jakarta-selatan
Bahasa en | id

Daihatsu Ayla

Rp92,55 - Rp142,25 Juta
Harga OTR
Dapatkan Harga OTR
Dapatkan promo eksklusif, diskon & kredit bunga rendah dari dealer resmi Lihat promo AGUSTUS
Performa
Tenaga 64 hp
Mesin 998 cc
 
Kenyamanan
AC Ya
Power steering Ya
 
Keselamatan
Kantong Udara Pengemudi Optional
 
Kapasitas
Tempat Duduk 5 Kursi
Ground Clearance 180 mm
 
ANGSURAN BULANAN
Durasi 36 Bulan
Angsuran Rp2,11 Juta
Dapatkan Harga
Menampilkan informasi mengenai Daihatsu Ayla 1.0L D MT - Petrol

Informasi terkini Daihatsu Ayla

UPDATE 8 AGUSTUS 2017 - Meskipun Agya dan Ayla sama-sama dilahirkan oleh Daihatsu. Tetap saja Ayla selalu saja dianggap seperti anak tiri. Bahkan Ayla dipandang memiliki kasta yang sedikit lebih rendah dibanding saudaranya itu. Padahal banyak yang lebih suka dengan paras baru Ayla yang terlihat sedikit lebih dewasa dibanding Ayla. Ya memang bagaimanapun juga Agya adalah anak kesayangan. Maklum Toyota adalah induk perusahaan dari Daihatsu. Jadi wajar saja kalau Ayla hanya bisa cemburu melihat saudaranya memakai rem ABS (Anti-lock Brake System). Tapi tak mengapa. Ayla tetap memiliki pesonanya sendiri kok. Ia bisa berbangga hati karena memiliki harga yang sedikit lebih murah dari Agya.

Harga Daihatsu Ayla

Varian Harga OTR Spesifikasi  
1.0L D MT Rp92,55 Juta* 5 Kursi, 64 hp, 998 cc, Bensin
1.0L M MT Rp109,05 Juta* 5 Kursi, 64 hp, 998 cc, Bensin
1.0L X MT Rp116,4 Juta* 5 Kursi, 64 hp, 998 cc, Bensin
1.0L M AT Rp118,05 Juta* 5 Kursi, 64 hp, 998 cc, Bensin
1.2L X MT Rp125,25 Juta* 5 Kursi, 88 hp, 1197 cc, Bensin
1.0L X AT Rp125,45 Juta* 5 Kursi, 64 hp, 998 cc, Bensin
1.2L R MT Rp132,25 Juta* 5 Kursi, 88 hp, 1197 cc, Bensin
1.2L X AT Rp135,25 Juta* 5 Kursi, 88 hp, 1197 cc, Bensin
1.2L R AT Rp142,25 Juta* 5 Kursi, 88 hp, 1197 cc, Bensin

Bandingkan Daihatsu Ayla dengan Mobil Sejenis

VS

Video Daihatsu Ayla

Lihat video terbaru Daihatsu Ayla untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Gambar Daihatsu Ayla

Warna Daihatsu Ayla

  • Black Metallic

  • Grey Metallic

  • Orange

  • Orange Metallic

  • Red Metallic

  • Silver Metallic

  • White Metallic

Review Daihatsu Ayla

Tinjauan

Berkat Ayla, Daihatsu berhasil mempertahankan posisinya di pasar Indonesia dan sukses mengukir keberhasilan seperti Xenia. Nama lengkap resminya adalah Astra Daihatsu Ayla. Imbuhan Astra merupakan kewajiban lantaran ia adalah model LCGC (Low Cost Green Car).

Model ini merupakan pionir di kelasnya. PT Astra Daihatsu Motor memproduksinya di Karawang dan direbadge juga untuk Toyota dengan nama Agya atau Wigo (pasar ekspor). Mobil ini menjadi salah satu titik balik Daihatsu di Indonesia.

Pabrikan tersebut melihat tingginya permintaan konsumen akan mobil yang ekonomis sebagai peluang yang luar biasa di pasar Indonesia dan akhirnya memutuskan untuk memperkenalkan mobil kompak, Ayla.

Hampir 4 tahun semenjak perkenalan pertama, New Astra Daihatsu Ayla meluncur dengan penuh kepercayaan diri akan tetap kokoh di puncak klasemen LCGC bersama saudara sekandungnya, Toyota Agya. Perubahan tak hanya terjadi pada desain eksteriornya saja, tapi mengalami penambahan pilihan mesin dan fitur-fitur pemanja.

Jumlah varian Ayla kini bertambah banyak menjadi total 9 varian. Pantas saja, karena sekarang Daihatsu menambahkan varian Ayla bermesin 3NR-VE 4-silinder 1,2-liter yang juga bersemayam di kap mesin Daihatsu Sigra. Menurut Daihatsu, dua jenis mesin ini memiliki target konsumen yang berbeda. Dan semua perubahan yang terjadi pada Ayla berasal dari keinginan konsumen mereka.

Jenis varian Ayla tetap dimulai dari tipe D, D+, M, X, dan R. Transmisi otomatis baru tersedia mulai dari tipe M, sementara mesin 1,2-liter hanya ada di tipe X dan R. Mulai tipe 1.2 X, baru tersedia dual SRS airbag, sabuk pengaman dengan pretensioner, side impact beam, rear stabilizer, pedal clutch anti back up, immobilizer dan alarm.

Di sisi kabin, ruangnya bisa disebut lapang. Bahkan, orang yang berbadan besar dan tinggi, tidak akan merasa sempit ketika mengemudikan mobil ini. Lantaran pelapis pintu dan joknya memang dikonfigurasikan tipis agar interior tak terkesan padat dan sempit. Membawa lima penumpang untuk mengelilingi perkotaan bukanlah hal yang sulit bagi Daihatsu Ayla.

Tampilan dasbor juga terlihat menarik dengan kombinasi warna hitam-silver dan terkesan kontemporer. Varian tertinggi mobil ini didukung audio steering switch, monitor touchscreen 2 din, luggage tray, dan door trim ornament. AC terdapat di setiap model, kecuali pada varian terendah, tipe D.

Mesin 1KR-DE 3-silinder 1,0-liter kini sudah dibekali teknologi VVT-i yang menyemburkan tenaga 65 PS dan torsi 88 Nm. Sedangkan mesin 1,2-liter menghasilkan tenaga 88 PS dan 108 Nm. Diatas kertas, mesin 1,2-liter akan memiliki performa yang jauh lebih baik, dengan konsumsi bahan bakar tak kalah irit, dan yang pasti lebih minim getaran.

Harga pun terkerek naik dibandingkan Ayla model sebelumnya. Mulai dari yang termurah yaitu Ayla 1.0 D MT seharga Rp 92,55 juta, hingga varian termahal, Ayla 1.2 R Deluxe AT dengan banderol Rp 146,25 juta.

  • Tinjauan
  • Interior
  • Eksterior
  • Suspensi Nyaman
  • Performa mesin
  • Pengereman

Kelebihan

Harga terjangkau

Pilihan mesin

Mudah dikendarai

Jaringan aftersales luas

Kekurangan

Kualitas material

Fitur keselamatan belum menunjang optimal

Eksterior

Mobil ini memang banyak keidentikan dengan Toyota Agya. Mencermati depannya, merupakan bagian yang paling berubah dari New Ayla ini. Hal pertama yang akan menyita perhatian adalah bumper baru. Dengan grille besar dihiasi dua bidang krom yang hanya ada di tipe R. Bilah pertama terlihat menyatu dengan LED position lamp. Sedangkan bilah kedua berukuran besar membentuk pola guratan bumper.

Lampu utama mulai tipe X sudah mengadopsi projector head lamp. Sementara itu lampu kabut tampak sporty tanpa ada hiasan krom. Di bagian bawah terdapat Daytime Running Light (DRL) LED. Varian Ayla 1.2 juga dijejali pelek alloy polished dan wiper belakang. Sedangkan lampu belakang tetap sama, yang berubah hanya garnish-nya saja.

Hatchback 4 pintu ini memiliki dimensi 3.660 mm dan lebar 1.600 mm, yang artinya kompak dan mudah bermanuver di jalanan perkotaan yang padat. Berkat konfigurasinya pun radius putar Ayla hanya 4,4 meter. Nah, dengan ground clearance yang 180 mm, juga cukup andal saat melewati jalanan berlubang.

Ruang kabin bisa disebut lapang. Bahkan, orang yang berbadan besar dan tinggi, tidak akan merasa sempit ketika mengemudikan mobil ini. Lantaran pelapis pintu dan joknya memang dikonfigurasikan tipis agar interior tak terkesan padat dan sempit. Membawa lima penumpang untuk mengelilingi perkotaan bukanlah hal yang sulit bagi Daihatsu Ayla.

Tampilan dasbor juga terlihat menarik dengan kombinasi warna hitam-silver dan terkesan kontemporer. Varian tertinggi mobil ini didukung dengan head unit monitor 2 Din dan steering switch.

Posisi dasbor memang sedikit aneh dan diposisikan jauh dari kaca depan mobil, sehingga sedikit menyulitkan pengemudi yang berbadan pendek, apalagi Ayla juga tidak dibekali dengan sistem pengaturan ketinggian kursi atau kemudi. AC terdapat di setiap model, kecuali pada varian terendah, D.

  • What we like

    Desain lebih berani

  • What we dislike

    Belum berubah total

Suspensi Nyaman

Daihatsu Ayla dipasarkan sebagai mobil perkotaan yang murah dan mobil keluarga kecil. Mobil ini sangatlah praktis untuk dikendarai di area perkotaan. Siapapun yang baru mulai mengendarai mobil tak akan kesulitan beradaptasi.

Ayla juga memiliki suspensi yang halus. Tidak ada getaran yang signifikan ketika Ayla menelusuri jalan yang bergelombang dan berlubang. Tapi ketika dikendarai di jalan tol, mobil ini kurang stabil terutama pada kecepatan yang tinggi, lantaran sistem suspensinya yang halus dan bobotnya yang sangat ringan.

Oleh karena itu, Daihatsu menambah stabilizer di suspensi belakang. Sayang tidak untuk semua tipe, melainkan hanya varian X dan R saja.

  • What we like

    Mudah dikendarai

    Suspensi empuk Asyik buat perkotaan

  • What we dislike

    Suspensi terlampau lembut, tak asik di kecepatan tinggi

    Peredaman suara belum optimal

Performa mesin

Merujuk pada peraturan pemerintah yang mewajibkan mobil kategori LCGC “Memiliki tingkat efisiensi bahan bakar minimal 20 kpl”, Ayla pun tentunya memenuhi persyaratan ini, baik untuk mesin 1.0 maupun 1.2.

Mesin 1 liter yang disematkan padanya sukses memberikan jarak tempuh lebih dari 16 kpl ketika dikendarai di area perkotaan dan lebih dari 20 kpl di jalan tol. Kapasitas tangki yang mencapai 33 liter, memastikan anda tidak perlu sering mengisi ulang bahan bakar. Jarak tempuh yang tinggi serta irit bahan bakar dapat dicapai lantaran bobotnya yang ringan dan desain bodi Daihatsu Ayla yang kompak.

Seperti disebut, unit 3-silinder 998 cc 1KR-DE dengan teknologi VVT-i mampu mengeluarkan tenaga kuda hingga 65 PS pada putaran 6.000 rpm. Momen puntir yang bisa dihasilkannya mencapai 88 Nm saat jarum putaran mesin menunjukkan angka 3.600 rpm.

Mengenai mesin baru 3NR-VE seperti di Sigra dan Calya, sedikit banyak sudah tergambar bagaimana karakteristik sebenarnya. Getarannya jauh lebih halus dibanding mesin 3-silinder, begitu pula pengantaran tenaga yang cukup linear. Namun tipikal mesin berkapasitas kecil lainnya, tenaga di putaran rendah terasa lemah dan mulai melonjak tinggi di putaran menengah.

Berkat bobotnya yang ringan, hanya 880 kg (tipe R AT), bahkan lebih berat 110 kg dari tipe D dan M. Ukuran mesin yang kompak, dan rasio gigi yang tepat, membuatnya cukup responsif sehingga dan tidak kekurangan tenaga selama berkomuter di dalam kota.

Transmisi manual 5-kecepatan memang lebih baik untuk mengeksplorasi performanya. Tapi transmisi otomatis 4-kecepatan jauh lebih nyaman untuk dipakai di perkotaan walaupun tergolong lamban karena masih tipe konvensional.

  • What we like

    Mesin irit Tenaga mencukupi

    Girboks manualnya optimal menyalurkan tenaga

  • What we dislike

    Girboks otomatis kurang memadai

Pengereman

Daihatsu masih belum bermurah hati memberikan piranti keselamatan yang sudah umum untuk mobil penumpang. Kantung udara hanya tersedia untuk varian X dan R. Di dua varian tersebut juga, ditambahkan side impact beam di bagian dalam keempat pintu. Sehingga lebih aman jika terjadi tabrakan dari samping. Sabuk pengaman dengan pretensioner saja baru ada mulai dari tipe X. Membuat tipe D dan M benar-benar mobil yang “Spartan” tanpa adanya fitur keselamatan standar masa kini. Satu yang patut dihargai, Daihatsu menyematkan immobilizer agar mobil tidak mudah dicuri. Tapi lagi-lagi baru tersedia di Ayla 1.2 X.

  • What we like

    Jok belakang sudah ada headrest

  • What we dislike

    Tidak ada ABS

Berita Daihatsu Ayla

Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer