GIIAS 2018: Membandingkan Performa Honda Brio RS vs Suzuki Ignis Sport Edition

GIIAS 2018: Membandingkan Performa Honda Brio RS vs Suzuki Ignis Sport Edition
Gambar
Review Pengguna

GIIAS 2018 menyajikan sebuah produk (pembaruan) baru, Honda Brio generasi kedua. Varian RS, tipe paling mewah dengan gaya yang lebih sporty dan tidak masuk dalam skema LCGC. Kondisi itu membuatnya layak diklasifikasikan sebagai City Car. Membandingkannya dengan ‘Raja City Car’ Suzuki Ignis, menjadi menarik.



Ya, Suzuki baru saja mengklaim, Ignis adalah mobil dengan penjualan terbaik di kelasnya. Bagaimana tidak, penjualan semester satu 2018 berhasil diharumkan dengan angka distribusi 14.157 unit. Angka ini mengalami kenaikan signifikan hingga 199,7% dari tahun lalu.


Atas dasar itu, mengomparasikan Brio RS dengan Ignis Sport Edition, bisa jadi menarik. Pertama, desain keduanya memang mengusung nuansa sporty yang paling mencerminkan aura masing-masing merek.


Di sektor mesin, kapasitas yang mirip juga diaplikasikan oleh keduanya. Brio RS masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya. Unit 4-silinder 1,2 liter i-VTEC mampu menghasilkan tenaga hingga 90 PS dengan torsi 110 Nm.



Pilihan transmisi yang tersedia untuk Brio RS, bagi kami jauh lebih canggih dari Suzuki Ignis. Honda mempercayakan girboks matiknya yang bersistem CVT. Jenis transmisi otomatis ini andal menyalurkan tenaga dengan halus. Meski demikian, ia tak mempunyai fungsi perpindahan gigi layaknya CVT yang digunakan CR-V atau Civic. Selain matik, ada pula manual yang sangat khas Honda. Girboks manual 5-speednya memiliki sistem pengoperasian yang ringan dan jarak perpindahan yang pendek. Tentu itu unggul dalam hal kemudahan pengendaraan


Ignis menggunakan unit mesin K12M. Mesin ini sama-sama memiliki kubikasi 1,2 liter, namun tenaganya hanya 83 PS, defisit 7 PS dari Honda. Meski demikian, torsinya lebih tinggi, 113 Nm. Namun apakah defisit itu berpengaruh ke performanya? Tentu butuh pengujian dan komparasi lebih lanjut.



Di sektor transmisi, Ignis mempercayakan tipe otomatisnya pada sistem Auto Gear Shift (AGS). Girboks ini memang tidak secanggih dan senyaman CVT dalam penggunaan. Tapi asyiknya, perawatan girboks matik Ignis lebih mudah dan murah dibanding CVT maupun otomatis konvensional. Belum lagi AGS memiliki fitur perpindahan gigi manual. Mendapatkan gigi demi putaran yang cocok dengan kebutuhan pengendaraan, pun sangat mudah.


Harga Ignis Sport Edition Rp 154,5 juta (MT) dan Rp 164,5 juta AGS. Nominal itu lebih murah dari Brio RS terbaru. City Car Honda non LCGC dihargai Rp 175 juta untuk transmisi manual dan Rp 195 juta transmisi CVT. Beda harganya terpaut banyak, yang semesti lebih cocok mengadu Brio RS dengan Ignis tipe GX. (Van/Odi)


Baca Juga: Honda Brio Satya VS Agya-Ayla, Mana Yang Terbaik?

Komparasi Honda Brio vs Suzuki Ignis

Honda Brio
  • Rp 148,4 - Rp 202,2 Juta
Suzuki Ignis
  • Rp 171 - Rp 200 Juta
Brio vs Ignis

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store