Modifikasi Honda PCX160

First ride All new Honda PCX 160

Honda PCX adalah salah satu pemain awal di kelas skuter gaya premium di Indonesia. Mengawali kiprahnya dengan versi impor bermesin 125 cc, ia adalah pembuka jalan di kelas ini. Statusnya yang impor utuh dan nominal di negara asal, Thailand dan sempat pula Vietnam yang memang masih tinggi membuat harga jualnya di Tanah Air pun terbilang mahal di eranya. Harga psikologisnya adalah di Rp 40 jutaan saat ia mencapai titik tertingginya. Walau demikian popularitasnya ternyata cukup baik.

Versi pembaruan bermesin 150 cc sempat beredar juga sebelum akhirnya digantikan oleh varian produksi lokal dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Nah sejak inilah pamor Honda PCX mulai berjaya. Bagaimana tidak, ia dirilis dengan harga yang kompetitif dengan rivalnya namun mengemban beragam fitur lebih menawan.

Tampil lebih mewah dari sebelumnya, Honda PCX 150 lokal memakai desain lampu depan dan belakang anyar yang sudah full LED. Bodinya juga lebih gemuk dengan empat pilihan warna eksklusif: putih, merah, hitam dan emas. Kesan modern mencuat lewat penggunaan panel instrumen digital, berlatar biru dan angka informasi berkelir putih.

Honda memberi berbagai fitur baru untuk skuter ini. Salah satu yang menarik, smart key system. Fitur yang ada di dashboard kanan Honda PCX, terintegrasi dengan tiga teknologi: keyless (penggunaan remote sebagai pengganti anak kunci), answer back system dan alarm. Penamaan smart key system juga tanpa alasan, Anda bisa membuka bagasi dan tangki bensin langsung dari sana.

Penyegaran lain untuk Honda PCX, pabrikan berlambang sayap memberi ban tubeless lebih lebar untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Roda belakang yang sebelumnya masih pakai rem tromol, kini sudah diganti cakram. Fitur idling stop system (ISS) sebagai penghemat bahan bakar tetap dipertahankan. Cara kerja ISS, menonaktifkan mesin secara otomatis saat skuter berhenti lebih dari tiga detik.

Sektor mesin sempat populer kala mengandalkan adaptasi milik Honda Vario 150. Jantung mekanisnya berkapasitas 149,3 cc SOHC berpendingin cairan. Dan tahun ini, Honda memberi banyak revisi untuk jantung mekanisnya.Kami pun sangat mengapresiasi hal ini.

 

All New Honda PCX 160 gendong mesin generasi terbaru dengan teknologi bernama Enhanced Smart Power plus (eSP+). Kapasitasnya meningkat, dari sebelumnya 149 cc menjadi 157 cc. Di atas kertas, dirinya bisa melontarkan daya sebesar 16 Hp di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Angka itu tentu saja mampu meninggalkan pesaing terberatnya, All New NMax 155. Yang punya tenaga 15,1 hp / 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm / 6.500 rpm.

Kemudian ia sekarang dijejali empat klep, membuat campuran udara dan bahan bakar lebih baik. Dan dikawal sistem SOHC serta teknologi andalah Honda PGM-FI. Diameter piston dan langkahnya juga terdapat perbedaan, dari yang tadinya 57,3 x 57,9 mm, menjadi 60 x 55,5 mm. Karakternya overbore, lebih optimal pada putaran atas (high RPM). Rasio kompresi yang sebelumnya 10,6:1 juga ditngkatkan, kini menjadi 12:1.

Honda juga menyematkan Piston Oil Jet pada mesin PCX 160. Teknologi ini sebetulnya sudah banyak dipakai oleh sepeda motor di era 80-an. Fungsi utamanya tentu saja untuk membantu sistem pendinginan mesin. Cara kerjanya, bagian bawah piston disemprot oli secara konstan. Alhasil, bisa mereduksi panas yang dihasilkan dari gesekan piston. Ditambah dengan torak berbahan molybdenum dan ring piston baru. Diklain mampu menyapu pelumas lebih baik.

Kemudian, pengaplikasian Hydraulic Cam Chain (HCC) yang mampu mengurangi gesekan dan suara, serta getaran mesin pada saat bersamaan. Efeknya kerja tensioner lifter mampu mengendalikan ketegangan rantai keteng. Friksi dapat dikurangi, noise dan vibrasi pada tingkat tinggi dapat ditekan. Hasilnya lebih senyap secara mekanis dan tidak bakal berubah dalam jangka waktu yang lama.

Pada bagian CVT, pulley penggerak dibuat lebih besar serta penyempurnaan pada poros transmisi. Lalu jalur intake dari saringan udara ke pipa inlet diperluas. Diameter throttle body juga diperbesar untuk meningkatkan efisiensi intake. Sebagai tambahan, di bagian knalpot juga mengalami ubahan pada struktur di bagian dalamnya. Sehingga, tidak hanya performa meningkat, tapi juga lebih ramah lingkungan.

 

Teknologi mesin yang diusung PCX 160 diklaim minim gesekan dan meningkatkan performa. Efeknya membuat skutik premium ini mampu memberikan kesempurnaan puncak saat dikendarai harian maupun turing.

Untuk menarik perhatian pecinta skutik premium Tanah Air, pabrikan memberi penyegaran di bagian wajahnya. Transformasinya begitu menggoda. Kini mengaplikasikan desain baru yang mengusung konsep 'Personal Comfort Saloon'. Tampilannya merupakan kombinasi dari kemewahan dengan personalisasi. Identitas sebagai skutik premium terlihat jelas saat pertama kali melihatnya.

Paling mencolok memang terlihat di bagian fasadnya. Sekarang lebih modern dan elegan. Tak lagi pakai garis mengkurva sebagai pemisah lampu. Semua dibuat menyatu, dari ujung lampu sein sampai headlight. Posisinya horizontal dan melebar, selaras dengan desain keseluruhan. Lampu utama kini dibuat lebih menyipit.

Panel bodi belakang diberi sentuhan anyar, meski tak terlalu signifikan. Untuk menambah kesan premium, logo yang menempel dikasih warna tembaga (versi CBS) dan gold (tipe ABS). Mampu memberikan ekspresi berkelas tinggi dan semakin mendukung gaya pengendaranya.

Stoplamp punya tampilan gres. Bentuknya lebih futuristis dibanding pendahulunya, dengan model lebih tajam. Kesan cahaya efek tiga dimensi lebih menonjol. Dan tentu saja, semua tata cahaya sudah mengadopsi teknologi lampu LED. Semakin mendukung kemewahan dan kecanggihan All New Honda PCX 160.

Honda PCX dipasarkan dalam dua varian: CBS (combi brake system) dan ABS (anti-lock braking system).

Meski sudah tampil mewah nan elegan, pemilik Honda PCX tentunya banyak yang tak membiarkan motornya tampil standar. Ragam modifikasi dilakukan untuk meningkatkan kesan prestige maupun mendongkrak performanya. Gaya touring, elegan, hingga sporty bahkan jadi beberapa pendekatan yang kerap digunakan.

Baca Kurang

Seller Aksesoris Modifikasi Honda PCX160

KTC Kytaco
Geba Parts
  • 085624124264
  • https://gebaparts.com/
  • Jalan Pelajar Pejuang 45 No. 5, Turangga, Lengkong, Lkr. Sel., Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263

Honda PCX160 Cerita Modifikasi

Ceritakan kisah mobil Anda

Review Anda akan membantu orang lain memilih

Tulis ceritamu

Pertanyaan Seputar Modifikasi Honda PCX160

  • Apakah CVT Honda PCX 150 dan PCX 160 sama?

    Tidak 100 persen sama. Meski belum ada detail lebih lanjut dari pihak Astra Honda Motor, namun sempat dijelaskan bahwa beberapa partsnya berbeda. Misalnya ukuran pulley CVT-nya, disebut bahwa punya Honda PCX 160 lebih besar. Biasanya perbedaan ini saja sudah diikuti oleh ukuran bobot roller dan belt yang juga berbeda.

  • Apakah Suspensi Honda PCX 150 bisa dipasang ke 160 atau sebaliknya?

    Berbeda cukup signifikan. Honda merancang PCX terbaru (160) dengan kaki-kaki yang lebih tangguh dari sebelumnya. Sokbreker Honda PCX 160 belakang ini lebih panjang 15 mm dari PCX 150, yaitu 365 mm, sehingga lebih tinggi dari PCX 150 yaitu 350 mm. Axle stroke PCX 160 juga lebih panjang 10 mm menjadi 95 mm. Dengan bekal ini, PCX 160 dinilai mampu menahan redaman di jalan yang kasar.