• Wishlist

Elemen Menarik dari Honda CB650R

Honda CB650R datang ke Indonesia untuk menggeser posisi CB650F. Walau begitu, desain yang ditawarkan jauh berbeda. Naked bike yang tadinya berbentuk serbaruncing, kini memiliki nuansa retro, namun tetap membubuhkan kesan futuristik.


Honda CB650R


Dibekali mesin empat silinder nan bertenaga, menjadikannya motor telanjang Honda paling menarik. PT Astra Honda Motor (AHM) menjualnya di harga Rp 275 juta (OTR Jakarta), menjadi opsi menarik bagi kaum kantong tebal. Nah, apa saja elemen yang ada di dalamnya?


Desain


Desain CB650R cukup serius. Bahasa desain baru diterapkan hingga menghasilkan sebuah karya seni. Mereka menyebutnya Neo Sports Café. Yang berarti, motor sport dengan perpaduan modern klasik. Ini merupakan sebuah gebrakan baru, dari desain moge Honda lain yang cenderung konservatif.



Paling mencolok fascianya. Headlight bundar diisi DRL melingkar di sisi. Kalau dianalogikan, seperti tapal kuda bentuknya. Lantas lampu utama, terpisah garis horizontal dan tentunya sudah LED. Bayangkan, saat ia menghampiri dari kegelapan, indah sekali bukan?


Tangki berotot juga tak kalah membuatnya menarik. Walaupun tekukannya kotak, tapi tidak runcing seperti motor sport pada umumnya. Setiap akhiran sisinya diperhalus. Alhasil, garisnya mengalir hingga belakang. Sangat proporsional. Nah, buritan ini juga tidak diserut runcing. Malah dibiarkan kaku saja. Kalau melihatnya dari sisi, motor terlihat kompak dan padat, karena bagian ujung tadi berakhir di titik sumbu roda. Singkat kata, sangat berkarakter.


Mesin


Muka dan tubuh atletis dipertegas dengan amunisi yang digendong. Rangka diamond mengurung mesin empat silinder 648,72cc DOHC PGM-FI. Dibuat dengan racikan diameter silinder 67mm dan langkahnya 46mm. Ditambah rasio kompresi padat (11.6:1), ia sanggup memberi tenaga 89HP/11.000rpm dan torsi 60,7Nm/8.000rpm. Ya, buas di putaran atas sesuai peruntukannya. Seluruh daya itu dikirim ke roda belakang dengan transmisi 6-speed. Pasti cukup untuk membuatnya wheelie.


Fitur



Fasilitas menarik untuk pengendara, adanya HSTC (Honda Selectable Torque Control).Mengingat motor bertenaga buas, kontrol ini diperlukan demi menjaga keamanan. Tapi saat membutuhkan entakan ekstra, tinggal atur saja levelnya. Sistem ini bekerja dengan menambah atau mengurangi semprotan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Tentunya dengan komputasi matang.


Di samping itu, terpasang panel instrumen digital berbentuk minimalis. Walau sederhana, informasi yang ditampilkan menunjang dan lengkap. Speedometer, odometer, fuel gauge dan trip meter pastinya ada di sana. Ditambah lagi dengan adanya penghitung konsumsi bahan bakar rata-rata, trip meter dan posisi gear. Selain itu, jarak tuas rem juga mudah disetel sesuai kenyamanan pengendara.


Pengereman


Untuk menghentikan lajunya yang kencang, Honda cukup serius menanggapinya. Dua buah cakram besar (310mm) dipasang pada roda depan. Kaliper empat piston juga siap mengapit masing-masing piringan tadi. Lantas di belakang, menggunakan satu disc brake dengan kaliper satu piston. Perangkat ABS dua channel pun sudah tertera di dalamnya. (Hlm/Van)


Baca Juga: Blacskmith, Skuter Listrik Gaya Klasik

Jelajahi Honda CB650R

Honda CB650R Rp 282,9 Juta Cicilan : Rp 6,45 Juta

Bandingkan & Rekomendasi