan output listrik, laci tertutup saja tak ada. Pun dengan peletakan helm, meski muat model full face, tapi peletakannya harus terbalik.


Kesimpulan


Meski Yamaha terlihat pelit menawarkan fitur, ternyata pembelinya tak pantang. Masyarakat Indonesia lebih mudah dirayu dengan harga, ketimbang banjir peranti. Namun jika Anda pengendara yang mementingkan kelengkapan penunjang keamanan, pengendaraan, maka PCX, lebih layak untuk dilirik.


Baca Juga: Harga Honda Sonic baru cuma naik Rp 75 ribu

Komparasi Honda PCX vs Yamaha Nmax

Honda PCX
  • Rp 29,84 - Rp 32,84 Juta
Yamaha Nmax
  • Rp 29,75 - Rp 33,75 Juta
PCX vs Nmax

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store