Modifikasi Honda Scoopy

Scoopy Modifikasi

Sejak booming skuter matik di akhir dekade 2000-an, kegemaran masyarakat Indonesia pada motor jenis skuter matik di Indonesia terus bertambah. Berbagai tipe dan desain baru bermunculan. Hal ini disadari PT Astra Honda Motor (AHM) yang merilis sukter matik berpenampilan retro modern, Honda Scoopy di bulan Mei 2010 silam.

Tampilan ala-ala skuter retro yang serba membulat ini mengingatkan kita akan sosok skuter Eropa seperti Vespa atau Lambretta yang semok. Nuansa retro ini juga yang dipertahankan Scoopy hingga generasi ke-5 mereka di Indonesia yang dirilis pada 2020 lalu. Selain itu, dengan segmentasi kawula muda yang diincarnya, Scoopy juga konsisten dengan pilihan warna-warna yang menarik. Hal ini membuatnya mudah untuk dimodifikasi, meski dalam sentuhan ringan dan tetap asyik digunakan dalam perjalanan sehari-hari.

Sekilas perjalanannya di Indonesia, Scoopy sudah hadir terlebih dahulu di Thailand dengan emblem Scoopy-i. Di mana versi di sana telah mengandalkan sistem bahan bakar injeksi. Sementara di Indonesia, Scoopy masih berbagi basis mesin dengan Beat generasi awal yang mengusung mesin mesin 108 cc, SOHC 2-katup dengan sistem karburator. Tenaganya 8,22 PS per 8.000 rpm dan torsi 8,32 Nm di 5.500 rpm.

Baru pada generasi ke-2 yang lahir di tahun 2013, Scoopy hadir dengan sistem injeksi. Bagasi di kolong joknya juga makin luas, karena sanggup menyimpan helm, berkat volumenya yang mencapai 15,4 liter. Hal ini berkat pemindahan posisi boks filter udara dari sebelumnya di bagian depan ban belakang, menjadi di samping kanan. Dua tahun kemudian, tepatnya di 2 November 2015, edisi ke-3 dari Scoopy hadir. Tak ada ubahan di bodi dengan model sebelumnya. Ubahan signifikan justru hadir pada mesinnya yang sudah disematkan teknologi eSP.

Generasi ke-4 Scoopy dirilis tahun 2017. Di sini, ubahan yang dihadirkan terbilang signifikan. Bukan hanya bodi saja yang berubah, namun velg dan lingkar roda juga berganti, dari sebelumnya 14 inci, kini menjadi 12 inci saja. Meski demikian melalui pengaturan sokbreker, tinggi ground clearance Scoopy baru tersebut sama seperti sebelumnya. Sehingga tak menjadi lebih ceper.

Memasuki akhir 2020, AHM kembali meluncurkan versi terbaru dari Scoopy. Kali ini nyaris berubah total. Mulai dari mesin, tampilan hingga ke sasisnya. Dan sama seperti keluarga Beat baru, di Scoopy edisi ke-5 ini juga mengandalkan basis yang sama seperti Genio. Di mana volume mesinnya mencapai 109,5 cc dengan tenaga maksimal 9 PS di 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm per 5.500 rpm. Serta sasisnya memakai konstruksi enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang ringan. Lingkar roda 12 inci terus dipertahankan tetapi dengan desain yang lebih segar. Harganya Rp 19,95-20,75 juta, jauh lebih tinggi dari saat kemunculannya di tahun 2010 silam yang hanya Rp 13,5 juta.

Baca Kurang

Seller Aksesoris Modifikasi Honda Scoopy

V-Rossi Official Store
Sananta Motoshop

Honda Scoopy Cerita Modifikasi

Ceritakan kisah mobil Anda

Review Anda akan membantu orang lain memilih

Tulis ceritamu

Pertanyaan Seputar Modifikasi Honda Scoopy

  • Berapa diameter velg Honda Scoopy

    Scoopy generasi sebelumnya menggunakan lingkar velg berdiameter 14 inci. Pada generasi terbaru, velg yang dipakai adalah 12 inci.

  • Bagaimana cara meningkatkan akselerasi Scoopy?

    Ada beberapa cara, bisa dimulai dari sektor transmisi, yakni dengan mengupgrade CVT-nya. Jika masih dirasa kurang, bisa berpindah ke sektor mesin di pengapian dan komputer.