Toyota Indonesia Recall 305 unit Alphard dan Vellfire Lantaran Seat Belt Bermasalah

Toyota Indonesia Recall 305 unit Alphard dan Vellfire Lantaran Seat Belt Bermasalah
Gambar
Review Pengguna

Duo MPV premium Toyota harus ditarik dan perbaikan ulang. Sejumlah 305 unit Alphard serta Vellfire alami masalah pada sabuk pengaman belakang yang salah pasang. Salah satu dari dua mekanisme penguncian pada sabuk pengaman belakang kendaraan kemungkinan tidak dipasang dengan benar. Sehingga dinilai dapat meningkatkan risiko cedera ketika terjadi kecelakaan.

“Sejalan dengan komitmen Toyota dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan. Kami menginformasikan serta sangat mengimbau para pelanggan agar dapat segera mengecek kendaraannya di bengkel resmi Toyota," ujar Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor.

Adapun unit yang harus menjalani recall ialah kendaraan lansiran Agustus hingga September 2019. TAM segera memberikan informasi kepada pemilik kendaraan untuk segera melakukan perbaikan. Baik melalui surat maupun laman resmi perusahaan.

Baca Juga: Di Masa Pandemi, Bagaimana Nasib Model baru Toyota?

"Iya betul ada recall. Jumlahnya tidak banyak, untuk kedua model (Alphard dan Vellfire) 305 unit. Diler jaringan kami sedang melakukan listing dan menghubungi konsumen. Recall ini sudah kami komunikasikan juga dengan pemerintah. Pemilik kendaraan tidak usah khawatir karena perbaikan tidak membutuhkan waktu lama. Perbaikan sekitar 30 menit sampai 1 jam. Walau ada beberapa kasus maksimal 3 jam sampai 4 jam. Recall ini dilakukan di tengah COVID-19 dan segera ditangani secepatnya," ujar Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM, dalam live konferensi pers via Instagram (5/5).

2020 Toyota Vellfire

Toyota merekomendasikan para pemilik Alphard dan Vellfire, untuk mengecek kendaraan. Pelanggan bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Anda juga dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telepon 1-500-315. Selain itu, konsumen bisa mengunjungi website resmi di www.toyota.astra.co.id. Akses lalu memasukkan nomor rangka. Selanjutnya bakal muncul informasi, apakah kendaraan masuk dalam kampanye penggantian safety belt.

Jika kendaraan masuk ke dalam program ini, maka pelanggan dapat langsung menghubungi bengkel resmi terdekat. Dalam waktu kurang dari 48 jam, konsumen bakal dihubungi kembali untuk informasi, mengenai booking time di bengkel. Pengerjaan pengecekan dan penggantian tidak dipungut biaya, alias gratis.

Kasus ini tak hanya terjadi di Indonesia. Pada Februari 2020, Toyota Motor Vietnam (TMV) juga mengumumkan hal serupa. Namun jumlahnya hanya sedikit. Hanya 24 kendaraan yang bermasalah dan diimpor langsung dari Jepang antara 19 Agustus hingga 6 September 2019. Perusahaan di sana memberi program penggantian sabuk pengaman secara gratis hingga 17 Januari 2022. TMV juga melakukan inspeksi kemudian penggantian komponen gratis pada unit Alphard yang tidak secara resmi diimpor APM. Namun setelah mengantongi persetujuan dari prinsipal di Jepang. (Alx/Odi)

Baca Juga: Bedah Toyota Kijang Innova V 2020, Seberapa Pantas Dipilih?

Jelajahi Toyota Alphard

Toyota Alphard Rp 1,04 - Rp 1,95 Milyar Cicilan : Rp 23,76 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store