• Wishlist

Rush dan Terios Baru Meluncur, Honda Optimis BR-V Tak Goyah

Rush dan Terios Baru Meluncur, Honda Optimis BR-V Tak Goyah

Peluncuran Toyota Rush dan Daihatsu Terios generasi terbaru, dipastikan bakal memanaskan pasar low SUV tahun depan. Dengan tampilan yang lebih segar dan pembaruan di sektor mesin, membuat peta persaingan di segmen ini kian panas.


Sebelum All new Rush dan All new Terios, pasar low SUV dikuasai duo produk Honda, HR-V dan BR-V. Walaupun memiliki basis berbeda, Gaikindo memasukkan dalam klasifikasi sama. Dengan peluncuran Terios dan Rush terbaru, PT Honda Prospect Motor (HPM) menanggapinya santai. Menurut Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT HPM, pihaknya masih optimis penjualan BR-V sesuai target yang ditetapkan.


"Saya rasa tidak ada masalah untuk peluncuran kemarin (Rush dan Terios). Karena, kan masing-masing punya strategi. BR-V itu baru kita launching dua tahun lalu. Penjualannya juga 2.000 unit per-bulan, jadi masih oke," papar Jonfis.



Jonfis menyatakan, setiap mobil pasti dilakukan perubahan oleh pabrikan. Hal ini menyikuti selera pasar yang ada. Saat ini, menurutnya, pasar mobil di Indonesia tengah tren produk yang mirip dengan mobil-mobil SUV. Hal ini terlihat dari kapasitas penumpangnya yang mencapai 7 orang. Selain itu, fitur dan teknologinya juga mengikuti perkembangan yang ada.


Saat ditanya apakah Honda melakukan pembaruan terhadap BR-V menyiasati peluncuran Rush dan Terios baru? Jonfis bilang, pihaknya masih percaya diri dengan produk yang ada saat ini. Tapi tidak menutup kemungkinan ada pembaruan ke depannya. "Kita masih percaya, kalaupun ada (perubahan), ditunggu saja, nanti kan pasti kita beritahu," tambah Jonfis. Dan mengingat umur BR-V yang sudah dua tahun, bukan tidak mungkin tahun depan kita bisa melihatnya berubah. Minimal facelift.


Bila dilihat dari data Gaikindo, penjualan BR-V rata-rata 2.000-an unit perbulan. Sementara untuk Rush terbaru, Toyota menargetkan penjualan mencapai 2.500 unit perbulan. Angka ini meningkat bila dilihat penjualannya saat ini yang rata-rata hingga 1.800-an unit sejak awal tahun hingga akhir Oktober tahun ini.


All New toyota Rush 2018


Lahir dengan desain yang lebih segar serta taburan fitur baru yang diusung, membuat pabrikan asal Jepang ini percaya penjualan Rush dapat meningkat. Desain eksterior mobil ini berubah total dibanding generasi sebelumnya. Beragam fitur ditingkatkan. Hal ini untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.


Fitur itu seperti airbag yang jumlahnya enam unit. Ini berfungsi melindungi seluruh penumpang di dalam kabin. Terdapat juga Vehicle Stablility Control (VSC) yang mencegah mobil melintir di jalanan licin. Ada juga hill start assist (HSA) untuk mencegah mobil mundur saat jalan menanjak. Fitur lain yang tersedia seperti ABS dan EBD, start stop engine, smart start/stop engine button dan lainnya. Jujur, melihat fitur ini, Honda pasti 'panas' karena ada beberapa fitur yang tidak dimiliki BR-V.


Sedangkan untuk mesin, kini Rush terbaru menggunakan mesin 2NR-VE 4-silinder berkapasitas 1,5 liter dengan pengaturan katup variabel ganda atau Dual VVT-i. Mesin ini menghasilkan tenaga yang lebih rendah dari model sebelumnya, 104 PS dengan torsi 136 Nm. (Dir/Odi)


Baca Juga: Harapan Toyota Pada All New Rush

Jelajahi Toyota Rush

Toyota Rush Rp 252,65 - Rp 274,05 Juta Cicilan : Rp 5,76 Juta

Bandingkan & Rekomendasi