Selisih Rp5 Jutaan, Beli Yamaha Grand Filano atau Honda Scoopy?

Selisih Rp5 Jutaan, Beli Yamaha Grand Filano atau Honda Scoopy?

Yamaha Indonesia menambah portofolio baru di segmen Classy dengan meluncurkan Grand Filano. Skutik berpenampilan klasik modern ini dijual mulai Rp27.000.000 hingga Rp27.500.000 untuk varian Neo dan Lux.

KEY TAKEAWAYS

  • Harga Yamaha Grand Filano Hybrid Connected

    Ditawarkan Rp27 juta
  • Harga Honda Scoopy

    Start Rp21 jutaan
  • Praktis kedatangannya akan melawan model lain dari merek rival yakni Honda Scoopy. Meski berbeda dari kubikasi mesin, keduanya sama-sama masuk di kelas entry level dengan harga mulai Rp20 jutaan.

    Honda Scoopy sendiri dijual dengan harga Rp21.653.000 hingga Rp22.415.000. Nah buat Anda yang bingung menentukan mana yang lebih pantas dibeli, kami akan sajikan rangkuman data dan fitur berdasarkan klaim masing-masing pabrikan seperti di bawah ini.

    Grand Filano Hybrid Connected

    Desain

    Terkait desain sejatinya hal yang tak bisa diperdebatkan, ada yang lebih suka Grand Filano ataupun Scoopy. Tapi kami coba memberikan pandangan lain berdasarkan tren di pasar.

    Yamaha Grand Filano tampil dengan bahasa visual yang lebih modern dengan penggunaan layout bodi yang menyintal dikombinasi tarikan garis tajam di beberapa sisi. Bagian belakang paling mencirikan desain sebuah skutik klasik, mirip-mirip dengan skutik asal Eropa.

    Lampu depan mengusung model diamond shape dengan penggunaan teknologi LED. Di bawahnya, tepat di bagian dasi disematkan DRL dan dipermanis dengan lampu sein LED di sisi kiri dan kanannya.

    Bentuk tubuh yang lebih besar ketimbang Scoopy, membuatnya tampil proporsional meski secara mesin tak ada peningkatan dengan saudaranya Yamaha Fazzio. Dari lembar dimensi, Grand Filano memiliki panjang 1.820 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.115 mm.

    Lalu untuk jarak sumbu roda di 1.280 mm, jarak terendah ke tanah 125 mm, tinggi jok 790 mm, punya berat isi (dengan oli dan bensin) mencapai 100 kg.

    Honda di IMOS 2022

    Sementara Honda Scoopy tampil dengan pendekatan desain klasik yang natural. Mayoritas bentuk tubuhnya membulat, itu bisa dilihat dari bagian fascia, sisi samping, hingga ke belakang. Model paling barunya atau generasi ke-5 diluncurkan oleh perusahaan pada November 2022.

    Honda Scoopy baru membawa sejumlah ubahan. Utamanya dari tampilan yang sekarang memiliki desain anyar berupa tarikan garis S yang lebih tegas, dan ragam kombinasi warna. Lampu depan terbaru membentuk oval. Namun tetap berupa proyektor LED.

    Demikian pada buritan motor yang mendapat desain lampu baru berupa lingkaran dan lampu sein yang terpisah, meski masih mengusung model bohlam halogen biasa. Scoopy punya panjang 1.864 mm, lebar 683 mm, dan tinggi 1.075 mm. Kemudian untuk tinggi jok berada di 746 mm, jarak sumbu roda 1.251 mm, jarak terendah ke tanah 145 mm, dan berat 94 kg.

    Grand Filano Hybrid Connected

    Spesifikasi Mesin

    Mengacu laman resmi Yamaha Indonesia, Grand Filano dibekali mesin berkubikasi 124,8 cc, 1-silinder, SOHC, 2-katup, pendingin udara, dan berpengabut injeksi Blue Core. Rancang ini mampu memuntahkan tenaga maksimal 6,1 kW atau 8,1 Hp pada 6.500 rpm dan torsi puncak 10,4 Nm pada 5.000 rpm.

    Rancang bore x stroke-nya dibuat di 52,4 mm x 57,9 mm. Sementara untuk kompresinya enjinnya berada di 11,0:1. Melihat data ini, kami rasa karakteristik utama motor dengan mesin Over stroke adalah hentakan torsi sangat terasa di RPM rendah sampai menengah. Nah untuk kapasitas oli dari mesin yang diusung butuh 0,84 liter sekali penggantian.

    new Honda Scoopy

    Lalu untuk Honda Scoopy, dijejali mesin berkubikasi 109,5 cc, 1-silinder, SOHC, pendingin udara, dan berpengabut injeksi PGM-Fi. Di atas kertas mampu menghasilkan tenaga 8,8 Hp pada 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

    Ini adalah penggunaan mesin baru yang turut merevisi bore dan stroke menjadi 47 x 63,1 mm, semula 50 x 55 mm yang menjadikannya overstroke. Kompresi dari enjin ini adalah 9,5:1. Untuk diketahui penyematan dapur pacu anyar ini membuat tenaga dan torsi dari Scoopy turun 1 Hp dan 1 Nm. Adapun untuk kapasitas pengisian oli berada di 0,65 liter sekalian penggantian.

    Kelengkapan Fitur

    Dari segi fitur, Yamaha Grand Filano sudah dibenamkan penerangan full LED baik di depan, sein, dan stop lamp. Dia juga dibekali dengan panel meter LCD plus TFT yang diklaim jadi pertama di kelasnya.

    Grand Filano Hybrid Connected

    Selanjutnya ada peranti Smart Keyless, Y-Connect, Smart Lock, dermaga isi gawai berupa power outlet, Side Stand Switch, Lampu Hazard, Eco Indicator, Smart Motor Generator (SMG), dan penyematan teknologi hybrid ringan.

    Adapun Honda Scoopy hanya dibekali penerangan LED di bagian lampu utama depan. Selanjutnya sudah ada panel meter analog kombinasi digital, USB Port, Rangka eSAF, Keyless dengan alarm, hook penutup, Eco Indicator, dan Side Stand Switch.

    Honda Scoopy

    Akomodasi

    Sebagai skutik urban, tentunya akomodasi tak boleh dilewatkan. Yamaha Grand Filano memiliki bagasi utama 27 liter yang sanggup menyimpan 1 buah helm half face dan beberapa barang bawaan lain. Kemudian di depan sudah ada sebuah kompartemen terbuka yang bisa dimanfaatkan untuk membawa botol mineral atau tumbler.

    Layout footrest-nya cukup besar dan merata, Anda bisa memanfaatkan untuk menyimpan barang bawaan juga. Kami lihat dimensinya juga dimanfaatkan untuk membawa galon air.

    Grand Filano

    Honda Scoopy harus mengakui keunggulan akomodasi yang dimiliki sang lawan. Dari data, Scoopy hanya punya kapasitas bagasi 15,4 liter namun bisa untuk menyimpan 1 buah helm jenis open face atau half face. Dan untuk sisa ruang yang tersedia tak banyak, buat menyimpan sarung tangan tetap bisa.

    Kemudian di area depan sebelah kiri tersedia konsol penyimpanan tertutup. DI bagian kanan ada kompartemen terbuka yang bisa digunakan untuk menyimpan botol mineral. Layout footrest-nya juga mengusung model rata, sehingga mampu membawa barang bawaan.

    Honda Scoopy

    Harga

    Untuk membandingkan harga dengan budget Anda, kami akan sajikan banderol terbaru yang ditawarkan masing-masing pabrikan per 19 Januari 2023 khusus rekomendasi OTR wilayah Jakarta.

    Yamaha Grand Filano:

    • Neo: Rp27.000.000
    • Lux: Rp27.500.000.

    Honda Scoopy:

    • Fashion: Rp21.653.000
    • Sporty: Rp21.653.000
    • Prestige: Rp22.415.000
    • Stylish: Rp22.415.000.

    Kesimpulan

    Berakhir di kesimpulan, kira-kira mana yang lebih cocok untuk dibawa ke garasi rumah? Jika pilihannya mencari fungsionalitas lebih Grand Filano cocok dijadikan pertimbangan. Sementara dari segi mesin juga lebih bertenaga dibandingkan Scoopy. Kelengkapan fitur jadi nilai plus, apalagi hadirnya teknologi hybrid ringan.

    Honda Scoopy tetap jadi opsi yang menarik, khususnya buat Anda yang ingin tampil eye catchy. Harga yang lebih murah hingga Rp5 jutaan membuat motor ini juga pantas untuk dipinang. Namun, ada hal yang tak bisa disamakan dengan Grand Filano, khususnya di sektor performa, kelengkapan fitur, dan juga ruang angkut bagasi.

    Pilihan ada di tangan Anda, saran kami sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Bagaimana, beli Yamaha Grand Filano atau Honda Scoopy?

    (KIT/TOM)

    Baca juga: Pilihan Skutik Kecil Buat Antar Anak Sekolah, Harga di Bawah Rp20 juta

    Komparasi Honda Scoopy vs Yamaha Grand Filano Hybrid Connected

    IMOS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Bandingkan & Rekomendasi

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature