jakarta-selatan

Perbandingan Lengkap Toyota Yaris Baru dan Honda Jazz

  • 22 Feb, 2018
  • 46521 Kali Dilihat

Inilah perang hatchback menengah paling seru : Toyota Yaris melawan Honda Jazz. Yaris baru saja disegarkan dengan peningkatan signifikan. Jazz tahun lalu facelift ringan. Mau pilih Yaris baru atau Jazz? Simak dulu perbandingan spesifikasi varian tertinggi kedua kontestan.


Harga dan Dimensi



Harga Toyota Yaris baru memang naik dibanding sebelumnya. Tapi fitur yang diembannya jauh lebih banyak. New Yaris TRD Sportivo dibanderol CVT Rp 275,9 juta. Sementara medium hatchback Honda varian tertinggi, Jazz RS CVT dikenai nominal Rp 274 juta.


Yaris baru punya dimensi 4.145 x 1.730 x 1.500 mm (PxLxT) dan jarak antar sumbu roda 2.550 mm. Sementara Honda Jazz 4.035 x 1.694 x 1.524 mm serta dengan wheelbase 2.530 mm. Dimensi keseluruhan Yaris baru lebih besar ketimbang Jazz, sedang kabin keduanya kurang lebih sama leganya, meski secara jarak sumbu roda lebih panjang Yaris.


 


Performa



Mesin Yaris masih sama dengan sebelumnya. Mesin 1,5 liter dual VVT-i berdaya 107 PS dan torsi puncak 140 Nm yang disalurkan melalui transmisi CVT. Honda Jazz menggendong mesin 1,5 liter yang tenaganya 120 PS dan torsi 145 Nm. Terlihat output Honda Jazz lebih besar dari Yaris.


Dari fitur pendukung, Yaris baru varian tertinggi punya mode berkendara yang bisa dipilih : normal, eco dan sport. Honda Jazz mengandalkan eco Assist untuk indikator efisiensi dan cruise control. Keduanya juga punya paddle shift untuk sensasi berkendara lebih menyenangkan.


Fitur


Meski banyak peningkatan, Yaris baru masih memakai lampu depan utama halogen. Bandingkan dengan Jazz yang sepenuhnya sudah LED. Sisanya seperti lampu siang hari dan lampu kabut sudah tersedia pada Yaris TRD CVT dan Jazz RS CVT. Baik Yaris dan Jazz tertinggi sudah memakai pelek berukuran 16 inci.


Interior Jazz 2017


 


Sektor kabin, Yaris punya dasbor baru dengan cluster instrument tampil segar dan modern berkat layar MID TFT sarat fungsi. Layar infotainment mendukung pemutar DVD/CD, Bluetooth, Miracast dan USB. Penyejuk kabin Yaris baru sudah digital tapi masih menggunakan tombol fisik untuk penyetelannya. Jazz punya layar infotainment lebih besar, 8 inci, serta beragam konektivitas. AC juga sudah digital dengan akses sentuhan Smart Touch.


Lingkar kemudi Yaris baru cuma bisa disetel ketinggiannya (tilt) sedang Honda Jazz sudah mendukung tilt dan telescopik. Kemudi keduanya sudah dibungkus material kulit dan dilengkapi tombol pengatur audio pada palang kemudi. Tombol start/stop untuk menyalakan/mematikan mesin bisa dijumpai pada kabin Yaris baru dan Jazz.



 


Fitur keselamatan paling berbeda karena Yaris baru punya 7 kantung udara, sedang Jazz cuma 2. Selain itu, Yaris punya rem dengan ABS+EBD+BA, vehicle stability control+traction control (VSC+TC) dan hill start assist. Rem pada Jazz cuma mendukung ABS+EBD tanpa BA. Jazz juga belum memakai VSC+TC maupun hill start assist. (Tom/Van)


Baca Juga: Perbedaan Toyota Yaris Lama dan Baru

Komparasi Jazz vs Yaris

Honda Jazz
Rp239 - Rp279,8 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
VS
Toyota Yaris
Rp238,35 - Rp278,85 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
Jazz vs Yaris
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Populer

  • Populer
  • Komparasi