Small Sedan Paling Gres, Komparasi Toyota All New Vios Lawan MG 5 GT

Small Sedan Paling Gres, Komparasi Toyota All New Vios Lawan MG 5 GT

Segmen entry sedan atau sedan kecil semakin semarak dengan kedatangan All New Vios. Meski diakui oleh Toyota pasar sedan tidak lebih dari satu persen, namun tren positif penjualan tumbuh 4.100 unit pada 2022 hingga Agustus lalu. Angka ini meningkat dibanding hasil tahun lalu di angka 3.500 unit dalam waktu yang sama.

KEY TAKEAWAYS

  • Komparasi Toyota all new Vios lawan MG 5 GT

    Keduanya sama-sama produk segar yang baru meluncur
  • Ini juga yang diyakini MG saat menghadirkan 5 GT ke Tanah Air. Produk sedan entry level ini menawarkan beragam fitur dan keunggulan yang belum digarap merek-merek besar. Dua produk ini layak untuk disandingkan, pertama sebagai pendatang baru juga dengan tawaran teknologi serupa.

    Bicara harga, baik MG 5 GT dan All New Vios menawarkan banderol harga selisih tipis. MG 5 GT ditawarkan dalam tiga varian, Active dengan banderol Rp339,9 juta, Ignite seharga Rp369,9 juta dan Magnify dengan Rp399,9 juta. Vios ditawarkan lebih banyak varian. Mulai E MT (Rp314,9 juta), G CVT (Rp355,2 juta) dan G CVT TSS 9Rp368,4 juta). Ada juga pilihan premium color yang membuat konsumen menambah biaya sebesar Rp1,5 juta untuk varian G dan G TSS.

    vios

    Ekesterior & Desain

    Di atas kertas, MG 5 GT menawarkan dimensi panjang 4.675 mm, lebar 1.842 mm dengan tinggi 1.473 mm sampai 1.480 mm. Sedan ini menawarkan panjang sumbu roda sejauh 2.680 mm dengan ground clearence 138 mm. MG 5 GT menawarkan pelek berukuran 17 inci di varian teratas dan ukuran 16 inci di varian bawah.

    All New Vios sendiri menawarkan dimensi panjang 4.410 mm, lebar 1.740 mm dan tinggi 1.480 mm. Jarak sumbu roda sejauh 2.620 mm serta ground clearence setinggi 160 mm, terhitung cukup tinggi untuk ukuran sedan dan kemungkinan didapat dari penggunaan pelek 17 inci di varian teratas. Bicara data di atas kertas lainnya, All New Vios menawarkan radius putar sejauh 4,8 meter sampai 5,2 meter yang didapat pada varian CVT. MG 5 GT sendiri menawarkan jarak radius putar yang sedikit lebih jauh yakni 5,6 meter.

    Soal desain, MG 5 GT menawarkan pendekatan sport coupe empat pintu. Termasuk atraktif di kelasnya, dengan sudut tajam dan garis tegas berpadu mulai dari fasia depan hingga ke belakang. Digital flamming grille di depan mengingatkan pada produk British sport car lainnya dengan bahasa desain shark hunting yang meruncing. Headlamp LED projector yang meruncing berpadu pas dengan bemper depan yang hadir bersama air dam berukuran besar. Pelek berukuran 17 inci, di varian teratas, hadir dengan desain tomahawk two tone yang atraktif.

    5 GT

    Buritannya tak kalah menarik. Kaca belakang yang cukup rebah menampilkan siluet sport car coupe yang kental, terutama dengan desain pintu bagasi menyerupai duck tail di bagian ujungnya. Stoplamp dengan desain Leopard Claw LED menjadikan bagian belakang sedan ini makin ikonik plus tambahan muffler dan diffuser dibagian bawah. Soal warna, MG 5 GT ditawarkan dalam beberapa pilihan warna menarik. Ada light up yellow, scarlet red, artic white, silver metallic, metal ash grey dan black knight.

    Baca juga: Duel Mesin dan Fitur All New Toyota Vios vs Mazda 2 Sedan, Mana yang Pantas Dibeli?

    All New Vios kini lebih panjang, lebar dan rendah dari model lawas. Menawarkan pendekatan sporty dan powerful. Toyota menggunakan gaya Keen Look pada bagian depan dengan ciri khas grille trapezoid berukuran besar. Ini mengingatkan pada sedan Lexus yang lebih dulu menggunakan desain tersebut. Terdapat grille tipis melintang yang berpadu apik dengan headlamp L-Shape LED plus air dam berukuran besar di sudut bemper depan. Lekukan pada kap mesin juga garis tegas membuat kesan sedan bertenaga hadir di sini.

    Vios sendiri mengadopsi desain fastback jika dilihat dari samping. Ini juga diperkuat dengan jendela samping ketiga yan gmemperlihatkan desain kabin lebih mundur ke area belakang. Jendela belakang juga melandai hingga mendekati ujung bagasi, menghadirkan kesan simpel juga modern dan terasa mewah. Lampu belakangnya juga sudah LED L-shape, kini ditambah aura sporty dari diffuser, shark fin serta lubang udara di bagian ujung bemper belakang. Pilihan warna eksteriornya antara lain attitude black, gray metallic, metal stream metallic, platinum white pearl dan red metallic.

    MG 5 GT

    Interior

    Nuansa sporty kental pada interior MG 5 GT. Setidaknya ditemukan pada varian teratas. Beberapa kenyamanannya antara lain jok semi bucket seat, pengaturan elektrik enam posisi di pengemudi, material berbahan kulit dengan jahitan berwarna merah di hampir seluruh bagian kabin. Masih ada kehadiran digital instrumen cluster berukuran 7 inci di depan pengemudi, tombol di lingkar kemudi untuk pengaturan audio dan fitur cruise control, serta 3D diamond pattern pada dasbor. Meter cluster ini juga menampilkan beragam informasi seputar kendaraan termasuk dynamic driving management.

    Layar hiburan berukuran 10 inci hadir sebagai perhatian utama. Head unit ini disambungkan dengan enam buah speaker di seluruh kabin untuk varian Ignite dan Magnify dan 4 speaker untuk varian Activate. Kemampuan sambungan telepon hadir lewat bluetooth serta Apple Carplay dan Android Auto. Masih ada sunroof, electric parking brake dengan auto hold, mode berkendara dan kehadiran kamera 360 derajat yang disajikan pada head unit. Hadir juga tiga USB port untuk kemudahan pengisian daya gawai bawaan penumpang. Kenyamanan lain hadir dari pengatuan AC digital serta lubang AC untuk penumpang baris belakang. Terdapat filter udara dengan spesifikasi PM 2.5 untuk kenyamanan sepanjang perjalanan, tambahan tombol start stop, serta power window di semua jendela. Konfigurasi tempat duduk juga bisa diubah untuk keperluan ruang bagasi yang lebih besar.

    Beralih ke All New Vios. Perubahan signifikan juga dirasakan pada interiornya. Jika pada model lawas terkesan membulat, kini interior Vios terbaru lebih mengotak dengan garis tegas yang menghadirkan kesan elegan juga modern. Sekilas mengingatkan desain baru Avanza, dan Raize lewat kehadiran head unit floating dan lingkar kemudi 3-spoke. Interiornya dominan warna gelap dengan silver lining di bagian tengah.

    All New Vios

    Pada model terbaru ini mudah dijumpai bahan soft touch di dasbor juga door trim, serta pada bagian panel instrumen, knee pad dan arm rest di pintu dan konsol tengah. Desain area pengemudinya dibuat driver oriented, terlihat dari area tengah dasbor yang mudah dijangkau serta terdiri dari tombol taktil yang mudah dioperasikan.

    Soal fitur, terdapat layar 7 inci TF dan speedometer digital LED yang dilengkapi MID di bagian pengemudi. Layar digital ini bisa diubah tampilan antarmukanya ke empat pola sesuai pilihan. Bagian tengah dasbor hadir layar sentuh 9 inci model floating dengan fitur sambungan Apple Carplay dan Andorid Auto. Masih ada fitur electric parking brake, serta pilihan mode berkendara Eco, Normal dan Sport di lingkar kemudi. Hadir juga fitur air purifier untuk kualitas udara di kabin, dan kamera belakang untuk kemudahan parkir.

    Fitur

    Kini bicara mengenai fitur dan teknologi. MG 5 GT menawarkan suspensi depan Independent MacPherson dengan stabilizer bar serta suspensi belakang dengan torsion beam. Soal pengereman, sisi depan menggunakan cakram berventilasi dan belakang menggunakan tromol. Pengeremannya sudah menggunakan fitur ABS, EBD dan BA sebagai standar serta kenyamanan lewat electric parking brake dengan fitur auto hold.

    5 GT

    Fitur keselamatannya hadir dengan penggunaan platform space frame yang diklaim ringan, rigid dan memberikan perlindungan saat tabrakan. Hadir juga enam titik airbag yang terdapat di depan, samping dan bagian tirai. MG 5 GT juga menghadirkan electronic differential system, stability control system, hill start assist system dan emergency stop signal. Masih ada fitur yang merupakan bagian dari ADAS seperti rear driver assistance system, blind spot detection, lane change assist, rear cross traffic alert, serta rear collisin warning sebagai standar keselamatan. MG 5 GT juga menyediakan fitur ISOFIX, speed sensing door lock, sabuk pengaman tiga titik, kamera belakang dan kamera 360 derajat, immobilizer, juga sensor belakang.

    Beralih ke All New Vios. Soal pengereman, sedan ini menggunakan cakram berventilasi berukuran 15 inci di depan. Varian G menggunakan cakram solid dengan electric parking brake untuk pengereman belakang sedangkan varian E menggunakan tromol. Sedan kecil ini menggunakan platform yang dikembangkan oleh Daihatsu yakni D-NGA. Sayangnya tidak ada informasi mengenai suspensi yang digunakan.

    Soal fitu keamanan, Vios mendapat peningkatan besar lewat kehadiran Toyota Safety Sense. Terdapat sembilan fitur safety yang terdiri dari pre-collision warning dan braking assist, pedal misoperation control, lane departure warning, lane departure prevention, auto high beam, blind spot monitoring, rear cross traffic alert, adaptive cruise control dan front departure alert. Masih ada fitur pengereman ABS, EBD, dan BA serta traction control, dual airbag, parking sensor, kamera belakang, hill start assist dan vehicle stability control.

    All New Vios

    Tambahan, Toyota juga memberikan fitur telematik yakni T Intouch. Fitur ini menghubungkan kendaraan dengan smartphone. Fitur ini terdiri dari kemampuan find my car, geofencing, e-care, trip driving update, road assistance dan support center.

    Performa

    Sedan MG 5 GT menawarkan mesin DOHC 4 silinder VTi-Tech 1.498 cc Multi-point Fuel Injection. Mesin ini menghasilkan tenaga 114 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi 150 Nm pada putaran 4.500 rpm dengan ukuran bore stroke 75 x 84,8. Sedan ini ditawarkan dengan satu pilihan transmisi yakni CVT 8-speed. MG 5 GT juga menawarkan tiga pilihan gaya berkendara yang berpengaruh pada beratnya lingkar kemudi yakni mode Urban, Normal dan Dynamic.

    Pada All New Vios, mesinnya menggunakan model baru 2NR-VE, tipe yang sama digunakan pada Veloz dan Avanza anyar. Mesin 4 silinder in-line 16 katup DOHC Dual VVT-i berkubikasi 1.496 cc ini menghasilkan tenaga 107 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm serta ukuran bore stroke 72.5 x 90,6. Tenaganya disalurkan ke roda depan dengan pilihan transmisi manual lima percepatan dan CVT. Mesin ini selain diklaim lebih bertenaga dari model lawas juga lebih irit dengan klaim konsumsi 1 : 20 km per liter dari sebelumnya 1: 17 km per liter. Vios juga menyediakan mode berkendara Eco, Power dan Normal yang bisa dipilih pada tombol di lingkar kemudi.

     

    Simpulan

    Di atas kertas, kedua model ini memberikan berbagai kelebihan yang bisa dipilih konsumen. Bicara desain, MG 5 GT memberikan pendekatan menarik di antara segmen entry level sedan. Soal fitur, All New Vios dengan beragam teknologinya yang melompat jauh dari versi terdahulu jelas tidak bisa diacuhkan. Terakhir soal harga, keduanya memberikan selisih yang cukup dekat meski patut diakui, MG 5 GT menjadi yang termahal untuk kategori varian teratasnya. (STA/TOM)

    Baca juga: Toyota Vios G CVT TSS vs Honda City, Rival Abadi Kembali Bertarung

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Komparasi Toyota Vios vs MG 5 GT

    Toyota Vios
    • Rp 314,9 - 368,4 Juta
    MG 5 GT
    • Rp 339,9 - 399,9 Juta
    Vios vs 5 GT

    IMOS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Bandingkan & Rekomendasi

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature