• Wishlist

Begini Cara Menghubungkan Smartphone dengan Yamaha NMax Connected 

Begini Cara Menghubungkan Smartphone dengan Yamaha NMax Connected 

Calon pembeli NMax Connected ABS, pasti tak sabar memboyong unit paling tinggi ini ke rumah. Apalagi Yamaha Indonesia baru saja mengumumkan harga jualnya, Rp 33,75 juta (OTR Jakarta). Harga yang menarik, bukan? Dengan uang segitu Anda mendapatkan beragam manfaat. Satu di antaranya adalah konektivitas gawai.

Yamaha Nmax Connected dan apps

Saat peluncurannya akhir tahun lalu, fitur inilah yang diandalkan Yamaha pada NMax-nya. Sayang saat itu, kami tak punya kesempatan mencoba lantaran aplikasi Y-Connect sebagai wadah informasi belum bisa diunduh di smartphone. Namun pada pengumuman harga NMax Connected ABS (4/2), mulailah dipaparkan sajian dari terobosan Yamaha Indonesia ini. Termasuk mengetahui tahapan guna dapat menghubungkan si motor dengan smartphone.

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah mengunduh Y-Connect melalui Play Store (Android) atau App Store (iPhone). Perlu diperhatikan, aplikasi berukuran 15,93 MB ini hanya kompatibel untuk OS Android seri 7 (Nougat) ke atas. Setelah itu, Anda diminta melakukan registrasi awal dengan cara mendaftarkan email serta password. Proses registrasi belum berhenti, Anda perlu mengisi data pribadi mulai dari tanggal lagir hingga nomor telepon. Bila sudah lengkap, program baru mengizinkan Anda masuk ke aplikasi. Proses registrasi ini hanya diperlukan satu kali saja di awal koneksi.

Baca Juga: Dibanderol Nyaris Rp 34 juta, Siapa Saja Pesaing Yamaha NMax Saat ini?

Setelah proses registrasi di smartphone, koneksi baru bisa dilakukan dengan Communication Control Unit (CCU) pada motor. Untuk memasangkannya, tentu Anda harus mengaktifkan Bluetooth di gawai dan menyalakan motor ke kondisi On. Caranya pun mudah, di aplikasi Y-Connect akan muncul beberapa opsi.

Pertama, scan QR code yang terdapat pada CCU. Bila belum tahu di mana letak kode ini, ada di sebelah accu (aki) motor Anda. Cara kedua adalah melakukan scan barcode VIN (Vehicle Identification No) yang didapat saat pembelian unit NMax Connected. Dua pilihan tadi, akan mengaktifkan fitur kamera pada aplikasi Y-Connect. Pilihan ketiga, memasukkan nomor rangka motor dengan mengetiknya. Lokasinya nomor ini mudah ditemui yaitu dengan membuka jok dan tertera di rangka dekat pengunci jok. Setelah itu klik tombol pairing dari smartphone.

Unduh aplkasi Y-Connect di PlayStore dan App Store iOS

Tulisan "APP" pada panel meter NMax pun akan muncul, berarti ponsel dan motor sudah terhubung. Dari sini, Anda bisa memanfaatkan ragam fitur dari Y-Connect. Apa saja yang di dalamnya? Berikut ulasannya:

Notifikasi panggilan telepon, pesan dan email

Via layar digital pada motor itu, konsumen dapat melihat beberapa pemberitahuan. Mulai dari adanya panggilan telepon, pesan maupun email. Bakal ada tanda berkedip bila salah satunya masuk. Dari situ pula status baterai gawai dapat diketahui. Fitur selebihnya dari Y-Connect hanya bisa dilihat dari smartphone.

Rekomendasi Perawatan

Termasuk status oli mesin dan aki motor. Pendaran berwarna hijau menujukkan bahwa status keduanya dalam kondisi baik. Sebaliknya, bila warna merah melingkari salah satunya, berarti Anda harus segera melakukan perawatan. Dalam hal ini penggantian oli maupun aki. Dari sini pula dapat dilihat berapa jarak tempuh keduanya sudah terpakai, ditandai dalam km. Ada lagi informasi mengenai waktu terakhir kali oli dan baterai mengalami pergantian. Dituliskan secara lengkap, mulai dari tanggal, bulan, tahun bahkan jam.

Konsumsi BBM

Dari sini Anda dapat bisa mengetahui secara detil soal penggunaan bahan bakar. Dicatat secara harian dengan informasi mencakup rata-rata pemakaian BBM (km/L), total jarak tempuh (km) dan jumlah bahan bakar terpakai. "Ini sebenarnya fitur tambahan dari Y-Connect. Dari sini dapat diketahui seberapa irit kita berkendara. Atau berapa banyak BBM yang terpakai, dapat dilihat secara harian, bulan bahkan tahun," terang Hanggi Nurakhman dari divisi BPDS ( ) PT YIMM ketika menjelaskannya kepada kami.

Yamaha Y-Connect praktis dan canggih

Revs Dashboard

Untuk fitur satu ini bisa dibilang suguhan paling atraktif. Pasalnya di situ Anda bisa memunculkan accelerometer digital seperti penunjuk kecepatan dan jarum putaran mesin. Ditampilkan sesuai dengan bukaan gas Anda. Bahkan khusus RPM-nya malah sangat spesifik, misal dituliskan 2.182 rpm. Tampilan ini juga terintegrasi dengan ECO Indicator, fitur yang tak ditemui dari panel meter bawaan NMax. Bila ingin pamer, sebaiknya biarkan smartphone Anda dipegang oleh penumpang saja.

Pemberitahuan Malfungsi

Berkaitan dengan masalah atau kerusakan pada motor. Sebelumnya Anda hanya menemukanya saat datang ke bengkel. Tapi dengan adanya Y-Connect, Anda bisa mengetahui sendiri permasalahan itu. Terdeteksi oleh SGCU atau umum dikenal ECU, lantas menginformasikannya ke CCU untuk kemudian diteruskan ke aplikasi Y-Connect. Kemudian ia bakal meneruskan pemberitahuan itu ke email Anda dalam bentuk notifikasi malfunction. Jika sudah demikian segeralah mendatangi bengkel resmi.

Secara keseluruhan proses aktivasi Y-Connect dengan NMax Connected berlangsung dalam waktu singkat. Manfaat lebih yang tak ditemui pada NMax standar pun bisa Anda nikmati via smartphone. Namun ada pula hal yang perlu diperhatikan. Tunggu ulasan kami pada tulisan selanjutnya. (Ano/Tom)

Baca Juga: Rossi: Yamaha All NMax ABS Connected Sangat Cerdas!

Jelajahi Yamaha Nmax

Yamaha Nmax Rp 29,75 - Rp 33,75 Juta Cicilan : Rp 678.789

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store