Inilah Mobil 7-Seater Termurah Di Indonesia

Inilah Mobil 7-Seater Termurah Di Indonesia

Memilih mobil tidaklah sulit. Selama harganya terjangkau, dan muat banyak penumpang, segalanya pun bisa lebih mudah. Paling tidak itu paradigma yang masih berkembang di masyarakat Indonesia ketika memilih mobil.

Melihat realita itu, kami pun tertarik mengumpulkan mobil-mobil 7-seater dengan harga termurah yang beredar di Indonesia hingga tanggal 4 april 2016. Kami sempat berpikir bahwa pilihannya hanya akan jatuh pada mobil-mobil low MPV yang memang sudah mengkomposisikan bentuk dan harganya untuk 7-seater dengan paket harga terjangkau.

Data ternyata bicara lain, selain mobil dari genre low MPV, ada juga mobil Low Cost Green Car, ada pula mobil MPV berpintu geser, bahkan ada SUV dengan kapasitas 7 penumpang yang harganya kompetitif.

Berikut kami sajikan mobil-mobil 7 penumpang paling murah yang ada di Indonesia.

Datsun GO + Panca (Tipe T, Rp 109,85 juta)

Go+ bermesin 1,2 liter

Datsun GO+ Panca memang masuk dalam program LCGC (Low Cost Green Car) yang dicanangkan pemerintah. Pembebasan Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) membuat harga on the roadnya terjangkau bagi masyarakat. Karenanya jangan heran meski daya angkutnya 7 penumpang,harganya tetap paling murah yakni Rp 94,6 juta(Tipe D).

Dari seluruh dunia pun, Indonesia-lah yang dipilih oleh prinsipal Datsun untuk world premiere GO+ Panca. Bukan tanpa alasan, pasar Low MPV yang tinggi dijadikan motif untuk merilisnya di Tanah Air.

Berbagi basis dengan Datsun GO Panca, GO+ Panca merupakan versi bodi panjang dari GO Panca. Sehingga akomodasi GO Panca yang tadinya hanya mampu mengakomodir 5 penumpang, jadi bisa mengangkut dua penumpang lebih banyak berkat tambahan bangku di baris ketiga.

Memang bangku belakang tak bisa mengakomodir tubuh orang dewasa untuk duduk nyaman, tapi paling tidak, lebihnya bangku bisa dimanfaatkan untuk mengangkut anak kecil. Jadi, sah saja jika ia dikategorikan sebagai MPV 7-Seater.

Jika Anda ingin MPV Datsun 7-seater dengan harga termurah dibanding kompetitor, kami menyarankan Anda melirik tipe T dengan harga Rp 109,85 juta. Di tipe ini fiturnya kami sebut paling standar, bukan minimalis.

Sebab mulai di tipe inilah Datsun GO+ Panca ditawarkan dengan AC dan Electric Power Steering (EPS). Sebenarnya ada tiga tipe lagi di bawahnya, D, A, dan A Option. Namun ketiganya tak hadir dengan EPS, bahkan tipe D yang harganya RP 94,6 juta hadir tanpa AC.

Bermodalkan unit mesin yang sama dengan March 1.2 L, Datsun GO+ Panca merupakan MPV dengan mesin terkecil baik itu secara kapasitas maupun jumlah silinder. Transmisi manual 5-percepatan adalah satu-satunya pilihan jika Anda melirik Datsun GO+ Panca.

Suzuki New Ertiga (Tipe GA M/T Rp 183 juta)

Ertiga GA varian ertiga paling bawah

Sejak pertama diluncurkan, memang Ertiga sudah mengacak gelombang Low MPV yang dimulai Toyota Avanza- Daihatsu Xenia. Mereka menggunakan mesin 1,4 liter yang notabene lebih kecil, dan disalurkan lewat penggerak depan.

Strategi awalnya pun cukup unik, yakni hanya menyediakan varian bertransmisi manual. Baru beberapa waktu kemudian, varian bertransmisi otomatik 4-percepatan diluncurkan. Mesin K14B yang juga digunakan Suzuki Swift mampu menelurkan daya hingga 92 ps dengan torsi 130 Nm. Efisiensi dan performanya dijaga oleh perangkat katup variabel.

Dengan brand Suzuki yang terkenal terjangkau harga sparepart dan jaringan aftersales yang luas, Ertiga pun langsung menyentuh banyak lapisan masyarakat. Nah saat ini di Tanah Air, varian New Ertiga termurah harganya Rp 183 juta. Harga ini untuk New Ertiga dengan tipe GA bertransmisi manual.

Mobil yang dulu bernama R3 Concept ini mengandalkan mesin yang irit, karena kapasitas yang lebih kecil dari para kompetitor, juga ruang kabin yang lapang di kelasnya.

Bantingan suspensinya juga lebih empuk dari Avanza sekalipun berkat suspensi MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam di belakang. Hal ini membuat banyak keluarga Indonesia menjatuhkan pilihan padanya. Tak heran jika dari tahun ke tahun, penjualan Ertiga di kelasnya selalu masuk lima besar.

Untuk fitur sebenarnya tak banyak yang spesial dari New Ertiga. Headunit terintegrasi dan kunci immobilizer adalah satu-satunya fitur yang menarik. Beda tentunya dengan New Ertiga Dreza. Yang sudah menggunakan headunit double din dengan layar terbesar di kelasnya mencapai 9 inci, tapi harganya mencapai Rp 236,5 juta.

Daihatsu Great New Xenia 1.0 (Tipe D M/T, Rp 155,65 juta)

Xenia salah satu pilihan terjangkau

Daihatsu Xenia adalah sosok Low MPV yang baru saja melakukan penyegaran dengan peluncuran Great New Xenia. Perubahan besar-besaran dilakukan untuk membuat MPV ini lebih layak tarung dengan kompetitornya.

PT Astra Daihatsu Motor sebenarnya memproduksi Xenia-Avanza dengan output tiga jenis mesin. 1,0 liter, 1,3 liter, dan 1,5 liter. Untuk mesin 1,3 liter dan 1,5 liter sudah mengadopsi sistem klep pengaturan pembakaran yang baru yakni Dual-VVTi.

Sedangkan unit mesin 1,0 liter masih tetap menggunakan mesin katup variabel tunggal yang sama dengan sebelumnya dengan output 68 ps, sama seperti mesin 3-silinder yang digunakan oleh Astra Daihatsu Ayla.

Tapi urusan tampilan dan kenyamanan, tentu sudah mengalami revisi seperti varian lainnya. Tampilan eksteriornya lebih sporti dan lebih segar. Kenyamanan juga diperbaiki dengan suspensi baru yang lebih apik redamannya.

Tentu saja sebagai varian terbawah dengan harga Rp 155,65 juta, tipe D bertransmisi manual tak menawarkan banyak fitur mewah. Pelek masih menggunakan baja 13 inci dilapis dop. Namun meski termurah, tentunya AC, Electric Power Steering, Power Window, pelipatan jok kedua yang praktis sudah tersedia.

Fitur yang jadi catatan kami terpangkas dan terbilang signifikan hanya headunit dan speaker saja yang pada unit tipe D ditanggalkan. Oh ya, jangan lupa, dual SRS Airbag sudah tersedia di varian termurah ini.

Toyota Grand New Avanza 1.3 (Tipe E M/T Rp 184,2 juta)

Avanza pilihan populer MPV Indonesia

Dari kubu Toyota, Grand New Avanza 1.3 E M/T adalah 7-seater termurah yang dijual di Indonesia. Namun walau termurah, tampilan dan fiturnya sama sekali tak mencerminkan mobil yang murahan. Hal ini cukup wajar soalnya di DKI Jakarta, banderolnya Rp 184,2 juta.

Pada Avanza yang sudah mengalami banyak ubahan ini, Anda bisa mendapatkan mesin canggih 1,3 liter 4-silinder bertenaga 96,5 ps dengan teknologi Dual-VVTi. Aplikasi katup variabel ini membantu Avanza untuk mendapat efisiensi dan performa yang lebih baik dari mesin generasi sebelumnya.

Pihak Toyota juga menyebut perbaikan pada sistem peredaman kabin membuat Avanza saat ini lebih kedap dan berimbas pada kenyamanan penumpang.

Bahkan untuk menaikkan tingkat keselamatan Avanza, semua tipenya telah disematkan peranti Antilock Braking System dan seatbelt tiga titik bahkan untuk penumpang tengah di baris kedua. Oh ya, dual SRS Airbag, tether Isofix dan pretensioner seatbelt serta immobilizer sudah tersedia sejak tipe E.

Meski merupakan varian termurah, namun Grand New Avanza varian ini sudah menggunakan pelek alloy 14 inci dengan desain baru dan tentunya tampilan muka yang segar ala Avanza generasi ini. Kalaupun ada fitur yang kurang pada eksterior hanyalah foglamp.

Sedangkan di dalam kabin, head unit 2DIN yang bisa memutar berbagai sumber lagu sudah tersedia. Walau tanpa layar berwarna untuk memainkan video, tapi untuk menghibur seluruh keluarga dengan musik kesukaan tentu sudah cukup.

Daihatsu New Terios (Tipe X M/T, Rp 190,9 juta)

Terios X satu-satunya SUV tujuh penumpang yang murah

Jangan lupa, Daihatsu juga memiliki pilihan SUV dengan kapasitas 7-seater. Karenanya kami juga menghadirkannya dalam bahasan kali ini. Daihatsu Terios adalah SUV termurah yang ada di Indonesia dan memiliki kapasitas penumpang hingga 7 orang dewasa.

Dengan Rp 190,9 juta, New Terios yang bertenaga 109 PS hanya ditemani oleh transmisi manual 5 percepatan. Ini tentu harus Anda pertimbangkan jika Anda ingin menjadikannya moda utama di dalam kota. Kecuali jika Anda berniat menjadikannya alat transportasi kala weekend ke luar kota, maka tak jadi masalah.

Meski termurah, namun fitur keselamatan seperti Dual SRS Airbag masih tersedia. Jikapun ada yang dipangkas hanya pendukung pengereman seperti ABS. sedangkan AC, power window, dan power steering tentunya sudah tersedia. Bahkan meski termurah, AC nya tetap disajikan dengan format double blower.

Ini tentu menjadi nilai tambah. Namun, jika memilih mobil ini, spesifikasinya tak menyebutkan ada perangkat head unit tersemat. Tampilan eksterior juga tak dilengkapi dengan warna two tone di beberapa bagian. Bahkan pelek masih mengadopsi pelek baja.

Honda New Mobilio (Tipe S M/T, Rp 180,5 juta)

Mobilio paling bertenaga

PT Honda Prospect Motor sebagai Agen Pemegang Merek Honda di Indonesia hanya memiliki Honda Mobilio sebagai kendaraan berkapasitas 7 penumpang yang harganya terkangkau.

Dengan nilai Rp 180,5 juta, Mobilio tipe S, yang hanya hadir dengan transmisi manual lah yang bisa diboyong jika Anda ingin membesut mobil bermerek Honda.

Namun meski murah dan bertransmisi manual, mobil inilah 7-seater yang kami catat paling murah dan paling bertenaga. Mesin 1,5 liternya mampu mendongkrak daya hingga 118 PS dan torsi hingga 145 Nm.

Dengan transmisi manual tentu asyik mengendarainya baik itu di perkotaan maupun ke luar kota. Apalagi transmisi manualnya memang sangat presisi dan mengasyikkan untuk melakukan shifting.

Asyiknya, karena sudah model facelift, maka interior Mobilio yang Anda tebus nanti sudah lebih bergaya dibanding Mobilio sebelumnya. Bahkan pengaturan AC nya sudah dgital. AC Digital ini bahkan satu-satunya di kelasnya. Nuansa kabin pun kian mewah dengan desain dasbor baru.

Nah, AC tersebut menghembuskan anginnya lewat double blower yang terintegrasi dengan atap. Untuk komposisi kabin, konfigurasi bangku Mobilio memang terbilang unik.

Bangku depan berformat semi bucket, sehingga headrest menyatu dengan sandaran jok. Sedangkan proses pelipatan bangku baris kedua mudah, hanya dengan satu sentuhan.

Untuk hiburan penumpang, tentunya Honda masih memberikan headunit pemutar CD,USB, AUX-IN untuk memutar lagu saja.

Daihatsu New Luxio (Tipe D M/T Rp 171,6 juta)

Luxio salah satu alternatif mpv murah

Daihatsu memang mengerti betul pangsa pasar Indonesia. Karenanya mobil-mobilnya banyak yang harganya murah dan memiliki kapasitas bangku hingga 7 orang, bahkan 8 orang jika salah satu dari penumpang ada yang masih kecil.

Bahkan untuk tipe MPV boxy seperti Luxio, harganya pun masih terjangkau. Yakni Rp 171,6 juta. Itu adalah harga untuk Daihatsu Luxio tipe D.

Tak banyak fitur yang bisa diandalkan dari Luxio. Headunit hanya single din dengan kemampuan memutar lagu dari berbagai sumber. AC pun hanya single blower. Dan pelek masih mengandalkan material baja dengan ukuran 15 inci.

Tapi meski minim fitur, ini adalah MPV dengan pintu geser yang paling murah. Mesin 3SZ-VW DOHC dengan katup variabel VVT-I juga bisa diandalkan bermodal tenaga 97 PS dari 4-silinder 1,5 liternya. Tentunya di harga ini, hanya transmisi manual yang bisa menemani mesin tersebut.

Baca Juga: Deretan Hatchback Ini Punya Fitur Unik

Foto: Dari Berbagai Sumber

Jelajahi Toyota Avanza

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil

Bandingkan & Rekomendasi