Knalpot Akrapovic Kawasaki Ninja ZX-25R Dijual Rp 22,5 Juta

Knalpot Akrapovic Kawasaki Ninja ZX-25R Dijual Rp 22,5 Juta
Gambar
Review Pengguna

Kawasaki Ninja ZX-25R sejatinya dirancang untuk memuaskan hasrat pemburu performa. Bagaimana tidak, mesin empat silindernya memiliki daya begitu buas. Jauh lebih besar ketimbang kompetitor sport 250 cc lain. Namun, hal itu juga dilihat produsen after market sebagai kesempatan mencari laba. Sebagai contoh Akrapovic yang nyatanya sudah menyiapkan knalpot khusus peruntukan spesies anyar Ninja ini.

Sebenarnya bukan kabar baru, terlebih, beberapa waktu lalu pun kami sempat menangkap penampakannya di dunia maya. Menegaskan bahwa sang produk siap dijual massal. Mengejutkannya lagi, Indonesia menjadi negara pertama yang kedapatan produk tersebut. Masuk akal karena di sinilah Ninja ZX-25R pertama kali meluncur setelah perkenalan perdana di Jepang - lewat ajang Tokyo Motor Show 2019.

Knalpot Akrapovic Kawasaki Ninja ZX-25R

Kepastian itupun diinformasikan langsung pihak Sphinx Motorsport, selaku distributor resmi knalpot Akrapovic di Indonesia. Kepada kami, mereka menyebut sudah meniagakannya semenjak ZX-25R meluncur beberapa waktu lalu. Hanya saja, untuk produknya sendiri memang belum mendarat ke Tanah Air. "Saat ini barangnya belum ada, tapi mulai masuk di awal Agustus nanti. Harganya Rp 22,5 juta," kata Kevin Jackson selaku tenaga penjual Sphinx Motorsport saat dihubungi, Selasa (21/7).

Bisa dikatakan konsumen harus melakukan pemesanan terlebih dulu. Meski begitu, Kevin menerangkan pihaknya tidak memberlakukan sistem DP (down payment) kepada pembeli. "Kami tidak menerima DP karena orderannya cukup banyak. Untuk sekarang saja sudah di atas 100 set. Jadi customer yang mau beli akan kita list," terangnya lagi.

Lebih lanjut, Kevin menjelaskan orderan knalpot Akrapovic Ninja ZX-25R juga berasal dari jaringan penjualannya. Salah satunya adalah Yonk Jaya Motor, toko variasi dan modifikasi yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Seperti unggahan melalui laman media sosialnya, mereka juga sudah membuka pre-order untuk knalpot Akrapovic Ninja ZX-25R. Tidak dijelaskan apakah konsumen diwajibkan menyerahkan uang muka atau tidak. Kendati, diakui Kevin kalau toko-toko itu memang menerima DP dari konsumen. "Yang pasti, pembeli dapat barangnya bulan depan, baik awal maupun akhir Agustus," sahut Kevin kepada kami.

Baca juga: Pre-order Ditutup, Kawasaki Indonesia Masih Buka SPK Ninja ZX-25R

Layak ditunggu. Pasalnya knalpot Akrapovic ini memiliki beberapa keunggulan. Secara bentuk memang berbeda dari model underbelly bawaan Ninja ZX-25R. Saluran buang dari Akrapovic dibuat menjalar ke belakang dan menjulang, serta bersebelahan dengan swingarm banana kepunyaan si kuda besi. Dijual full system, mulai dari header, mid pipe, silencer, clamp, dan exhaust spring clamp. Untuk konstruksi depan seperti header, terbuat dari stainless steel. Sedangkan silencer menggunakan material carbon.

Knalpot underbelly bawaan Ninja ZX-25R

Rancang bangun demikian membuat knalpot Akrapovic berbobot 4,5 kg saja. Lebih ringan 4,4 kg dari knalpot bawaan ZX-25R yang punya berat total 8,9 kg. Tak cuma itu, dari pemaparan spesifikasi produk juga diungkap, produk ini berperan memberikan suntikan daya sebesar daya 2,4 Hp dan torsi 1,8 Nm. Berkaca dari data teknis, Ninja ZX-25R sanggup menorehkan daya maksimal 50,2 Hp/15.500 rpm atau 51 PS. Berkat pengaplikasian knalpot Akrapovic, maka tenaganya terdongkrak menjadi 51,7 Hp. Sementara torsi dasar 22,9 Nm jua turut melonjak menjadi 24,7 Hp.

Walau punya peningkatan daya dan momen puntir, rasanya knalpot ini tak ideal untuk penggunaan jalan raya. Lebih tepatnya hanya untuk kebutuhan balap. Terlebih dengan tingkat kebisingan mencapai 104,8 dB di 7.600 rpm. Tentu lain cerita jika Sphinx Motorsport melengkapinya dengan dB killer.

Sebenarnya ada pula pilihan lain menyoal knalpot. Sebelum peluncuran resminya, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sempat memperlihatkan paketan modifikasi Ninja ZX-25R. Bersamaan dengan terapan bodi serat karbon A-Tech, lalu setang, tuas kopling dan rem, hand guard beserta foot step dari Sniper, ada pula knalpot racing dari Yoshimura. Berbeda dengan rancangan Akrapovic, knalpot Yoshimura ini memiliki desain underbelly dengan silincer pendek.

Paketan inipun kemudian muncul saat kami menguji Ninja ZX-25-R di Sirkuit Sentul. Dia bahkan ditunggangi langsung oleh Andy Muhammad Fadly, pembalap sekaligus juara balap Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas AP250. Dan sesuai dugaan, knalpot itu membuat ZX-25R modifikasi ini meraung bak moge empat silinder. Sayang, belum ada informasi lanjutan mengenai ketersediaannya di pasaran. Ketika kami pantau dari laman resmi Yoshimura pun, produk itu belum tersedia. Bisa jadi pengaplikasiannya kala itu masih berupa prototipe. Jika tersedia di pasaran, artinya pemilik ZX-25R mendapatkan dua opsi dalam pemilihan knalpot racing Ninja ZX-25R. (Ano/Tom)

Sumber: IG Yonkjayamotorracing

Baca juga: Adu Performa dan Fitur BMW F 900 R VS MT-09 dan Z900, Siapa Paling Unggul?

Jelajahi Kawasaki Ninja ZX-25R

Kawasaki Ninja ZX-25R Rp 96 - Rp 112,9 Juta Cicilan : Rp 2,19 Juta
      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store