Mana Lebih Lengkap, Fitur Keselamatan Wuling Cortez atau Kijang Innova?

Mana Lebih Lengkap, Fitur Keselamatan Wuling Cortez atau Kijang Innova?

Tahun depan, Toyota Kijang Innova punya pesaing baru. Wuling Cortez yang bakal meluncur kuartal pertama tahun depan, siap menggertak kenyamanan Innova di pangsa pasar otomotif Indonesia. Mobil ini bertabur fitur yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

fitur lengkap di Cortez

Impresi pertama mengenal Cortez, menunjukkan fitur yang lebih lengkap dari Innova. Kali ini kami coba bandingkan keduanya, terutama pada fitur keselamatan. Silakan simak bahasannya. 

Ada fitur Sama yang terdapat di kedua mobil ini. Seperti Electronic Control System (ESC) pada Cortez. Fitur ini berfungsi menjaga kestabilan berkendara secara otomatis saat ada indikasi pengemudi kehilangan kendali baik saat oversteer atau understeer. Fitur serupa juga ada di Innova, namun memiliki nama berbeda, Vehicle Stability Control (VSC). Tapi, hanya Innova tipe Q diesel yang dilengkapi fitur ini. Semenjak Q diesel discontinue dan digantikan Venturer, otomatis Innova biasa tidak punya kontrol stabilitas.

 

Sistem pengereman Cortez juga unggul dari Kijang Innova. Rem depan sama-sama cakram, namun rem belakang Cortez sudah cakram, sementara Innova masih tromol. Keduanya sudah dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD). Brake Assist (BA) ada di Cortez, tapi tak ada di Innova. Fitur ini dapat membantu pengereman lebih maksimal, dikombinasikan dengan ABS dan EBD.

Harga Wuling Cortez

Peranti dual SRS airbag menjadi standar di semua tipe. Cortez ditambahkan side airbag sedangkan Innova punya airbag untuk melindungi lutut. Side airbag di Innova, hanya ada di tipe Q. Kedua mobil punya ISOFIX dan Immobilizer yang berfungsi mencegah pencurian serta rear parking camera. Kecuali Innova tipe G yang minus fitur anti maling tersebut.

Sensor parkir Cortez lebih banyak dibanding Innova. Bagaimana tidak, sensor di Innova hanya ada di bagian belakang dengan empat titik. Sedangkan Cortez, selain di buritan, juga ada di depan dengan dua titik terletak di ujung bemper.

Menariknya, ada beberapa fitur yang ada pada Cortez, tapi tidak ada di Innova. Misal Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Fitur ini memberikan informasi tekanan angin ban dalam satuan bar yang dapat dipantau pada layar MID. Hebatnya tidak hanya tekanan angin yang dicantumkan, ada juga suhu ban.  

Cortez juga memiliki fitur Electric Parking Brake (EPB) yang tidak ada di Innova. Rem tangan modern yang beroperasi secara elektrik, tidak lagi berupa tuas yang merepotkan. Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup menarik ke atas tombol di sisi bawah transmisi.

Selain itu, Cortez punya Automatic Vehicle Holding (AVH). Fitur pengereman otomatis untuk menjaga mobil tetap berhenti pada jalanan menanjak atau menurun. Untuk mengaktifkannya, cukup tekan tombol tepat di bawah EPB. Belum selesai sampai disitu. Wuling juga memberikan fitur Traction Control System (TCS) pada Cortez. Fitur ini mencegah roda selip ketika berjalan di permukaan yang licin atau genangan air.

Secara keseluruhan, fitur keselamatan pada Cortez memang jauh lebih lengkap dibanding Innova. Jadi, sebuah pilihan baru bagi konsumen yang tengah mencari mobil keluarga aman. Apalagi, kalau Wuling menjual Cortez di kisaran harga Rp 200 jutaan. (Dir/Odi)

Baca Juga: Komparasi Mesin Wuling Cortez dan Toyota Kijang Innova

Komparasi Wuling Cortez vs Toyota Kijang Innova

Wuling Cortez
  • Rp 219,8 - Rp 277 Juta
Toyota Kijang Innova
  • Rp 326,4 - Rp 484,5 Juta
Cortez vs Kijang Innova

Model Mobil Wuling

  • Wuling Almaz
    Wuling Almaz
  • Wuling Cortez CT
    Wuling Cortez CT
  • Wuling Confero S
    Wuling Confero S
  • Wuling Formo
    Wuling Formo
  • Wuling Almaz RS
    Wuling Almaz RS
  • Wuling Cortez
    Wuling Cortez
  • Wuling Confero S 2021
    Wuling Confero S 2021
Mobil Wuling

Jangan lewatkan

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Wuling Cortez Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Wuling Cortez

Bandingkan & Rekomendasi