jakarta-selatan

Bersama KTM, Bajaj Kembangkan Skuter Listrik

  • 12 Jun, 2019
  • 280 Kali Dilihat

Bajaj Auto kabarnya menyiapkan motor tenaga listrik. Dalam waktu 18 bulan, atau sekitar akhir 2020, motor sudah bisa dikenalkan. Inilah antisipasi pabrikan asal India menghadapi regulasi emisi yang kian ketat.



Dikutip dari Indiautoblog, Kamis (12/6), Direktur Eksekutif Bajaj Auto Ltd, Rakesh Sharma mengatakan, lebih cepat dari waktu yang dirancang. Perusahaan berencana membawa motor listrik pertamanya dalam fiskal saat ini (April 2019-Maret 2020).


“Kami sedang mengembangkan prototipe, namun apa yang akan keluar pertama adalah pertanyaan yang kami jawab segera. Setidaknya itu bisa muncul tahun ini," ujar Sharma.


Terbukti perusahaan asal India itu, telah memulai pengujian skuter listriknya. Diperkuat dengan foto yang beredar di Pune, India baru-baru ini. Motor tenaga listrik itu, dikemas gaya retro disertai fitur modern. Menggunakan lampu utama bentuk segi lima dengan garis melengkung. Sedangkan lampu sein ditempatkan di apron depan dengan posisi vertikal. Lampu LED juga digunakan untuk lampu belakang, ditambah konsol digital instrumen dan lampu indikator sebagai penunjuk posisi gigi. Fitur-fitur canggih kemungkinan besar mencakup, switchgear backlit dan pengisi daya USB di bawah kursi.


Untuk bagian pengereman, kemungkinan besar menggunakan rem cakram depan dan teromol di belakang. Ada kemungkinan dibekali fitur combi-braking system sebagai peranti standar. Sementara itu, shock berpeluang menggunakan komponen skuter bertenaga bensinnya.


Skuter ini rencananya dikembangkan bersama KTM. Menggunakan platform motor listrik 48 volt. Memiliki output daya di kisaran 3 hingga 10 kW. Seperti diketahui, KTM sendiri sudah memproduksi motor bertenaga listrik secara global untuk pasar tertentu.


"Kami sangat tertarik pada elektrifikasi. Ini adalah perkembangan yang penting untuk masa depan, dipersiapkan dan belajar dari perkembangan yang sudah ada," kata Sharma.


Menurut Sharma, semua ini dilakukan jika pemerintah India mengamanatkan penjualan skuter listrik. Jika iya, perusahaan akan membawa kembali merek ikoniknya. Seperti Chetak, Legend dan Stride. Namun, sepertinya Bajaj memberi sinyal, produk yang dipasarkan di bawah merek Urbanite. (Bgx/Odi)


Sumber: Rushlane


Baca Juga: KTM Duke 125, Harganya Mirip Vario 150 eSP

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Motor Populer

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi