jakarta-selatan
Bahasa en | id

Daihatsu Ayla

Rp91,25 - Rp131,55 Juta
Harga OTR
Dapatkan Harga OTR
Dapatkan promo eksklusif, diskon & kredit bunga rendah dari dealer resmi Lihat promo MARET
Performa
Tenaga 87 hp
Mesin 998 cc
 
Kenyamanan
AC Ya
Power steering Ya
 
Keselamatan
Kantong Udara Pengemudi Ya
 
Kapasitas
Tempat Duduk 5 Kursi
Ground Clearance 180 mm
 
ANGSURAN BULANAN
Durasi 36 Bulan
Angsuran Bulanan Rp2,08 Juta
Dapatkan Harga
Menampilkan informasi mengenai Daihatsu Ayla M Sporty AT - Petrol

Harga Daihatsu Ayla

Varian (Harga OTR)  
Varian Bensin
D MT
5 Kursi, 87 hp, 998 cc Petrol
Rp91,25 Juta*
D PLUS MT
5 Kursi, 87 hp, 998 cc Petrol
Rp103,45 Juta*
M MT
5 Kursi, 87 hp, 998 cc Petrol
Rp107,75 Juta*
X MT
5 Kursi, 87 hp, 998 cc Petrol
Rp115,1 Juta*
M AT
5 Kursi, 87 hp, 998 cc Petrol
Rp116,75 Juta*
Airbag X MT
5 Kursi, 87 hp, 998 cc Petrol
Rp118,7 Juta*
M Sporty MT
5 Kursi, 87 hp, 998 cc Petrol
Rp122,35 Juta*
X Elegant MT
5 Kursi, 87 hp, 998 cc Petrol
Rp122,45 Juta*
X AT
5 Kursi, 87 hp, 998 cc Petrol
Rp124,15 Juta*
Airbag X AT
5 Kursi, 87 hp, 998 cc Petrol
Rp127,75 Juta*
X Elegant AT
5 Kursi, 87 hp, 998 cc Petrol
Rp131,5 Juta*
M Sporty AT
5 Kursi, 87 hp, 998 cc Petrol
Rp131,55 Juta*

Bandingkan Daihatsu Ayla dengan Mobil Sejenis

VS

Video Daihatsu Ayla

Lihat video terbaru Daihatsu Ayla untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Gambar Daihatsu Ayla

Warna Daihatsu Ayla

  • Classic Silver Metallic

  • Dark Grey Metallic

  • Icy White Solid

  • Light Blue Metallic

  • Red Solid

  • Simaran Blue

  • Ultra Black Solid

Review Daihatsu Ayla

Tinjauan

Berkat Ayla, Daihatsu berhasil mempertahankan posisinya di pasar Indonesia dan sukses mengukir keberhasilan seperti Xenia. Nama lengkap resminya adalah Astra Daihatsu Ayla. Imbuhan Astra merupakan kewajiban lantaran ia adalah model LCGC (Low Cost Green Car).

Model ini merupakan pionir di kelasnya. PT Astra Daihatsu Motor memproduksinya di Karawang dan direbadge juga untuk Toyota dengan nama Agya atau Wigo (pasar ekspor). Mobil ini menjadi salah satu titik balik Daihatsu di Indonesia.

Pabrikan tersebut melihat tingginya permintaan konsumen akan mobil yang ekonomis sebagai peluang yang luar biasa di pasar Indonesia dan akhirnya memutuskan untuk memperkenalkan mobil kompak, Ayla.

Ayla merupakan mobil perkotaan yang berukuran kecil dengan tenaga yang cukup memadai untuk bersaing dengan mobil murah lainnya dan tetap dapat mempertahankan kualitasnya meskipun dibanderol dengan harga yang sangat murah.

Kehadirannya di muka publik dimulai kala ipamerkan pada gelaran Indonesian International Motor Show 2012 dengan nama A-Concept. Saat dijual pada 2013, ia akhirnya disajikan dalam 4 varian yang berbeda D, D+, M dan X. seiring perkembangannya, ada beberapa varian baru yang mengikuti seperti M Sporty dan X Elegant serta pilihan Ayla berimbuh Airbag, X Airbag.

Semua varian tersedia dalam transmisi otomatis 4 percepatan dan manual 5-percepatan. Sedangkan versi D dan D+ hanya tersedia dengan girboks manual. Sayangnya, varian D tidak dibekali dengan beberapa fitur yang yang penting seperti AC dan power window.

Semua varian yang lebih tinggi dilengkapi dengan layar MID (Multi Information System), power steering, central lock, dan sistem stereo dengan 2 buah speaker. Februari 2017, harga terakhir Ayla disajikan dalam nilai Rp 91,25 juta hingga Rp 131,55 juta (OTR Jabodetabek.)

Di sisi kabin, ruangnya bisa disebut lapang. Bahkan, orang yang berbadan besar dan tinggi, tidak akan merasa sempit ketika mengemudikan mobil ini. Lantaran pelapis pintu dan joknya memang dikonfigurasikan tipis agar interior tak terkesan padat dan sempit. Membawa lima penumpang untuk mengelilingi perkotaan bukanlah hal yang sulit bagi Daihatsu Ayla.

Tampilan dasbor juga terlihat menarik dengan kombinasi warna hitam-silver dan terkesan kontemporer. Varian tertinggi mobil ini didukung dengan power window, central lock, dan speaker stereo.AC terdapat di setiap model, kecuali pada varian terendah, D.

Ayla dibekali dengan mesin 1.0 liter 1KR-DE tiga silinder yang menyemburkan tenaga maksimum sebesar 65 PS /6000 rpm dan torsi tertinggi mencapai 88 Nm di 3600 rpm.

Komposisinya yang kompak menjadikannya hatchback murah yang cocok untuk dikendarai di perkotaan. Pendek kata, mobil ini merepresentasikan kendaraan dengan harga yang murah, dan irit bahan bakar merupakan pilihan yang paling ideal saat ini bagi konsumen yang sedang mencari mobil yang kompak, dan ekonomis.

  • Tinjauan
  • Interior
  • Eksterior
  • Biaya BBM Selama Kepemilikan
  • Suspensi Nyaman
  • Performa mesin
  • Pengereman

Pros

Harga terjangkau,mesin compact, mudah dikendarai, jaringan aftersales luas

Cons

Fitur minim, durabilitas belum terbukti, fitur keselamatan belum menunjang optimal

Eksterior

Mobil ini memang identik dengan model lain besutan Toyota, Agya. Mencermati bagian depannya, hal pertama yang akan menyita perhatian anda adalah bumper baru dengan gril beraksen krom yang terlihat sangat menarik.

Lampu utama multi reflektor yang lebar mendominasi bagian depan mobil, sementara itu lampu kabut dengan cincin beraksen krom menambahkan nilai estetikanya. Pintu mobil dan profil samping Ayla terbuat dari krom. Varian tertinggi Daihatsu Ayla juga dijejali pelek alloy dan wiper belakang.

Hatchback 4 pintu ini memiliki dimensi 3.600 mm dan lebar 1.600 mm, yang artinya kompak dan mudah bermanuver di jalanan perkotaan yang padat. Berkat konfigurasinya pun radius putar Ayla hanya 4,4 meter. Nah, dengan ground clearance yang 180 mm, ia juga cukup andal saat melewati jalanan yang berlubang.

  • What we like
    Desain mudah diterima
  • What we dislike
    Tak ada beda signifikan dengan Agya, sehingga terkesan pasaran. Layout interior membosankan

Biaya BBM Selama Kepemilikan

Merujuk pada peraturan pemerintah yang mewajibkan mobil yang dikategorikan sebagai LCGC “Memiliki tingkat efisiensi bahan bakar minimal 20 kpl”, Ayla pun tentunya memenuhi persyaratan ini.

Mesin 1 liter yang disematkan padanya sukses memberikan jarak tempuh lebih dari 16 kpl ketika dikendarai di area perkotaan dan lebih dari 20 kpl di jalan tol. Kapasitas tangki yang mencapai 33 liter, memastikan Anda tidak perlu sering mengisi ulang bahan bakar. Jarak tempuh yang tinggi serta irit bahan bakar dapat dicapai lantaran bobotnya yang ringan dan desain bodi Daihatsu Ayla yang kompak.

  • What we like
    Mesin irit

Suspensi Nyaman

Daihatsu Ayla dipasarkan sebagai mobil perkotaan yang murah dan mobil keluarga kecil. Mobil ini sangatlah praktis untuk dikendarai di area perkotaan. Siapapun yang baru mulai mengendarai mobil tak akan kesulitan beradaptasi, kecuali dalam beberapa hal.

Sementara itu, posisi dasbor memang sedikit aneh dan diposisikan jauh dari kaca depan mobil, sehingga sedikit menyulitkan pengemudi yang berbadan pendek, apalagi Ayla juga tidak dibekali dengan sistem pengaturan ketinggian kursi atau kemudi.

Ayla juga memiliki suspensi yang halus. Tidak ada getaran yang signifikan ketika Ayla menelusuri jalan yang bergelombang dan berlubang. Tapi ketika dikendarai di jalan tol, mobil ini kurang stabil terutama pada kecepatan yang tinggi, lantaran sistem suspensinya yang halus dan bobotnya yang sangat ringan.

  • What we like
    Mudah dikendarai, compact, suspensi empuk, asyik buat perkotaan
  • What we dislike
    Suspensi terlampau lembut, tak asik di kecepatan tinggi, peredaman suara belum optimal

Performa mesin

Seperti disebut, unit 3-silinder 998 cc 1KR-FE mampu mengeluarkan tenaga kuda hingga 65 PS pada putaran 6.000 rpm. Momen puntir yang bisa dihasilkannya mencapai 88 Nm saat jarum putaran mesin menunjukkan angka 3.600 rpm.

Mesin 1 liter yang diusung di segmen ini memang merupakan salah satu unit paling bertenaga di kelasnya. Penghasil daya ni memiliki performa yang cukup mumpuni di kondisi perkotaan dan tak kehilangan tenaga saat diajak ke luar kota.

Ini semua berkat bobotnya yang ringan, hanya sebesar 785 kg (tipe X), bahkan lebih ringan 50 kg pada tipe D. Ukurannya mesin yang kompak, dan rasio gigi yang tepat membuatnya cukup responsif sehingga anda tidak akan merasakan kekurangan tenaga selama berkomuter di dalam kota.

Berbicara mengenai akselerasi, Daihatsu Ayla bukanlah mobil balap yang bisa memicu adrenalin anda dengan kecepatan yang ditawarkannya. Ayla memerlukan waktu lebih dari 15 detik untuk menembus kecepatan 100 kpj dari kondisi diam dan akan melambat jika dikendarai pada kecepatan tinggi.

Transmisi manual lima kecepatan memang lebih baik untuk mengekslorasi performanya, dan anda tidak perlu melakukan perpindahan gigi terlalu sering ketika berkendara di area perkotaan lantaran tenaganya yang kecil bisa diakses dari semua rentang kecepatan.

  • What we like
    Tenaga mencukupi, girboks manualnya optimal menyalurkan tenaga
  • What we dislike
    Girboks otomatis kurang memadai

Pengereman

Peranti pengeremannya juga cukup konvensional tapi masih mumpuni. Ayla memiliki sistem kombinasi rem cakram pada roda depan dan tromol di roda belakang yang bekerja secara sempurna meski tanpa didampingi ABS.

Namun Daihatsu Ayla minim fitur keselamatan dasar, seperti ABS dan airbag. Kantung udara hanya tersedia untuk varian X Airbag dengan harga Rp 118 juta dan 127 juta. Namun, sebagai sebuah mobil perkotaan yang berukuran kecil kompak apalagi dalam formatur LCGC, fitur ini memang tidak banyak digunakan oleh pabrikan. Satu yang patut dihargai, meskipun Ayla merupakan sebuah mobil kompak yang murah, kursi belakang sudah disematkan headrest yang bisa disesuaikan.

  • What we like
    Jok belakang sudah ada headrest
  • What we dislike
    Fitur keselamatan minim, pengereman masih konvensional

Berita Daihatsu Ayla

Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer