Tenaga Honda CBR1000RR-R Fireblade Melonjak, Ini Rahasianya

Tenaga Honda CBR1000RR-R Fireblade Melonjak, Ini Rahasianya
Gambar
Review Pengguna

Sejak pertama kali disingkap, Honda CBR1000RR-R Fireblade tampak menjanjikan. Dengan perbekalan yang dimiliki, kuda besi Honda Racing Corporation (HRC) mungkin bisa berbicara lebih di kancah World Superbike (WSBK). Terlebih ia mengadopsi perangkat kepunyaan Honda RC213V, tunggangan Honda di arena MotoGP.

Selirik saja, Anda khususnya penggemar balap langsung dapat mengenali identitas itu. Terlihat dari pengaplikasian winglet ala RC213V edisi 2018. Bedanya, built in dengan fairing dan tidak dapat dicopot. Meski begitu secara fungsi sama, memberikan efek downforce ketika motor harus mendapatkan grip maksimal dengan aspal. Sematan ini penting, mengingat CBR1000-RR juga sudah mendapat racikan jantung mekanik baru.

Kubikasi 1.000 cc masih sama, mengisi blok mesin DOHC 4-silinder dengan 16 katup. Hanya saja, beda bore x stroke. Jika sebelumnya 76 x 55,1 mm, maka diameter x langkah piston Fireblade anyar adalah 81 x 48,5 mm. Penghitungan inilah yang lantas memungkinkan sang penunggang leluasa menjangkau daya 217,5 Hp di 14.500 rpm dan torsi 113 Nm/12.500 rpm. Torehan itu nyatanya melebihi kemampuan Ducati Panigale V4, yang notabene bermuatan mesin 1.103 cc.

knalpot akrapovic Honda CBR1000R

Meski demikian, catatan itu tak lepas dari peran knalpot rancangan Akrapovic. Disebutkan, pihak pabrikan memang mengembangkannya secara khusus untuk motor ini. Apalagi mereka juga sudah mendapatkan rekomendasi dari pihak R&D Honda Motor Corporation. Terlihat dari penempatan hingga jalur saluran buang yang memang didesain untuk kebutuhan si motor. Pastinya juga peruntukan balap, karena pengembangannya sendiri langsung dilakukan di sirkuit.

Baca Juga: Begini Tampilan Kawasaki Ninja ZX-25R Versi Balap

Lantas rampung pada Januari 2020, sebelum akhirnya dipakai rider HRC bertarung di putaran pertama WSBK Australia. Tak berhenti di sana, pihak Akrapovic akhirnya merilis knalpot CBR1000RR-R Fireblade ini secara massal. Desain knalpot berbahan titanium inipun membuat buritan kekar dan agresif. Tak kalah penting, knalpot dengan skema full system memberi sumbangsih berupa tendangan tenaga sebesar 12-15 Hp.

Tentu menjadi berita yang menggembirakan buat pemilik CBR1000 Triple R. Terlebih produk ini sekarang menjadi bagian dari HRC Race Kit. Sayang tak disebutkan berapa banderol knalpot seberat 5 kg itu. Namun perlu diperhatikan, produk ini hanya bisa dipakai untuk kebutuhan kompetisi. Akrapovic menyebut emisi gas buangnya memang tidak didesain untuk kebutuhan jalan raya. Siap-siap saja ditilang jika menggunakannya di luar lintasan.

Mengenai motornya sendiri memang belum disebar secara merata. Amerika Serikat saja kabarnya baru bakal mendapat jatah, Juni nanti. Tapi, negara lain seperti Malaysia sudah lebih dulu mendatangkannya. Boon Siew Honda malah merilis edisi CBR1000RR-R Fireblade SP. Unit dengan perangkat balap lebih lengkap itu dibanderol RM 198,800 atau setara Rp 718 jutaan. Apakah akan diikuti juga oleh PT Astra Honda Motor (AHM), selaku pemegang merek Honda di Indonesia? (Ano/Odi)

Sumber: Akrapovic, Bikes Republic

Baca Juga: Bergaya ala Vlogger, Begini Impresi Marquez Jajal Honda CBR1000RR-R Fireblade

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store