Suzuki Ertiga Dreza

Rp 217,9 - 237,5 juta*
Harga On The Road (OTR)
Dapatkan promo eksklusif dan pilihan pinjaman dari dealer
Gambar Suzuki Ertiga Dreza
4.5 / 5
based on 1 reviews
0 Shares

Suzuki Ertiga Dreza Price List

lihat di bawah ini - daftar varian
    Varian Bensin
    • MT
      1400 cc, Bensin
      Rp 217,9 juta*
    • 1400 cc, Bensin
      Rp 224,9 juta*
    • AT
      1400 cc, Bensin
      Rp 230,5 juta*
    • 1400 cc, Bensin
      Rp 237,5 juta*

Iklan

Video Suzuki Ertiga Dreza

Kami pilihkan video terbaik dari youtube dan web - Lihat Semua Video
Subscripe Now!

Iklan

Pilihan Warna Ertiga Dreza

  • White

  • Pearl-twilight-violet

  • Pearl-snow-white

  • Cool-black

  • -graphite-grey

Review Suzuki Ertiga Dreza

Ikhtisar

Diproduksi oleh Suzuki Motors, Ertiga Dreza merupakan varian terkini dalam armada populer pasar mobil MPV Indonesia. Antisipasi Dreza memang telah tinggi sejak kendaraan ini terintai sewaktu diuji coba di jalan raya dan dipamerkan di dealer resmi Suzuki di Jakarta. Dengan peluncuran resminya pada tanggal 7 Januari yang diselenggarakan oleh Suzuki Indonesia Sales, Ertiga Dreza memang telah berhasil memperoleh sambutan hangat dari para pembeli Indonesia, terlebih karena permintaan untuk minivan di Industri Otomotif Indonesia saat ini juga telah cenderung meningkat. Sebagai penjelmaan dari versi Suzuki Ertiga yang lebih sporti, Dreza memang telah mengalami beberapa pembaharuan yang meliputi tampilan eksterior baru dan perubahan desain yang membuatnya tampak berbeda dibandingkan pendahulunya. Kendaraan ini tersedia dalam dua varian, yaitu Ertiga Dreza standar dan Ertiga Dreza GS, yang menampilkan keseluruhan bodi baru yang lebih besar dibandingkan Suzuki Ertiga yang lama. Mobil ini memang mengusung ujung depan yang dirancang baru sama sekali, dengan gril hitam dan jaring radiator yang berpadu bersama tonjolan krom mewah. Lampu utama menurun elok juga ditenagai oleh lampu yang beroperasi di siang hari dan kompartemen lampu kabutnya dirancang khusus sehingga dapat berpadu selaras bersama eksterior mobil ini. Sedangkan ujung belakangnya juga telah diperbaharui dengan bemper baru dan spoiler dengan lampu berhenti serta simbol kebanggaan Dreza.

Pada bagian dalamnya, Ertiga Dreza terkesan seperti mobil yang sama sekali baru dengan interior dua nada-warna dan konsol pusat mengagumkan dengan tamppilan 9-inci. Kursi-kursinya terbalut dengan bahan berkualitas tinggi, dan sentuhan kayu pada panel instrumennya sungguh mampu memberikan nuansa kemewahan yang kental. Karena bodinya lebih besar dibandingkan model terdahulu, mobil ini juga terkesan sangat lapang dan dapat dengan mudah menampung 7-8 orang dengan ruang bagasi yang cukup luas. Bila meneliti mesin Dreza, mesin tersebut sama dengan seri-K 1,4-liter, dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Dengan membidik kelas kendaraan multi-guna dengan harga-menengah, Dreza juga melengkapi dirinya dengan beberapa fitur keselamatan seperti Sistem Pengereman Anti-Terkunci, Pengendali Distribusi Tenaga Rem Elektronik, bersama dengan Airbag depan yang melengkapi semua varian standarnya. Sedangkan untuk varian GS diberikan tambahan fitur yang terdiri dari airbag SRS ganda, 7 sabuk pengaman dan cahaya dampak samping yang dapat menjamin keselamatan pengemudi dan para penumpangnya dengan lebih optimal.

Jarak Tempuh dan Efisiensi Bahan Bakar

Dengan hanya 1 jenis mesin yang ditawarkan Dreza baru, yaitu bensin berkapasitas 1,4-liter, mobil ini mengklaim mampu untuk memberikan efisiensi bahan bakar yang sesuai untuk kendaraan keluarga yang dapat digunakan untuk melintasi beragam jalanan kota dan jalanan bebas hambatan. Bersama transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan yang difungsikannya, Dreza minivan ini mengklaim dapat melibas jarak tempuh sejauh 17,5 kmpl dengan transmisi manual atau 20 kmpl dengan transmisi otomatis. Dengan berbekal mesin pengapian internal Seri-K andalan merek Suzuki, Dreza memang sedianya mampu menghantarkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan kendaraan lain di kelasnya, selain juga terbukti mampu untuk menekan level emisi hingga titik terendah.

Kekuatan

Ertiga Dreza mnggunakan gardu penggerak yang sama dengan Ertiga standar dan saat ini tidak ditawarkan dengan varian diesel. Dreza mengopersikan mesin ‘Seri-K’ 1,4-liter dengan pilihan antara transmisi otomatis dan manual. Mesin tersebut mampu menghempaskan kekuatan sebesar 95 bhp pada 6000 rpm dan torsi sebesar 130 Nm pada 4000 rpm. Meskipun mesin tersebut bahkan sangat jauh dari mesin besar yang ditawarkan pesaingnya seperti Honda and Toyota, namun mesin ini sangat mampu mengunguli dalam hal performa dan pemakaian bahan bakar.

Eksterior

Meskipun Dreza pada intinya adalah besutan milik Ertiga MPV, namun ukuran bodi yang lebih besar dan perubahan desainnya memang telah diubah habis-habisan sehingga tampak berbeda dari model terdahulunya. Para perancang di Suzuki Motors memang telah bekerja keras untuk memberikan kesan segar pada MPV ini, dan telah berhasil menghadirkannya dengan wajah baru. Gril depan berwarna hitam dan penutup radiator juga berhasil ditonjolkan bersama sentuhan Krom mewah. Velg berlingkar 17-inci, berjari-jari-5 juga tampil untuk memberikan perbedaan dari kendaraan Suzuki sebelumnya, dan tampak sangat memikat dengan injakan sisi kromnya. Lampu besar tajam berkesan galak juga tersemat untuk memberikan tampilan segar dan dapat beroperasi pada siang hari berkat teknologi LED yang terintegrasi bersamanya. Dengan segmen MPV yang diusungnya, Suzuki Motors memang terkesan tidak berlebih-lebihan dalam menggunakan hiasan krom, namun tetap mampu mempertegas sekelumit kemewahan pada eksterior Dreza. Mobil ini berdimensi lebih besar dibandingkan model Ertiga terdahulu namun tidak tampak gemuk, berkat keselarasan desain yang ditampilkan dalam garis-garis elok yang mengalir halus di bodinya. Versi standar mobil ini ditawarkan dalam 3 pilihan warna yaitu, Putih, Hitam dan Abu-abu. Sedangkan corak Ungu istimewa yang sempat terlihat pada peluncurannya hanya ditawarkan untuk varian Dreza GS saja.

Pengukuran Eksterior

Keseluruhan panjang Ertiga Dreza tercatat 4265 mm, sehingga menjadikannya lebih panjang dibandingkan kebanyakan MPV di kelas yang sama. Dengan lebar 1695 mm dan tinggi 1685 mm, kendaraan ini mampu memberikan ruang kepala dan ruang kaki yang cukup luas. Jarak dasar roda setinggi 2740 mm juga diakui mampu memberikan Dreza luas kabin yang cukup besar dan pengendalian yang efisien.

Interior

Interior Dreza memang tampak lebih mewah dibandingkan kompetitornya dan ini jelas terlihat dalam balutan bahan baru dengan dua nada-warna yang ditawarkan dalam 2 pilihan warna. Eksterior mobil yang lebih besar tersebut memang mampu memberikan kabin luas dengan sistem hiburan terintegrasi berlayar sentuh yang memukau. Tombol starter/berhenti yang diusung mobil ini juga terkesan canggih sehingga tidak lagi memerlukan kunci dan menjadikannya lebih berkelas untuk harga murahnya. Kursi-kursi pada baris ketiga dapat dilipat menjadi tatanan 50/50 sehingga mampu memberikan ruang bagasi yang lebih luas. Mobil ini juga menggunakan spion yang dapat dilipat dan disesuaikan serta panel jendela elektrik untuk pengemudinya. Konsol hiburan khusus tersedia untuk memberikan sistem navigasi dan ditenagai oleh teknologi Smartplay. Setir mobil ini terintegrasi dengan kontrol dan koneksi Bluetooth sehingga sungguh-sungguh mampu menjadikan Dreza lebih sarat-fitur dibandingkan MPV lain dalam kelas yang sama. Kaca belakang mobil ini juga dilengkapi dengan wiper dan penghapus kabut sehingga mobil ini layak bila disebut sebagai minivan satu-satunya dalam segmennya yang mampu memberikan sederetan lengkap fitur mumpuni.

Kenyamanan Interior

Ertiga baru berhasil menyodorkan sederetan fitur kenyamanan seperti tombol starter/berhenti, jendela elektrik pada bagian depan serta dasbor mewah dengan konsol depan yang tampil menyerupai gaya Ciaz. Dreza juga memfungsikan transmisi otomatis 4-percepatan yang mampu menjadikannya sebagai MPV otomatis satu-satunya di kelasnya. Interior yang dibesut Ertiga Dreza juga jauh lebih nyaman dan lapang, berkat dimensi kendaraan yang telah diperbesar. Ruang kepala dan kaki Dreza yang lebih luas sungguh mampu memberikan pengendaraan yang menyenangkan, bahkan dalam perjalanan terjauh bersama keluarga.

Mesin dan Performa

Varian bensin mobil ini ditenagai oleh mesin seri-K pintar yang dikenal karena kehandalan dalam menghemat bahan bakar serta mampu memberikan daya pacu yang kuat. Dreza menggunakan mesin bensin 1,4-liter yang dapat memproduksi kekuatan sebesar 95 bhp pada 6000 rpm dan torsi sebesar 130 Nm. Selain itu juga tersiar kabar bahwa varian diesel mungkin akan dibesut di masa depan, dan kemungkinannya akan menggunakan gardu penggerak berkapasitas 1,3-liter DDiS200 yang mampu menyemburkan kekuatan sebesar 90 bhp bersama dengan torsi 200 Nm. Sistem injeksi bahan bakar SHVS juga akan turut dioperasikan dalam mobil ini, demi meningkatkan efisiensi bahan bakar serta menjaga level emisi tetap dalam batasan yang layak. Selain itu sempat tersiar pula beberapa spekulasi yang berkaitan mengenai mesin diesel hybrid yang akan menggunakan batere besar dan sistem ‘Pengereman Regenerasi’ yang dapat mengisi daya elektrik motor setiap kali anda menginjak pedal rem.

Stereo dan Aksesoris

Terlepas dari bandrolan harga murah, dibawah Rp 400 juta, Suzuki Ertiga Dreza tidak miskin aspek kenyamanan. Mobil ini mendapatkan aspek kenyamanan dan kemewahannya langsung dari armada

Suzuki Ciaz. Konsol pusatnya dilengkapi dengan konsol hiburan SmartPlay dengan panel berlayar sentuh 9-inci dan perangkat Aux, USB, koneksi Bluetooth serta sistem navigasi. Dasbornya memiliki tatanan tweeter yang mampu memastikan suara merdu pada semua frekuensi minor bagi para pendengarnya. Setir multi-fungsi juga terintegrasi dengan kontrol audio, sehingga pengemudi dapat mengubah lagu dan mengendalikan volume tanpa harus melepaskan tangan mereka dari setir. Unit pengeras suara juga ditata dengan rapi di depan dan belakang sehingga semua penumpangnya dapat menikmati alunan musik dengan kualitas audio yang optimal.

Roda

Ertiga Dreza juga dilengkapi dengan velg alloy rapi berlingkar 17-inci dengan desain baru berjari-jari-5. Velg alloy tersebut tidak hanya kokoh namun juga mampu memberikan tampilan segar pada profil sisi kendaraan, yang tampak menyerupai varian terdahulu. Dreza juga menggunakan ban berukuran sama seperti Ertiga yang lama, yaitu 185/65 R17, sedangkan untuk varian GS tersedia ban berukuran 205/55 R17.

Rem dan Pengendalian

Kedua varian, standar dan GS akan dilengkapi dengan rem drum di bagian belakang dan rem cakram berventilasi di bagian depannya. Sistem pengereman Anti-terkunci dengan Pengendali Distribusi Tenaga Rem Elektronik juga difungsikan sebagai standar bagi semua variannya, kecuali untuk trim level pemula ‘L’.

Keselamatan dan Keamanan

Terlepas dari harganya yang lebih murah dibandingkan kebanyakan MPV pesaingnya, Ertiga Dreza tetap dibekali dengan serangkaian fitur keselamatan lengkap sehingga menjadikannya minivan teraman di pasar Indonesia. Semua variannya, kecual trim terendah ‘L’ dilengkapi dengan airbag SRS ganda untuk pengemudi dan penumpang depannya. Semua kursi-kursi, termasuk baris belakang juga dilengkapi dengan sabuk pengaman dengan pratensioner dan pembatas tekanan. Sinyal penanda sabuk-pengaman, pencahayaan malam di dalam spion dan lampu kabut juga difungsikan di semua trimnya, kecuali untuk trim ‘L’.

Pro

  • Kabin lebih luas dibandingkan pendahulu dan pesaingnya
  • Efisiensi bahan bakar sangat menakjubkan berkat mesin Seri-K dan injeksi bahan bakar SHVS
  • Fitur terbaik dibandingkan Minivan lainnya dalam segmen yang sama

Kontra

  • Kekuatan mesin masih tergolong rendah sehingga tidak cukup memadai bagi beberapa pembeli
  • Sebagian besar fitur dan sarana tidak tersedia untuk varian terendah
  • Pilihan warna eksteriornya mungkin tidak cukup memuaskan beberapa konsumen

Download Brosur

Download brosur Suzuki Ertiga Dreza untuk spesifikasi yang lebih detail
Lihat Brosur Suzuki lainnya

Berita Suzuki Ertiga Dreza

Ertiga Masih Jadi Mobil Suzuki Paling Diminati di GIIAS 2016

Dirilis pada | | 5047

Jakarta: Perhelatan pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 sudah berakhir kemarin (21/8) dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen pemegang merek Suzuki di Tanah Air, yakin dapat memenuhi kuota penjualan yang ditentukan dengan model Suzuki Ertiga dan SX-4 S-Cross sebagai primadonanya. Selain itu, jajaran produk upcoming yan...BACA BERITA SELENGKAPNYA

Suzuki Indonesia Akan Ekspor Suzuki Ertiga 2016 ke Malaysia dalam bentuk CKD

Dirilis pada | | 1691

JAKARTA: Suzuki sudah memulai tahun ini dengan langkah yang sangat aktif. Dengan banyak peluncuran dan pengumuman yang sudah dilakukan di bulan Januari 2016, produsen mobil asal Jepang ini sudah bersiap untuk memberi persaingan sengit kepada produsen mobil lainnya di berbagai segmen. Merek tersebut meluncurkan Suzuki Ertiga Dreza 2016 pada 7 Januar...BACA BERITA SELENGKAPNYA

Suzuki Indonesia Menargetkan Penjualan 600 Unit Suzuki Ertiga Dreza Setiap Bulannya – Dengan Harga Mulai dari Rp 216,90 Juta

Dirilis pada | | 978

JAKARTA: Suzuki Ertiga Dreza terbaru memang kini telah resmi menjadi bagian dari armada Suzuki. Dengan peluncuran terkininya, perusahaan Jepang ini membidik pangsa pasar segmen MPV sebanyak 15 hingga 20 persen. Mobil ini diluncurkan dalam 2 trim - Dreza dan Dreza GS, yang merupakan varian lebih tinggi dari Suzuki Ertiga yang mengusung rancangan yan...BACA BERITA SELENGKAPNYA

Tiga bulan bersama dreza GS M/T

By Yuddy Imowanto Posted on 12 Jul 16, 02:19 PM

Pros

Cons

Semakin hari mengendarai dreza rasanya semakin menyenangkan. Sekali lagi akselerasi yg responsif, suspensi yang nyaman, dan keiritan bahan bakar menjadi hal yg paling utama saya rasakan bersama dreza. Skrg sdh menempuh perjlanan hampir 2200 km dimana perjlnan dlm kota Malang yg semakin sering macet tetap menyenang karena dihibur dgn suara audio yg lumayan dan layar lebar 9 inch...yg paling terasa adalah ketika mudik pp malang- lamongan berjarak hanya 200 km (pp 400 km) bersama dreza sangat menyenangkan....dan bila dibandingkan dgn mobil pertama kami rasa lelah jauh berkurang. Bahkan saat jalan tol lagi sepi ertiga dreza terasa gesit dan kencang melaju....(sempat mencapai kec 150 km/jam), tp rerata di kecepatan 100 - 120 km/jam tetap terasa stabil dan sangat nyaman. Terakhir keiritan bbm, sy selalu pakai pertamax.saya tiap kali beli bahan bakar utk ertiga dreza hanya 50% - 75% bila dibandingkan dgn mobil pertama saya. Kesan saya bersama istri dan putri saya bersama dreza sangat kuat...dreza pantas menjadi mobil keluarga Indonesia.

Was this review helpful? Yes / No

6 of 6 users found this review helpful.