jakarta-selatan
Bahasa en | id

Honda Genio

Ubah Motor
Rp 17,2 - Rp 17,7 Juta
Harga Genio
Harga OTR di Jakarta Selatan
Dapatkan promo eksklusif, diskon & kredit bunga rendah dari dealer resmi Lihat Promo

Spesifikasi Honda Genio

Kapasitas 110 cc
Tenaga Maksimal 8.87 hp
Opsi start Electric & Kick Start
Panel Instrumen Digital
Indikator Bbm Digital
Jenis Transmisi CVT

Genio : Dari Para Ahli

Kelebihan Genio

Mengadopsi rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) terbaru yang ringan

Pengendalian mudah dan gesit

Konsumsi bahan bakarnya irit berkat racikan mesin baru

Pilihan warna banyak

Kekurangan Genio

Output mesin mengecil dari Scoopy

Panel meter digital terlalu kecil dan monokrom

LED baru terdapat di headlight

Informasi Terkini Genio

(Update 27 September) Kami berkunjung ke pabrik Honda Genio, dan terlihat jelas perbedaannya dengan motor entry level lain dari pabrikan berlambang sayap.

Inilah amunisi terbaru Honda di segmen skutik entry level. Berawal dari IMOS 2018, mereka menampilkan konsep bernama Project G. Inilah hasil terjemahan mereka, sebuah skutik entry level, yang ditujukan untuk generasi muda dan para pemula. Genio bisa dijadikan opsi selain Beat, bagi yang suka gaya futuristik.

Secara umum, wajar jika orang menilai artikulasi desain diwariskan oleh Scoopy. Karena memang tarikan garisnya senada. Namun, banyaknya tekukan, membuatnya nampak lebih modern. Harganya cukup ekonomis, mulai Rp 17,2 juta (CBS) dan Rp 17,7 juta untuk varian CBS-ISS.

Jika meminang varian termahal, perbedaan utama ada pada fitur ISS. Sisanya sama, sudah dibekali ACG starter yang membungkam bunyi starter, serta sistem perpaduan rem belakang dan depan (Combi-Brake System). Penyematan headlight LED model bertingkat, plus panel meter digital, membuatnya semakin atraktif. Sayang, display minim sajian informasi. Ada juga bagasi 14 liter, soket gawai yang juga ada di bawah jok, serta dua laci kompartemen di balik shield. Lantas pilihan warna, disajikan dalam sebelas opsi. Mudah disesuaikan selera masing-masing. 

Salah satu yang perlu digarisbawahi, Genio memakai rangka yang dijuluki eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Konstruksi baru ini, belum diterapkan pada skutik Honda lain, dan berpengaruh pada pemangkasan bobot. Makanya, tipe CBS hanya seberat 89kg dan CBS-ISS sebesar 90kg. Selain itu, diklaim lebih mudah dikendalikan kala bermanuver di jalur sempit.

Walau berbekal basis mesin 110cc eSP mirip Beat, racikan diameter silinder dan langkah berbeda. Dalam catatan angka, (bore x stroke) berukuran 47x63,1mm. Alhasil output sedikit lebih impresif, dengan gapaian tenaga 8,8HP/7.500rpm dan torsi 9,3Nm/5.500rpm. Klaim konsumsi bahan bakar pabrikan pun menoreh jarak 59,1km per satu liter bensin. Makanya motor ini dinilai cocok untuk operasional harian di area padat.

 

 

Harga Honda Genio 2019

Varian Harga Spesifikasi  
CBS Rp 17,2 Juta*
Harga OTR
110 cc, 8.87 hp, Electric & Kick Start, Bensin
CBS-ISS Rp 17,7 Juta*
Harga OTR
110 cc, 8.87 hp, Electric & Kick Start, Bensin
Punya pertanyaan tentang Genio?

Tanyakan pada sesama pengguna Genio atau tim ahli Oto kami

Informasi Personal*
+62 -
Klik gambar untuk memuat ulang
Login/Daftar
Hanya nama Anda yang akan ditampilkan. Email dan nomor HP tidak akan ditampilkan
Terima kasih telah bertanya pertanyaan
Pertanyaan Anda menjadi masukan yang berguna bagi kami

Jutaan orang akan sangat terbantu memilih motor berkat kontribusi Anda

Tulis Review
Review kendaraanmu & raih kesempatan MENANG Rp 100 ribu setiap hari
Tulis Review

Harga Honda Genio di Kota Populer

Gambar Honda Genio

Warna Honda Genio

Genio tersedia dalam 11 warna yang berbeda - Fabulous Matte Black, Smart Black, Smart Black Red, Smart Red, Smart Silver, Smart White Blue, Trendy Black, Trendy Black Red, Trendy White Blue, Trendy White and Trendy White Red

  • Fabulous Matte Black

  • Smart Black

  • Smart Black Red

  • Smart Red

  • Smart Silver

Video Honda Genio

Lihat video terbaru Honda Genio untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Bandingkan Honda Genio Dengan Motor Sejenis

Review Honda Genio

  • Overview
  • Fitur
  • Desain
  • Pengendalian & Pengendaraan
  • Mesin & Konsumsi BBM
  • Pengereman

Overview

Semakin lengkap saja jajaran skutik Honda. Genio yang merupakan terjemahan dari motor konsep Project G, akhirnya resmi mengaspal. Secara kelas, bisa dibilang ia berada satu tingkat di bawah Scoopy. Sehingga menyandang predikat sebagai skutik entry level.

Banyak orang yang terkecoh, sebelumnya ramai tersiar Genio merupakan Scoopy bermesin 150 cc. Namun kenyataannya sangatlah jauh. Mesin yang sama ditanamkan dengan beragam setelan dan komponen yang diperbaharui. Alhasil, outputnya sedikit lebih kecil dari Scoopy.

Respons terhadap skutik baru besutan Honda ini, menuai banyak komentar. Baik yang positif maupun negatif. Beberapa kecewa karena mengharapkan penggunaan mesin besar. Lainnya menyambut baik atas alasan harga dan model. Belum lagi pilihan warna yang cukup banyak, mudah disesuaikan dengan selera masing-masing.

Biasanya, mereka yang kurang doyan gaya retro terkesima melihat Genio. Wajar karena tampilannya lebih modern sekaligus sporty dan elegan. Berbagai sudut mengotak tersimak di sekeliling bodi dan lampu. Walaupun kami lihat warisan desain Scoopy masih kental.

Yang cukup spesial dari motor ini, konstruksinya. Honda menanamkan model rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Ini hasil pengembangan terbaru. Tak satupun skutik mereka yang memiliki rangkaian besi seperti ini. Honda mengklaim ada tahap khusus yang dilakukan seperti proses press serta laser welding. Hasilnya, bobot tereduksi sebanyak delapan persen.

Fitur

Fitur yang ditawarkan menunjang, namun tak bisa dibilang spesial. Pertama dari panel meter. Desain bagian ini sebetulnya keren. Dengan memadukan bentuk lingkaran yang dikelilingi cover ring besi. Sayangnya, tidak seluruhnya berupa layar. Screen digital hanyalah berbentuk persegi panjang kecil, dengan tampilan monokrom. Menyajikan informasi seputar speedometer, fuel gauge dan odometer. Sementara di luar itu menyala sensor ECO, Idling Start/Stop dan beberapa indikator penting.

Lanjut ke bagian stang. Terdapat sakelar pengoperasian lampu hingga starter. Tentu saja, tipe CBS-ISS dapat tambahan tombol sistem Idling Start/Stop engine. Ini bersinergi dengan sistem ACG (Alternating Current Generator) yang membuat proses menyalakan mesin lebih senyap (Seluruh tipe).

Ruang simpan yang disediakan cukup besar. Dua laci di balik tameng tergolong dalam. Cukup jika ingin menyimpan sarung tangan, air mineral botol, atau gawai. Tapi hati-hati, tidak ada penutupnya. Dek bawah juga rata lantai. Di kala membawa barang agak besar, tidak terhalang tunnel yang biasa ada di maxi scooter.

Ada juga pengait yang menempel di tengah laci tadi. Nah, di balik jok Genio, memiliki kapasitas bagasi lumayan besar, 14 liter. Tapi jangan harap helm half face apalagi full face dapat masuk. Ini cukup berguna untuk menaruh jaket, tas atau barang yang lumrah dibawa sehari-hari. Hadir pula soket 12V untuk mengisi daya smartphone. Menurut klaim Honda, biarpun posisinya ada di dekat tangki, tidak akan berbahaya saat melakukan pengisian baterai.

Urusan sektor pencahayaan tidak seluruhnya canggih. LED baru tersemat pada headlightnya saja. Sein dan stoplamp masih menggunakan bohlam biasa. Bicara keamanan, tersedia secure key shutter, brake lock dan side stand switch.

Desain

Transformasi dari versi konsep (Project G) ke versi produksi hampir sama. Bagian depan ke belakang ditranslasikan secara utuh. Bahkan hingga pemilihan roda dan pelek. Seperti yang sudah diperkirakan, Genio memiliki tampilan sporty, elegan, sekaligus modern. Honda menekankan, tujuan pasarnya untuk generasi muda. Khususnya generasi Z yang biasa disebut millenial.

Memang betul, skutik baru ini sangatlah kasual dan trendi. Cocok untuk generasi muda yang memiliki karakter dinamis. Didukung adanya sebelas pilihan warna. Mulai dari Trendy Black, Trendy Black Red, Trendy White, Trendy White Blue, Trendy White Red, dan Fabulous Matte Black untuk tipe CBS-ISS. Sementara di varian CBS, disediakan kelir Smart Black, Smart Black Red, Smart Red, Smart Sliver, dan terakhir Smart White Blue.

Kalau soal desain, menurut kami Honda tidak menggambarnya di “kanvas kosong”. Melainkan mewarnai di atas sketsa. Sungguh tersimak warisan corak Scoopy di tubuhnya. Yang membedakan, banyak pahatan menyudut baik di depan maupun belakang.

Hal ini bisa dilihat mulai dari shield. Bagian sisi tidak diakhiri dengan gembung, tapi diberikan patahan hingga ke bagian bawah. Headlight yang digunakan juga modern. Berbentuk trapesium dengan separator di tengah khas motor masa kini. Beranjak ke samping, tepong juga diberi lekukan tegas. Pun di buritan, mengadopsi bahasa desain yang sama. Otomatis, stoplamp juga terlihat lebih agresif walaupun masih memiliki aura yang sama dengan kakaknya.

Selain anak muda, Honda juga menyasar Genio ke konsumen pemula. Dalam artian, siapapun dapat mengendarainya dengan mudah. Makanya bobotnya cukup ringan. Hanya 89 kg untuk tipe CBS dan 90 kg buat CBS-ISS. Dimensinya juga kompak. Total panjangnya 1.860 mm, lebar 692 mm, dan tinggi 1.061 mm. Sebab itu, jarak kursi ke tanah hanya 740 mm. Anda yang tak punya postur tinggi, dijamin bisa menapak tanah dengan baik. Ditambah jarak sumbu roda 1.256 mm mempermudah manuver di jalanan padat.

Beralih ke bagian bawah. Tertanam konfigurasi roda yang berbeda sama sekali dengan Scoopy. Kalau sang kakak pakai ban 12 inci, Genio menggunakan ban 80/90 14 inci di depan dan 90/90 14 inci di belakang. Peleknya juga menggunakan model palang yang sporty, mirip kepunyaan Vario 125 lawas.

Pengendalian & Pengendaraan

Komponen inilah yang teranyar. Rangka racikan baru Honda tertanam di balik bodi. Mereka menamakannya eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Melalui tahap khusus, seperti proses pressing dan laser welding, membuatnya lebih baik ketimbang rangka skutik 110 cc yang ada.

Menurut klaim, konstruksi ini lebih ringan delapan persen. Walau begitu, tak mengorbankan kekuatan dari rangkaiannya. Alhasil, motor lebih mudah dikendalikan saat bermanuver. Baik sendirian maupun berboncengan, juga diklaim lebih nyaman. Kami akui, saat dikendarai motor cukup enteng. Kenyamanannya juga sudah cukup, namun tak terasa signifikan dibanding saudara-saudaranya.

Peredaman suspensi juga baik. Empuk, khas Honda. Di depan menggunakan garpu teleskopik konvensional. Sedangkan di belakang suspensi tunggal menopang di sebelah kiri. Hasil pengujian kami di arena test ride, keduanya bekerja dengan baik meredam polisi tidur besar. Pun pada pengendaliannya.

Mesin & Konsumsi BBM

Jantung pacu mengadopsi sistem eSP (enhanced Smart Power) terbaru. Basisnya masih mirip mesin 110 cc SOHC milik model lain. Namun beberapa komponen lebih ringan dan memiliki ukuran serta output sedikit berbeda. Kombinasi (diameter x langkah) 47 x 63,1 mm menghasilkan tenaga maksimal 8,97 PS pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,3 Nm di 5.500 rpm. Sedikit lebih kecil dari Scoopy, tetapi meningkat ketimbang Beat. Akselerasi 0-200 meter sanggup diselesaikan dalam 12,4 detik. Sementara catatan kecepatan maksimal di angka 94 km/jam.

Teknologi baru ini berpengaruh juga pada efisiensi bahan bakar. Dalam catatan mereka, satu liter bensin bisa membawa motor dalam jarak 59,1 km. Dengan keadaan fitur ISS menyala. Artinya, dalam keadaan tangki penuh (4,2L) Genio bisa melaju hingga 248 km. Ditambah lagi, emisi gas buangnya sudah memenuhi standar Euro3.

Pengereman

Tidak satupun varian yang dibekali sensor ABS (Anti-Lock Braking System). Tapi, semuanya sudah dilengkapi mekanisme rem CBS (Combi-Brake System), yang bekerja saat tuas kiri ditarik. Otomatis kedua rem bekerja secara bersamaan guna memaksimalkan penahan laju. Semua itu disokong oleh rem cakram di depan dan teromol pada bagian belakang.

Review Pengguna Honda Genio

4.7
Berdasarkan 9 Review
  • 5 6
  • 4 3
  • 3 0
  • 2 0
  • 1 0
Ceritakan kisah motor Anda

Review Anda akan membantu orang lain memilih

Tulis Review
Review populer
  • W
    Wahyu Purwanti 10 Nov, 2019 untuk Honda Genio
    Teman setiaku

    Aku suka honda genio bodynya yg modis jg enak buat berkendara jauh dekat pokoke l like genio Baca Selengkapnya

  • B
    Bang Murad 07 Nov, 2019 untuk Honda Genio
    Honda selalu terdepan

    Genio irit,tarikan enteng manufer okeh, model clasik tapi kekinian. Disayangkan Ukuran Velg 14" harusnya 12" sama kya Scoppy. Baca Selengkapnya

  • R
    Roni 06 Nov, 2019 untuk Honda Genio
    Genio si merah menari

    Scooter kekinian yg cocok buat muda gaya nya simple body nya elegan cocok buat anak muda jaman sekarang ditambah performa berkendara nya yg enak. Bahan bakar yg irit Baca Selengkapnya

  • N
    Naufal Taufiq Eriyono 30 Okt, 2019 untuk Honda Genio
    Irit, nggak bikin kantong sempit

    dibawa muter2 iritnya mantap deh, seirit motor bebek hehehe.bodinya enteng bikin selap selip makin gampang the best lah pokoknya :) Baca Selengkapnya

  • A
    Arif 16 Okt, 2019 untuk Honda Genio
    Murah dan Irit

    Tadinya pilihan skutik desain keren cuma Honda Scoopy, tapi sekarang ada yang lebih murah. Honda Genio harganya cuma Rp 17 jutaan. Mesinnya lebih irit, soalnya baru. Infonya sih bisa sampai 59,1 kpl. Jadi sekali isi full bahan bakar bisa tembus 248 km. Plusnya lagi, servis di bengkel Honda lebih asyik, tempatnya nyaman dan ada di mana-mana. Fitur Honda Genio juga Baca Selengkapnya

Review Pengguna Genio

Pertanyaan seputar Honda Genio

Motor Honda Pilihan

Dealer Honda Terdekat

Berita Honda Genio

Dapatkan penawaran pertukaran terbaik di Motor Anda
Tolong beri tahu kami tentang mobil Anda di bawah ini dan kami akan menghubungkan Anda dengan mitra dealer kami.
Hanya 1 langkah dari penawaran terbaik. Harap masukkan detail kontak Anda
+62 -
Hampir Selesai

Mohon masukkan kode OTP 4 digit yang dikirim ke nomor Whatsapp/SMS Anda

Terima kasih