• Wishlist

Menanti Perubahan Toyota Vios Baru

Toyota Vios baru sudah mengaspal di negeri tetangga. Seperti pewartaan kami sebelumnya, Vios atau yang di luar sana disebut Yaris sedan, dirakit di Indonesia untuk pasar ASEAN. Mengingat Indonesia masih bagian dari ASEAN, bukan tak mungkin Vios baru itu juga bakal diedarkan di Indonesia. Apa saja yang berubah pada Vios baru?



Pertama wajahnya. Melihat Yaris hatchback yang baru saja disegarkan, bahasa desain wajah baru, juga digunakan pada Yaris Ativ. Tentu dengan sedikit perbedaan, misal pada ornamen di bemper dan bingkai lampu kabut. Sayang Yaris hatchback masih memakai lampu depan halogen. Tak salah kalau berharap pada Vios baru nanti bisa memakai lampu LED proyektor, ditambah lampu siang hari LED dan lampu kabut. Sebagai perbandingan, Yaris Ativ juga masih memakai lampu halogen.


Desain buritan kurang lebih sama dengan Yaris Ativ, sedan di Thailand. Tentu dengan lampu belakang LED kombinasi. Sementara penampakan samping bakal mirip Vios sekarang, sedikit ada perbedaan pada lekukan bodi. Tampilan samping lain yang mungkin berbeda termasuk desain spion, pelek alloy 15 inci dan antena model sirip hiu.


Secara dimensi Vios anyar mungkin berubah. Seperti Yaris sedan yang meluncur di India, panjang dan lebar bertambah dibanding Vios yang saat ini masih diedarkan. Sementara jarak sumbu roda masih sama, 2.550 mm.


Bagian dalam bisa mengadopsi layaknya Yaris hatchback. Kursi dibungkus material kain untuk semua varian. Sedang lingkar kemudi dan tuas transmisi dibungkus material kulit. Desain dasbor, cluster instrument, odometer dan konsol tengah ikut direvisi. Layar sentuh untuk multimedia juga wajib pada Vios baru dan kekedapan kabin ikut ditingkatkan untuk kenyamanan. Lagi, itu semua bisa mengadopsi dari Yaris hatchback dan ditingkatkan untuk segmen yang lebih tinggi.


Berbeda dengan negara tetangga yang memakai mesin 1,2 liter, Vios baru nanti mempertahankan mesin 4-silinder 1,5 liter dual VVT-i. Yang berbeda bisa jadi transmisinya. Otomatis tetap CVT, sementara manualnya meningkat jadi 6-speed. Fitur mode berkendara eco dan sport bisa ditambahkan untuk Vios, lengkap dengan paddle shift untuk bersenang-senang maupun menunjang efisiensi.


Fitur safety harus meningkat. Berkaca pada Yaris hatchback, ada tujuh kantung udara, rem dengan ABS+EBD ditambah Brake Assist, kendali kestabilan dan traksi (VSC+TC) serta hill start assist.


Dengan ubahan desain dan penambahan fitur signifikan, Vios baru bakal meningkat drastis daya saingnya. Apalagi kalau harganya bisa ditekan dan regulasi pajak mobil sedan sudah direvisi, pasti jadi semakin menarik. Jadi kapan Toyota Vios baru menginvasi Indonesia? Kita nantikan saja kabarnya. (Tom/Van)


Baca Juga: Ubahan pada Toyota Vellfire Baru 

Jelajahi Toyota Vios

Toyota Vios Rp 319,25 - Rp 341,15 Juta Cicilan : Rp 7,28 Juta

Bandingkan & Rekomendasi