jakarta-selatan
Bahasa en | id

Renault KWID

Ubah Mobil
Performa
Tenaga 67 hp
Mesin 999 cc
 
Kenyamanan
AC Ya
Power steering Ya
 
Keselamatan
Kantong Udara Pengemudi Ya
 
Kapasitas
Tempat Duduk 5 Kursi
Ground Clearance 180 mm
 
ANGSURAN BULANAN
Durasi 36 Bulan
Angsuran Rp2,73 Juta
Dapatkan Harga
Menampilkan informasi mengenai Renault KWID 1.0 SCe - Petrol

Informasi terkini Renault KWID

UPDATE 12 AGUSTUS 2017 - Pada GIIAS 2017, Renault menampilkan Kwid edisi terbatas. Kwid Limited Edition ini memiliki velg dengan desain yang berbeda dibanding versi standar. Renault juga menampilkan mobil display Renault Kwid Extreme Study dengan sejumlah modifikasi yang cukup ekstrim. Sempat tersiar rencana Renault bakal mendatangkan varian baru Kwid bertransmisi otomatis. Faktanya, rencana ini gagal terlaksana di GIIAS 2017. Pihak Renault beralasan, ada beberapa kendala yang membuat pihaknya batal memasarkan Kwid bertransmisi otomatis. Kabarnya alasannya karena masalah distribusi dari negara pembuatnya di India. Meski demikian Renault mengatakan kalau Kwid bertransmisi otomatis ini akan mulai dipasarkan di Indonesia pada tahun 2018 mendatang.

Harga Renault KWID

Varian Harga Spesifikasi  
1.0 SCe Rp119,6 Juta*
Harga OTR
5 Kursi, 67 hp, 999 cc, Bensin
AT     5 Kursi, 67 hp, 999 cc, Yang Akan Datang
Tanggal Peluncuran: Apr 09, 2018

Bandingkan Renault KWID Dengan Mobil Sejenis

VS
  • Renault KWID
    Renault KWID
    Rp119,6 Juta

Video Renault KWID

Lihat video terbaru Renault KWID untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Gambar Renault KWID

Warna Renault KWID

  • Moonlight Silver

  • Ice Cool White

  • Fiery Red

  • Outback Bronze

  • Planet Grey

Konsumsi BBM Renault KWID

Konsumsi BBM Renault KWID varian Bensin adalah 22.3

Varian Konsumsi BBM (dalam kota) Konsumsi BBM (Jalan Tol)
Bensin 14.5 22.3

Review Renault KWID

Overview

Kami berani jamin, bahwa tak sedikit khalayak yang terkejut saat Kwid hadir di Indonesia. Dibawa oleh Renault-yang notabene perusahaan otomotif asal Perancis, mereka yakin jaringan otomotif Indomobil yang sudah menggurita, siap mengakomodirnya. Kami pun menyebutnya dengan LCGC Killer, semoga saja slogan ini bisa membantu menyemangati pihak Renault untuk memperkenalkan kendaraan andalnya ini.

Kwid dirakit di pabrik aliansi Nissan-Renault, Oragadam, dekat Chennai India. Pabrik ini memproduksi Nissan Micra (March), Datsun GO, dan Kwid. Sejak 2010, pabrik ini sudah menyuplai lebih dari 600.000 kendaraan ke 106 negara.

Saat kehadirannya pada Oktober 2016 lalu mereka berani menggoyang trah LCGC yang dikuasai Toyota-Daihatsu Agya-Ayla. Mengandalkan tampilan khas Crossover dalam sosok yang mini. Meski tak dirakit di Indonesia dan tak dimasukkan dalam program Low Cost Green Car (LCGC), Kwid dipatok dengan harga yang sangat kompetitif yaitu Rp. 117 juta (on-the-road Jakarta).

Tentu harga segitu sangat bersaing dengan LCGC lainnya seperti Datsun GO Panca, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R dan Honda Brio Satya. Berbeda dengan model kendaraan lain, Kwid hanya dipasarkan dalam 1 varian, yakni RXT. Varian ini merupakan tipe tertinggi dari model Kwid yang ada di pasar global.

Mempertaruhkan image brand Prancis, Renault Indonesia yakin Kwid yang hadir dengan mesin kompak dan fitur hiburan mumpuni bisa memiliki value yang baik bagi penumpang. Penetrasi Renault memang terbilang cukup baik dengan portfolio yang bervariasi.

Fitur unggulan di Kwid yang tak dimiliki mobil-mobil di kelasnya, bahkan di level kendaraan yang harganya dua kali lipat Kwid, adalah Headunit mediaNAV dengan layar sentuh intuitif sebesar 7 inci (18 cm). Bukan cuma besar, namun juga canggih.

Ini daftar fitur headunitnya, Navigasi satelit dengan panduan di setiap arah, bluetooth, hands free telephony, USB, AUX, dan speed sensing volume control. Sayangnya, headunit ini tak memiliki slot CD/DVD.

Satu lagi fitur unik yang dimiliki Kwid adalah panel instrumen digital yang berada di balik kemudi. Pada panel yang menjadi pemantau utama kondisi kendaraan ini, semua informasi disajikan dalam format digital.

  • Overview
  • Interior & Fitur
  • Eksterior
  • Biaya BBM Selama Kepemilikan
  • Pengendalian & Pengendaraan
  • Mesin & Konsumsi BBM
  • Pengereman

Kelebihan

Harga murah, desain berkarakter, SUV paling terjangkau

Kekurangan

Jaringan renault minim, fitur keselamatan minim

Eksterior

Mini SUV, coba saja benamkan perpsektif ini ketika menggambarkan Kwid. Ya, ia bukan hatchback karena tongkrongannya gagah, ia juga bukan SUV sejati karena tak ada penggerak 4 roda. Namun sosoknya sangat maskulin.

Renault Kwid memang didesain untuk menjadi pusat perhatian. Sosoknya terinspirasi SUV yang memiliki overhang depan dan belakang yang pendek bersama dengan ground clearance tinggi. Jangan heran meski bodinya kompak, namun Kwid sukses memancarkan kesan powerfull dan tangguh. Struktur grill dikuatkan dengan logo berlian Renault. Di sisi, side moulding tebal khas mobil SUV digunakan untuk mempertegas auranya. Lampu kabut dengan rumah yang sporti juga kian menguatkan ketangguhannya.

Bagian bawah bumper belakang dilengkapi dengan skid plate, salah satu aksentuasi khas SUV. Ornamen lain yang menjadi imbuhan penegas karakter adalah roof spoiler terintegrasi dan stiker checker plate di sisi bodi.

Meski mini, namun posturnya terlihat jangkung. Hal ini lantaran DNA SUVnya teradaptasi lewat suspensi. Alhasil ground clearance setinggi 180 mm membuatnya andal untuk kondisi jalan bervariasi di tanah air.

Namun ukuran pelek terlihat sangat kecil karena hanya berukuran 13-inci dengan ban 155/80. Masih berupa pelek kaleng yang ditutup oleh wheel cap dan terlihat jumlah baut hanya 3 buah di setiap roda.

  • What we like
    Desain berkarakter, ground clearance, compact
  • What we dislike
    Konfigurasi velg sulit diadaptasi, begitupun ukuran ban

Biaya BBM Selama Kepemilikan

Kapasitas tangkinya cukup ringkas, hanya 28 liter. Menarik untuk menjabarkan besar daya angkut bahan bakar Kwid, pasalnya komposisi ini jauh lebih kecil dari kompetitornya di kelas harga yang setara. Toyota Agya 33 liter, Datsun GO Panca dan Honda Brio Satya 35 liter. Apakah hal ini perlu dikhawatirkan?

Merujuk pada penggunaan Kwid yang memang diciptakan untuk perkotaan, nampaknya hal ini tak akan menjadi momok menakutkan. Apalagi rekanan media kami di India menyebutkan nilai efisiensi BBM nya di kisaran 20-25 kpl (dalam kota - tol).

  • What we like
    Mesin kompak, irit bahan bakar

Mesin & Konsumsi BBM

Kwid RXT dilengkapi dengan mesin SCE (Smart Control Efficiency) 1.0 liter 3-silinder bertenaga 68 PS dengan torsi 91 Nm dan disertai tangki bahan bakar 28 liter. Mesin ini memang terbukti lebih dari cukup untuk melayani pengguna yang membutuhkan moda di perkotaan. Hal ini terbukti dengan mobil-mobil LCGC yang memanfaatkan mesin 1.0 liter seperti Toyota Agya-Daihatsu Ayla, Datsun GO Panca, dan Suzuki Karimun Wagon R.

Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan dan telah dioptimalisasi untuk menghasilkan konsumsi bahan bakar terbaik di kelasnya. Tapi itu saja, ya, tak ada transmisi otomatis yang dihadirkan APM. Begitu pun dengan fitur-fitur mesinnya. Lupakan katup variabel, turbo, ini hanyalah mesin injeksi konvensional.

  • What we like
    Mesin compact dan efisien
  • What we dislike
    Teknologi mesin konvensional tanpa ada pilihan transmisi otomatis

Pengereman

Faktor ini perlu dipertimbangkan jika Anda akan memilih Kwid. Pasalnya, Kwid hanya dilengkapi dengan 1 buah airbag di sisi pengemudi. Crossover ini hanya berhasil menembus 1 bintang di uji keselamatan penumpang, Global NCAP.

Hasil ini tentu bukanlah figur terbaik yang bisa didapatkan mobil di kelasnya. Toyota Agya dan Daihatsu Ayla misalnya, berhasil mendapat bintang 4 untuk keselamatan penumpang. Hasil Kwid pun tak kalah baik dibanding Datsun GO yang dilengkapi 1 airbag yang berhasil meraih 2 bintang.

  • What we like
    Sudah ada airbag
  • What we dislike
    Airbag hanya 1 dan fitur keamanan lainnya minim

Berita Renault KWID

GIIAS 2017: Renault Kwid Special Edition Dijual Rp 125,4 Jutaan

GIIAS 2017: Renault Kwid Special Edition Dijual Rp 125,4 Jutaan

PT Auto Euro Indonesia, agen pemegang merek Renault, punya cara sendiri untuk menarik calon konsumen. Salah satunya, dengan membuat edisi spesial Kwid yang mereka pamerkan di Gaikindo Indonesia Intern Baca Selengkapnya

Ditayangkan Pada | Agt 12, 2017 | Dilihat 27554 Kali
GIIAS 2017: Mengapa Kwid Bertransmisi Otomatis Batal Dipasarkan?

GIIAS 2017: Mengapa Kwid Bertransmisi Otomatis Batal Dipasarkan?

PT Auto Euro Indonesia (AEI), distributor resmi Renault di Indonesia kembali hadir pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Dalam event ini, Renault memamerkan beragam produ Baca Selengkapnya

Ditayangkan Pada | Agt 11, 2017 | Dilihat 770 Kali
Renault Kwid Listrik Dikembangkan untuk Tiongkok

Renault Kwid Listrik Dikembangkan untuk Tiongkok

Industri otomotif Tiongkok, tumbuh dan berkembang menjadi raksasa dalam waktu relatif singkat. Sebuah lahan subur, terutama bagi pabrikan, yang mampu mendapatkan pangsa pasar segmen apapun di sana. Ta Baca Selengkapnya

Ditayangkan Pada | Jul 10, 2017 | Dilihat 620 Kali
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer