Dapat Banyak Perubahan, Simak Spesifikasi Detail All New Honda Scoopy

Dapat Banyak Perubahan, Simak Spesifikasi Detail All New Honda Scoopy
Gambar
Review Pengguna

Generasi kelima Honda Scoopy resmi dirilis. Ia banyak mengalami perubahan. Mulai dari desain, mesin, rangka, hingga penambahan fitur canggih. Variannya juga bertambah, total ada 4. Sporty, Stylish, dan terbaru Fashion dan Prestige. Dijual mulai dari Rp 19,950 juta dan tetap menampilkan skutik berdesain klasik dengan paduan teknologi modern. Nah, bagaimana dengan detail spesifikasi serta fitur yang ditawarkan skutik ini?

Secara keseluruhan, desainnya makin membulat dibanding model sebelumnya. Meski begitu, ciri khasnya tetap bertahan. Garis bodi S (shape) serta bentuk lekukannya kini makin modern, menguatkan kesan unik dan berbeda. Dimensinya sedikit direvisi dibanding pendahulunya. Sekarang punya panjang 1.864 mm, lebar 683 mm dan tinggi 1.075 mm. Tinggi tempat duduk naik 2 mm jadi 746 mm. Sementara jarak sumbu roda lebih pendek 6 mm, kini 1.251 mm.

Desain lampu depan dan belakang mengalami perombakan. Headlamp berbentuk oval yang kini lebih menarik. Di dalamnya sudah tertanam pencahayaan LED projector, lengkap dengan DRL (Daytime Running Light). Sinyal belok juga diberi sentuhan baru, tidak lagi terintegrasi dengan lampu utama. Wujudnya lebih dinamis, mengikuti kontur bodi dan headlamp. Stoplamp kini bundar, menggantikan bentuk oval di model sebelumnya.

all new Honda Scoopy

Honda masih menyematkan panel kombinasi analog dan digital. Bentuknya masih sama, cuma kini layar digitalnya lebih besar. Alhasil informasi yang ditampilkan bisa lebih lengkap. Ada jam, indikator bensin, konsumsi BBM rata-rata, sampai trip meter. Ada juga informasi Oil Change, yang memberi tahu kapan saatnya untuk ganti oli. Lalu ada indikator Smart Key dan penggunaan baterai (khusus untuk tipe Smart Key). Fitur ini hanya ada di varian Stylish dan Prestige. Sementara indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien tetap ada.

Baca juga: Honda Scoopy Generasi Terbaru Dirilis Bersamaan dengan Kepulangan Habib Rizieq Shihab ke Indonesia

Di sektor dek depan kini diberikan Multi Function Hook. Bermanfaat untuk menggantungkan barang bawaan. Didesain secara praktis karena dapat ditutup bila tidak digunakan. Di console box sebelah kiri terdapat USB Charger model terbaru. Pengendara tidak perlu khawatir kala baterai gawai kehabisan daya. Beda dengan model sebelumnya, sekarang sudah menggunakan tambahan adapter.

Kini dirinya mengadopsi Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm. Menggantikan kunci konvensional dan untuk mengoperasikan motor hanya menggunakan remote. Pakai model knop, mirip Honda Vario 150 terbaru. Remote FOB-nya tersedia 2 tombol. Bawah berfungsi untuk mengaktifkan sistem Smart Key seperti menyalakan motor atau buka kunci setang. Lalu tombol atas untuk Answer Back System, yang membantu pemilik mencari motornya di parkiran. Untuk buka bagasinya mirip dengan Honda Scoopy sebelumnya, menekan knop sebelah rumah keyless-nya. Sayangnya fitur ini hanya tersedia di varian tertinggi.

USB charger

Rangka pakai model yang sama dengan saudaranya, Genio dan Beat. Teknologi eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame, merupakan jenis frame baru untuk skutik Honda. Materialnya terbuat dari pelat baja, beda dengan rangka Honda Scoopy sebelumnya yang terbuat dari pipa besi. Cara membuatnya juga beda, ia pakai proses press dan laser welding. Struktur seperti ini membuat handling motor lebih stabil dan tetap nyaman kala melewati jalan tidak rata.

Berkat pengunaan kerangka baru, kapasitas bahan bakar dan ruang bagasi jadi tambah besar. Untuk menampung bensin kini sanggup 4,2 liter. Tempat penyimpanan bawah jok juga makin luas, sekarang 15,4 liter dan dapat menyimpan helm Scoopy.

All New Honda Scoopy memiliki standar samping otomatis (Side Stand Switch) serta tuas pengunci Brake Lock yang mudah dioperasikan saat berhenti di tanjakan. Kemudian pijakan kaki untuk pembonceng didesain ulang. Kini terintegrasi dengan bodi, memudahkan pengendara membonceng dengan tetap nyaman.

panel meter

Mesinnya sama persis dengan Genio. Menggendong mesin generasi baru dan termutakhir dengan teknologi eSP (enhanced Smart Power). Kapasitas tetap 110 cc, tepatnya 109,5 cc SOHC pendingin udara dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Ada perbedaan bore x stroke dibanding mesin Honda Scoopy lama. Yang baru 47,0 x 63,1 mm, alias over stroke atau langkahnya lebih panjang. Kompresi mesin jadi lebih tinggi, yaitu 10,1 : 1, sebelumnya 9,5 : 1.

Dengan penyematan komponen baru, tenaga dan torsinya berkurang sedikit. Sekarang dayanya ada diangka 6,6 kW (9,0 PS) pada 7.500 rpm dengan torsi mencapai 9,3 Nm di putaran 5.500 rpm. Model sebelumnya 6,7 KW (9,1 PS / 7.500 rpm) dan torsi maksimum 9,4 Nm / 6.000 rpm. Meski begitu, ia dikalim lebih irit penggunaan bahan bakar.

Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda ECE R40, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 59 km/ liter (fitur ISS on), sehingga mampu menempuh jarak hingga 248 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. Mesin generasi terbaru ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3.

All new Honda Scoopy

Dibenamkan pula teknologi ACG starter yang membuat starter mesin lebih halus. Dan bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas. Untuk varian Sporty dan Fashion, masih diberikan kick starter. Sedang Stylish dan Prestige tidak diberikan, lantaran ada indikator baterai.

Untuk mendukung handlingnya, diberikan suspensi teleskopik pada bagian depan dan lengan ayun dengan peredam kejut tunggal di belakang. Membuat skutik ini terasa cukup lincah dan gesit untuk bermanuver setiap saat. Buat rodanya masih sama, menggunakan diameter 12 inci dengan profil ban cukup lebar, yakni 100/90 depan dan ban belakang 110/90.

Buat penahan laju juga serupa, mengandalkan piringan cakram dengan kaliper piston tunggal pada bagian depan dan jenis tromol di belakang. Dan tetap mengadopsi combi brake system. Menggabungkan antara rem depan dan rem belakang, hanya dengan menekan tuas di sebelah kiri. Teknologi ini memungkinkan pendistribusian hasil pengereman secara merata.

keyless

All New Honda Scoopy ditawarkan dengan 4 varian dan 8 pilihan warna. Untuk Sporty ada Red dan Black. Buat Fashion tersedia Blue dan Cream. Kedua versi dijual Rp 19,950 juta OTR Jakarta. Sementara tipe atas ada Stylish dan Prestige. Masing-masing telah dilengkapi Smart Key sistem. Untuk Stylish ada Brown dan Red, sedang Prestige terdapat White dan Black. Kedua varian dibanderol Rp 20,750 juta OTR Jakarta. (Bgx/Tom)

Baca juga: Honda Jadi Merek Motor Paling Populer di Tanah Air

Jelajahi Honda Scoopy

Honda Scoopy Rp 20,52 - Rp 21,32 Juta Cicilan : Rp 468.123

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store