Perbandingan Kekuatan Motor Elektrik Kia EV6 GT-Line Lawan Toyota bZ4X

Perbandingan Kekuatan Motor Elektrik Kia EV6 GT-Line Lawan Toyota bZ4X

 

KEY TAKEAWAYS

  • Spek Kia EV6 tampak lebih superior dibanding Toyota bZ4X

    Plus penggerak AWD, dengan tenaga dan torsi lebih besar menghasilkan akselerasi cepat
  • Kia EV6 GT-Line akhirnya dilepas juga ke pasar. Harga jualnya cukup mencengangkan, Rp1,299 miliar. Jika dilihat dari harga, maka ia berhadapan langsung dengan Toyota bZ4X. yang dibanderol Rp1,19 miliar on the road Jakarta. Bedanya ternyata besar, sampai Rp109 jutaan. Segmennya sama, EV crossover, membidik kaum urban berdompet tebal. Nah, kami tertarik membedah dulu bagian powertrain. Mana yang paling bertenaga? Mana yang paling jauh daya jelajahnya?

     

    Motor Penggerak

    Kia EV6 GT Line

    Sebagai kendaraan listrik murni, Kia EV6 GT-Line berpijak di atas platform New Electric Global Modular Platform (E-GMP) terbaru dari Hyundai Motor Group. Mobil dilengkapi dengan dual motor dan sistem penyaluran ke roda, All Wheel Drive (AWD). Keluaran tenaga instan mencapai 320 Hp atau 324,4 PS dan torsi puncak 605 Nm. Lari cepat dari 0-100 kpj tuntas dalam hitungan 5,2 detik.

    Toyota bZ4X memberikan daya maksimal 150 kW (204 PS). Momen puntir instan 266 Nm sangat membantu akselerasi kendaraan. Sistem gerak pakai Front Wheel Drive (FWD). Pengendalian diklaim amat menyenangkan dan presisi. Sebab sebagian besar torsi maksimum tersedia dari (putaran mesin) rpm bawah. Tidak ada banyak hambatan, karena energi kinetik langsung dilempar ke roda depan. Untuk mengilat dari 0-100 kpj cuma butuh tempo 7,5 detik. Tapi keluaran power sangat timpang dari kepunyaan Kia EV6 GT-Line.

    Baca Juga: Pilihan EV Banderol Rp1 Miliar Rasa KTT G20, Toyota bZ4X atau Lexus UX 300e

     

    Kapasitas Baterai dan Daya Jelajah

    bZ4x design

    EV6 GT-Line pakai baterai berkapasitas 77,4 kWh dan 800 volt. Klaim perusahaan, mobil sanggup melaju sejauh 506 kilometer. Untuk pengisian daya baterai, dibutuhkan waktu 7 jam apabila menggunakan pengisian daya Wall Charger berarus AC, berdaya 11 kW. Sementara jika via Fast Charging DC dengan daya 50 kW. Hanya butuh 73 menit dari 10 hingga 80 persen. Bahkan bisa isi lewat DC Ultra-fast Charging berdaya 200 kW lebih. Mengecas hingga 80 persen dalam waktu 18 menit.

    Di lantai bZ4X, terpasang baterai lithium ion 71,4 kWh dan 355 volt. Untuk pengisian cepat hingga 80 persen hanya 30 menitan saja. Sedangkan pengecasan di rumah hingga penuh sekitar 9 jam. Soal daya jelajah, tipe paling murah sanggup berkelana hingga 500 km. Terus tersedia mode berkendara, ada Eco, Normal dan Snow. Kalau di EV6 GT-Line ada Eco, Normal, Sport serta Snow.

    Baik Toyota bZ4X maupun Kia EV6 GT-Line sudah memiliki perangkat keamanan gabungan. Atau familier dengan sebutan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Keduanya juga mengantongi fitur Park Assist yang memudahkan Anda. Bisa parkir otomatis. Lantas kenapa harganya lebih mahal dari Hyundai Ioniq 5? Karena mobil bukan dirakit di sini. Sehingga unit kena bea masuk (impor) dan PPnBM 15 persen. Nah, kalau ditimbang dari segala hal, rasanya EV6 GT-Line lebih layak dipilih dari produk Toyota. (ALX/ODI)

     

    Baca Juga: KIA Resmi Jual EV6 GT-Line, Banderol Lebih Mahal dari Toyota bZ4X

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Komparasi Kia EV6 vs Toyota bZ4X

    Toyota bZ4X
    • Rp 1,19 Milyar
    EV6 vs bZ4X

    Model Mobil Kia

    • Kia Sonet
      Kia Sonet
    • Kia Grand Carnival
      Kia Grand Carnival
    • Kia Seltos
      Kia Seltos
    • Kia Carens
      Kia Carens
    • Kia K2700
      Kia K2700
    • Kia EV6
      Kia EV6
    Mobil Kia

    IIMS 2023

    Anda mungkin juga tertarik

    Bandingkan & Rekomendasi

    Artikel Mobil Kia EV6 dari Carvaganza

    Artikel Mobil Kia EV6 dari Zigwheels

    • Motovaganza