Akrapovic Siapkan Knalpot Kawasaki Ninja ZX-25R, Tenaga Naik 2,4 Hp

Akrapovic Siapkan Knalpot Kawasaki Ninja ZX-25R, Tenaga Naik 2,4 Hp
Gambar
Review Pengguna

Produsen after market mulai bersiap menyambut kedatangan Kawasaki Ninja ZX-25R. Salah satunya adalah Akrapovic, yang kedapatan sudah menyiapkan knalpot khusus peruntukan Ninja 250 cc 4-silinder tersebut. Dari spesifikasi yang disajikan, pendukung performa itu sanggup memberi ekstra output signifikan.

Melalui tangkapan Living With Gravity, tertulis jelas bahwa knalpot ini mampu memberikan masing-masing tenaga tambahan sebesar 2,4 Hp dan torsi 1,8 Nm. Sementara dari data performa yang kami ungkap menyebut, ZX-25R bakal punya besaran daya 49,3 Hp/15.500 rpm dan torsi maksimal 22,9 Nm/14.500 rpm. Bila ditotal, ia bakal mampu mengail daya sebesar 51,7 Hp dengan torsi hingga 24,7 Nm.

Knalpot Akrapovic Kawasaki Ninja ZX-25R

Dari situ pula terungkap bahwa knalpot buatan Slovenia itu memiliki desain full system. Secara desain memang berbeda dengan saluran buang model underbelly bawaan milik pabrikan. Namun, knalpot Akrapovic ini punya bobot 4,5 kg saja. Atau lebih ringan 4,4 kg dari knalpot bawaan ZX-25R yang memiliki bobot 8,9 kg. Itu lantaran bagian silencer knalpot yang menggunakan material karbon fiber.

Meski punya peningkatan daya dan momen puntir, rasanya pengaplikasiannya tak ideal untuk penggunaan jalan raya. Lebih tepatnya hanya untuk kebutuhan balap. Terlebih dengan tingkat kebisingan mencapai 104,8 dB di 7.600 rpm. Sayangnya saat kami tilik kembali ke situs resmi pabrikan, penampakan knalpot itupun sudah menghilang. Ada kecenderungan terjadinya kesalahan teknis dari Akrapovic, atas isu peluncuran Ninja ZX-25R yang dikabarkan berlangsung dalam waktu dekat ini.

Sebagai contoh di Indonesia. Beredar rumor PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) bakal merilisnya bulan ini. Cukup logis mengingat adanya pelonggaran terkait pelaksanaan PSBB di Jakarta, meski hingga saat ini belum ada undangan ke redaksi OTO. Tentu menjadi momen yang paling dinanti, utamanya buat penggemar motor sport.

Bahkan 3 hari lalu, pihak pemegang merek merilis satu video terbaru. Pada tayangan berdurasi 1,25 menit itu, nampak Ninja ZX-25R tengah dipacu di Sirkuit Sentul. Dan dalam beberapa tangkapan juga muncul fakta baru. Di trek lurus lintasan, ZX-25R mengukuhkan kecepatan mencapai 169 kpj dengan indikator putaran mesin hampir menyentuh 16.000 rpm.

Tak cuma satu, di sana juga hadir unit lain Kawasaki Ninja ZX-25R. Kami yakini ini adalah versi modifikasi yang beberapa waktu lalu sudah mereka rilis di youtube. Sebuah paketan yang sudah menggunakan bodi kit karbon dari A Tech serta perlengkapan kepunyaan Sniper: mulai dari setang, hand guard, tuas kopling dan rem hingga foot step, lengkap dengan shifter-nya. Dan terakhir, pengaplikasian knalpot milik Yoshimura. Jelas KMI bakal merilis lagi video lanjutan sepak terjang ZX-25R di Sentul nanti. Kita tunggu! (Ano/Tom)

Sumber: Living With Gravity

Baca juga: Sebelum Beli Kawasaki KLX 230, Pahami Dulu Peruntukan Tiap Variannya