jakarta-selatan

Komparasi Mesin Wuling Cortez 1,8 dan Toyota Kijang Innova 2,0

  • 18 Des, 2017
  • 5053 Kali Dilihat

MPV menengah terbaru Wuling Cortez sudah diperkenalkan. Belum langsung dijual memang, tapi sudah langsung menantang sang raja, Toyota Kijang Innova. Tak banyak yang bersaing dengan Innova di Indonesia. Kalaupun ada, model bodinya sedikit berbeda. Nah Wuling Cortez yang paling dekat kalau dari wujud. Bagaimana dengan mesinnya? Yuk intip perbandingannya.


Mesin Wuling Cortez


Wuling Cortez menggendong mesin bensin 4-silinder, 1,8 liter (1.798 cc) DOHC. Semburan tenaga maksimalnya 129 hp pada 5.600 rpm dan torsi puncak 174 Nm tersedia di rentang 4.600 - 5.600 rpm.  Kabarnya mesin Cortez merupakan teknologi General Motors (GM) yang dikembangkan sendiri oleh Wuling di Cina. 


Distribusi tenaga dipercayakan pada transmisi otomatis i-AMT (Intelligent Automated Mechanical Transmission) 5-speed dan bisa dioperasikan manual. Tersedia juga pilihan mode berkendara Eco (E) atau Sport (S). Oh ya, sistem geraknya roda depan. 


spesifikasi mesin wuling cortez


Untuk Anda yang masih asing dengan i-AMT. Ini merupakan girboks semi otomatis seperti milik Suzuki Karimun Wagon R AGS yang dipercanggih. Sensasi jeda perpindahan gigi yang jadi distraksi khas-nya pun tereduksi dengan sistem Wuling. Unit transmisi ini merupakan kreasi dari AISIN, yang sudah ada manufakturnya di Indonesia.


Toyota Innova punya pilihan mesin bensin 4-silinder 2.0 liter (1.998 cc) Dual VVT-i. Daya maksimalnya 137 hp pada 5.600 rpm dan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm. Penyalur daya ada pilihan manual 5-speed atau otomatis 6-speed dengan Sport Sequential Switchmatic untuk perpindahan manualnya. Transmisi itu menyalurkan daya ke penggerak roda belakang.


spesifikasi mesin innova


Dari segi tenaga dan torsi jelas Innova unggul, karena memang mesinnya juga lebih besar. Sedang untuk hemat bahan bakar Cortez menjagokan Variable Valve Technology (VVT) pada camshaft intake. Respon pedal gas disalurkan via throttle by wire. Cukup ketinggaan dibanding Innova yang punya katup variabel ganda atau Dual VVT-i. Bahkan ada turbocharged untuk unit mesin dieselnya. 


Bagaimana soal perbandingan performanya? Sayangnya harus dicoba dulu secara langsung untuk bisa membandingkan performa mesin Wuling Cortez melawan Toyota Innova. Yang pasti perbedaan penggerak roda, dimensi mobil, bobot dan daya muat kabin penumpang maupun bagasi, punya pengaruh pada performa mesin Wuling Cortez. Perbandingan harga dan mesin yang digendong, juga bisa jadi pertimbangan yang menarik. Lagi, masih harus menunggu harga jual resmi Cortez dari Wuling.


Nantikan update selanjutnya tentang MPV terbaru Wuling Cortez dari kami. (Tom/Van)


Baca Juga : Ini Daftar Fitur Keren Wuling Cortez (Galeri Foto)

Komparasi Kijang Innova vs Cortez

Toyota Kijang Innova
Rp309,85 - Rp412,55 Juta
  • Mesin
  • Tempat Duduk
  • Tenaga
VS
Wuling Cortez
Rp202,8 - Rp271 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
Kijang Innova vs Cortez
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Komparasi