jakarta-selatan

Road Test Toyota All New Rush TRD Sportivo AT : Ubahan yang Dinanti-nanti (Part-2)

  • 22 Jan, 2019
  • 6455 Kali Dilihat

Rush terbaru tidak mendapat ubahan interior dan eksterior semata, sektor performa dan kenyamanannya juga ditingkatkan. Toyota, sepertinya ingin pemilik Rush betah berlama-lama di dalamnya. Lantas apa saja fitur yang dipunya? Bagaimana pembaruan yang diberikan terkait sektor mesin dan pengendalian?


Fitur



Bicara Fitur, Toyota Rush terbilang lengkap. Mulai dari sistem penerangan yang sudah memakai LED, membuat pendar lebih terang sekaligus hemat daya. Teknologi ini turut diaplikasi pada stoplamp. Berkat penggunaannya, rumah lampu bisa dimanipulasi bentuknya semakin tajam.


Untuk kenyamanan, ia dilengkapi keyless dan smart entry. Keberadaannya mengeliminasi kunci konvensional. Pengemudi lebih mudah masuk ke dalam kabin, cukup tekan tombol di gagang pintu, secara otomatis kunci terbuka ketika smart key berada dalam jangkauan. Di samping itu, menyalakan dan mematikan mesin tak merepotkan, sebab tersedia tombol start/stop engine. Cara mengaktifkannya, dengan menekan tombol yang berada di dashboard paling kanan.


Dari sisi hiburan tak perlu khawatir. Head unit berupa layar sentuh berukuran 7 inci pas tertambat di tengah dashboard. Perangkat ini bisa memutar DVD, dihubungkan ke smartphone, tersambung ke internet dan tentunya punya radio AM/FM.


Pengoperasiannya juga bisa diakses melalui tombol fungsi yang menempel di roda kemudi. Sederhana kegunaannya, tapi sangat bermanfaat untuk menjaga fokus mengemudi, karena mata tidak teralihkan dari jalan. Yang paling penting, di setiap baris disediakan power outlet. Daya smartphone seluruh penumpang tetap terjaga.



Perangkat keselamatan dan keamanan All New Rush tak kalah lengkap. Kini jumlah kantung udaranya ada 6 buah. Posisinya: dua di depan, dua di bahu baris depan dan dua di sepanjang kaca hingga penumpang paling belakang. Toyota turut menyematkan indikator peringatan sabuk pengaman untuk seluruh jok. Sepertinya pabrikan asal Jepang ini, ingin pengguna kendaraan menyadari pentingnya memakai seatbealt.


Fitur keselamatan aktif yang paling terasa adalah vehicle stability control (VSC). Teknologi ini memastikan mobil bergerak stabil saat bermanuver di tikungan. Gejala oversteer dan understeer mampu diminimalisir, sehingga pengalaman berkendara lebih nyaman. Bila Anda ingin merasakan sedikit kesenangan, VSC bisa saja dimatikan, tetapi hal ini tak direkomendasikan.


Kelengkapan lainnya, ada anti-locking brake system (ABS), electronic brake distribution (EBD) dan brake assist (BA) yang menunjang sistem pengereman, khususnya saat kondisi darurat. Selain itu, tertanam emergency brake signal. Fungsinya menyalakan lampu hazard ketika mobil berhenti mendadak, sehingga pengendara di belakang dapat mengantisipasi dan menghindari insiden.


Fitur lain yang sangat membantu adalah hill start assist (HSA). Kegunaannya, menahan mobil saat berhenti di tanjakan selama beberapa detik. Jadi tidak perlu merasa takut lagi mobil mundur, karena adanya jeda perpindahan kaki dari pedal rem ke akselerasi. Parkir juga lebih mudah berkat kamera parkir.


Mesin


Mesin dan transmisi Toyota Rush


Jantung mekanis All New Rush ikut diperbarui. Serinya 2NR-VE dengan kubikasi 1.500 cc berteknologi VVT-i. Menurut Toyota, output tenaga yang dihasilkan lebih kecil dari generasi sebelumnya, yakni 104 ps dengan torsi 136 Nm. Tujuannya agar penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien. Melalui pengujian kami, konsumsi yang didapat sekitar 11 km/jam. Capaian itu dipengaruhi beragam kondisi, termasuk macet.


Terkait performa, justru tak ada perbedaan. Mesinnya masih bertenaga, bahkan akselerasinya cukup responsif, sekalipun membawa penumpang dan banyak barang. Hal ini mungkin disebabkan transmisi otomatis konvensional 4 percepatan yang diusung. Sayangnya, ada kelemahan yang kami rasakan, mobil terlalu agresif saat menghadapi kemacetan, Anda harus pintar-pintar memainkan pedal gas.


Pengendalian



Sensasi berkendara Rush terbilang menyenangkan. Suspensinya disetel agar mobil dapat bermanuver dengan stabil saat dipacu kencang. Hampir tidak ada rasa limbung, terutama penumpang belakang. Ditambah respons ban terhadap arah putaran kemudi yang sangat baik, mobil pun lincah bergerak. Kekedapan kabin juga tergolong baik, suara dari luar mampu diredam maksimal.


Yang menjadi masalah, saat melewati jalan rusak atau bergelombang. Gejala memantulnya amat kentara, apalagi bagi penumpang di belakang. Kendala ini makin terasa ketika mobil berjalan pada kecepatan rendah. Satu-satunya cara mengatasinya, dengan berjalan lebih perlahan agar tak bergoncang.


Simpulan


Value for money, hal itulah yang ditawarkan Rush terbaru. Bagi Anda yang mencari tunggangan cukup lengkap, bisa dibawa ke mana saja dan harganya kompetitif, SUV milik Toyota ini patut dipertimbangkan.


Ubahan yang diberikan tak mengecewakan, bahkan melebihi ekspektasi bila dibandingkan generasi sebelumnya. Yang terpenting, Rush mampu memenuhi berbagai kebutuhan, baik yang menginginkan tampilan memukau, maupun performa mumpuni. Walau memang ada beberapa kendala, namun hal itu masih bisa ditolerir. (Hfd/Odi)


Baca Juga: Road Test Toyota All New Rush TRD Sportivo AT: Ubahan yang Dinanti-nanti (Part-1)

Galeri

  • Tampak Depan Bawah Toyota Rush
  • Tampak samping Rush
  • Tampak belakang serong Rush
  • Tampak Depan Toyota Rush
  • Tampak belakang Rush
  • Tampak Grille Rush
  • Fog lamp depan Rush
  • Lampu depan Rush
Toyota Rush
Rp244,25 - Rp265,65 Juta
Lihat Promo
kali dibagikan

Harga dan Promo Varian Rush

  • G MT | Rp244,25 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp31,81 Juta
    Angsuran Rp5,3 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • G AT | Rp254,25 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp33,53 Juta
    Angsuran Rp5,51 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • TRD Sportivo MT | Rp255,65 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp33,78 Juta
    Angsuran Rp5,54 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • TRD Sportivo AT | Rp265,65 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp35,5 Juta
    Angsuran Rp5,76 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo

Video Toyota Rush

Lihat video terbaru Toyota Rush untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Toyota Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi